Ampera Waterpark, Tempat Rekreasi Favorit Liburan Keluarga di Tasikmalaya

Ide Wisata18 Dilihat


Ampera Water Park di Tasikmalaya menjadi destinasi liburan favorit keluarga, menawarkan beragam atraksi seru dan menyenangkan yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam kerja: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Sumedang – Cibeureum No. 217, Pamoyanan, Kech. Chiavi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Tasikmalaya tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata alamnya saja, namun juga memiliki beberapa tempat wisata berupa wisata air. Salah satu tempat wisata di Tasikmalaya adalah Ampera Water Park yang menjadi tempat rekreasi utama para wisatawan.

Letaknya yang berada di tengah persawahan membuat udara dan cuaca sejuk, sehingga Anda akan betah berlama-lama berkunjung.

Daya tarik utamanya adalah wahana-wahananya, termasuk yang memiliki desain unik. Apalagi hal ini juga disebabkan oleh kelengkapan peralatan dan harga yang murah. Banyaknya pengunjung juga karena lokasinya yang berada di pinggir jalan sehingga tidak sulit untuk menemukannya.

Ampera Waterpark yang merupakan salah satu tempat wisata ramah keluarga ini memiliki ukuran yang cukup luas sehingga olahraga air tetap bisa dinikmati disini meski ramai pengunjung.

Keindahan alamnya tidak bisa diabaikan begitu saja, selain persawahan yang terdapat di sini, banyak juga pepohonan yang tumbuh di sini. Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi Tasikmalaya, apalagi di bagian baratnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi taman air Ampera

Atraksi taman air Ampera
Foto oleh Oida Sururi di Google Maps

Setiap destinasi wisata mempunyai daya tariknya masing-masing, tak terkecuali Ampera Water Park. Karena objek wisata ini merupakan waterpark, maka daya tariknya banyak berasal dari permainan air yang ada di dalamnya. Buat kamu yang tertarik, berikut beberapa ulasan alasan utama datang ke sini!

1. Berbagai atraksi air

Tempat wisata ini layak dikunjungi tidak hanya untuk anak-anak, tapi juga orang dewasa. Daya tarik utamanya adalah berbagai atraksi air.

Pengunjung yang datang dapat menggunakan beberapa kolam renang yang disediakan sesuai usianya. Untuk anak-anak disarankan menggunakan kolam mini dengan kedalaman tidak lebih dari setengah meter.

Untuk orang dewasa terdapat kolam renang Olimpiade yang memenuhi standar internasional baik kedalaman maupun lebarnya. Hampir setiap kolam dilengkapi dengan atraksi yang menambah nilai objek wisata ramah keluarga ini.

Beberapa wahana yang dimaksud adalah perosotan dan ember. Area tertentu juga memiliki pancuran, yang pasti disukai anak-anak.

2. Desain unik dan menarik.

Jika di tempat lain hanya kolam renang biasa, maka di waterpark Ampera lain keadaannya. Desainnya unik karena bertema dongeng di salah satu sudutnya.

Di sudut ini terdapat sebuah bangunan yang bentuknya mirip kastil atau biasa disebut dengan kastil. Tak hanya menikmati pemandangan saja, pengunjung juga bisa memasukinya.

Selain itu, terdapat teko teh khas Sudan yang menjadi ciri khas objek wisata ini. Letaknya di tepi kolam berwarna hijau dan putih. Ukurannya cukup besar dan dibuat sedikit lebih miring.

Baca Juga  Bendungan Kayangan, Tempat Pertemuan Dua Sungai Eksotis yang Sarat Sejarah di Kulon Progo

Bukan sekedar hiasan, tapi berfungsi sebagai pancuran raksasa. Pengunjung yang berada di bawahnya merasa seolah-olah disiram ketel.

3. Kolam ombak

Ampera Waterpark memiliki kolam ombak yang memberikan Anda sensasi berenang di tepi pantai. Besar kecilnya gelombangnya bermacam-macam dan biasanya dibentuk menurut susunan sebelumnya. Wahana ini cukup seru karena deburan ombak yang datang membuat suasana semakin semarak.

Waterpark ini menggunakan kolam yang lebih besar sehingga pengunjung bisa serasa berada di laut lepas. Menggunakan pelampung semakin menyenangkan karena bisa diayun-ayun seperti di tengah lautan yang ombaknya terus bergulung-gulung.

4. Kolam air panas

Selain menyenangkan, liburan pasti melelahkan tubuh dari segala aktivitas yang dilakukan. Beruntungnya, Taman Air Ampera memiliki kolam berisi air panas yang dipercaya mampu mengembalikan vitalitas tubuh secara instan. Berendam di air panas dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat pikiran lebih rileks.

Bermain air memberikan beberapa manfaat kesehatan yang sangat penting. Tersedia kolam renang umum dan pribadi, silakan pilih sesuai kebutuhan.

Keduanya menawarkan manfaat kesehatan, namun jika ingin privasi lebih, Anda bisa memilih kolam renang pribadi. Apalagi kelebihan lain dari kolam renang pribadi adalah suhunya bisa diatur sesuai keinginan.

5. Taman bermain tersedia.

Taman rekreasi air Ampera tidak hanya memiliki wahana permainan air yang lengkap, namun juga taman bermain. Objek wisata ini bisa dijadikan alternatif bagi pengunjung yang bosan dengan air. Ada beberapa jenis permainan yang tersedia yaitu mini quad dengan medan yang cukup bagus karena sebagian besar berupa rumput datar.

Ada juga Taman Kelinci yang pasti disukai anak-anak. Anda bisa bermain dengan hewan-hewan lucu dan lucu ini dan juga memberi mereka makan. Selain itu, pilihan lain yang ditawarkan antara lain rumah Hobbit dengan rumah mini mirip rumah kurcaci, serta kereta mini dengan lintasan yang cukup panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi taman air Ampera
Foto oleh Rita Rakhvati di Google Maps

Ampera Water Park terletak di alamat lengkap Jalan Cipanas Pamoyanan, Kadipaten, Tasikmalaya, Jawa Barat. Jarak dari pusat kota Tasikmalaya sekitar 30 kilometer. Jarak ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Akses jalan cukup baik meski harus melewati persawahan warga.

Rute yang bisa Anda tempuh adalah melalui objek wisata utama Alun-Alun Tasikmalaya. Silakan arahkan kendaraan Anda menuju Terminal Indihiang dari lokasi pertama. Lanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Chiawi, berakhir di Jalan Sumedang. Tidak jauh dari tempat ini ada SPBU, belok kanan.

Lokasi wisatanya tidak jauh setelah anda membelokkan mobil ke arah kanan. Jika Anda masih ragu, gunakan aplikasi Google Maps. Anda juga bisa menggunakan rambu-rambu jalan di beberapa titik di jalan raya. Tempat wisata ramah keluarga ini letaknya strategis dan banyak ditemukan rambu-rambu jalan di sini.

Baca Juga  The Lodge Maribaya Bandung, Objek Wisata Alam Terhits Jawa Barat

Biaya masuk dan jam buka

Meski memiliki atraksi yang lengkap, baik air maupun darat, namun harga tiket masuk ke taman air Ampera ini tergolong murah. Pada hari Senin hingga Jumat, tiket masuk yang berlaku hanya seharga Rp 25.000. Sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya harga tiketnya adalah Rp 35.000.

Tiket ini belum termasuk akses ke kolam renang anak, sehingga Anda harus membayar lagi jika ingin menggunakan fasilitas tersebut. Kolam renang individu anak dikenakan biaya Rp 15.000 dan kolam keluarga dikenakan biaya Rp 25.000. Harga tersebut masih bisa dibilang murah mengingat wahana dan fasilitasnya sangat lengkap.

Untuk anak di bawah usia 2 tahun atau tinggi badan kurang dari 80 cm, tiket masuk di atas tidak berlaku. Tempat wisata ramah keluarga ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Namun, pada hari Jumat buka mulai jam 1 siang pada jam tutup normal.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket ke Ampera waterpark
Foto oleh Liya Mariana Hasana di Google Maps

Aktivitas merupakan salah satu faktor penting sebelum mengunjungi suatu objek wisata. Bisa dipastikan liburan Anda akan semakin menarik jika terdapat banyak hiburan. Ampera Water Park menawarkan beragam hiburan menarik, tidak hanya berhubungan dengan air saja.

Tes keterampilan renang

Apakah Anda ahli dalam berenang? Jawaban tersebut bisa dibuktikan dengan berenang di kolam renang berukuran olimpiade yang disediakan. Kedalamannya standar, sekitar 1,8 meter, jadi pastikan Anda benar-benar tahu caranya. Jarak perjalanan yang ditempuh cukup jauh, sehingga untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya harus bernafas dalam waktu yang cukup lama.

Anak-anak bisa berenang di kolam khusus yang disediakan. Kedalamannya hanya 30 sentimeter, cocok untuk bayi.

Kolam ini memiliki air terjun buatan yang menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat juga kolam renang dengan kedalaman lebih dari 1 meter yang biasanya digunakan untuk anak-anak berusia 10 tahun ke atas.

Keseruan menaiki seluncuran air

Bagi yang berani, Ampera Water Park punya wahana yang bisa membuktikan berani atau tidaknya Anda. Wahana yang dimaksud tak lain hanyalah seluncuran air atau biasa disebut seluncuran. Objek wisata air ini tentu menyenangkan, namun tidak banyak pengunjung yang berani memanfaatkannya.

Padahal, kebanyakan yang berani berasal dari masa kanak-kanak, biasanya di atas 10 tahun. Bagi mereka, perosotan merupakan salah satu alat transportasi yang jarang ditemui di tempat wisata lain selain permainan air. Selain itu, sensasi tersendiri muncul saat meluncur dengan bentuk spiral dan tinggi rata-rata 10 meter.

Baca Juga  Intip Keindahan Pantai Batu Tampih, Pantai Pasir Hitam Eksotis di Tabanan Bali

Cobalah kolam ombak

Aktivitas menarik lainnya di Ampera waterpark adalah mengunjungi kolam ombak. Kali ini berbeda sekali dengan berenang karena sensasinya sama seperti di pantai.

Memang lokasinya jauh dari pantai dan tidak ada pasir di sekitar tepinya. Namun dengan ukuran ombak yang datang silih berganti, Anda tentu bisa serasa berenang di tepi pantai.

Kunjungan ke rumah hobbit

Jika bosan dengan wahana air, cobalah wahana darat. Contohnya adalah kunjungan ke Rumah Hobbit yang dirancang secara unik. Seluruh bagian rumah terbuat dari bahan alami, terutama kayu. Atapnya ditumbuhi rumput sehingga memiliki warna hijau alami.

Pintunya bulat, kayu. Ukurannya cukup besar, bahkan orang dewasa pun bisa dengan mudah masuk. Namun tidak terlalu tinggi sehingga harus sedikit membungkuk saat memasukinya.

Atraksi darat lainnya di Ampera Water Park yang bisa dijadikan aktivitas menyenangkan adalah Rumah Kelinci yang tentunya menjadi favorit anak-anak.

Foto mengabadikan momen di Ampera Waterpark

Tak sayang jika liburan yang Anda habiskan tidak meninggalkan kenangan apa pun. Oleh karena itu, aktivitas seru lainnya di Ampera Water Park adalah fotografi. Selain untuk mengabadikan momen, kegiatan ini juga dapat dijadikan bahan pameran yang dimuat di media sosial.

Tempat yang paling menarik adalah kastil atau kastil yang berdiri tepat di tepi kolam. Pengunjung biasanya masuk dan naik ke atap untuk mengambil foto. Bukan untuk memotret dari atas, melainkan kastil yang dijadikan background foto.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan taman air Ampera
Foto oleh Ilyas Patriot di Google Maps

Fasilitas Ampera Water Park dinilai lengkap karena dikelola dengan baik. Tidak hanya lahan parkir dan tempat ibadah saja yang ditemukan, namun juga toilet dalam kondisi bersih dan nyaman. Ada area penting lain yang patut dihadirkan pada suatu objek wisata, yakni ruang bilas atau ruang ganti.

Bagi Anda yang berkunjung sekeluarga, tidak perlu mandi demi mengawasi anak-anak. Anda bisa menggunakan gazebo-gazebo yang tersebar di beberapa lokasi. Fasilitas ini sering digunakan oleh pengunjung yang ingin bersantai setelah penat beraktivitas.

Selain itu, masih ada fasilitas lain yang tentunya bermanfaat bagi wisatawan yaitu warung makan. Di warung ini Anda bisa mengenyangkan perut yang lapar atau sekadar melepas dahaga. Sebagian besar makanan yang ditawarkan merupakan makanan khas Sudan.

Segala fasilitas dan atraksi yang ada di Ampera Waterpark menjadikannya layak untuk dikunjungi. Bahkan bisa dibilang rugi jika belum mengunjunginya sambil melewati tempat wisata ini atau bermalam di dekatnya. Sedikit tips: Jika Anda datang berkunjung, tinggalkan barang-barang penting Anda di loker yang disediakan pengelola.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *