Pantai Thomas Uluwatu, Pantai Favorit Para Pecinta Surfing di Bali

Ide Wisata91 Dilihat


Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Pecatu. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Map: Periksa lokasi

Pantai Thomas merupakan salah satu pantai indah di Bali yang menawarkan sejuta kenikmatan. Pantai ini masih belum ada pengunjung sejak ditemukan beberapa tahun lalu. Bisa jadi suatu saat nanti akan menjadi pantai yang selalu dipenuhi pengunjung, seperti Pantai Kuta.

Nama yang unik dan mirip dengan nama orang lain. Sejarah nama ini tidak lepas dari penemunya yaitu Thomas yang merupakan warga negara asing.

Tempatnya terletak di kawasan Pecatu, jadi bisa dibayangkan seperti apa kondisi di pantai ini. Pecatu merupakan kawasan Badung yang banyak terdapat perbukitan, sehingga pantai indah ini menghadap langsung ke perbukitan.

Bukan berarti pantai pada umumnya memiliki akses yang baik. Untuk mencapai Pantai Thomas dan menikmati keindahannya memerlukan usaha ekstra.

Ternyata hal tersebut membuat sebagian wisatawan kebingungan dan ingin sekali menjelajahi tempat tersebut. Bukit dan tanjakan terjal merupakan hal yang lumrah saat melakukan perjalanan.

Atraksi Pantai Thomas

Atraksi Pantai Thomas
Foto 발리Hulk di Google Maps

Di luar perjuangan untuk mencapai destinasi wisata bahari di Bali ini, ternyata banyak keindahan yang menanti Anda. Keindahan inilah yang membuat Pantai Thomas menarik dan menjadi alasan utama wisatawan siap memulai perjalanan sulit ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Suasana alam yang tenang

Karena pengunjungnya masih sedikit, pantai cantik ini memiliki suasana nyaman dan tenang. Tidak banyak orang di pantai yang mengurus urusannya sendiri. Hal ini membuat suasana semakin natural, apalagi banyak pepohonan rindang di perbukitan dan garis pantai.

Pengunjung yang mendambakan suasana tenang biasanya berlindung di bawah pohon sambil menikmati suasana alam. Deburan ombak yang disertai gemuruh menjadi lagu alam yang sulit untuk dilupakan. Ditambah angin sepoi-sepoi yang sesekali membuat suasana semakin syahdu.

Batuan yang indah

Sebelumnya disebutkan bahwa Pantai Thomas terletak di balik bukit yang dihiasi semak-semak. Selain tantangan tersendiri untuk mencapai pantai ini, kehadiran bukit ini menimbulkan pemandangan yang tidak biasa. Tidak semua pantai terletak di balik tebing tinggi yang dengan bangga menampilkan pesonanya.

Setiap pantai di balik tebing dijamin semakin indah, karena selain air laut dan pasir putih, ada pemandangan lain di sini.

Baca Juga  Amsterdam Waterpark, Destinasi Wisata Air di Tangerang Bertema Negeri Kincir Angin

Hijaunya pepohonan di bebatuan memiliki karakter tersendiri dan menyambut baik setiap orang yang datang berkunjung. Fungsi lain dari batu tersebut adalah sebagai tempat berteduh yang nyaman dan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam.

Batuan karang yang eksotis

Daya tarik Pantai Thomas selanjutnya adalah bebatuan yang tersebar di beberapa titik. Memang tidak terlalu besar, tapi cukup besar dan tinggi, bahkan bisa digunakan sebagai tempat berteduh. Keindahan batunya seolah berpadu dengan lembutnya pasir putih di sepanjang garis pantai.

Tak heran jika dikatakan indah dan eksotik, rongga-rongga yang terlihat cukup jelas terlihat di bebatuan karang, seolah-olah diukir oleh tangan manusia.

Beberapa di antaranya memiliki bentuk yang menonjol di bagian atas sehingga cocok sebagai tempat berteduh dari terik sinar matahari. Jangan lupakan para wisatawan yang menjadikannya sebagai spot foto andalan.

Ketinggian ombak cocok untuk berselancar

Bagi mereka yang ingin berselancar atau selancar air, Pantai Thomas adalah tempatnya. Pasalnya pantai cantik ini memiliki ombak yang cukup tinggi. Bagi para profesional, ombak seperti ini cocok sebagai sarana berselancar.

Bukan berarti ketinggian ombak tidak cocok untuk pemula, ada kalanya ombak tidak terlalu tinggi saat angin tidak terlalu kencang.

Menariknya, ombak tidak hanya datang di beberapa titik, tapi juga di sepanjang garis pantai. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mencari spot yang cocok saat berselancar. Penting untuk dicatat bahwa masih belum ada penjaga pantai di sini saat ini, jadi disarankan untuk berhati-hati dan aman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Thomas
Foto oleh Filipe Burmester di Google Maps

Pantai Thomas terletak di antara dua pantai indah lainnya di Bali yaitu Padang Padang dan Suluban. Alamat tepatnya adalah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Jika ingin berkunjung ke tempat ini disarankan menggunakan kendaraan roda dua. Mereka yang bepergian dengan kendaraan roda empat harus memarkir kendaraannya dan berjalan kaki secukupnya ke pantai.

Jadikan Suka Cafe yang dekat dengan lokasi sebagai referensi utama Anda. Kondisi jalan kurang bagus, hanya terdapat kerikil di sepanjang jalan.

Letaknya tidak terlalu lebar, sehingga sangat sulit untuk berbelok dengan mobil. Sesampainya di kafe yang dimaksud, ikuti jalan yang akan membawa Anda menuruni tangga hingga mencapai pantai.

Baca Juga  Curup Embun, Surga Alam Tersembunyi di lereng Gunung Dempo Pagar Alam

Biaya masuk dan jam buka

Meski pantainya indah, namun tidak dipungut biaya masuk. Saat ini tiket masuk ke Pantai Thomas belum berlaku, artinya gratis.

Biaya yang harus Anda bayarkan adalah biaya parkir mobil jika Anda datang dengan kendaraan pribadi. Tarif saat ini cukup rendah: Rs 2.000 untuk sepeda motor dan Rs 10.000 untuk mobil.

Bagi yang ingin bersantai dan menikmati pemandangan alam di pantai sebaiknya menyewa kursi berjemur dan payung. Satu kursi berharga 50.000 rupee, begitu pula payung pantai. Namun, hal ini tidak perlu dilakukan; saat cuaca panas, Anda bisa berteduh di bawah batu atau pohon yang rindang.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket Pantai Thomas
Foto oleh Dan O’Kaker di Google Maps

Pantai Thomas tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, namun juga beragam aktivitas sesuai kebutuhan Anda. Bukan hanya aktivitas yang berhubungan dengan air, tapi masih banyak aktivitas lainnya.

1. Tantang ombak dengan berselancar

Adapun kegiatan yang berhubungan dengan air salah satunya adalah selancar. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ombak di pantai cantik ini cukup besar karena langsung menghadap Samudera Hindia. Tidak ada penghalang yang menghalangi ombak yang datang, sehingga cocok untuk berselancar di atas air.

2. Berenang dan bermain air.

Bagi mereka yang belum terlalu berpengalaman atau tidak tertarik dengan selancar, berenang adalah pilihan aktivitas menarik yang tepat.

Airnya cukup jernih sehingga Anda bisa berenang sambil memandangi dasar pantai yang mendominasi pasir putih. Jika memungkinkan, hindari ke tengah Pantai Thomas, mengingat ombaknya cukup tinggi.

Bagi yang tidak bisa berenang, bukan berarti tidak ada hiburan di sini. Bermain air di pinggir pantai memang cukup menarik, apalagi jika datang bersama rombongan.

Sesekali cobalah mengejar ombak yang bergulung dan mendekati bibir pantai. Anda juga bisa sekedar bermain pasir di pinggirnya sambil menunggu ombak datang.

3. Bakar kalori dengan voli pantai Thomas

Selain aktivitas yang berhubungan dengan air, lakukanlah olahraga selama liburan Anda. Olahraga yang cocok untuk membakar kalori di pantai adalah bola voli. Tidak memerlukan banyak alat, cukup bola dan jaring sebagai pembatas. Pasirnya memiliki tekstur yang halus sehingga tidak perlu khawatir meski tidak menggunakan sepatu.

Baca Juga  Pesona Pantai Sigurgur, Spot Terbaik Menikmati Panorama Lautan Sembari Kulineran di Samosir

4. Jaga keseimbangan saat paddleboarding.

Selain selancar atau surfing, Pantai Thomas cocok untuk olahraga air seperti stand up paddleboarding. Berbeda dengan selancar yang lebih bergantung pada tinggi ombak yang datang, olahraga ini membutuhkan keseimbangan saat papan bergerak ke arah yang diinginkan.

Tugas utamanya adalah ketika ombak datang, dimana keseimbangan tubuh diperiksa. Bagi yang belum berpengalaman, ada baiknya untuk berselancar di pantai. Terlebih lagi, masih belum ada keamanan di pantai eksotis ini, sehingga Anda menanggung risiko dan risiko Anda sendiri.

5. Bersantai sambil menikmati panorama alam.

Lelah setelah melakukan semua langkah di atas? Silakan bersantai dan nikmati pemandangan alam.

Pantai Thomas tidak hanya memiliki panorama lautan saja, namun juga perbukitan dengan ciri khas pepohonan hijau rindang. Menikmati minuman segar seperti es kelapa muda membuat aktivitas santai ini semakin menyenangkan.

6. Menunggu matahari terbit

Bagi sebagian orang, menunggu adalah hal yang membosankan dan sebaiknya ditinggalkan. Namun kali ini berbeda karena kami menunggu indahnya matahari terbit.

Pantai cantik di Pecatu ini memiliki tampilan yang menawan ketika matahari perlahan terbit dan melakukan tugasnya. Agar tidak melewatkan keindahan matahari terbit, Anda bisa memanfaatkan akomodasi yang ada di sekitar pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Layanan Pantai Thomas
Foto oleh Dima S di Google Maps

Fasilitas Pantai Thomas dinilai memadai, meski pengunjungnya jarang. Selain tempat parkir yang disebutkan di atas, fasilitas lain yang mudah ditemukan adalah toilet. Tenda-tenda yang berjejer di sepanjang pantai juga menjadi fasilitas umum yang bisa Anda gunakan jika merasa lapar atau haus.

Beberapa kegiatan memerlukan peralatan, sehingga pengelola menyediakan ruang sewa sebagai ruang pendukung. Perlengkapannya meliputi kursi berjemur, payung, dan papan selancar.

Bagi yang ingin melihat keindahan matahari terbit atau keperluan lainnya, tersedia beberapa pilihan akomodasi di dekat pantai.

Tidak dapat dipungkiri jika Pantai Thomas mempunyai banyak daya tarik berkat panorama alamnya yang indah. Berada di balik batu tidak serta merta meniadakan keberadaannya.

Apalagi di dunia digital saat ini, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan banyak pengunjung yang datang karena adanya promosi gratis yang dilakukan oleh pengunjung sebelumnya di media sosial.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *