Curug Ciparay, Surga Alam Tersembunyi Nan Eksotis di Bogor

Ide Wisata57 Dilihat


Air Terjun Ciparai di Bogor merupakan surga alam eksotis tersembunyi yang memikat pengunjung dengan perpaduan sempurna antara danau yang mempesona dan formasi batuan yang indah.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Chasihan, Kecamatan. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Untuk menghilangkan rasa penat yang mengganggu akibat aktivitas sehari-hari, mengunjungi tempat wisata Bogor menjadi salah satu solusi yang tepat. Air terjun menjadi pilihan utama karena sederet keindahan alam yang dihadirkannya. Salah satu tempat di Bogor tersebut adalah Curug Ciparay yang memiliki pesona alam yang indah dan mempesona.

Kurug dalam bahasa setempat berarti air terjun tempat mengalirnya air dari sungai. Ada dua air terjun bernama sama di Jawa Barat, yakni di Tasikmalaya dan Bogor.

Keduanya mempunyai ciri khas yang berbeda, namun kali ini kita akan khusus membahas tentang Bogor. Tentu saja ada daya tarik yang menjadi alasan wisatawan datang mengunjunginya.

Suasana alam yang belum banyak terjamah orang membuat Air Terjun Chiparai semakin indah. Tumbuhan liar mencerahkan setiap pemandangan, memberikan kesejukan dan udara segar.

Tidak mudah untuk mencapai tempat ini, namun masih banyak orang yang mengunjunginya dan ingin menikmati keindahan alamnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Air Terjun Chiparay

Atraksi Air Terjun Chiparay
Kredit gambar: Twitter Fajar Ema Ajitama

Pengunjung datang ke Kurug Chiparai hanya karena daya tariknya yang luar biasa. Meski perjalanan selanjutnya cukup sulit dan panjang, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat mereka untuk berusaha mencapai lokasi utama. Akan lebih baik jika kita memahami terlebih dahulu objek wisata apa saja yang dibicarakan.

Pesona alam Air Terjun Chiparay

Salah satu air terjun di kota hujan ini tingginya sekitar 72 meter dan bebatuannya ditumbuhi berbagai pepohonan. Dari kejauhan tumbuh-tumbuhan liar yang menempel menyerupai lumut. Tapi Anda bisa melihatnya dengan jelas jika Anda mendekat.

Airnya mengalir cukup deras, namun saat musim hujan menjadi lebih deras. Warna airnya yang jernih sedikit kebiruan menyegarkan siapa pun yang menyentuhnya.

Airnya dialirkan ke dalam kolam, yang kemudian kembali ke sungai di hulu. Ukuran kolamnya cukup besar, kedalamannya berkisar antara 1 hingga 3 meter, dan dikelilingi banyak bebatuan besar.

Ukuran batu yang berbeda justru membuat tampilan Kurug Chiparai semakin eksotis. Beberapa bebatuan ditutupi lumut sehingga licin.

Jadi berhati-hatilah saat menginjaknya. Keindahannya semakin bertambah ketika melihat aliran air yang harus turun beberapa langkah setelah masuk ke dalam kolam.

Suasana alami dan indah

Kehadiran pepohonan liar di sekitar lokasi tak hanya berfungsi sebagai penghias, namun juga menambah asri suasana. Apalagi tempat wisata alam Bogor ini letaknya cukup jauh dari perkotaan sehingga kondisi di sini masih alami. Hal ini semakin diperparah dengan kurangnya akses masyarakat terhadap jalan menuju lokasi.

Baca Juga  Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

Kebanyakan yang menggunakannya hanyalah pengunjung yang berkunjung. Mereka yang tinggal di perkotaan memimpikan suasana seperti itu.

Pasalnya di sini tidak ada bangunan atau pabrik yang menjadi penyebab utama pencemaran. Kesehatan Anda akan lebih terjaga jika Anda mengunjungi Kurug Chiparai, setidaknya untuk sementara.

Kombinasi indah antara danau dan bebatuan

Daya tarik selanjutnya masih berkaitan dengan alam. Tempat wisata cantik ini memiliki kolam renang atau disebut juga dengan danau.

Tak hanya warnanya yang biru, kombinasi batu-batu kecil di sekelilingnya membuat tampilannya semakin unik. Birunya air danau seolah menyatu dengan bebatuan merah alami.

Air yang mengalir dari Kurug Chiparai bermuara ke tiga sungai berbeda. Salah satunya adalah Sungai Cikelung yang ciri utamanya adalah bebatuan berwarna merah. Kemerahan pada batu tersebut tak lain disebabkan oleh kandungan belerang dari Kawah Ratu yang terletak di dekat tempat wisata tersebut.

Masalah pelacakan lokasi

Bagi yang menyukai tantangan, mencari lokasi air terjun cantik ini menjadi daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, tanjakan dan turunan terjal pasti akan menghiasi setiap langkahmu.

Belum lagi kondisinya yang licin karena sebagian besar tanahnya berwarna merah. Jenis tanah ini dikenal memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan jenis tanah lainnya.

Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi air terjun. Tidak ada akses jalan untuk kendaraan, jadi Anda harus meninggalkannya di tempat parkir dan berjalan kaki.

Bebatuan di kiri dan kanan jalan setapak membuat perjalanan semakin seru. Beruntungnya, air terjun yang juga dikenal dengan nama Kurug Chiparai Pamijahan ini memiliki pesona alam yang indah sehingga perjalanannya tidak terasa terlalu lama.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat air terjun Chiparay
Foto oleh Inda Setiawati Dapura Ummimey & Ummi’s Brew di Google Maps

Sebenarnya tidak sulit untuk menemukan tempat wisata ini karena banyak rambu jalan yang bisa Anda ikuti. Anda juga bisa menggunakan layanan Google Maps jika diperlukan atau jika Anda masih belum yakin arah mana yang harus dituju. Pastikan untuk pergi ke alamat lengkap Gunung Sari, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat.

Dari pusat kota bogor anda dapat menggunakan kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Kendarai mobil menuju Dramaga hingga melewati Chibanteng dan Chibungbulang. Lanjutkan perjalanan hingga tiba di lokasi Chibatok dan berakhir di Kantor Kecamatan Pamijahan.

Sesampainya di sana, jalan lurus hingga sampai di pertigaan Pangkalan Gunung Picung. Lanjutkan ke arah yang benar melewati lereng hingga Anda menemukan Air Terjun Chiparai. Jarak tempuh dari pertigaan kurang lebih 5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Baca Juga  Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Biaya masuk dan jam buka

Objek wisata Air Terjun Bogor ini cukup unik karena pengunjung perlu membayar dua tiket masuk. Setiap tiket dibayar di gerbang yang berbeda, namun jumlah atau harga yang harus dibayar sama. Tiket masuk pertama ada di gerbang saat Anda menuju air terjun.

Sedangkan gerbang kedua yang juga harus Anda bayar adalah ketika ingin memasuki lokasi air terjun. Namun kedua harga tersebut masih tergolong murah, hanya Rp 10.000 saja. Jadi, untuk bisa menikmati panorama alam sambil trekking dan Kurug Chiparai, Anda harus merogoh kocek minimal Rp 20.000.

Selain biaya masuk, pengunjung juga harus membayar biaya parkir jika datang menggunakan kendaraan bermotor. Terdapat biaya parkir sebesar Rs 5.000 untuk mobil dan hanya Rs 2.000 untuk sepeda motor. Jika ingin mengunjungi tempat wisata ini, jangan datang setelah pukul 17.00 karena tutup.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di air terjun Chiparai
Foto oleh Jenal Abidin di Google Maps

Selain banyak hal menarik yang terdapat di Kurug Chiparai Pamijahan, banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas menjadi alasan penting mengapa wisatawan ingin berkunjung ke suatu negara.

Untuk lebih jelasnya, berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata eksotik ini!

1. Berenang dan bermain air.

Kolamnya yang besar membuat air terjun ini cocok untuk berenang. Sekaligus airnya yang jernih dan segar membuat setiap orang yang datang ingin segera terjun ke dalamnya. Namun hati-hati karena terkadang ada arus deras hingga kedalaman 3 meter.

Bagi pengunjung yang tidak bisa berenang, asyik juga sekadar bermain air di pinggirnya. Banyak batu-batu besar tersebar di beberapa titik yang bisa dijadikan penyangga.

Di satu sisi, kedalaman airnya setara dengan betis orang dewasa, sehingga tidak ada salahnya memanfaatkan titik ini untuk menikmati kesegaran air.

2. Lompat tebing

Aktivitas menarik di Air Terjun Chiparai yang juga melengkapi berenang adalah lompat tebing. Bebatuan yang ada di sekitar lokasi cukup besar, namun tingginya mudah dijangkau karena tingginya tidak melebihi orang dewasa. Batuan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk melompat dari tebing sambil berenang.

Seperti halnya berenang, berhati-hatilah saat memanjat batu. Mungkin kondisinya licin karena banyak lumut.

Hal ini sebenarnya wajar karena batu-batu ini sering kali terendam air atau tersiram air mengalir. Begitu pula saat melompat dari tebing, berhati-hatilah dan mendaratlah di tempat yang tepat.

3. Menikmati pesona alam

Alam mempunyai pesona indah yang dapat dinikmati semua orang. Kegiatan ini cocok dilakukan ketika berkunjung ke air terjun Chiparai Pamijahan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali keindahan alam yang bisa ditemukan di sini, mulai dari bebatuan, tumbuhan, dan tentunya pesona terpenting – air terjun.

Baca Juga  Pantai Kasap, Pantai Eksotis di Pacitan yang Pesonanya Mirip Raja Ampat

Masing-masing bagiannya saling mendukung sehingga pesonanya semakin memanjakan mata. Sebut saja air terjun yang mengalir dari tebing setinggi lebih dari 70 meter.

Setiap sisi batunya ditumbuhi tanaman liar, sehingga keindahannya bisa terlihat meski dari jauh. Belum lagi susunan batunya yang tidak beraturan sehingga menimbulkan kesan unik dan eksotis.

4. Wisata kuliner di air terjun Chiparay Pamijakhan

Curug Ciparay menawarkan beragam warung sederhana yang dibangun dari tenda bambu dan papan kayu. Bagi wisatawan yang lapar dan ingin memulihkan tenaga, tersedia berbagai menu. Selain makanan, ada juga kuliner jenis minuman yang cocok untuk melepas dahaga.

Sedangkan untuk minumannya, tempat wisata cantik ini memiliki minuman khas yang jarang ditemukan di tempat lain. Minuman yang dimaksud adalah Kopi Ciputri yang merupakan produksi masyarakat Bandung khususnya di daerah Ciputri. Menikmati kopi panas dalam suasana sejuk dan dingin pastinya cocok dan melengkapi suasana.

5. Berburu foto panorama alam yang indah

Berburu fotografi adalah aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Kurug Chiparai. Ada banyak tempat indah di mana Anda bisa mengambil foto lebih menarik dengan pemandangan alam.

Salah satu contohnya adalah air terjun itu sendiri yang menjadi subjek utama foto. Birunya air danau juga menjadi objek yang keindahannya tidak bisa dianggap remeh.

Jangan lupakan bebatuan di sekitar air terjun, tentunya bisa dijadikan backdrop foto yang lebih menarik. Anda tidak perlu menjadi ahli fotografi untuk mengambil gambar yang indah. Pasalnya tempat wisata ini memang sudah indah, sehingga kemanapun arah atau sudut pengambilan foto pasti akan menghasilkan gambar yang indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Aktivitas menarik di air terjun Chiparai
Foto oleh Iin Setiawati di Google Maps

Wisata air terjun biasanya dikelola sendiri oleh penduduk setempat, namun berbeda dengan Kurug Chiparai. Objek wisata alam ini dikelola dengan baik dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisata. Benda yang ditemukan antara lain musala untuk beribadah, toilet, dan tempat parkir.

Bagi yang berenang dan ingin berganti pakaian sebaiknya bilas dan ganti di kamar mandi. Benda lain yang ditemukan adalah warung makan yang berjejer di dekat air terjun. Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap di rumah-rumah warga sekitar.

Dengan fasilitas, daya tarik, dan aktivitas yang beragam, Curug Ciparay semakin menjadi salah satu tempat wisata yang layak untuk dikunjungi selama berada di Bogor.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *