Buffalo Hill, Panorama Alam Eksotis dengan Hamparan Rumput Hijau di Garut

Ide Wisata86 Dilihat


Buffalo Hill menyuguhkan panorama alam Garuta yang eksotis, dihiasi hamparan rumput hijau yang memukau serta kehadiran sejumlah kawanan kerbau menambah keaslian wisata alam.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Desa Chigansa, Desa, Situsari, Kecamatan. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Menarik sekali menghabiskan liburan dengan mengunjungi tempat wisata alam. Dari sekian banyak destinasi wisata di Jawa Barat, Buffalo Hill Garut sepertinya cocok bagi Anda yang ingin melihat hamparan rumput indah ditemani pemandangan awan tipis.

Tempat wisata di Garuta ini terletak di ketinggian 1000 mdpl, sehingga cuacanya pasti sejuk dan nyaman. Pemandangannya juga luar biasa, tidak hanya terdiri dari pepohonan, tapi juga beberapa gunung yang berdiri kokoh.

Meski cukup sulit untuk mencapainya, karena harus berjalan kaki, sebagian besar wisatawan tidak terhalangi oleh hal tersebut.

Buffalo Hill terletak di kawasan Gunung Poongtang, sebuah gunung yang dekat dengan Gunung Papandayan.

Secara geografis, objek wisata indah ini merupakan hamparan rumput hijau yang menutupi hampir seluruh permukaan tanah. Terdapat pepohonan rindang di beberapa tempat, membuat suasana semakin asri dan nyaman.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Buffalo Hill

Atraksi Buffalo Hill
Foto Kahya Nugraha Supriyatna di Google Maps

Bukit Kerbau merupakan julukan yang diberikan wisatawan dari luar Garut. Sebab, hamparan rumput hijau menjadi tempat kerbau merumput dan mencari makan. Penduduk setempat lebih mengenalnya dengan sebutan Tegal Munding karena pesona dan daya tariknya.

Hamparan rumput hijau yang luas

Bagi warga lokal hal ini bukanlah hal yang mengherankan, namun bagi wisatawan yang berkunjung hal ini menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Hamparan rerumputan membentang sejauh mata memandang. Warna hijau pasti bisa menyejukkan mata dan menenangkan pikiran.

Udara di sekitar lokasi pasti sejuk dan menyegarkan karena tidak tercemar asap pabrik dan kendaraan. Tumbuhnya pepohonan liar dengan berbagai ukuran menjadikannya pemandangan unik bagi pengunjung.

Jika beruntung, Anda akan melihat kawanan kerbau mencari makan dan minum di sungai kecil di tengah padang rumput.

Pemandangan indah Bukit Buffalo

Daya tarik Buffalo Hill sebagian besar terletak pada pesona alamnya. Selain bisa menyaksikan hamparan rumput yang luas, pengunjung juga dimanjakan dengan deretan pegunungan yang menghiasinya. Beberapa gunung yang terlihat jelas adalah Gunung Galunggung, Gunung Qarchak, dan Gunung Chikurai.

Dari ketiga gunung tersebut, Gunung Chikurai yang berbentuk seperti tumpeng paling menonjolkan keindahannya. Kontur pegunungan yang landai terlihat jelas di kiri dan kanannya.

Di sisi lain, pemandangan indah Kota Garut terlihat jelas dari ketinggian yang terletak tepat di bawah kaki Gunung Chikurai.

Baca Juga  Curug Cisarua, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Garut

Pesona kabut tebal

Letaknya yang berada di ketinggian membuat Anda bisa melihat awan tebal yang menutupi lokasi tersebut. Buffalo Hill semakin eksotis dengan atraksi ini.

Keindahannya tidak bisa dilupakan setelah Anda meninggalkan lokasi. Apalagi jika matahari mencoba menembus gugusan awan, pesonanya pasti semakin luar biasa.

Sekelompok awan terlihat jelas di dekatnya dan seolah menghalangi pemandangan pegunungan. Namun ternyata hal tersebut tidak menghilangkan hal tersebut, justru sebaliknya kehadiran awan membuat pemandangan semakin indah. Untuk mendapatkan pemandangan yang dimaksud, disarankan untuk datang pada pagi atau sore hari.

Di sini banyak terdapat kawanan kerbau

Wajar jika Buffalo Hill Garut menjadi rumah bagi banyak kerbau karena tempat wisata ini dijadikan sebagai tempat penggembalaan kerbau. Siapa sangka kehadiran mereka akan menciptakan tampilan yang unik. Banyak wisatawan yang mendekat dan menjadikannya sebagai subjek foto.

Ada kalanya mereka mandi di genangan air yang bentuknya mirip sungai kecil. Letaknya yang dikelilingi rerumputan hijau membuat sungai ini sangat indah. Berhati-hatilah saat berjalan-jalan di sekitar objek wisata eksotik ini karena banyak terdapat kotoran kerbau dimana-mana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Buffalo Hills
Foto oleh Henchen Suhendro di Facebook

Buffalo Hill terletak di Jl. Cigangsa situsari, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Menemukan tempat wisata ini tidaklah sulit karena ada tiga rute yang bisa Anda tempuh.

Tiga jalur yang dipertimbangkan yakni melalui jalur Bayongnbong, Chisurupan, dan Sukaresmi. Dari ketiganya sangat direkomendasikan untuk mengambil jalur menuju kawasan Sukaresmi.

Bagi Anda yang datang dari luar Kota Garut dan menggunakan kendaraan umum, mulailah perjalanan Anda dari Alun-Alun Tarogong. Lanjutkan menggunakan angkutan umum menuju Pasar Samarang.

Setelah itu, naik angkutan umum lain menuju desa Dunder dan turun di area ini. Mulai saat ini silahkan mencari tukang ojek untuk mengantar anda ke tempat wisata tersebut.

Mereka yang menggunakan angkutan pribadi harus mengikuti rute yang sama seperti angkutan umum yang dijelaskan di atas. Namun sesampainya di pangkalan ojek, lanjutkan perjalanan hingga tiba di Kampung Pelaga, Desa Sukalila.

Jalannya tidak terlalu bagus dan Anda harus mendaki banyak bukit. Jika Anda masih tidak yakin, coba aplikasi Google Maps.

Harga Tiket Masuk Buffalo Hill

Seperti tempat wisata pada umumnya, Buffalo Hill juga memungut biaya masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Namun bisa dipastikan harga tiket masuknya sangat murah dibandingkan dengan pesona alam yang dimilikinya. Untuk satu orang dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, namun belum termasuk biaya parkir.

Bagi yang membawa kendaraan roda dua atau sepeda motor, menyiapkan biaya parkir sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk mobil penumpang biayanya naik dua kali lipat yakni Rp 10.000.

Baca Juga  Go! Wet Waterpark Grand Wisata, Tempat Favorit Menikmati Berbagai Wahana Seru di Bekasi

Tidak perlu khawatir dengan kendaraan di tempat wisata ini karena keamanannya terjamin. Bahkan, banyak pengunjung yang berangkat seharian karena harus berkemah semalaman.

Hal Menarik yang Dapat Dilakukan di Buffalo Hill

Harga Tiket Buffalo Hill
Foto Charlie di Facebook

Yang membuat mengunjungi Buffalo Hill semakin menarik adalah banyak sekali aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Faktor inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian pengunjung datang.

Mulai dari menikmati pemandangan alam hingga berkemah di tempat wisata cantik ini bisa Anda lakukan. Baca informasi lebih lengkap mengenai objek wisata tersebut pada ulasan selanjutnya!

1. Pelacakan lokasi

Perjalanan yang Anda tempuh dengan mobil hanya sampai di area parkir saja. Artinya, Anda harus berjalan kaki untuk mencapai objek wisata utama Buffalo Hill.

Setidaknya perjalanan melalui medan yang tidak terlalu bagus memakan waktu sekitar 2 jam. Kegiatan ini memang sulit, namun cukup menarik bagi yang menyukai tantangan.

Medan pertama yang harus dilalui adalah bebatuan dan tanah yang menghiasi setiap perjalanan. Dalam kondisi ini, sangat mungkin terjadi terpeleset jika tidak hati-hati, apalagi saat musim hujan. Pemandangannya kurang bagus karena hampir didominasi pemukiman penduduk.

Setelah berjalan jauh, pemandangan berubah menjadi perkebunan lokal. Kebanyakan wisatawan menunggu saat ini, karena aktivitas pendakian tidak terlalu terasa. Bagaimana tidak, di sini Anda bisa melihat berbagai tanaman terutama sayuran yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

2. Pendakian yang menyenangkan bersama rombongan

Aktivitas asyik yang bisa dilakukan selanjutnya di Buffalo Hill adalah camping, yang pasti asyik jika dilakukan bersama rombongan. Mereka yang terlibat dalam kegiatan ini biasanya ingin merasakan sensasi berada di luar ruangan pada malam hari. Apalagi tujuan lainnya adalah menunggu matahari terbit dengan pesonanya yang indah.

Meski indahnya pemandangan pegunungan sudah tak terlihat lagi, namun bintang dan bulan menjadi pemandangan lain yang bisa dinikmati.

Suara alam di malam hari cukup banyak, terutama dari serangga. Jangan lupa suara pepohonan yang tertipu oleh angin juga menjadi musik malam yang patut untuk disimak.

Perlu diketahui bahwa Anda tidak diperbolehkan sekadar mendirikan tenda selama berada di Tegal Munding. Disediakan tempat khusus bagi wisatawan yang ingin bermalam. Tempat ini dikenal dengan nama Tegal kedua dan letaknya dekat dengan tempat utama. Bagi pecinta alam, kegiatan ini wajib dilakukan.

3. Melihat matahari terbit dan terbenam

Menyaksikan matahari terbit menjadi aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Buffalo Hill. Wajar jika keindahan matahari yang memulai aktivitasnya terlihat jelas karena ketinggiannya yang cukup besar. Perlahan tapi pasti, sinarnya mulai naik tinggi dan menyebar ke seluruh permukaan hamparan rumput hijau.

Baca Juga  Pantai Parangendog, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Gunung Kidul

Pengunjung yang datang untuk melihat panorama alam yang indah disarankan untuk menginap terlebih dahulu. Tak heran, karena perjalanan jauh yang harus Anda tempuh, kemungkinan besar Anda akan terlambat menemuinya. Jika tidak memungkinkan, Anda juga harus menikmati matahari terbenam.

Anda bisa tiba pada sore hari, saat matahari sudah tidak terik lagi, untuk memulai perjalanan. Inilah saat yang tepat untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Pasalnya memakan waktu sekitar 2 jam, juga tergantung perjalanan yang akan dilakukan. Jika Anda sering berhenti, tentu akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai puncaknya.

4. Berburu spot foto

Berburu spot fotografi di Buffalo Hill cocok untuk Anda yang ingin mengabadikan momen. Banyak wisatawan yang melakukan kegiatan ini dengan tujuan untuk pamer di media sosial, khususnya anak muda.

Panorama alam yang indah terbuka dari hampir semua titik. Sebut saja rangkaian pegunungan yang cocok dijadikan backdrop cantik untuk berfoto.

Jika ada awan tebal, jangan pernah sia-siakan kesempatan berfoto ini. Pantulan sinar matahari memberikan kesan eksotis pada foto Anda.

Jangan lupakan hamparan rumput luas sebagai backdrop. Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengambil foto yang menarik karena secara keseluruhan tempat wisata ini indah.

5. Menikmati pemandangan alam

Setiap pengunjung yang datang pasti ingin menikmati pemandangan alam di sekitar lokasi Buffalo Hill Garut. Aktivitas ini terbukti mampu meredakan suasana cemas bahkan membuat pikiran lebih segar. Rerumputan hijau, pegunungan, pepohonan, dan awan tebal hanyalah sebagian dari pemandangan yang bisa Anda nikmati.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Buffalo Hills
Foto Charlie di Facebook

Sayangnya, Buffalo Hill masih kekurangan fasilitas yang terjangkau. Masih belum ada toilet di lokasi yang bisa digunakan untuk buang air besar.

Anda bisa menemukannya di dekat rumah penduduk atau di tempat parkir. Di beberapa tempat Anda bisa menemukan gazebo untuk bersantai.

Dari segi keamanan, objek wisata eksotik ini cukup mumpuni. Dari waktu ke waktu, patroli bertugas di sini untuk memeriksa keselamatan pengunjung yang berkunjung.

Selain itu, terdapat penggembala kerbau yang siap meminta bantuan ketika membutuhkan sesuatu. Parkir juga tersedia dengan harga tiket yang disebutkan sebelumnya.

Buffalo Hill Garut setidaknya berukuran dua kali luas lapangan sepak bola. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan ini untuk mengisi waktu liburan Anda. Namun sebelum itu pastikan kondisi anda dalam keadaan sehat, karena jalan yang harus anda lalui akan cukup panjang.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *