Pantai Mekaki, Pantai yang Menjadi Rumah Beragam Biota Laut Unik di Lombok Barat

Ide Wisata13 Dilihat


Pantai Mekaki di Lombok Barat menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan pasir putihnya yang halus dan menjadi rumah bagi beragam biota laut yang unik.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Raya Mekaki, Kec. Pelangan. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Map: Periksa lokasi

Pantai Mekaki mungkin tidak sepopuler pantai lain di Sekotong. Misalnya saja Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi atau Pantai Gili Trawangan. Meski demikian, bukan berarti keindahannya kalah dengan pantai-pantai tersebut.

Di sini Anda bisa menyaksikan segala pesona alam yang menakjubkan, mulai dari pasir putih hingga airnya yang jernih. Wisata bahari ini memang belum terlalu populer sehingga belum banyak pengunjung yang datang.

Tapi hamparan pasir putihnya yang luas sungguh indah. Pasir lembut ini cukup lebar dan sedikit landai ke arah laut. Tidak ada sampah berserakan, hanya butiran pasir dan beberapa cangkang kecil, siput dan siput.

Airnya sangat jernih sehingga Anda dapat melihatnya dari warna biru kehijauan yang lembut. Hembusan angin mengubah permukaan air menjadi gelombang. Potongan-potongan kecil busa terlihat bergoyang-goyang.

Apalagi karena belum banyak wisatawan yang datang kesini, suasana yang dirasakan di Pantai Mekaki Lombok Barat sangat damai dan menyejukkan. Terkadang Anda bisa mendengar kicau burung samar-samar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Pantai Mekaki

Objek Wisata Pantai Mekaki
Foto Carnallilla S. di Google Maps

Di Sekotong Lombok Barat Anda tidak hanya bisa menemukan satu atau dua pantai, tapi puluhan.

Pantai eksotis ini salah satunya dan memiliki banyak daya tarik. Keindahan alam adalah salah satunya, dan masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui.

1. Keindahan alam yang menakjubkan

Pesonanya yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari pantai indah ini. Sebelum sampai di tempat wisata tersebut, Anda akan disuguhkan berbagai keindahan.

Perjalanan terasa menyenangkan dan diiringi pesona alam yang menakjubkan. Meski pendakiannya tidak terlalu bagus, Anda bisa mencapai pantai ini dengan mobil.

Begitu sampai di puncak sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Mekaki, Anda akan disambut dengan indahnya hijaunya persawahan, ladang, dan perbukitan.

Baca Juga  Pantai Wediombo, Pantai Pasir Putih yang Menawan di Gunung Kidul

Suasananya begitu asri, udara sejuk menyelimuti setiap sudut lokasi. Di puncak bukit ini Anda juga bisa menyaksikan pesona gugusan Gili yang bahkan beberapa di antaranya belum terjamah peradaban.

Keindahannya semakin terlihat memukau saat Anda sampai di pantai cantik ini. Pasir putihnya terhampar luas, seolah menyambut Anda dengan gembira.

Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah lautan biru dengan kondisi yang sangat jernih. Di sisi kanan dan kiri pantai ini dikelilingi perbukitan yang juga menjadi pembatasnya.

2. Biota laut yang beragam, indah, dan unik

Pantai Mekaki Lombok Barat mempunyai air yang sangat jernih, kadang warnanya biru kehijauan, kadang berubah menjadi hijau muda. Dalam keadaan ini, bagian bawahnya terlihat jelas berupa pasir dan beberapa batu.

Tak heran jika para wisatawan yang mengunjunginya menjadikan tempat ini salah satu tempat terbaik untuk scuba diving.

Di sini Anda dapat menemukan berbagai macam biota laut: dari ikan kecil hingga ikan besar. Mereka biasanya berkumpul di terumbu karang yang merupakan habitat aslinya.

Terumbu karang ini juga terlihat indah karena bentuk dan warnanya yang unik. Meski jumlahnya tidak banyak, ubur-ubur biasanya berenang dengan tenang ke arah penyelam.

3. Suasana tenang dan pengalaman yang luar biasa.

Tak banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Mekaki justru menjadi daya tarik tambahan. Bagaimana tidak, kondisi seperti itu membuat suasana menjadi lebih tenang dan damai.

Dibandingkan pantai lain di Sekotong, kondisi seperti ini jarang terjadi. Itu sebabnya Anda bisa menggunakannya sebagai nasihat penyembuhan.

Apalagi suasananya terkesan indah karena letaknya di balik perbukitan yang indah. Semak tidak jarang ditemukan di sini, sehingga udaranya tidak terlalu kering.

Angin sepoi-sepoi membuat suasana semakin damai. Deburan ombak yang datang ibarat nyanyian alam yang menghibur dan mendamaikan jiwa.

4. Tempat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam

Hampir semua pantai bisa dijadikan tempat berburu pesona matahari terbenam. Namun tidak semuanya bisa dibilang terbaik, seperti Pantai Mekaki.

Baca Juga  Museum Dirgantara, Wisata Edukatif di Bantul dengan Beragam Koleksi Pesawat Bersejarah

Pesona matahari terbenam di sini begitu sempurna karena tidak ada yang menghalangi. Anda bisa melihat matahari terbenam hingga tak terlihat sama sekali, seolah ditelan cakrawala.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Mecaca
Foto oleh Adhista Raw di Pexels

Dibutuhkan usaha untuk mengunjungi pantai indah ini. Jarak yang cukup jauh harus kamu tempuh dengan berbagai rintangan.

Akses jalan sangat baik dan memadai, namun banyak tanjakan dan turunan terjal menuju pantai. Jangan khawatir, semua kerja keras Anda dijamin akan terbayar begitu Anda sampai di lokasi.

Kawasan Wisata Pantai Mekaki terletak di Pelangan, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Jarak dari Mataram cukup jauh, sekitar 65 kilometer dari pusat kota.

Karena tidak ada angkutan umum di kawasan ini, sebaiknya gunakan mobil pribadi. Anda juga bisa menyewa mobil kemping atau sejenisnya.

Jika Anda datang dari Mataram, ikuti jalur menuju Lombok International Bypass. Kemudian menuju Bundaran Tugu Lombok, lalu menyusuri Jalan Raya Selamat hingga mencapai Jalan Datok Kedaro.

Destinasi selanjutnya adalah Jalan Raya Sekotong, Jalan Raya Pelangan, lalu Jalan Raya Mekaki tempat objek wisata tersebut berada.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati segala keindahan dan daya tarik Pantai Mekaki Lombok Barat tentunya membutuhkan biaya. Namun jangan khawatir karena harganya cukup terjangkau sehingga Anda tidak perlu menabung terlebih dahulu.

Hanya dikenakan biaya sebesar Rs 5.000 per pengunjung, belum termasuk biaya parkir mobil.

Jika datang dengan sepeda motor dikenakan biaya tambahan sebesar 5000 rupee. Kalau bawa mobil atau roda empat biayanya 10.000 rupee dan bus 20.000 rupee.

Terdapat beberapa pilihan akomodasi di sekitar lokasi dengan harga yang berbeda-beda. Wisatawan bisa mengunjunginya kapan saja setiap hari selama 24 jam.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Mekah
Foto oleh Ondřej Dolezal di Google Maps

Pantai indah ini menawarkan aktivitas menarik yang dekat dengan objek wisata yang disebutkan di atas. Sebagian besar terkait dengan perairan, karena termasuk wisata bahari. Anda bisa berenang, bermain air, snorkeling dan masih banyak lagi.

Menikmati keindahan alam pantai

Sekilas mungkin Anda tidak akan melakukan apa-apa, namun menikmati pemandangan alam Pantai Mecaca memiliki banyak manfaat. Pengunjung pasti bisa melihat tumbuh-tumbuhan hijau yang tumbuh di perbukitan.

Baca Juga  Pantai Tablolong, Pantai Indah dengan View Sunset Mempesona di Kupang

Pasir putihnya terkesan kontras, namun menciptakan kombinasi warna yang sempurna. Belum lagi birunya air laut membuat pesonanya semakin indah.

Berenang dan bermain air di Pantai Mekaki.

Pantai Mekaki memiliki ombak yang tenang sehingga cocok untuk beberapa aktivitas air. Misalnya, Anda bisa memilih perairan dangkal untuk berenang agar lebih aman.

Jika masih ragu, bermain air di pantai juga seru. Kegiatan ini biasanya menjadi kegiatan favorit wisatawan yang berjalan-jalan di sepanjang garis pantai.

Perhatikan baik-baik pesona biota laut

Tak hanya ombaknya yang tenang, Pantai Mekaki di Lombok Barat juga memiliki air yang sangat jernih. Anda bisa melihat bagian bawahnya karena begitu jernih dan kebiruan.

Para perenang snorkel memanfaatkan kondisi ini. Hanya dengan alat sederhana, Anda bisa melihat keanekaragaman biota laut dengan ciri khas dan keunikannya.

Menyaksikan matahari terbenam yang menawan

Salah satu daya tarik wisata Pantai Mekaki adalah dijadikan sebagai tempat berburu matahari terbenam yang ideal. Hal ini tidak ada salahnya karena pantai merupakan tempat yang tepat untuk melakukan aktivitas tersebut.

Wisatawan bisa menyaksikan indahnya pesona matahari terbenam tanpa hambatan apa pun. Bersantai di pasir putih, tak mudah melupakan pesona indahnya matahari terbenam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Mecaca
Foto oleh Aja Bangun di Google Maps

Memang tidak terlalu ramai, namun bukan berarti tidak ada fasilitas apa pun di pantai indah ini. Tempat parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung beberapa bus sekalipun.

Secara umum tidak jauh berbeda dengan pantai, fasilitas lainnya masih ada: gazebo, toilet, musala, warung makan, perumahan, dan lain sebagainya.

Lombok Barat memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Setiap orang mempunyai daya tarik yang menjadikannya suatu pilihan.

Misalnya saja Pantai Mekaki, keindahan alam dan suasananya yang tenang menjadi daya tarik utamanya. Beragam aktivitas seru juga tersedia sehingga semakin layak dijadikan destinasi liburan utama.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *