Batu Tumpang, Keindahan Alam Tebing Batu Raksasa & Perkebunan Teh di Garut

Ide Wisata24 Dilihat


Rasakan keajaiban alam Batu Tumpang, Garut yang memukau dengan tebing batu raksasa dan perkebunan teh, sambil menikmati suasana nyaman dan asri yang menyejukkan hati.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Chikajan, Tanjungjaya, Kab. Banjarwangi, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Batu Tumpang merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang selalu ramai pengunjung saat hari libur. Objek wisata ini menawarkan pesona alam yang indah dengan pemandangan perkebunan di sekelilingnya.

Tidak hanya itu saja yang penting, keunikan bebatuannya juga terletak tidak merata dan ukurannya cukup besar.

Tempat wisata cantik ini terletak di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Memang tidak terlalu tinggi dibandingkan tempat perbukitan lainnya namun cuacanya sejuk dan nyaman karena dipenuhi pepohonan liar. Sangat mudah untuk menemukannya karena letaknya tepat di seberang jalan.

Hingga saat ini salah satu tempat wisata indah di Garuta ini belum resmi berada di bawah kendali pemerintah. Hanya sedikit penduduk lokal dan pemuda yang mengatasi hal ini dengan menyediakan sedikit fasilitas.

Namun, selalu banyak pengunjung di sini yang datang untuk menikmati berbagai aktivitas dan hiburan menarik.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Batu Tumpang

Atraksi Batu Tumpang
foto Vaisyalexis.N di Twitter

Jika kita berbicara mengenai objek wisata, maka setiap objek wisata tentunya mempunyai ciri khas tersendiri. Dalam hal ini, Batu Tumpang menyimpan banyak hal menarik yang bisa dijadikan alasan untuk segera mengunjunginya. Dari sekian banyak tempat wisata yang diulas, berikut beberapa ulasannya yang penting untuk diketahui!

Keunikan Batu Tumpang

Kekuatan tari yang pertama terletak pada keunikan dan ciri khasnya. Hampir mustahil menemukan sesuatu yang unik, yakni susunan batu-batu besar yang saling berdekatan dalam barisan ciri khas warna batu yang hitam. Menariknya, ujung batu tersebut menempel ke tanah dan masih seimbang sehingga tampak agak miring.

Oleh karena itu, penduduk setempat memberinya nama Batu Tumpang yang artinya “batu yang menonjol”. Dari kejauhan batu tersebut tampak seperti bukit kecil berwarna hitam, namun tanpa pepohonan hijau.

Warna hijaunya hanya berupa rerumputan yang menempel di beberapa titik bebatuan. Pohon yang hanya tumbuh di sekitar batu, bukan di atas batu.

Keindahan di sekitar tempat wisata

Jika Anda sedang berkunjung ke suatu destinasi wisata alam, tentu keindahannya membuat Anda tertarik. Begitu pula jika Anda berkunjung ke Garut, banyak sekali spesies yang bisa dilihat di sekitar tempat wisata ini.

Baca Juga  Pantai Bondo Jepara, Pantai Pasir Putih yang Dikelilingi Vegetasi Hijau

Hamparan kebun teh yang dimiliki warga cukup asri dan sayang untuk dilewatkan. Pepohonan dengan berbagai ukuran pun turut menghiasi tempat wisata cantik ini.

Dari puncak Batu Tumpang terlihat lereng yang cukup landai, di bawahnya terdapat pemukiman penduduk. Keindahan tempat wisata ini semakin terlihat ketika diselimuti kabut tipis.

Spesies yang dimaksud biasanya terlihat pada pagi hari saat matahari mulai sedikit terbit. Pada waktu-waktu tertentu dalam sehari juga terdapat pemandangan yang sama, namun tidak terlalu sering.

Suasana nyaman dan asri

Karena tempatnya masih di perbukitan, suasananya asri dan nyaman banget. Hampir setiap lokasi dipenuhi pepohonan rindang dengan warna hijau alami.

Meski banyak kendaraan lalu lalang di sekitar tempat wisata, namun udaranya tetap terasa segar seolah tidak tercemar.

Apalagi jika tanaman dan perkebunan bukan menjadi faktor utamanya. Polusi asap kendaraan sepertinya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan banyaknya tanaman yang ada. Apalagi jika di Batu Tumpang tidak ada pabrik yang menjadi penyumbang utama pencemaran udara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu Tumpang
foto Pariwisata penuh warna di Twitter

Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata menawan ini, anda bisa mengunjungi Jl. Chikajan, Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota Garut sekitar 35 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam. Namun jika datang dari Kecamatan Chikajan, jarak yang dibutuhkan hanya 6 kilometer saja.

Ada banyak rute yang bisa diambil, namun lebih baik menggunakan Chikajan karena lebih dekat. Akses jalan relatif baik dan jalan sudah beraspal seluruhnya.

Namun terdapat sedikit tanjakan di beberapa titik yang merupakan ciri khas jalan saat menyusuri jalur berbukit. Kalau masih belum tahu dimana letak Batu Tumpang, gunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuknya saat ini tidak terlalu mahal, hanya 5000 rupee untuk satu pengunjung. Dengan biaya di atas, Anda sudah bisa melakukan berbagai aktivitas seru selama berada di lokasi. Dibandingkan dengan pengalamannya, harganya tentu saja sangat murah dan worth to royal.

Harga parkir juga berlaku tergantung kendaraan yang Anda bawa. Misalnya untuk sebuah sepeda motor perlu menyiapkan uang sebesar 2.000 rupee.

Baca Juga  Embung Tambakboyo, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran di Sleman

Mereka yang datang dengan mobil harus membayar biaya parkir sebesar Rs 5.000. Jam buka Batu Tumpang Garut buka mulai pukul 07.00 dan tutup pada sore hingga malam hari, lebih tepatnya pukul 17.00.

Kegiatan yang menarik

Liburan aktif di Batu Tumpang
Foto Nur Diana di Google Maps

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata Garuta yang indah ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pengunjung ke sini selalu ramai, apalagi di hari libur. Tak perlu bingung apa saja kegiatan seru yang bisa dilakukan, berikut ulasan lengkapnya!

1. Pelacakan lokasi

Meski tidak terlalu tinggi, namun jalan yang perlu Anda lalui untuk menuju Batu Tumpang cukup sulit. Banyak tanjakan di sini yang menjadi kendala utama sekaligus membuat perjalanan semakin seru.

Bagi pecinta alam atau pecinta petualangan, aktivitas ini bukanlah suatu hambatan.

Apalagi jika Anda memiliki banyak pemandangan indah selama perjalanan. Disarankan menggunakan alas kaki atau alas kaki khusus agar tidak terpeleset. Jalan berbatu yang mereka lalui terkadang licin karena hujan atau embun pagi. Jika Anda datang pada siang hari, ini mungkin bukan masalah besar.

2. Panjat tebing di Batu Tumpang.

Aktivitas menarik berikutnya di Batu Tumpang adalah panjat tebing. Objek wisata ini menampilkan formasi bebatuan yang menjulang tinggi, sehingga tak heran jika aktivitas ini sangat menyenangkan. Kecuraman bebatuan membuat sulit untuk mencapai puncak. Namun bagi orang yang sudah berpengalaman hal ini bukanlah masalah yang serius.

Tidak ada langkah khusus saat memanjat batu ini. Kontur batunya halus sehingga perlu bantuan untuk memanjatnya.

Biasanya yang melakukan aktivitas ini menggunakan tali yang memiliki tempat khusus untuk mengaitkannya. Meski cukup menyenangkan, namun tidak disarankan bagi Anda yang belum pernah melakukannya.

3. Bersepeda mengelilingi lokasi

Di pagi hari, aktivitas yang menarik adalah olahraga. Ada banyak olahraga yang bisa dinikmati di Batu Tumpang, salah satunya bersepeda santai.

Beberapa jalan raya memiliki tanjakan sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk mengayuh sepeda Anda. Namun kesegaran udara di sekitar lokasi membuat kegiatan ini selalu menyenangkan.

Apalagi jika pemandangannya cukup indah dan mempesona. Anda dapat mengajak keluarga atau rombongan lain untuk bersepeda, namun disarankan agar Anda membawa sepeda sendiri karena tidak ada toko persewaan di sekitar. Jika Anda tidak bisa mengendarai sepeda, jogging dan nikmati pemandangan alam.

Baca Juga  Jungwok Blue Ocean, Destinasi Wisata ala Santorini di Gunung Kidul

4. Piknik santai

Berwisata bersama keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk liburan Anda. Di Batu Tumpang Garut, Anda bisa piknik santai sambil menghirup udara segar dan menikmati hamparan kebun teh warga. Untuk melakukan kegiatan ini, cukup sediakan alas untuk diletakkan di atas tanah dan sedikit rumput.

5. Wisata kuliner

Banyak warung yang berjejer di sekitar lokasi wisata. Tak hanya bagi mereka yang singgah sejenak saat berwisata, namun juga bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam indah ini. Beragam menu yang ditawarkan terutama masakan khas Garuta. Harganya tidak terlalu mahal untuk sebuah objek wisata alam.

6. Kunjungi Kebun Teh.

Jika aktivitas di atas dirasa kurang menarik, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri kebun teh yang ada di sekitar lokasi. Jaraknya tidak jauh dari lokasi utama, Anda hanya perlu menuruni tanjakan yang cukup terjal.

Namun akses jalannya bagus karena merupakan jalan utama yang biasa dilalui penduduk setempat.

7. Berburu foto

Tak lengkap rasanya jika tidak berlibur ke Batu Tumpang Garut untuk mengabadikan momen tersebut. Anda tidak memerlukan kamera khusus untuk itu, cukup gunakan kamera ponsel Anda yang kini sudah didukung teknologi tinggi. Kegiatan ini wajib dilakukan saat Anda bepergian untuk mengisi liburan.

Beberapa tempat menarik yang patut dikenang adalah tebing-tebing batu yang berjejer dengan gagah. Tak lupa indahnya pemandangan dari perkebunan warga.

Hamparan taman yang hijau tentu akan membuat latar belakang foto semakin indah. Sorotan lainnya adalah pemandangan alam secara keseluruhan yang bisa dilihat dari atas tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Batu Tumpang
Foto oleh Varna Varni Visata di Facebook

Terdapat beberapa fasilitas dasar yang dapat digunakan untuk menunjang liburan Anda. Ini termasuk toilet di seluruh area untuk buang air kecil. Terdapat pula musala yang cukup luas, yang dibuka setiap saat bagi wisatawan yang ingin menunaikan ibadah wajib.

Fasilitas lain yang bisa ditemukan adalah warung makan yang cukup banyak. Anda dapat memilih salah satunya sesuai menu yang Anda inginkan.

Jika Anda masih ragu dengan harganya, silakan bertanya sebelum memesan. Selain fasilitas Batu Tumpang Garut yang disebutkan, hal lain yang bisa Anda manfaatkan adalah lahan parkir yang luas dan aman.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *