Wisata Cipaniis, Objek Wisata Alam Eksotis Nan Menawan di Kuningan

Ide Wisata26 Dilihat


Nikmati eksotisme alam Wisata Cipaniis di Kuningan dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Harga tiket: 20.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Singkup, dist. Pasavahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Waktu liburan adalah hari untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau pasangan, baik dalam bentuk kedamaian maupun kesenangan.

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda manfaatkan untuk berlibur adalah destinasi wisata Chipaniyas Kuningan. Tempat yang sangat terkenal dengan panorama alamnya yang indah.

Nama tempat wisata di Kuningan ini memiliki arti yang sama dengan pesona alam yang diwakilinya. Kata “chipaniis” berarti air pendingin. Wisata ini merupakan pengalaman aliran sungai yang bersih, segar dan sejuk. Perpaduan banyaknya hutan pinus menimbulkan kesan sejuk dan menenangkan pikiran.

Pariwisata di Chipania memberikan rasa nyaman kepada wisatawan yang berkunjung. Pengunjungnya sebagian besar berasal dari kalangan lansia, dewasa, remaja, anak kecil, dan balita.

Saat hari libur, objek wisata ini ramai dikunjungi pengunjung. Oleh karena itu, banyak orang yang berenang dan piknik keluarga di bawah pohon pinus.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Wisata Chipaniisa

Objek wisata Chipaniis
Foto oleh Anton Salekhhidayat di Google Maps

Kota Cirebon tidak pernah berhenti menjadi pusat daya tarik wisata alam, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke Cirebon hanya sekedar untuk menikmati liburan. Satu-satunya yang menghubungkan pengunjung adalah wisata Chipaniisa. Tempat ini terkenal sebagai tujuan liburan keluarga. Inilah daya tariknya:

Pemandangan alam yang mempesona

Wisata ini mengungkap panorama alam yang sangat indah. Pemandangan khas pegunungan yang ditumbuhi pohon pinus menambah kesejukan udara di sini. Keindahan pemandangan di kaki Gunung Ciremay melengkapi keindahan alamnya.

Di tempat ini aliran airnya mirip sungai, namun tidak terlalu deras. Airnya yang sangat jernih membuat pengunjung bersemangat untuk berenang dan bermain air selama tur ini. Apalagi air ini juga merupakan sumber mata air milik masyarakat setempat.

Memiliki sumber mata air bersih.

Air yang berasal dari Gunung Ciremay menjamin kejernihan dan kemurnian asli kualitas air di Wisata Cipaniis. Faktanya, banyak penduduk setempat yang meminum air dari mata air ini.

Baca Juga  Makam Wali Pitu, Makam Bersejarah di Bali yang Menjadi Lambang Keberagaman

Pengunjung biasanya hanya menikmatinya dengan berenang dan bermain air di area aliran air. Aliran air ini memiliki kedalaman setengah meter hingga 2 meter.

Pemandangan matahari terbenam yang indah

Pengunjung yang berencana berkemah di Gunung Chiremay pasti akan merasakan indahnya matahari terbenam di puncak gunung. Bahkan dari wisata ini Anda juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam. Kebanyakan hutan pinus tidak terlalu lebat, sehingga orang dapat melihat ke balik pegunungan.

Memiliki banyak atraksi permainan

Wisata Cipaniis juga menawarkan berbagai atraksi untuk anak-anak dan orang dewasa. Atraksi tersebut antara lain Flying Fox, Panjat Tali, Jembatan Ayun dan lain sebagainya. Game ini dirancang untuk mengajarkan anak-anak agar berani di alam liar.

Tempat yang cocok untuk bersantai

Wisata ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin berkumpul bersama teman, keluarga dan pasangan sekedar untuk bersenang-senang. Tempat ini ibarat taman alam di pegunungan yang keindahannya mampu memikat banyak orang.

Selain itu, pecinta petualangan outdoor bisa datang ke sini untuk menikmati petualangan Gunung Ciremay sambil berkemah di kawasan tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata ─îipaniisa
Foto Sobayari di Google Maps

Wisata ini mengenalkan pengunjung pada keindahan alam. Pengunjung yang ingin datang ke Wisata Cipaniis Kuningan bisa datang ke Desa Panis, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selama perjalanan, pengunjung akan disuguhi pemandangan alam pegunungan. Medannya tidak terlalu sulit, namun jalannya banyak berkelok-kelok dan sedikit berlubang.

Namun pengunjung tetap harus berhati-hati. Untuk sampai ke sana, Anda perlu menempuh jarak sekitar 30 km dan waktu tempuh 1 jam dari kota Cirebon.

Karena kawasan wisata Chipaniis cukup terkenal, maka sangat mudah untuk menemukannya. Pengunjung yang ingin datang ke sini dapat mengikuti rute yang sudah dipasang rambu-rambu jalan. Di pinggir jalan terdapat papan tanda pohon pinus yang menjadi petunjuk arah pengunjung ke objek wisata ini.

Jika masih bingung, pengunjung bisa mencarinya di Goggle Maps atau bertanya kepada penduduk setempat. Kami yakin perjalanan Anda akan mudah dan menyenangkan. Yang perlu diperhatikan adalah pengunjung tidak boleh berbicara kotor atau sembarangan membuang sampah di kawasan ini.

Baca Juga  Puncak Becici Dlingo, Wisata Hutan Pinus & Panorama Senja di Bantul Jogja

Biaya masuk dan jam buka

Objek wisata ini sudah resmi tersertifikasi sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat dan layak untuk dilestarikan. Pengunjung yang ingin mengunjungi Wisata Cipaniis dapat membayar Rp 20.000 per orang untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak.

Dengan biaya tambahan, pengunjung hanya akan dikenakan biaya parkir berdasarkan kendaraan yang digunakan. Ada juga tempat menyimpan helm seharga Rp 1.000.

Jadi pengunjung tidak perlu khawatir helm Anda akan dicuri. Dengan sedikit biaya, keluarga Anda dapat menikmati liburan di tempat indah ini.

Jam buka objek wisata ini adalah pukul 07.00 hingga 17.00 WIB, namun jika pengunjung berniat berkemah atau berpetualang dapat menginformasikan kepada petugas pariwisata.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Wisata Chipanis
Foto Ummu Fadli di Google Maps

Tur ini dirancang khusus untuk keluarga yang menginginkan liburan menyenangkan dan santai. Itu sebabnya ada banyak peralatan di sini. Oleh karena itu, pengunjung dapat menghabiskan liburannya di Wisata Cipaniis Kuningan. Acara-acara berikut sering diadakan:

1. Berenang dan bermain air.

Pengunjung mulai dari dewasa hingga anak-anak bisa merasakan sensasi berenang di air yang jernih dan sejuk. Kedalaman airnya hanya 2 meter dan arusnya tidak terlalu deras, sehingga anak-anak bisa mencoba bermain air. Pasti akan membuat hatimu bahagia.

2. Piknik bersama orang tersayang

Wisata alam yang sejuk dan tenang, dikelilingi banyak pohon pinus yang terlindung dari sinar matahari, menjadi tempat yang cocok untuk piknik. Pengunjung bisa menyantap makanan dari rumah di Wisata Cipaniis. Apalagi bercerita bersama teman di tempat ini juga seru banget.

3. Bermain dengan berbagai atraksi di Wisata Cipaniis.

Tempat ini memberikan atraksi bagi pengunjung yang ingin menguji nyali anak-anaknya. Anak-anak akan merasa senang karena bisa bersenang-senang bermain di alam dan memperluas pengalamannya.

4. Ambil foto

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto bagi pengunjung, yaitu pemandangan pohon pinus, sumber mata air yang mengalir jernih, atraksi taman bermain, dan disediakan spot foto yang bisa menambah keindahan foto kamera anda. Pastinya foto Anda layak untuk diposting di jejaring sosial.

Baca Juga  Taman Kertha Gosa, Wisata Edukasi Sejarah & Hukum Adat Bali di Klungkung

5. Berkemah

Wisata di Chipania bisa dijadikan tempat berkemah bagi pengunjung yang senang menjelajah pegunungan. Gunung Ciremay mungkin bisa menjadi tempat yang patut untuk dicoba.

Pemandangan malam dari pegunungan sangat indah, lampu-lampu yang berasal dari pemukiman penduduk bisa terlihat dari atas. Jika langit cerah maka kerlap-kerlip bintang akan terlihat jelas.

6. Bertualang

Bukan hanya orang dewasa saja yang diperbolehkan berpetualang, tempat ini juga memperbolehkan anak-anak pramuka untuk berpetualang. Namun hal ini tetap harus diawasi oleh pelatih. Tempat ini juga biasa digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler di sekolah Kuningan.

7. Jelajahi wisata sepeda.

Pengunjung dan penduduk kawasan ini dapat menikmati bersepeda gunung. Jalannya tidak terlalu sulit, dan pemandangan yang indah akan membantu Anda menyembuhkan tubuh dengan melakukan olahraga ringan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tempat wisata di Chipanis
Foto oleh Bibi Lisnavati di Google Maps

Wisata di Chipanis merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan lokal. Oleh karena itu, tidak heran jika fasilitas yang diberikan cukup banyak, apalagi tempat ini sangat terawat dan bersih.

Fasilitas tambahan dirancang untuk memberikan pengunjung tempat ini kenyamanan dan rasa keindahan.

Fasilitas pendukung wisata ini antara lain atraksi seperti Flying Fox, jembatan ayun, tali panjat, perosotan, ayunan dan lain sebagainya.

Tersedia juga tempat parkir, toilet dan ruang ganti, musala dan warung makan. Banyak pengunjung yang puas dengan layanan dukungan yang diberikan oleh profesional pariwisata lokal.

Selain itu ada layanan tambahan lainnya seperti sewa ban, sewa tempat duduk, sewa matras, sewa tenda, sewa sepeda dan spot foto yang didesain dengan indah.

Hal ini menambah pengalaman pengunjung karena tamasya ini memiliki semua yang mereka butuhkan.

Itulah beberapa hal menarik tentang wisata Cipaniis di Kuningan. Wisata ini bisa direkomendasikan kepada Anda untuk liburan keluarga atau pun bersama orang tercinta. Selain itu, kegiatan yang diadakan juga banyak dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan memadai. Semoga ini bermanfaat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *