Jembatan Kaca Tangerang, Spot Foto Ikonik dengan Latar Sungai Cisadane yang Mempesona

Ide Wisata45 Dilihat


Kunjungi Jembatan Kaca Tangerang untuk spot foto terbaik dengan latar belakang Sungai Cizadan yang mempesona. Sempurnakan kenangan Anda dengan keindahan alam yang luar biasa.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sukarasa, Kecamatan. Karavachi, Kota Tangerang, Banten; Map: Periksa lokasi

Jembatan Kaca Tangerang bisa dijadikan alternatif liburan keluarga yang menyenangkan. Tempat ini sangat mudah dijangkau dan selalu ramai pengunjung setiap harinya. Tak heran, selain aksesnya yang mudah, tempat ini juga memiliki banyak objek wisata. Salah satunya adalah jembatan berbahan kaca seperti yang dikenal saat ini.

Sebenarnya jembatan yang menghubungkan kawasan Benteng Makassar dengan Gerendeng ini memiliki nama asli. Nama yang dimaksud adalah Jembatan Berendeng, diambil dari dua kawasan yang terhubung tersebut. Karena sisi kanan dan kirinya dilengkapi kaca, penduduk setempat dan wisatawan menyebutnya jembatan kaca.

Berbeda dengan jembatan yang dijadikan tempat wisata, jalan di sana terbuat dari kaca. Di sini kehadiran kaca sebagai konektor hanya digunakan sebagai variasi. Artinya, sebagian besar jembatan ini masih berstruktur beton dan aspal. Jembatan berukuran 7×2,5 meter ini mampu menampung sekitar 60 pengunjung.

Atraksi Jembatan Kaca Tangerang

Jembatan Kaca Landmark Tangerang
Foto saluran Mona Lisa di Google Maps

Daya tarik Jembatan Kaca Tangerang cukup banyak sehingga selalu ramai pengunjung. Meski fungsi utamanya adalah sebagai pos pemeriksaan, tidak hanya mereka yang melintasi perbatasan yang datang ke sini. Banyak pengunjung yang datang kesini karena penasaran dan menyukai suasana disekitarnya.

1. Keunikan jembatan

Satu-satunya hal yang menarik pengunjung adalah keunikan jembatan itu sendiri. Garis warna-warni di sepanjang jembatan membuatnya mudah dikenali bahkan dari kejauhan. Di pinggir jembatan terdapat bangunan mirip benteng, menandakan bahwa kawasan Benteng Makassar berada di dekatnya.

Jembatan kaca di Tangerang ini dilengkapi dengan pembatas atau pagar berbahan semen hijau. Sedangkan pada bagian bawahnya terdapat ukiran batik warna-warni sehingga terlihat animasi. Sesuai dengan namanya, yang paling unik adalah terdapat jembatan kaca di sisi kanan dan kirinya. Wisatawan memanfaatkan kawasan ini untuk mencari spot foto gratis.

Baca Juga  Air Terjun Luweng Sampang, Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Gunung Kidul

2. Pemandangan Sungai Cisadane

Meski berada di perkotaan atau pusat kota, keindahan alam tetap bisa disaksikan. Jembatan Berendeng dibangun melintasi Sungai Cisadane yang memisahkan kawasan Gerendeng dan Benteng Makassar. Dari atas jembatan terlihat keindahan sungai yang terlihat sangat tenang meski ramai pengunjung.

Permukaan sungai yang terlihat dari Jembatan Kaca Tangerang nampaknya tak terganggu dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung. Pada malam hari jembatan ini dihiasi dengan lampu warna-warni yang sangat menawan. Dilihat dari atas jembatan, lampu-lampu tersebut terlihat semakin indah jika terpantul di permukaan air sungai yang tenang.

3. Taman yang indah di tepi sungai

Keindahan yang bisa didapat dari tempat wisata alternatif di Tangerang ini tidak hanya datang dari sungainya saja. Selain itu disini terdapat taman yang ukurannya cukup luas. Taman ini dilengkapi dengan bangku istirahat yang menghadap ke sungai. Sama seperti jembatan, taman ini juga dicat dengan warna-warna cerah untuk menghidupkan suasana.

Kehadiran taman semakin melengkapi Jembatan Kaca, terutama bagi yang membawa anak-anak. Atau tidak, Anda bisa mengajak mereka bermain di taman. Umumnya ada beberapa mainan seperti taman terbuka. Misalnya ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan masih banyak lagi.

4. Sebagai destinasi wisata kuliner

Terdapat banyak kios yang menjual berbagai makanan dan minuman tepat di sebelah taman. Ini menjadi peluang bagi pecinta wisata kuliner. Menu yang disajikan sebagian besar merupakan makanan khas tangerang. Namun ada juga tempat yang menawarkan menu modern dan jajanan trendi, seperti kebab dan es boba.

Alamat, lokasi Rute dan biaya masuk

Alamat Jembatan Kaca Tangerang
Foto oleh Rama Permana di Google Maps

Menemukan Jembatan Kaca tentu saja sangat mudah. Pasalnya tempat wisata ini terletak di pusat kota, bahkan dekat dengan Alun-Alun Kota Tangerang. Dari alun-alun ini Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer. Jarak tersebut dapat ditempuh kendaraan bermotor dalam waktu 5 menit.

Baca Juga  Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

Jalurnya sedikit berkelok-kelok, namun masih mudah untuk dijangkau. Dari alun-alun menuju Jalan H Juanda, lalu menuju Jalan Pengairan dan Jalan Raya Pantura. Belok ke arah Jalan Benteng Jaya dan tak lama kemudian Anda akan menemukan tempat wisata tersebut. Alamatnya sendiri terletak di Desa Sukarasa, Karawachi, Tangerang, Banten.

Anda bisa mengunjungi Jembatan Kaca Tangerang dengan kendaraan pribadi maupun umum. Keduanya memiliki akses yang cukup mudah, namun kendaraan pribadi tetap disarankan. Pasalnya, Anda bisa menghemat biaya sekaligus waktu yang dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Tempat ini bisa dikunjungi kapan saja, 24 jam sehari, karena ini merupakan akses jalan utama. Namun jika ingin berwisata kuliner dan bermain di area taman, pastikan jam bukanya disesuaikan menjadi pukul 09.00 – 24.00 WIB. Tempat wisata alternatif ini gratis dan tidak dipungut biaya masuk. Namun, biaya parkir tetap berlaku untuk pengemudi pribadi.

Kegiatan yang menarik

Hiburan menarik Jembatan Kaca Tangerang
Foto oleh Dedi Perman di Google Maps

Tempat wisata Jembatan Kaca di Tangerang cukup banyak dan sangat mudah untuk dijangkau. Tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah datang ke sini. Apalagi selama berada di lokasi, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan tentu saja menarik.

Nikmati keunikan jembatan dan keindahan danau.

Meski bukan objek wisata alam, namun tetap ada keindahan yang bisa disaksikan di sini. Danau Cizadan sangat tenang dan memiliki panorama alam yang sayang untuk dilewatkan selama Anda berada di sini. Permukaan airnya yang sangat bersih dan hampir tidak ada puing-puing menjadi daya tarik tersendiri.

Keunikan Jembatan Kaca juga menjadi daya tarik yang juga bisa Anda nikmati. Penuh warna yang artinya setiap pengunjung dijamin akan bersenang-senang. Ukiran batik di sisi-sisi jembatan semakin meramaikan suasana. Di malam hari jembatan ini semakin indah karena dipenuhi lampu warna-warni.

Baca Juga  Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Bermain di taman Jembatan Kaca Tangerang.

Memiliki taman semakin melengkapi aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di sini. Selain itu, taman ini menawarkan berbagai macam mainan anak. Mulai dari perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi. Anak dijamin betah berlama-lama di rumah, orang tua hanya bisa menjaganya sambil menikmati keindahan alam.

Wisata kuliner

Terdapat beberapa warung atau tenant di sekitar Taman Jembatan Kaca Tangerang yang menawarkan berbagai macam pilihan makanan. Anda bisa berburu kuliner lezat sesuai selera Anda. Selain makanannya, ada beberapa penjual minuman yang menggiurkan di sini. Kegiatan ini sangat seru, terutama bagi wisatawan yang gemar menyantap makanan lezat.

Berburu foto

Karena keindahan alam dan keunikan jembatan tersebut, jangan pernah lupa untuk mencari spot foto. Apalagi objek wisata ini merupakan tempat khusus bagi para pecinta fotografi. Jembatan beralas kaca banyak digunakan wisatawan sebagai titik fotografi utama. Latar belakangnya adalah sungai yang tenang dan panjang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Jembatan Kaca Tangerang
Foto oleh Eddie Jotham di Google Maps

Biaya tiket gratis tidak membatasi kemungkinan Jembatan Kaca Tangerang. Sebaliknya, Anda akan menemukan banyak fasilitas di lokasi ini. Misalnya tempat parkir yang luas aman karena ada satpam yang bertugas. Selain itu, tersedia musala bagi wisatawan yang jauh dari rumah. Toilet dan bangku taman juga disertakan sebagai fasilitas tambahan.

Tak sulit menemukan tempat wisata di Banten yang bisa Anda jadikan destinasi liburan. Anda hanya perlu memutuskan kapan harus berangkat dan untuk apa liburannya. Berdasarkan seluruh penjelasan di atas, Jembatan Kaca Tangerang bisa dijadikan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin bersenang-senang tanpa mengeluarkan banyak biaya.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *