Pulau Pagang, Pulau Indah di Padang yang Meyuguhkan Panorama Bawah Laut Eksotis

Ide Wisata44 Dilihat


Jelajahi keajaiban Pulau Pagang di Padang, pulau indah yang menawarkan panorama bawah laut yang eksotis dan pemandangan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp35.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sungai Pinang. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasi

Pulau Pagang merupakan destinasi wisata di pesisir selatan Sumatera Barat yang menawarkan keindahan bahari yang khas. Kunjungan Anda ke sini akan membuat Anda terpesona dengan keindahan alam yang menakjubkan dan memberikan ketenangan.

Pulau ini dikelilingi laut biru jernih dan pantai berpasir putih, menjanjikan liburan tak terlupakan.

Keindahan alam pulau ini tidak hanya sampai situ saja, masih banyak keajaiban alam lainnya yang menjadikannya tempat liburan sempurna dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari alternatif destinasi wisata pantai selain Bali atau Lombok, pulau ini bisa menjadi pilihan Anda. Untuk persiapan liburanmu, yuk simak ulasan kami berikut ini.

Pemandangan Pulau Pagan

Pemandangan Pulau Pagan
Foto oleh Kiki Nurjana di Google Maps

Dibandingkan beberapa pulau di Pesisir Selatan, pulau ini lebih kecil, hanya sekitar 10 hektar. Ukurannya yang kecil justru memberikan Anda kemampuan bereksplorasi tanpa perlu khawatir kelelahan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kawasannya juga didominasi pohon kelapa dan hutan yang masih alami sehingga membuatnya rindang. Datang ke sini pasti tidak akan bosan, karena tempat ini memiliki sejumlah daya tarik, antara lain sebagai berikut.

Sejarah pulau itu

Daya tarik pertama yang ditawarkan Pulau Pagang Padang adalah terkait dengan sejarahnya, dimana pohon kelapa di sini tidak hanya sekedar simbol tropis saja. Namun ternyata juga mengandung nilai sejarah.

Setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, pulau ini digunakan untuk melatih para tahanan di Penjara Muaro Padang. Para narapidana dilatih dengan menanam pohon kelapa di sekitar lokasi.

Baca Juga  Pantai Watu Lawang Menyuguhkan Keindahan Alam Yang Memesona

Diharapkan setelah kembali ke masyarakat, para narapidana mempunyai keterampilan yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam kehidupan. Namun selang beberapa tahun tempat ini tidak lagi digunakan sebagai tempat pembinaan.

Ada legenda yang menarik

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa kawasan ini disebut Pulau Pagang. Menurut legenda, dahulu kala ada sekelompok orang yang tinggal di Tarusan.

Namun orang-orang tersebut mengalami konflik internal sehingga beberapa keluarga harus berpisah. Sebagian besar keluarga memang pergi ke Pulau Pasumpahan dan pulau-pulau sekitarnya.

Setelah konflik mereda, mereka memutuskan untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul di sebuah pulau dekat Pulau Pasumpahan. Pulau itu bernama Pagang yang artinya pertemuan atau pertemuan.

Keindahan alam bawah laut

Keindahan alam bawah laut pulau ini sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi airnya terlihat transparan. Jadi, aktivitas menyelam Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut.

Bagi yang berminat melakukan aktivitas menyelam, maka Anda tidak perlu membawa perlengkapan dari rumah, namun bisa menyewanya. Ada juga paket bawah air yang bisa digunakan untuk mengabadikan setiap momen.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Pagan
Foto Haroel di Google Maps

Pulau ini terletak di Nagari Sungai Pinang di Kecamatan XI Torotan, Sumatera Barat. Letaknya sekitar 13 km dari pusat kota Padang, sehingga dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit dengan mobil.

Jika ingin kesini disarankan untuk meninggalkan Kota Padang dan menuju Pelabuhan Muaro. Perjalanan akan dilanjutkan dengan perahu sewaan untuk mencapai objek wisata Pulau Pangang yang memakan waktu sekitar 40 menit melalui jalur laut.

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda ingin memasuki kawasan wisata ini, Anda harus membayar biaya masuk dan beberapa biaya lainnya. Namun sebenarnya paket tersebut tidak terlalu mahal, dan untuk lebih jelasnya silahkan baca penjelasan berikut ini.

  • Biaya masuk: 35.000 rupee.
  • Sewa perahu: Rp 150.000 per orang.
  • Sewa peralatan scuba diving: 100.000 – 300.000 rupee.
  • Wisata air: 50.000 – 200.000 rupee.
Baca Juga  Pulau Sempu, Surga Bahari Tersembunyi & Terlarang di Malang

Jika Anda ingin mengurangi biaya secara signifikan, disarankan untuk menggunakan layanan wisata dan tamasya. Dengan begitu, wisatawan hanya perlu membayar tiket wisata saja sehingga bisa lebih berhemat.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pulau Pagan
Foto oleh Kiki Nurjana di Google Maps

Jika Anda datang ke sini, Anda tidak perlu bingung apa yang bisa Anda lakukan. Karena ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan baik bersama-sama maupun sendiri, antara lain:

1. Menikmati keindahan pantai

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menikmati indahnya pantai Pulau Pagan Padang. Dengan pasirnya yang putih bersih dan airnya yang biru jernih membuat mata Anda tidak akan pernah bosan melihat tempat ini.

2. Snorkeling di Pulau Pagan.

Jika Anda ingin melihat keindahan laut di kedalaman yang cukup dangkal maka menyelam itu pilihannya. Aktivitas ini memungkinkan Anda melihat keindahan alam bawah laut dengan ombak yang tenang sehingga cocok bagi pemula.

3. Menyelam

Jika Anda seorang penyelam profesional, jangan lupa untuk mencobanya selam scuba dalam wisata pantai yang indah ini. Saat menyelam Anda akan melihat gugusan terumbu karang serta spesies ikan berwarna-warni.

4. Naik banana boat dan naik jet ski.

Ini adalah kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan bersama teman atau keluarga, yaitu panjat tebing. perahu pisang atau jetski. Selama perjalanan anda akan dimanjakan dengan air laut yang sangat bersih.

5. Parasailing

Di sini Anda juga bisa melakukan parasailing dari atas bukit untuk merasakan sensasi terbang dari ketinggian. Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, cobalah parasailing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pulau Pagan
Foto oleh Kiki Nurjana di Google Maps

Dalam suatu kunjungan wisatawan, fasilitas merupakan hal yang sangat penting karena dapat menjamin kenyamanan selama berlibur. Fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup lengkap, antara lain:

  • Akomodasi dari berbagai jenis
  • Ruang sholat
  • Ada air segar di kamar mandi
  • ceruk
  • Kafe
  • sinyal 4G
  • Tempat persewaan peralatannorkeling
  • Daerah berkemah
Baca Juga  Lembah Cilengkrang, Objek Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Kuningan

Sumatera Barat dikenal memiliki tempat wisata pantai yang menawarkan keindahan dan daya tarik tersendiri. Termasuk keindahan Pulau Pagan yang pastinya wajib masuk dalam daftar liburan Anda tahun ini.


databaru.my.id