Cimory Dairyland Puncak, Destinasi Liburan Keluarga yang Seru di Bogor

Ide Wisata20 Dilihat


Nikmati nikmatnya liburan keluarga di Cimory Dairyland Puncak, Bogor dan rasakan pengalaman seru di Magic Village, destinasi wisata menakjubkan yang penuh aktivitas untuk seluruh anggota keluarga.

Harga tiket: Rp30.000, Jam kerja: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Puncak Gadog, Kecamatan Chipaung Girang. Megamendung, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Saat Anda berada di Puncak Bogor, berkunjung ke Cimory Dairyland sepertinya wajib dilakukan. Tak heran jika objek wisata Bogor ini menawarkan banyak hal menarik yang pasti disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Konsep yang dianut adalah bertani di luar negeri. Jadi, sekilas saat berada di lokasi, Anda juga berada di pedesaan Eropa dan Amerika.

Cimory Dairyland tergolong baru, pertama kali dibuka pada Mei 2021. Namun ratusan pengunjung bisa datang ke lokasi dalam sehari. Tak kalah pentingnya, banyak atraksi dan aktivitas seru yang bisa dilakukan di sini. Saat berkunjung, pengunjung tidak hanya melihat tingkah lucu para satwa seperti saat berkunjung ke kebun binatang, namun juga bisa berinteraksi langsung dengan mereka.

Hewan yang tersedia sebagian besar bersifat jinak seperti unta, kambing, sapi dan hewan terak lainnya. Ada juga penyu yang lucu dan menggemaskan saat berjalan-jalan. Jangan lupakan kuda-kudanya yang juga dihias sedemikian rupa sehingga destinasi wisata ini mirip sekali dengan yang ada di Amerika yang dikenal dengan nama Cowboys.

Daya Tarik Cimory Dairyland

Objek Wisata Cimory Dairyland Puncak
Foto oleh Aloysius Sunarya di Google Maps

Pada chapter kali ini kami akan bercerita lebih banyak tentang tempat wisata Cimory Dairyland Puncak. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan kembali apakah objek wisata tersebut layak untuk dikunjungi atau tidak. Namun jika melihat antusias pengunjung yang berkunjung, destinasi wisata ini tentu tidak ada salahnya.

Konsep wisata keluarga yang unik

Sejumlah tempat lain juga memiliki tempat wisata yang hampir serupa, namun konsep yang diajukan terlalu sederhana. Kebanyakan dari mereka menganut konsep peternakan konvensional seperti di Indonesia. Lain ceritanya bila Anda berkunjung ke Puncak, tempat Cimory Dairyland berada.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Anda akan menemukan lahan luas yang ditempati oleh hewan ternak. Setiap hewan ditempatkan di kandang terpisah. Misalnya kuda, domba, sapi dan hewan ternak lainnya yang susu, bulu atau dagingnya dapat dimanfaatkan. Kandang yang ada di tempat wisata ini tidak tertutup, melainkan merupakan lapangan terbuka yang hanya dibatasi oleh pagar.

Pengunjung yang datang tidak hanya bisa melihatnya, tapi juga menyediakan makanan sesuai kesukaan sang bintang. Cimory Dairyland Bogor semakin unik karena memiliki hewan-hewan yang diperbolehkan berlari dan berkeliaran di antara pengunjung. Meski jumlahnya sedikit, namun kehadiran mereka menjadi pusat perhatian dan daya tarik.

Baca Juga  Pantai Bidara, Mengenal Pantai Sakral Dimana Sultan Hamengkubuwono IX Pernah Bertapa di Kulon Progo

Berbagai atraksi tersedia

Bogor selalu menjadi surganya anak-anak karena setiap tempat wisata termasuk Cimory Dairyland memiliki daya tarik yang beragam. Tempat ini bukan sekedar peternakan dengan hewan-hewan jinak, banyak sekali atraksi yang ada di sini. Anggap saja ada ATV dengan kemampuan off-road yang cukup menyulitkan anak-anak.

Di sini terdapat kereta api berbentuk unik menyerupai tong miring. Setiap gerbong memiliki warna tersendiri sehingga terkesan lebih hidup. Untuk orang dewasa juga tersedia traktor yang melaju di sepanjang lintasan. Selain itu, terdapat tempat khusus untuk memanah.

Desa ajaib

Objek wisata selanjutnya adalah Desa Ajaib yang letaknya bersebelahan dengan objek wisata utama. Kawasan ini memiliki pintu masuk khusus berupa koridor kecil dan sempit. Di dalamnya Anda bisa melihat berbagai rumah kecil yang menghadap ke rerumputan hijau. Hampir setiap lokasi ditumbuhi rumput sehingga membuat suasana semakin asri, termasuk bagian rooftop-nya.

Sebagian orang menganggap kawasan Desa Ajaib Cimory Dairyland seperti di negeri dongeng. Namun sepertinya lebih tepat jika disebut sebagai rumah para kurcaci atau hobbit. Terbuat dari tumpukan kayu yang atapnya dilapisi rumput. Rumahnya sangat kecil dan hanya dijadikan hiasan saja. Artinya Anda tidak bisa memasukinya.

Terdapat batu alam yang cukup besar di sepanjang jalan setapak. Pengunjung akan lebih leluasa berada di kawasan tersebut karena akses jalan yang cukup lebar. Pemandangan buatan semakin indah karena adanya sungai kecil yang mengalirkan air berwarna jernih. Begitu pula dengan pepohonan yang menghiasi Desa Ajaib ini, meski jumlahnya tidak banyak.

Bagaimana wisata edukasi

Melihat rangkuman di atas, Anda pasti berpikiran sama dengan orang lain, yaitu Cimory Dairyland Puncak cocok dijadikan tempat wisata edukasi. Mengenal alam, menjaga dan melestarikannya merupakan hal yang bisa dijadikan pembelajaran. Selain itu, pengetahuan tentang spesies hewan juga sangat penting sejak usia dini.

Faktanya, tidak semua hewan jinak, ada juga hewan liar yang berbahaya. Destinasi wisata ini juga menjadi rumah bagi satwa liar seperti buaya dan ular piton. Namun disebut jinak karena sudah dirawat sejak kecil sehingga tidak terlalu berbahaya. Ada juga spesies hewan yang dapat dimanfaatkan untuk energi atau produk lain seperti susu dan daging.

Pembelajaran tidak harus dilakukan di ruang kelas bersama guru. Alam juga menjadi sarana utama dalam mengajarkan berbagai hal kepada anak. Yang kami maksud dalam hal ini tentu saja sesuatu yang berhubungan dengan hewan. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika Anda dan keluarga mengunjungi tempat wisata edukasi di Bogor ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Cimory Dairyland Puncak
Foto Surunui di Google Maps

Cimory Dairyland berlokasi di Cipayung Girang, Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Menemukan tempat wisata ini tidaklah sulit karena kawasan Puncak terkenal dan sering dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di nusantara. Jarak dari pusat kota Bogor sekitar 17 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dengan mobil.

Baca Juga  Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Eksotis di Bogor yang Pesonanya Mirip Green Canyon

Rute yang dapat Anda ambil tergantung dari arah mana Anda datang. Namun, sebagai aturan, pengunjung dapat mengakses Google Maps terlebih dahulu sebelum menuju ke situs tersebut. Memiliki rambu di beberapa titik di seberang jalan membuatnya lebih mudah. Langsung saja menuju Puncak Bogor dan Anda akan sampai di tempat wisata edukasi ini.

Biaya masuk dan jam buka

Ada tiga arah utama saat berkunjung ke Cimory Dairyland Puncak. Setiap zona dilindungi oleh tiket terpisah. Harga pun bervariasi jika Anda berkunjung pada hari aktif atau hari libur. Untuk wilayah Dairyland pada hari aktif biayanya sebesar Rp 30.000. Sedangkan jika berkunjung pada hari libur, harga tiket masuknya sedikit lebih mahal yakni Rp 40.000.

Kawasan lain yang bisa dikunjungi adalah Magic Village yang biayanya 30.000 baik pada hari aktif maupun akhir pekan. Zona selanjutnya adalah De Windmills dengan harga tiket yang sama yakni Rp 30.000. Jika Anda berencana mengunjungi semua tempat tersebut, disarankan untuk memilih paket kombinasi.

Biaya masuk dua paket tiga zona pada hari kerja sebesar Rp 55.000 dan pada akhir pekan sebesar Rp 65.000. Lebih hemat lagi jika memilih paket antar kabupaten karena biaya masuknya hanya 75.000, namun untuk liburan harus merogoh kocek sebesar Rp 85.000.

Informasi tambahan: Tiket hanya berlaku untuk anak dengan tinggi badan di atas 80cm, oleh karena itu jika anda rombongan keluarga dengan anak dengan tinggi badan di bawah 80cm tidak dikenakan biaya masuk. Selain itu, 1 tiket dapat ditukar dengan 1 produk Minimory atau diskon 20% bagi yang ingin membeli Lemon Tea.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Cimory Dairyland Puncak
Foto oleh R. Farjami di Google Maps

Bicara soal wisata edukasi, wajar jika Chimori Dairyland Bogor punya banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Tidak hanya untuk anak-anak, ada juga hiburan khusus untuk orang dewasa. Berikut aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat wisatamu dengan konsep unik tersebut!

1. Lihat tingkah lucu binatang di Cimory Dairyland.

Hal pertama yang dilakukan saat mengunjungi salah satu tempat wisata edukasi di Bogor ini adalah melihat tingkah lucu para hewan. Kegiatan ini semakin menarik karena setiap hewan dapat dilihat dengan leluasa dan tanpa hambatan. Kandang yang digunakan hanya berupa pagar dengan area yang luas agar setiap hewan dapat leluasa bergerak.

Baca Juga  Pantai Dadap Ayam, Tempat Wisata yang Eksotis

2. Menunggang kuda mengelilingi lokasi

Jika sekadar melihat-lihat saja belum cukup, anak-anak bisa menunggang kuda di kawasan wisata Cimory Dairyland. Kegiatan ini juga cocok untuk orang dewasa yang ukuran kudanya perlu disesuaikan. Sambil menikmati pemandangan di sekitar, Anda akan merasakan sensasi menunggang kuda bak koboi di Amerika.

3. Memerah susu sapi

Pemandu Cimory Dairyland Puncak memperbolehkan pengunjung mana pun yang ingin belajar memerah susu sapi. Kegiatan ini pasti menyenangkan, apalagi jika anak-anak bisa melakukannya. Untuk mengungkapkannya, Anda akan ditemani oleh seorang staf atau pemandu di tempat wisata ini. Memerah susu sapi terkesan mudah, namun kenyataannya sulit karena harus dilakukan dengan hati-hati.

4. Foto dengan binatang

Meski bukan tempat wisata alam, namun momen liburan Anda bisa Anda abadikan. Salah satunya berfoto dengan binatang. Beberapa pengunjung berfoto bersama satwa liar seperti ular piton. Namun jangan khawatir, ular tersebut sudah diberi makan terlebih dahulu sehingga tidak terlalu berbahaya.

Bagi yang takut berfoto dengan hewan liar, ada pilihan lain yaitu berfoto dengan hewan peliharaan. Cimory Dairyland menjadi rumah bagi banyak spesies hewan seperti kuda, sapi, kura-kura, kelinci bahkan kambing. Ada juga kelompok bebek putih yang disebut angsa. Mereka tinggal di daerah yang dikenal dengan nama Kolam Bebek.

5. Memberi makan hewan ternak

Belum puas dengan aktivitas menyenangkan yang disebutkan di atas? Memberi makan hewan ternak bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Setiap kandang berisi makanan hewani yang dapat digunakan anak-anak untuk memberi makan hewan yang bersangkutan. Contoh paling populer adalah memberi makan unta.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pabrik Cimory Dairyland Puncak
Foto Andhika HD di Google Maps

Cimory Dairyland memberikan setiap kesempatan untuk mendukung wisatawan yang berkunjung. Fasilitas yang dipertimbangkan antara lain tempat parkir, musala, dan toilet. Pengunjung yang sudah mencapai kuota tidak akan kesulitan karena beberapa lokasi menawarkan akses Wi-Fi gratis.

Lokasi wisata edukasi ini cukup luas, sehingga bagi yang lelah berjalan-jalan di sekitar lokasi, pihak pengelola menyediakan gazebo. Tak perlu takut kelaparan, di sini tersedia warung yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Namun minuman yang diproduksi di lokasi wisata ini lebih diprioritaskan. Contohnya adalah yogurt, cymoria, susu dan keju.

Fasilitas lain yang bisa ditemukan adalah berbagai spot foto unik serta atraksi bermain yang lengkap. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk menolak jika Anda dan keluarga diajak mengunjungi Cimory Dairyland di Puncak Bogor. Daya tariknya, aktivitas seru dan fasilitas terkait menjadi alasan kuat untuk mengunjungi destinasi wisata ini.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *