Palembang Bird Park, Taman Indah yang Menjadi Rumah Berbagai Jenis Satwa

Ide Wisata42 Dilihat


Kunjungi Taman Burung Palembang, taman indah yang menampilkan beragam spesies hewan dan memberikan kesenangan edukasi untuk segala usia.

Harga tiket: Rp 50.000, Jam kerja: 10.00-18.00 WIB, Alamat: Jl. Gubernur H.A. Bastari, Jakabaring, Kawasan Opi Shopping Center, Dekat Waterfun, Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasi

Palembang memiliki lebih dari sekedar wisata yang menawarkan keindahan alam seperti pantai, gunung atau perbukitan. Apalagi masih banyak lagi tempat yang bisa Anda datangi untuk menghabiskan liburan.

Taman Burung Palembang salah satunya yang bisa dijadikan salah satu alternatif tempat wisata sekaligus edukasi bagi anak-anak.

Dengan berkunjung ke tempat ini dijamin anda akan betah dan membuat suasana liburan anda semakin berkesan. Sesuai dengan namanya, berbagai jenis burung bisa dilihat di sini.

Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa burung tersebut. Mulai dari memberi makan, menggendong, membelai, bahkan mengajak mereka berfoto bersama.

Seluas 2 hektar, tempat ini terbagi menjadi beberapa zona. Puncaknya adalah dua sangkar burung raksasa. Selain itu masih ada koleksi hewan lainnya yang tak kalah menarik untuk disaksikan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Taman ini mempunyai koleksi satwa berupa ular, iguana, kelinci, burung unta, malbie, kucing, penyu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Atraksi Taman Burung Palembang

Atraksi Taman Burung Palembang
Foto oleh Ahmad Lutfi Nazaruddin di Google Maps

Palembang Bird Park merupakan perpanjangan dari objek wisata di Bandung dengan konsep yang sama.

Anda mungkin pernah mendengar atau mengunjungi Taman Burung Paris-Van Java, keduanya dijalankan oleh pihak yang sama. Namun dari segi daya tarik, ada beberapa perbedaan yang menjadi ciri khasnya.

Koleksi lengkap burung dan binatang

Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memiliki koleksi burung yang cukup lengkap. Setidaknya ada ratusan burung dari berbagai spesies yang hidup di sini. Anda akan bisa melihat burung beo yang lucu, burung kenari yang cantik, kakatua yang unik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada yang merupakan burung yang dapat dipelihara secara bebas, ada pula yang langka. Seluruh koleksi burung selama berwisata di Taman Burung Palembang dibagi menjadi dua sangkar tergantung spesiesnya.

Baca Juga  Pesona Embung Kledung, Destinasi Wisata Alam di Temanggung yang Instagramable

Karena merupakan perluasan dari Taman Burung Paris Van Java, beberapa jenis burung didatangkan dari Bandung. Wisatawan bisa melihat pemandangan lebih baik dari dalam sangkar, melihat berbagai burung terbang seolah-olah di udara terbuka.

Taman ini tidak hanya memiliki burung, tetapi juga koleksi hewan lainnya. Ada yang merupakan hewan liar, namun ada juga hewan jinak yang bisa kamu ajak berinteraksi.

Misalnya kelinci, iguana, penyu, kanguru, monyet, rusa, berang-berang, dan kucing. Namun, ada area yang tidak menyertakan biaya masuk sehingga Anda harus membayar lebih.

Atraksi permainan yang menarik

Daya tarik Palembang Bird Park selanjutnya adalah hadirnya atraksi permainan yang lengkap. Bisa dibilang objek wisata ini adalah surganya anak-anak.

Mereka bisa bermain dengan burung atau binatang yang disebutkan di atas. Selain itu, terdapat banyak objek wisata yang akan membuat liburan Anda semakin seru dan berkesan.

Misalnya saja melempar gelang atau bola yang berhadiah berupa boneka dan mainan lainnya. Tak kalah asyiknya, anak-anak juga bisa mencoba memancing untuk mengasah saraf dan motoriknya.

Menunggang kuda juga dilakukan di sini, wisatawan dapat berjalan-jalan di taman dengan kuda poni yang lucu. Bagi orang dewasa, ada juga kesempatan untuk mencoba terapi ikan sehat.

Sebagai sarana mengajar anak.

Jika dilihat dari konsep wisatanya, Taman Burung Palembang masuk dalam kategori edukasi. Apalagi pengunjung tidak hanya bisa melihat berbagai koleksi burung dan satwa lainnya. Mereka juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa burung dan hewan.

Hal ini memberikan kesempatan untuk melakukan edukasi dengan setidaknya mengetahui spesies dan ciri-cirinya. Mereka mungkin juga melihat kebiasaan atau perilaku lucu dari hewan tersebut. Misalnya pengunjung bisa melihat burung-burung dalam kebiasaannya sehari-hari.

Tidak berhenti disitu saja, wisatawan bisa memberi makan dan menggendongnya. Makanannya sendiri bisa dibeli dari petugas di seluruh lokasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Burung Palembang
Foto Febriansyah di Google Maps

Secara administratif alamat Taman Burung Palembang adalah Jl. Gubernur H.A. Bastari, Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Lokasinya strategis jadi kalau kesulitan mencarinya tidak mungkin.

Baca Juga  Embung Kleco, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise yang Mempesona di Kulon Progo

Jarak dari Alun-Alun Palembang hanya 7 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dengan mobil. Warga yang tinggal di luar Palembang disarankan menggunakan pusat kota atau alun-alun sebagai rujukan utama.

Dari sini silakan menyeberangi Jembatan Ampere dan menuju ke arah Jalan Mayjen HM Ryacudu. Landmark berikutnya adalah Stadion Gelora Sriwijaya, jarak ke objek wisata utama hanya 2 kilometer. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudahnya.

Kawasan wisata Taman Burung Palembang juga dapat dijangkau dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II. Jaraknya cukup jauh, jaraknya sekitar 22 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 40 menit.

Bagi yang menggunakan transportasi laut, gunakanlah Pelabuhan Tanjung Api Api sebagai tujuan utama Anda. Dari pelabuhan ini manfaatkan jasa pariwisata untuk mencapai tempat tersebut karena jaraknya yang jauh.

Biaya masuk dan jam buka

Setelah Anda mengetahui objek wisata dan lokasinya, sebaiknya Anda mengetahui berapa harga tiket masuk objek wisata edukasi di Palembang ini.

Untuk satu pengunjung Anda perlu membayar 50.000 rupee. Meski terkesan mahal, anak-anak di bawah 2 tahun dan lansia di atas 60 tahun tidak perlu membeli tiket.

Selain biaya masuk Taman Burung Palembang yang tercantum di atas, mungkin ada beberapa biaya lain yang mungkin dikenakan. Hal ini tidak perlu dilakukan, cukup jika Anda ingin merasakan serunya berkendara di wahana yang tersedia.

Fish Spa atau Kolam Terapi Ikan berharga Rp 25.000, sedangkan naik kuda poni, fotografi binatang, dan memancing berharga Rp 20.000.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Taman Burung Palembang
Foto oleh Rini Rivanti di Google Maps

Di sini dijamin kamu tidak akan bosan, bahkan akan betah. Bagaimana tidak, karena banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan, baik untuk anak-anak maupun dewasa!

1. Lihatlah koleksi burung dan binatang.

Taman Burung Palembang adalah rumah bagi berbagai jenis burung. Selain itu, masih ada beberapa hewan lain yang melengkapinya. Pengunjung dapat melihat semua koleksi tersebut dibagi berdasarkan jenisnya.

Baca Juga  Curug Cimahi, Wisata Air Terjun Tertinggi Nan Eksotis di Bandung

Tentunya tidak hanya sekedar melihat, tapi juga mempelajari kebiasaan dan kehidupannya sehari-hari seperti di alam liar.

2. Memberi makan hewan di Taman Burung Palembang.

Aktivitas menarik yang ada di Taman Burung Palembang adalah memberi makan hewan, baik untuk anak-anak maupun dewasa. Kegiatan ini juga mengajarkan anak tentang apa saja yang dimakan hewan.

Mereka bisa berinteraksi secara langsung, termasuk berpelukan dan membelai, untuk melatih keberanian. Tidak perlu membawa makanan, makanan dapat dibeli dari staf.

3. Mencoba atraksi yang tersedia

Menunggang kuda merupakan salah satu kegiatan yang tersedia di Taman Burung Palembang. Kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi anak-anak karena mereka mengendarai kuda poni.

Atraksi lain yang patut dicoba adalah fotografi ular dan burung hantu. Untuk mengasah reaksi anak, Anda bisa mencoba wahana memancing yang tak kalah serunya.

4. Tetap sehat dengan kolam terapi ikan

Bagaimana rasanya digigit ikan? Hal ini mungkin sedikit lucu karena ikan yang dimaksud berukuran kecil. Selagi Anda di sini, kolam terapi ikan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Terapi ini diyakini memiliki manfaat bagi kesehatan, terutama bagi kulit. Aliran darah pun menjadi lebih lancar yang diyakini banyak orang bermanfaat untuk rematik dan asam urat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Burung Palembang
Foto oleh Lynn Guiney di Google Maps

Fasilitas kawasan wisata Taman Burung Palembang cukup lengkap dan memadai karena dikelola dengan sangat baik. Parkir tersedia bagi mereka yang datang dengan kendaraan pribadi, dan toiletnya bersih dan nyaman.

Terdapat juga musala bagi yang ingin beribadah. Fasilitas lainnya meliputi permainan, kafe, dan toko suvenir.

Anda tidak harus sekadar mengunjungi tempat wisata alam saat berada di Palembang. Masih banyak tempat lain yang mengusung konsep tak kalah menarik.

Taman indah dengan beragam koleksi burung dan satwa juga menarik untuk dikunjungi. Selain itu, karena lokasinya yang strategis, Taman Burung Palembang menyediakan segala fasilitas yang diperlukan dan akses yang mudah.


databaru.my.id