Intip Pesona Seganing Waterfall, Air Terjun Eksotis di Perbukitan Tandus Nusa Penida

Ide Wisata12 Dilihat


Air Terjun Seganing merupakan air terjun eksotis yang tersembunyi di antara perbukitan tandus Nusa Penida, menawarkan panorama alam yang menakjubkan dan petualangan yang tak terlupakan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Bunga mekar, distrik. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata alam Bali yang mampu menantang adrenalin wisatawan adalah Air Terjun Seganing. Hal ini dikarenakan air terjun ini memiliki bentuk yang unik dan lebih kompleks dibandingkan air terjun lainnya.

Kebanyakan orang masih menganggap nama tempat wisata di Klungkung ini sedikit aneh dan asing. Meski kurang dikenal, namun keindahan alam yang tersembunyi di dalam air terjun ini tak kalah menakjubkan dengan air terjun terkenal lainnya.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat Air Terjun Seganing masih memiliki keindahan yang luar biasa. Oleh karena itu, ketika ingin berkunjung ke tempat ini, pengunjung disarankan untuk memiliki kondisi tubuh yang kuat dan tenaga yang cukup.

Objek Wisata Air Terjun Seganing

Objek wisata Air Terjun Seganing
Foto oleh Jan Ariana di Google Maps

Air Terjun Seganing di Nusa Penida menyimpan banyak rahasia tersembunyi yang menunggu untuk ditemukan oleh pecinta alam dan pencari petualangan. Tempat wisata alam yang satu ini mempunyai banyak daya tarik yang jarang ditemui di tempat lain.

Terletak di Perbukitan Tandus

Daya tarik utama dari air terjun cantik ini adalah lokasi wisatanya yang unik dan langka. Pasalnya, tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan yang gersang dan tandus, sehingga keberadaan air terjun ini seolah menjadi sebuah anomali.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Biasanya, air terjun dapat ditemukan di hutan yang dipenuhi pepohonan hijau, lebat, dan rindang.

Hal ini menjadikan Air Terjun Seganing semakin unik dan khas karena pengunjung bisa menikmati kesegaran air di tengah perbukitan tandus sambil menghadap ke laut.

Baca Juga  De Ranch Lembang, Objek Wisata Unik Sambil Belajar Berkuda di Bandung

Sumber air Tirta

Air terjun yang mempesona ini dilengkapi dengan mata air yang menyembur dari balik batu karang. Air ini sangat bersih dan bening, kemudian mengalir dengan lancar ke laut.

Masyarakat Bali menganggap sumber air yang terdapat di Air Terjun Seganing Nusa Penida adalah air suci dan sakral.

Oleh karena itu, umat Buddha sering menggunakan sumber air ini pada beberapa upacara keagamaan.

Keindahan panorama bebatuan karang

Daya tarik Air Terjun Seganing di Nusa Penida lainnya adalah keberadaan bebatuan karang yang menghiasi aliran air terjun di tempat wisata ini. Karang memiliki warna dominan yaitu kuning kehijauan yang indah.

Tak hanya itu, bebatuan juga mengelilingi kolam air terjun alami. Semua perpaduan tersebut menciptakan sebuah pemandangan yang begitu menakjubkan dan indah bagi para wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Seganing
Foto oleh Alexis E. di Google Maps

Wisatawan yang berminat mengunjungi wisata air terjun ini wajib mengetahui rute untuk mencapai objek wisata alam tersebut. Alat transportasi yang digunakan untuk mengunjungi tempat wisata ini hanyalah kendaraan air.

Pengunjung dapat memulai perjalanannya dari Dermaga Pantai Sanur di Bali kemudian naik perahu menuju Nusa Penida.

Perjalanan memakan waktu sekitar 40 menit, setelah itu pengunjung dapat menempuh perjalanan dengan sepeda motor atau mobil menuju desa Sebuluh.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk objek wisata Air Terjun Seganing Nusa Penida tidak terlalu mahal, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya tambahan.

Hanya dengan Rs. 10 ribu pengunjung akan bisa menikmati kesempatan berenang di air terjun yang menyegarkan.

Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung dapat menikmati hiburan dan keindahan yang ditawarkan tanpa biaya tambahan.

Namun harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu karena perubahan kondisi dan kebijakan pihak manajemen.

Baca Juga  Pantai Sadranan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Air Terjun Seganing
Foto oleh Evgeniy Redchits (Dagon) di Google Maps

Dengan air laut dan air terjun yang memanjakan tubuh, semua orang akan betah bermain di tempat wisata ini. Di wisata air terjun ini wisatawan tidak hanya bisa berenang namun juga melakukan berbagai aktivitas menarik.

Penangkapan ikan

Salah satu aktivitas yang sering dilakukan pengunjung Air Terjun Seganing di Nusa Penida adalah memancing. Bukan karena di air terjun ini banyak ikannya sehingga mudah ditangkap.

Area pemancingan di tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Sembari memancing, pengunjung juga bisa menikmati kenyamanan suasana tenang dan pemandangan laut.

Berfoto di sekitar Air Terjun Seganing.

Saat Anda berada di air terjun ini, rasanya belum selesai kecuali Anda mengambil foto. Aktivitas ini menjadi alternatif yang paling direkomendasikan terutama bagi pengunjung yang tidak suka berenang namun ingin menikmati pemandangan di sekitar air terjun.

Banyak pengunjung yang duduk santai di atas bebatuan dan berpose agar foto yang dihasilkan terlihat bagus. Selain duduk, pengunjung juga bisa berdiri di lokasi berbeda untuk mendapatkan posisi terbaik untuk berfoto dengan latar belakang air terjun.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Seganing
Foto Marco di Google Maps

Dibandingkan wisata air terjun lainnya, Air Terjun Seganing mempunyai fasilitas yang kurang lengkap. Meski begitu, terdapat beberapa fasilitas dasar yang dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Salah satunya adalah jalan masuk yang mudah dibuat karena berbentuk seperti tangga. Tangganya dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan pengunjung untuk mencapai air terjun yang terletak di bawah batu tersebut.

Wisata Air Terjun Seganing mempunyai keindahan dan keunikan sehingga semakin populer di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Bali, air terjun ini masuk dalam daftar tempat wisata yang patut dicoba.

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *