Intip Pesona Kepulauan Seribu, Surga Bahari Tersembunyi di Ujung Jakarta

Ide Wisata13 Dilihat


Jelajahi keindahan Kepulauan Seribu di ujung Jakarta, surga laut tersembunyi yang menawarkan keindahan alam tropis dan kekayaan biota bawah laut yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp 25.000, Jam kerja: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Daerah. Pemerintahan Kepulauan Seribu, DIK Jakarta; Map: Periksa lokasi

Jakarta yang banyak dikaitkan dengan hiruk pikuk kota juga memiliki keindahan alam yang mempesona, salah satunya wisata Kepulauan Seribu.

Meski bernama Pulau Seribu, namun sebenarnya jumlah pulau yang ada di sini hanya sekitar 342 pulau. Selain pulau-pulau tersebut, telah ditemukan 110 terumbu karang di kepulauan ini.

Sepanjang tahun jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau indah ini tidak pernah sepi bahkan wisatawan mancanegara pun turut menikmati fasilitas objek wisata ini.

Keunggulan dan keindahan alam yang menakjubkan menjadikan Kepulauan Seribu Jakarta layak untuk dikunjungi. Semua pulau dengan keunikannya masing-masing juga menambah keunikan nusantara ini.

Tempat Wisata Pulau Seribu

Landmark Kepulauan Seribu
Foto Multi Tsendikiani Susanti di Google Maps

Banyak fakta menarik mengenai wisata bahari ini yang membuat banyak wisatawan tertarik kesini. Dari pemandangan alam yang indah hingga bangunan bernilai sejarah.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Gradasi warna laut yang indah

Daya tarik pertama dari pulau eksotik ini adalah keindahan gradasi warna lautnya. Secara umum warna air laut akan didominasi oleh rona biru tua hingga biru muda.

Namun Kepulauan Seribu memberikan representasi gradasi warna laut yang unik karena menampilkan perpaduan warna biru dan hijau. Keunikan warna laut yang jarang terlihat akan mudah Anda temukan saat berada di kepulauan ini.

2. Surga flora dan fauna yang menawan

Selain keindahan air lautnya, flora dan fauna yang terdapat di kepulauan ini juga menambah daya tarik pulau ini. Bahkan, kepulauan ini juga menjadi rumah bagi beberapa hewan eksotik dan hampir langka di dunia.

Beberapa hewan tersebut antara lain hiu, rusa, penyu, dan elang botak yang semuanya mudah ditemukan. Tak hanya itu, pulau eksotik ini juga menjadi rumah bagi pepohonan berbentuk unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Baca Juga  Grojogan Watu Purbo, Pesona Air Terjun dengan Panorama Memukau di Sleman

3. Monumen nasional yang unik

Jika Jakarta punya Monumen Nasional Monas, Kepulauan Seribu juga punya monumen menarik. Lebih tepatnya, monumen ini terletak di Pulau Pramuka yang dibangun untuk melanggengkan kepedulian terhadap karang laut.

Monumen Nasional Kepulauan Seribu berbeda dengan monumen lainnya karena monumen ini dibangun di dalam air. Pengunjung dapat melihat langsung monumen tersebut dengan mengunjungi Pulau Pramuka yang mudah dijangkau melalui jalur laut.

4. Hutan bakau

Beberapa kawasan di pulau ini memiliki hutan bakau yang lebat dan subur sehingga menunjang keindahan pantainya.

Berkunjung ke hutan bakau ini dimana anda bisa berfoto di depannya akan menambah pengalaman liburan anda yang tak terlupakan.

5. Keindahan bawah laut

Bagi pecinta snorkeling atau diving, panorama bawah laut Kepulauan Seribu tentu sangat menarik. Hampir seluruh pulau-pulau di perairannya menawarkan kekayaan hayati yang beragam, terdiri dari biota laut yang beragam.

6. Panorama matahari terbit dan terbenam

Seperti tempat lain yang menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam, Kepulauan Seribu juga menawarkan kesempatan untuk menikmati panorama indah tersebut.

Berkemah sambil menunggu matahari terbit atau menyaksikan matahari terbenam adalah kegiatan yang bisa Anda nikmati di sini.

7. Pantai pasir putih

Beberapa pantai di pulau ini juga memiliki hamparan pasir putih yang luas dan bersih dengan tekstur lembut yang cocok untuk berbagai aktivitas. Anda bisa bersenang-senang berjalan-jalan, bersantai atau berjemur di pantai.

Pulau Kepulauan Seribu yang Eksotis dan Terkenal

Pulau Kepulauan Seribu yang Eksotis dan Terkenal
Foto oleh Septian Aja di Google Maps

Sebelum merencanakan liburan Kepulauan Seribu di Jakarta, penting untuk menentukan pulau mana yang ingin Anda kunjungi, mengingat banyak pulau-pulau kecil yang memiliki daya tarik tersendiri.

Di bawah ini adalah daftar pulau yang direkomendasikan untuk liburan Anda.

Pulau Harapan

Pulau Harapan, seperti namanya, menjanjikan liburan yang sesuai dengan ekspektasi Anda. Jembatan yang dibangun dengan indah di pulau ini menambah pesona tersendiri bagi setiap pengunjung.

Tempat ini sangat cocok untuk beristirahat dan bersantai serta dikenal juga sebagai tempat berkembang biaknya hewan-hewan langka.

Baca Juga  Rumah Hobbit Songgo Langit, Sensasi Wisata Ala Negeri Dongeng di Bantul

Pulau Pari

Pulau Pari menjadi destinasi yang banyak direkomendasikan oleh agen perjalanan dalam paket Kepulauan Seribu.

Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang bersih dan lembut serta kawasan budidaya rumput laut yang menarik. Kondisi ombak yang tenang menjadikan pulau ini ideal untuk berbagai olahraga air.

Pulau Bidadari

Sedangkan Pulau Bidadari yang terletak sekitar 15 kilometer dari Kota Jakarta menyuguhkan pemandangan gedung-gedung bertingkat dari kejauhan.

Pulau ini memiliki nilai sejarah yang cukup besar dan ditumbuhi hutan bakau yang menambah daya tariknya.

Pulau Pramuka

Pulau Pramuka, pilihan populer lainnya, menawarkan pengalaman menyenangkan dan mendidik dengan penangkaran penyu yang dapat dikunjungi pengunjung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kepulauan Seribu
Foto oleh Adimas Santoso di Google Maps

Wisatawan yang ingin wisata bahari dan ingin berkunjung ke Kepulauan Seribu DKI Jakarta bisa menggunakan perahu.

Sebelum berangkat, wisatawan bisa menuju Pelabuhan Muara Angke lalu menaiki kapal yang akan mengantarkan ke lokasi.

Jalur pemberangkatan kapal terbagi menjadi tiga jalur, yakni yang pertama menuju Pulau Tidung. Dalam hal ini, jalur kedua akan berakhir di Pulau Pramuka, dan jalur ketiga akan berakhir di Pulau Sebira.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin berkunjung ke Wisata Kepulauan Seribu tidak perlu khawatir karena harga tiketnya cukup murah. Biaya masuk mulai dari Rs. 25.000 per orang, tergantung tempat yang ingin dikunjungi.

Selain biaya masuk, pengunjung juga harus menyiapkan biaya terkait tiket perjalanan. Tiket masuk ini dapat dipesan secara online atau secara langsung. luring dengan mengunjungi loket tiket di pelabuhan yang dapat diakses.

Kegiatan yang menarik

Pulau Seribu Hiburan yang menarik
Foto oleh Septian Aja di Google Maps

Ada banyak aktivitas yang bisa dengan mudah Anda lakukan saat berkunjung ke Kepulauan Seribu di Jakarta. Kegiatan menyenangkan ini akan menambah momen dan kenangan yang sulit untuk dilupakan.

Kunjungi tempat penetasan penyu

Populasi penyu yang semakin menurun terutama di beberapa pulau di Indonesia membuat jumlahnya semakin langka.

Pembunuhan penyu secara massal menjadi permasalahan tersendiri, oleh karena itu didirikanlah tempat penangkaran penyu di Kepulauan Seribu.

Baca Juga  Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan

Tempat penangkaran ini membantu penyu berkembang biak dengan aman tanpa dibunuh oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Di tempat ini pengunjung bisa menyaksikan proses penetasan telur dan pelepasan penyu ke laut.

Kunjungi Benteng Martello

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Benteng Martello di Pulau Kelor. Benteng ini menjadi saksi bisu segala peristiwa yang terjadi pada masa penjajahan Indonesia oleh Belanda.

Hingga saat ini Benteng Martello berdiri kokoh dan bangunannya selalu dijaga. Benteng yang memiliki nilai sejarah yang besar ini merupakan tempat pertahanan pasukan Belanda dan akan menarik pengunjung yang ingin mempelajari sejarah Indonesia.

Menyelam dan snorkeling

Pesona bawah laut dengan beragam biota laut yang memukau menjadi daya tarik tersendiri yang patut untuk dijelajahi. Kegiatan seperti menyelam dan snorkeling sangat populer dan merupakan cara ideal untuk memanfaatkan setiap momen liburan Anda sebaik-baiknya.

Anda tidak perlu membawa perlengkapan sendiri karena banyak terdapat toko persewaan perlengkapan di pinggir pantai.

Melompat ke pulau

Salah satu kegiatan utama yang menarik adalah island hopping atau mengunjungi pulau-pulau kecil yang membentuk Kepulauan Seribu.

Ada banyak pulau yang layak dikunjungi, masing-masing pulau dikenakan biaya tambahan. Yang terbaik adalah memilih beberapa pulau yang paling populer dan favorit di kalangan wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Kepulauan Seribu
Foto oleh Aditya Wibisono di Google Maps

Untuk membuat pengunjung semakin nyaman dan aman, Kepulauan Seribu Jakarta memberikan layanan mumpuni. Salah satu fasilitas tersebut adalah beragamnya fasilitas olahraga air.

Sarana olahraga air ini ibarat alat untuk melatihnya. selam scuba DAN menyelam menjelajahi spesies bawah air. Selain itu, ada fasilitas lain seperti sepeda yang bisa Anda kendarai mengelilingi seluruh pantai.

Wisata Kepulauan Seribu menawarkan banyak aktivitas dan atraksi unik yang dapat dikunjungi setiap orang. Meski pulau-pulau ini dijadikan tempat wisata, namun tingkat keindahannya tidak pernah hilang.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *