Pantai Widodaren, Pesona Pantai Indah Nan Bersih di Gunung Kidul

Ide Wisata89 Dilihat


Pantai Widodaren, pantai indah dan bersih yang mempesona di Gunung Kidul, menawarkan gulungan ombak untuk pengalaman pantai yang tak terlupakan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Vidodaren merupakan pantai wisata dengan pasir putih dan tebing karang yang tinggi. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pusatnya adalah rangkaian pantai dengan pemandangan indah.

Istilah Widodaren berasal dari bahasa Jawa widodari yang berarti bidadari. Sesuai dengan filosofi namanya, pantai ini menyimpan keindahan yang tersembunyi. Tidak banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Jadi nuansa pantainya masih sangat alami. Udaranya segar, airnya bersih dan jernih.

Kesejukan Pantai Vidodaren semakin terasa karena dikelilingi perbukitan dengan tanaman hijau. Posisi pantainya terletak di bawah batu karang. Oleh karena itu perjuangan untuk bisa masuk ke Vidodaren terbilang cukup ekstrim. Pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 40 menit dari area parkir.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Atraksi Pantai Vidodaren

Shutterstock Atraksi Pantai Vidodaren
Foto oleh Yoansmile di Shutterstock

1. Pantai yang bersih

Keberadaan pantai yang tersembunyi di bawah batu ini membuat kurang diketahui wisatawan. Walaupun pantai ini sejajar dengan Pantai Ngrava, namun memiliki eksotisme yang luar biasa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pasirnya berwarna putih kecoklatan, tanpa puing-puing. Tidak terlalu luas karena posisinya diapit oleh bebatuan karang. Meski demikian, wisatawan yang menginjakkan kaki di Pantai Vidodaren akan selalu merasa nyaman. Saya bahkan tidak ingin langsung kabur dari lokasi.

2. Suasana yang tepat untuk menciptakan ketenangan jiwa

Tampilan pantai yang kecil memudahkan wisatawan untuk menjelajah. Tak butuh waktu lama untuk merasakan lembutnya pasir pantai.

Apalagi suasana di pantai cantik ini masih sepi. Jauh dari keramaian. Oleh karena itu, wisatawan dapat memanfaatkannya sebagai tempat mencari ketenangan. Jika Anda harus menghadapi hiruk pikuk kota setiap hari, maka kini saatnya menyegarkan otak di pantai. Bangkit kembali dari jiwa rapuh yang penuh beban.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

3. Pemandangan yang memanjakan mata

Selain keheningan, pemandangan Pantai Vidodaren juga mampu menghipnotis pengunjung hingga tak bisa melepaskan diri darinya. Di sekitar pantai banyak terdapat tanaman pandan laut hijau segar.

Pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dari atas bukit setinggi sekitar 7 meter. Bersantailah di atas matras Anda, nikmati makan siang Anda, dan nikmati pemandangan laut yang tak ada habisnya. Tanpa disadari, aktivitas tersebut bisa membuat Anda merasa segar dan rileks kembali. Kesulitan dalam bekerja akan terlupakan dalam sekejap.

4. Ombak Pantai yang Bergulir

Pesisir selatan khususnya kawasan Yogayakarta identik dengan ombak besar. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mengunjunginya. Bahkan, deburan ombak besar yang terkadang menerpa bebatuan karang menimbulkan kesan eksotis.

Baca Juga  Pantai Lemo, Pantai Pasir Putih di Luwu Timur yang Dihiasi Berbagai Vegetasi Hijau Eksotis

Gelombang yang membentuk cipratan dapat memercik ke seluruh tubuh jika berada di dekatnya. Titik ini sangat menarik untuk dijadikan tempat foto selfie. Bahkan terkadang meninggalkan sisa-sisa genangan air di lubang-lubang bebatuan karang.

5. Mendirikan kemah sambil mengagumi pemandangan pantai.

Suasana berkemah di sekitar Pantai Vidodaren sungguh menakjubkan. Terutama pada malam hari. Wisatawan akan mendengar dengan jelas suara deburan ombak, sejuknya angin pantai, dan suasana gelap yang jauh dari penerangan.

Namun justru perasaan inilah yang menjadi daya tarik wisatawan, terutama yang ingin mencari ketenangan. Tidak bising dengan keramaian kota. Bahkan saat bangun pagi pun, suasananya sangat memanjakan mata.

Sambutan kicauan burung yang terbang di atas lautan dan indahnya senyuman mentari yang mulai menampakkan dirinya. Udaranya juga sangat sejuk. Ini seperti berada di udara segar. Saya tidak ingin melewatkan satu momen pun di pagi hari.

6. Romantisme matahari terbenam yang tiada tara

Momen matahari terbenam di Pantai Vidodaren selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh para pengunjung. Terutama yang ingin berkemah di pinggir pantai.

Kilatan cahaya jingga memenuhi langit, ditambah gemerlap air laut yang terpantul sinar matahari membuat panorama semakin indah. Di sini pengunjung bisa berfoto, bersantai dan jajan, atau berjalan-jalan di sepanjang garis pantai.

➥ One day tour ke Wisata Bahari Jogja

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Vidodaren
Foto oleh Yoansmile di Shutterstock

Pantai Widodaren terletak di kawasan Gung Kidul. Lebih tepatnya di kecamatan Saptosari desa Kanigoro. Pengunjung dapat mencapai lokasi dengan kendaraan pribadi. Karena belum ada angkutan umum menuju pantai ini.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta sekitar 53 kilometer. Jika menggunakan mobil pribadi, perjalanan akan memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Dari kota Jogya menuju ke arah Wonosari, Gunung Kidul. Kami melewati Patuk dan AAU Gading. Saat sudah sampai di pertigaan Gading, pilih arah belok kanan. Lanjutkan menuju Saptosari sebagai kecamatan dari bibir pantai.

Pengunjung akan melihat papan bertuliskan “Pantai Ngrenakhan”. Di pantai inilah pengunjung dapat menitipkan kendaraannya. Kemudian lanjutkan berjalan kaki menuju Vidodarena. Waktu yang dihabiskan dimulai dari 30 hingga 40 menit berjalan kaki.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Widodaren hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Baik orang dewasa maupun anak-anak. Sedangkan biaya parkir dapat dibayarkan di Pantai Ngrenahan dengan tiket seharga Rp3.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp5.000 untuk mobil.

Baca Juga  Pulau Pagang, Pulau Indah di Padang yang Meyuguhkan Panorama Bawah Laut Eksotis

Namun tarif ini dapat berubah sewaktu-waktu. Apalagi jika pesona pantainya sudah banyak diketahui wisatawan dan pemerintah setempat telah menyediakan fasilitas pendukungnya. Mungkin harga tiket masuknya akan naik.

Jam buka pantai menawan ini adalah 24 jam sehari. Oleh karena itu, pengunjung bisa datang kapan saja.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Aktivitas Pantai Vidodaren
Foto oleh Yoansmile di Shutterstock

Beristirahatlah di atas batu

Kehadiran tebing-tebing hijau menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan laut. Anda bisa menggunakan sepetak rumput yang luas untuk meletakkan tikar.

Pengunjung akan merasakan rasa menyatu dengan suasana alam yang asri. Apalagi jika Anda melakukannya di pagi hari. Udaranya masih sangat segar. Ombaknya bergulung-gulung seolah mengucapkan selamat pagi.

Sepanjang pantai

Pasir pantainya yang tidak terlalu luas memudahkan wisatawan untuk berjalan-jalan menyusuri pantai yang eksotis tersebut. Rasakan kelembutannya dan bermain pasir sepuasnya. Tanpa campur tangan manusia.

Menyusuri Pantai Vidodaren di bawah hembusan angin sejuk pasti akan menenangkan jiwa Anda. Pikiran kembali segar. Seolah-olah hari-hari yang menyakitkan telah hilang begitu saja. Tertutupi oleh deburan ombak. Yang tersisa hanyalah perasaan bahagia dari keindahan pantai yang masih alami.

Ambil selfie

Fotografi merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah terlewatkan. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini pasti langsung terpesona dengan keindahannya. Jadi dia tidak sabar untuk mencari tempat terbaik untuk mengambil foto pemandangan.

Diantaranya adalah puncak bukit dengan latar belakang air laut yang jernih, pantai berpasir putih, dan celah-celah bebatuan yang menimbulkan kesan gua. Dan masih banyak tempat indah dan menawan lainnya.

Anda bisa langsung mengunggah hasil kameranya ke akun media sosial Anda. Sebagai tambahan koleksi foto. Bahkan bisa dijadikan sarana untuk mengenalkan masyarakat terhadap wisata pantai Vidodaren di berbagai daerah. Ajak mereka berkunjung untuk menikmati keindahan alam.

Berkemah

Lokasi Vidodaren memerlukan perjalanan yang panjang dan terjal, sehingga disarankan untuk bermalam. Ya, kondisi untuk berkemah sangat mendukung. Pengunjung dapat mendirikan tenda di Pantai Vidodaren. Tampilan yang tertata rapi membuat penampilan semakin menarik.

Acara ini memerlukan persiapan yang matang. Apalagi belum ada fasilitas penunjang seperti toilet, warung dan lain-lain. Oleh karena itu, pengunjung harus benar-benar mandiri dalam mempersiapkannya.

Membawa perlengkapan berkemah terutama tenda, perbekalan makanan, pakaian hangat dan perlengkapan lainnya. Jangan biarkan diri Anda merasa lelah karena perjalanan mudik, namun bekal kebutuhan pribadi, terutama makanan, tidak lagi mencukupi.

Piknik

Selain untuk berkemah, perlengkapan pribadi juga bisa dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau teman. Khususnya para pelancong biasanya mengisi waktu luangnya dengan menjelajahi keunikan pantai Vidodaren. Apalagi yang keindahannya masih tersembunyi dan belum diketahui wisatawan lain.

Baca Juga  Candi Prambanan, Candi Megah & Terbesar di Asia Tenggara yang Melegenda

Anda bisa piknik di bawah tebing berbatu, di tepi pantai, di hamparan pasir, atau dari ketinggian bukit yang hijau. Semua tempat ini menawarkan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Apalagi jika hal ini dilakukan saat bercanda atau berbincang dengan keluarga. Rasanya waktu berlalu dengan cepat. Momen piknik sungguh mengesankan.

Melihat matahari terbit dan terbenam di Pantai Vidodaren

Momen ini bisa dirasakan oleh wisatawan yang mendirikan kemah. Pada siang hari, pemandangan matahari terbenam dengan ciri khas warna merah kekuningan seolah menciptakan momen romantis. Matahari perlahan mulai terbenam di balik perbukitan dan terbenam di atas lautan yang jauh tak berujung.

Hari yang cerah menjadi lebih gelap. Suasana menjadi sunyi. Yang terdengar hanyalah suara deburan ombak pantai Vidodaren yang ditemani binatang-binatang khas hutan. Terutama suara jangkrik atau burung.

Sama halnya dengan pagi hari. Saat Anda membuka mata, Anda bisa merasakan nuansa baru. Buka pintu tenda dan saksikan matahari terbit. Cahaya kuning menerangi langit luas yang datang dari sisi timur. Burung-burung berkicau seolah gembira menyambut datangnya pagi hari.

Udara sejuk berasal dari semilir angin pantai. Suara deburan ombak dan air laut yang berwarna kebiruan semakin terdengar jelas. Senyuman mentari mulai tampak lebar hingga menyinari seluruh alam semesta. Sungguh menenangkan jiwa.

Pengunjung pastinya bisa mengabadikan kedua momen tersebut dan mengambil fotonya. Latar belakang sinar matahari dalam suasana berbeda. Memberikan siluet yang sangat mengesankan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Pantai Vidodaren
Foto oleh Yoansmile di Shutterstock

1. Ruang Foto Instagrammable

Walaupun Pantai Vidodaren kurang cocok untuk berenang, namun mempunyai spot foto yang sangat keren. Apalagi jika pengunjung memilih tempat di ketinggian tebing yang banyak ditumbuhi tanaman pandan. Hamparan lautan disertai deburan ombak menciptakan latar belakang yang tak terlupakan.

2. Lokasi tenda

Setiap pengunjung yang ingin menikmati sensasi bermalam di tepi pantai tidak perlu khawatir mencari tempat berkemah. Di sisi timur terdapat lokasi yang cukup luas dan ditumbuhi rumput hijau. Situs ini biasa digunakan untuk mendirikan tenda bagi wisatawan yang ingin mendirikan kemah.

3. Bukit Batu

Ada juga tebing berbatu di dekat lokasi perkemahan. Wisatawan kerap memanfaatkannya sebagai tempat untuk berswafoto atau bersantai sambil menikmati hamparan lautan luas. Ombak terkadang menghantam bebatuan, memperlihatkan pemandangan yang lebih sejuk.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Vidodaren sebaiknya membawa perlengkapan yang sesuai. Terutama memastikan ketersediaan makanan dan minuman yang cukup. Sebab, tidak ada bantuan. Salah satunya adalah toko. Oleh karena itu, pengunjung harus mempersiapkannya sendiri.


databaru.my.id