Curug Cisarua, Pesona Air Terjun Indah Nan Eksotis di Garut

Ide Wisata25 Dilihat


Curug Chisarua, air terjun cantik dan eksotis di Garuta ini menawarkan keindahan alam dengan ketinggian air terjun 50 meter yang memukau pengunjung.

Harga tiket: 6000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Sukapuri. Silavu, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata di Kota Garut adalah Air Terjun Tsisarua. Kota dodol ini memiliki beberapa tempat wisata alam menarik yang patut untuk dikunjungi seperti Air Terjun Orok, Desa Wisata Sindang Kasih, Papandayan, Pantai Sayan Hylan dan Air Terjun Sang Hyang Taraje, serta masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Kurug artinya air terjun dalam bahasa Sunda. Air terjun yang berada di Kabupaten Garut ini mempunyai ketinggian 1400 m di atas permukaan laut. Letaknya di kaki Gunung Chikurai, jauh dari keramaian, sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan wisata alam di tempat yang tenang.

Air terjun ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2016. Pada tahun 2017 lalu, rombongan dari Malaysia bahkan datang khusus untuk melihat air terjun cantik ini.

Bahkan orang asing pun sudah pernah melihat keindahan air terjun ini. Kita warga Indonesia patut berbangga dengan keberadaan air terjun indah ini. Jika Anda tertarik dengan pesona Air Terjun Tsisarua, bacalah ulasan berikut ini.

Atraksi Air Terjun Chisarua

Atraksi Air Terjun Chisarua
Foto oleh Gustian Ajiputra di Google Maps

1. Di kaki gunung tertinggi ke-4.

Air terjun cantik ini terletak di kaki gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremay, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Air terjunnya berada di dalam hutan, sehingga akses jalan tidak terdampak dengan baik. Namun nyatanya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Nuansa alam tetap terjaga.

Rangkaian bebatuan dengan tekstur tanah liat berwarna coklat menambah kesan alami yang masih dipertahankan Air Terjun Chisarua. Pengunjung akan menikmati indahnya pemandangan ladang pertanian warga, serta hutan pinus sepanjang 1 km. Udara sekitar masih sangat bersih dan suhu udara sejuk.

3. Drainase air yang besar dan bersih.

Hampir sepanjang tahun debit airnya selalu tinggi, airnya sangat bersih, karena berasal dari air pegunungan asli. Menurut pengunjung, airnya sangat dingin dan segar. Sensasi segarnya air akan membuat siapa pun ingin segera berenang di sana.

Baca Juga  Amsterdam Waterpark, Destinasi Wisata Air di Tangerang Bertema Negeri Kincir Angin

4. Area berkemah

Letaknya yang berada di alam dan di tengah hutan juga membuat kawasan sekitar air terjun bisa dijadikan tempat berkemah. Pemandangan alam yang masih asri akan membuat pengalaman berkemah semakin berkesan.

5. Air terjun setinggi 50 meter

Air Terjun Chisarua memiliki ketinggian sekitar 50 m dengan aliran air yang cukup deras. Begitu kuatnya bahkan dari jauh orang bisa merasakan hembusan angin.

Di kedua sisi air terjun terdapat bebatuan berwarna hitam pekat. Banyak terdapat batu-batu berukuran besar dan kecil di dalam bak penampungan air maupun di aliran air. Batuan ini biasa dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung.

6. Track untuk sampai ke lokasi air terjun.

Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km dari tempat parkir untuk mencapai lokasi air terjun. Jalan yang akan dilalui terdiri dari bebatuan, persawahan, hutan pinus dan hamparan sawah.

Bahkan pada jalur trekking yang akan ditempuh, terdapat jembatan yang melintasi sungai. Jembatan ini terbuat dari tongkat kayu dan benar-benar unik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Tsisarua
Foto Udin Syamsudin di Instagram

Alamat Air Terjun Cisarua terletak di Desa Kopi Patrul, Kecamatan Chilawu, Garut, Jawa Barat. Jika Anda datang dari kota Garut, Anda perlu berkendara sejauh 23 km atau kurang lebih 50 menit dari Garut menuju Chilawu. Wisatawan dapat datang dengan kendaraan pribadi baik roda dua, empat, maupun angkutan umum.

Rute dengan mobil pribadi dari Garuta menuju ke distrik Chilavu, lalu ke desa Sukaduniya. Setelah ini Anda akan menemukan jalan menuju Desa Kopi, setelah berbelok bertanda “Pos Patroli” dengan tanda arah parkir. ikuti panahnya.

Rute yang bisa anda tempuh untuk mencapai Curug Chisarua adalah jika anda naik angkutan umum dari Terminal Garut lalu naik angkutan umum menuju ke Chilawu, anda juga bisa naik angkutan umum menuju Tasika lalu berhenti di Persimpangan Ojek Boyoloa. Perjalanan dilanjutkan dengan ojek yang akan mengantarkan wisatawan menuju kawasan Air Terjun Chisarua.

Biaya masuk dan jam buka

Masalah yang tak kalah penting adalah biaya tiket masuk Air Terjun Tsisarua. Faktanya, pemerintah tidak memungut harga resmi kepada pengunjung.

Namun menurut pengunjung yang sudah datang akan dikenakan biaya Rp 6.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir mobil.

Baca Juga  Cagar Alam Leuweung Sancang, Destinasi Wisata Hits yang Sarat Mitos di Garut

Namun ada juga pengunjung yang tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasan air terjun eksotik ini karena sesampainya di loket belum ada pengelola, hal ini mungkin disebabkan karena tidak banyak pengunjung yang datang atau datang pada hari biasa dan bukan pada hari libur.

Waktu yang paling ramai untuk berkunjung adalah pada akhir pekan yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, waktu yang paling ramai adalah pada hari Minggu karena wisatawan harus berlama-lama bermain di kawasan air terjun, dan wisatawan yang ingin berkemah biasanya datang pada hari Sabtu.

Jam berkunjung Air Terjun Tsisarua buka setiap hari, 24 jam sehari, tanpa gangguan. Kenapa bisa buka 24 jam, karena air terjun ini juga banyak pengunjungnya yang melakukan pendakian. Waktu terbaik berkunjung adalah pada pagi hari, saat udara masih sangat sejuk dan segar.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Air Terjun Tsisarua
Foto oleh Kurug Sisarua Garut di Facebook

Jalan sehat atau trekking

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan pengunjung setibanya di Air Terjun Tsisarua adalah berjalan-jalan atau trekking. Pelacakan dari login ini memakan waktu sekitar 25 menit.

Jalur trekking menuju air terjun eksotik ini sangat menarik karena selama perjalanan pengunjung bisa melihat persawahan, perkebunan kopi, hutan pinus, dan hutan landai.

Sepeda

Pengunjung dengan sepeda downhill atau gunung dapat bersepeda di sepanjang jalur pendakian.

Medeni yang cukup sulit untuk diselesaikan tentunya akan memberikan pengalaman yang sangat seru dan menantang. Setelah puas bersepeda, Anda bisa langsung bermain air setelah sampai di air terjun.

Bermain di air

Siapa yang mau ketinggalan bermain air sambil mengunjungi air terjun? Tujuan utama wisatawan datang ke air terjun ini adalah untuk merasakan segarnya air yang mengalir ke Curug Cisarua.

Salah satu hal yang harus diperhatikan pengunjung saat berkunjung ke kawasan air terjun adalah menghindari berenang langsung di bawah air terjun karena berbahaya.

Untuk tetap merasakan gemercik air, pengunjung bisa naik ke air terjun. Permainan air antara lain mandi, berenang, dan membasuh anggota tubuh dengan air mengalir. Tentu saja, jangan lupa untuk membawa baju ganti saat penampilan akhir.

Baca Juga  5 Pesona Pantai Midodaren di Yogyakarta, Menarik Banget untuk Dikunjungi!

Waktu penyembuhan di Air Terjun Tsisarua

Aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan saat berlibur di alam adalah menenangkan diri atau bersantai. Melihat keindahan air terjun, hijaunya pepohonan, dan hitamnya bebatuan mampu menyegarkan mata.

Air Terjun Chisarua letaknya jauh dari kebisingan mobil biasanya, sehingga pengunjung di sini hanya akan mendengar suara alam.

Selfie

Bersantai dan mengabadikan momen liburan memang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi jika Anda berkunjung bersama keluarga, teman atau kerabat.

Spot foto yang menarik saat berwisata di Air Terjun Garut adalah di depan air terjun, di atas bebatuan, di sepanjang jalan setapak, dan di sepanjang aliran air. Ekspor semua pose Anda sehingga foto Anda Instagrammable.

Berkemah

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas di sekitar sungai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat tenda. Aktivitas kita akan menjadi lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Pastikan membawa perbekalan yang cukup karena lokasi air terjun jauh dari warung dan keramaian orang. Sebelum Anda pergi, pastikan Anda memiliki daftar semua yang Anda butuhkan.

Jangan lupa membawa pakaian hangat karena cuaca akan semakin dingin di malam hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Chisarua Garut
Foto oleh M. Zainuddin di Google Maps

Dinas Pariwisata Kabupaten Garut mengakui Air Terjun Chisarua belum banyak mendapat perhatian dari pemerintah, meski potensi wisatanya sudah terkenal.

Manajemen juga berencana menambah sejumlah fasilitas seperti arung jeram dan jeram, namun masih menunggu investor.

Namun sejumlah fasilitas umum sudah ada di air terjun cantik ini, antara lain tempat parkir, musala, toilet atau tempat mandi, serta warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa air terjun cantik ini mewakili pesona alam yang masih tersembunyi dan juga sangat alami karena belum banyak mendapat perhatian. Pihak pengelola dan pemerintah saat ini fokus memperbaiki jalan menuju air terjun serta jalur tracking.

Nah itulah ulasan Air Terjun Cisarua dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pesona alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini, sehingga pengunjung yang memang ingin mencari tempat yang belum banyak dikunjungi wisatawan bisa langsung datang ke air terjun yang mempesona ini.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *