Curug Citiis, Pesona Alam Eksotis yang Penuh Mistis di Garut

Ide Wisata24 Dilihat


Curug Sitiis, pesona alam yang eksotis dan mistis di Garuta, mengajak pengunjung merasakan keajaiban alam yang mempesona dan suasana mistis di sekitar lingkungan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kabupaten Pasawahan. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Salah satu tempat wisata alam Indonesia yang sangat populer bahkan sampai ke luar negeri adalah air terjun atau yang dalam bahasa Sudan disebut Kurug. Di Kabupaten Garut sendiri terdapat sebuah air terjun indah bernama Curug Sitiis dengan alam yang sangat indah yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun indah ini karena terletak di kaki Gunung Galunggung Jawa Barat. Kehadiran pepohonan tersebut juga akan membuat Anda merasakan udara yang sejuk dan menyegarkan serta sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

Selain keindahannya yang menakjubkan, tempat wisata Curug Sitiis juga menyimpan sejarah mistis. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, lokasi air terjun indah ini merupakan tempat para bidan zaman dahulu membuang jenazah bayi, dan ada pula yang meyakini bahwa tempat ini merupakan tempat pertemuan raja-raja Bumi Pasundan.

Objek wisata Air Terjun Sitiis

Objek wisata Air Terjun Sitiis
foto Jelajahi Garut di Twitter

Pesona air terjun

Daya tarik utama dari Curug Sitiis tentu adalah air terjunnya yang karena ketinggiannya yang lumayan tinggi berpadu dengan tebing bebatuan di sisi kiri dan kanannya akan membuat siapapun terpesona dengan keindahannya.

Suara gemuruh air yang jatuh dari atas dan menghantam bebatuan di bawah juga menciptakan ketenangan tersendiri.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hutan disekitarnya

Kita lanjut ke objek wisata berikutnya yaitu hutan di sekitar air terjun yang banyak ditumbuhi pepohonan. Pepohonan ini bahkan menghalangi sinar matahari, sehingga meskipun datang ke sini pada siang hari, udara di sekitar tempat wisata alam ini akan tetap sejuk dan menyegarkan.

Kolam

Selanjutnya ada kolam air yang terletak tepat di bawah air terjun yang indah. Kolam air ini sering digunakan wisatawan untuk bermain air atau sekedar mencuci muka. Airnya juga sangat bersih dan segar, sehingga kesegarannya pasti akan Anda rasakan saat melangkah ke tempat wisata alam populer ini.

Cerita mistik

Daya tarik terbaru ini hanya bisa disebut tambahan, karena masih belum jelas kebenarannya. Nah, menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, dahulu kala raja-raja Bumi Pasundan sering mengunjungi Kurug Sitiis untuk mengadakan pertemuan dan bertapa untuk mendapatkan kekuatan.

Baca Juga  Pasar Beringharjo Jogja, Menikmati Berwisata Sekaligus Berbelanja Oleh-Oleh

Hal ini mungkin terjadi karena letak air terjun dari Kabupaten Garuta yang sulit ditemukan, sehingga raja-raja Bumi Pasundan menilai tempat ini sangat cocok untuk pertemuan dan meditasi.

Selain itu, beredar pula rumor bahwa bidan pernah menelantarkan bayi di lokasi air terjun populer tersebut.

Cerita ini didukung oleh pengakuan beberapa wisatawan yang mengaku mendengar tangisan bayi saat berlibur. Karena dua cerita mistis tersebut, beberapa wisatawan sengaja mengunjungi air terjun indah ini untuk mengeksplorasi hal-hal gaib.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Sitiis
Foto oleh Ivan Juana di Google Maps

Lokasi Curug Citiis terletak di Jawa Barat, Kabupaten Garut, Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler. Selanjutnya anda bisa memulai rute perjalanan anda dari Alun-Alun Garut di jalan tersebut. Ahmad Yani, tidak. 22 menuju Jl. Pengintai kemudian berbelok ke kiri dan terus lurus hingga mencapai bundaran.

Dari bundaran tersebut, ambil jalan keluar kedua menuju Jl. Pioneer Mandiri dan terus lurus hingga menemukan pertigaan di Jl. Mandiri. Di pertigaan ini Anda perlu belok kanan, lalu lurus terus hingga menemukan pertigaan dekat SMKN 2 Garut, lalu belok kanan menuju Jl. H.Hasan Arif.

Menginap di Jl. H. Hassan Arif hingga menemukan pertigaan di jalan tersebut. Prof. KH. Kemudian Anwar Musaddad belok kiri dan terus menyusuri jalan tersebut hingga mencapai pertigaan Jl. Ibrahim Aji kemudian memilih jalan tengah. Ikuti Jl. Ibrahim Ajie hingga menemukan pertigaan dekat Jalur Pendakian Gunung Guntur, lalu belok kiri.

Di dekat belokan sebelumnya, Anda akan menemukan pertigaan setelah pemberhentian wisata di Gunung Guntur. Di pertigaan ini, belok kiri dan lanjutkan menyusuri jalan utama hingga menemukan tujuan wisata. Panjang rute dari Alun-Alun Garut menuju Curug Sitiis diperkirakan kurang lebih 11 km, waktu tempuh sekitar 38 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk saat ini wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata alam tersebut tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun, Anda dapat memberikan sumbangan yang besar kepada masyarakat sekitar yang menjaga mobil pribadi Anda di tempat parkir.

Baca Juga  Pura Tanah Lot, Keindahan Pura yang Terapung di Tengah Laut Tabanan

Sekadar informasi, Curug Citiis buka 24 jam setiap saat. Sebab, tempat wisata ini bisa dikatakan kurang mendapat perhatian dari pemerintah, namun keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Air Terjun Sitiis
Foto oleh Ridho Thajudin di Google Maps

1. Melihat keindahan air terjun dan alam.

Curug Sitiis mempunyai air terjun yang sangat indah yang bisa dinikmati setiap pengunjungnya. Selain air terjun, hutan disekitarnya juga sangat bagus untuk dinikmati keindahannya, bahkan dari kejauhan anda juga bisa melihat keindahan dataran tinggi yang kaya akan tanaman hijau dari pepohonan.

2. Bermain air

Aktivitas menyenangkan berikutnya yang bisa Anda lakukan saat sampai di tempat indah dengan air terjun ini adalah bermain air. Di dekat tempat jatuhnya air dari ketinggian terdapat sebuah kolam air dimana wisatawan bisa bermain air sepuasnya. Tak hanya di kolam renang, Anda juga bisa bermain di sungai dekat air terjun populer tersebut.

Arus sungai dari air terjun menakjubkan ini juga tidak terlalu deras sehingga aman untuk bermain air. Selain arusnya yang kecil, air baik di kolam maupun sungai sangat bersih dan segar. Pasalnya, tempat wisata alam tersebut terletak di tengah hutan, sehingga air yang mengalir tersaring oleh tanaman di sekitarnya.

3. Santai

Selain menikmati alam dan bermain air, Anda juga bisa bersantai dengan melepaskan segala beban dari diri Anda. Kegiatan ini cukup populer, apalagi Curug Citiis terletak di tengah hutan dan jauh dari keramaian. Ini membuat Anda merasa santai di sini.

Anda bisa bersantai dengan merasakan sejuknya udara dan mendengarkan suara air terjun, hal ini akan membuat perasaan Anda lebih tenang. Apalagi jika ditambah dengan suara angin yang menggesek dedaunan, dijamin suasana yang sangat damai akan terasa.

4. Berfoto di Curug Citiis.

Yuk lanjut ke aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Curug Citiis yaitu fotografi. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan wajib yang bisa Anda lakukan baik sendiri maupun bersama orang terdekat. Ada banyak spot foto bagus yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan foto Instagram.

Baca Juga  Petirtaan Watugede, Tempat Pemandian Kerajaan yang Menyimpan Berbagai Cerita Masa Lalu di Malang

Selain berfoto di lokasi yang bagus, anda juga bisa memotret aktivitas anda dan orang sekitar selama berlibur di wisata Air Terjun Garut ini. Foto-foto tersebut juga bisa Anda unggah ke media sosial agar bisa disimpan dengan aman.

5. Berkemah

Wisatawan yang ingin berkemah atau bermalam di alam bisa melakukannya di tempat wisata alam indah ini. Namun pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu kepada penduduk setempat karena lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga.

6. Berburu hal-hal mistis

Sebelumnya telah kita bahas bahwa tempat wisata populer ini memiliki beberapa cerita mistis yang terkait di kalangan masyarakat setempat.

Jika Anda termasuk orang yang ingin mengetahui kebenaran atau menguji nyali, maka mengunjungi tempat wisata alam ini bisa menjadi pengalaman berburu mistis tersendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Sitiis
Foto oleh Gustian Ajiputra di Google Maps

1. Parkir mobil

Hal pertama yang bisa dimanfaatkan wisatawan saat berkunjung ke Curug Sitiis adalah tempat parkir mobil.

Wisatawan dapat memarkir kendaraan pribadinya, baik roda dua maupun roda empat, di tempat parkir ini. Demi keselamatan Anda, pastikan mobil Anda terkunci ganda, meskipun ada petugas valet di dekatnya.

2. Jalur pejalan kaki

Dari tempat parkir mobil Anda akan menemukan jalan setapak yang bisa Anda ikuti dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.

Kondisi jalan setapak cukup baik, namun jika turun hujan jalanan cukup licin sehingga pastikan menggunakan sepatu jika menuju tempat wisata asal Kabupaten Garut ini.

3. Ruang tamu dan gazebo

Terakhir, ada tempat duduk kayu serta gazebo (tempat duduk beratap). Wisatawan dapat memanfaatkan ruangan ini untuk menyimpan barang bawaan atau bersantai dan melepas penat sambil menikmati alam. Dari tempat duduk dan gazebo, Anda juga bisa menyaksikan keindahan air terjun dari kejauhan.

Demikian ulasan singkat tentang Curug Citiis yang terletak di kaki Gunung Galunggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Saran jika anda ingin berlibur ke tempat wisata alam ini : persiapkan fisik sebaik mungkin karena perjalanan yang akan anda tempuh cukup berat, bawa juga bekal karena di tempat wisata indah ini tidak ada warung makan.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *