Curug Leuwi Lieuk, Surga Tersembunyi di Sentul Bogor yang Menyegarkan

Ide Wisata21 Dilihat


Harga tiket: Rp 25.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Gunungwangun, Desa Sibereum, Desa Chibadak, Kecamatan. Sukamacmur, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Kabupaten Bogor mempunyai banyak tempat wisata seru dan menarik, salah satunya Curug Leuvi Lieuk. Tempat wisata di bogor ini sungguh indah, eksotik dan membuat setiap mata yang melihatnya pasti akan terpesona dengan keindahan air terjunnya.

Oleh karena itu, tempat ini dinamakan Leuwi Lieuk yang artinya pemandangan air terjun yang paling dalam. Beragamnya atraksi yang ditawarkan membuat wisatawan penasaran, itulah sebabnya Curug Leuvi Liuk Sentul tidak pernah sepi apalagi di akhir pekan.

Jika Anda, keluarga, atau teman Anda sedang kesulitan menemukan destinasi liburan, wisata alam di Bogor bisa menjadi alternatif destinasi liburan yang lebih baik. Rasa penat, bosan, ennui, resah dan resah sirna seketika begitu melihat keindahan yang terpampang di sana.

Atraksi Air Terjun Danau Levi

Indahnya air terjun Leuvi-Liuk-Bogor
foto Wisata Bogor di Twitter

Tempat wisata akan seru dan menarik untuk dikunjungi apabila mempunyai atraksi yang dapat menarik wisatawan. Karena ini menjadi syarat utama pengunjung untuk menghabiskan waktu berlibur bersama seluruh keluarga. Wisatawan disuguhkan berbagai atraksi Kurug Leuvi Lieuk, dengan tujuan agar selalu merasa nyaman dan tenteram.

Daerah sejuk dan menyegarkan

Pemanasan global membuat cuaca di sebagian besar wilayah Indonesia tidak dapat diprediksi, bahkan terkadang cuaca menjadi panas, gerah, melemahkan badan dan menurunkan semangat.

Oleh karena itu liburan di tempat wisata alam yang sejuk dan menyegarkan memang sangat diperlukan. Inilah salah satu daya tarik Curug Leuvi Liuk Bogor. Selama menginap di tempat ini, Anda akan sejenak melupakan berbagai permasalahan yang Anda hadapi karena keindahan pesona alamnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pesona alam, mulai dari hijaunya pepohonan, air yang mengalir hingga hembusan angin, menciptakan suasana menyejukkan dan menenangkan jiwa. Sehingga air terjun ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari tempat bersantai dengan udara sejuk dan bebas polusi.

Air terjun yang bersih dan transparan

Meningkatnya kepadatan penduduk dan menjamurnya pabrik membuat beberapa daerah sangat sulit memperoleh air bersih. Kalau ada air bersih, belum tentu jernih dan menyegarkan.

Namun di Kurug Leuvi Lieuk Anda akan melihat dan merasakan air yang bersih, jernih dan menyegarkan. Kelimpahan air dan sifatnya selalu terjaga, karena berasal dari pegunungan, mengalir menuruni bukit, melewati air terjun hingga mencapai laut.

Jika anda penasaran dan belum yakin akan hal tersebut, segera siapkan kamera atau handphone terbaik anda dan lihat serta rasakan sendiri betapa bersih, jernih dan segarnya air disana. Tak ada salahnya mencicipi kesegarannya dengan meminumnya sedikit.

Baca Juga  Tebing Breksi Jogja, Bekas Tambang yang Disulap Jadi Objek Wisata

Mirip dengan Green Canyon Pangandaran

Daya tarik Kurug Leuvi Lieuk selanjutnya adalah tempatnya yang mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Banyak kesamaan yang dimiliki kedua tempat wisata ini, yaitu warna airnya yang hijau kebiruan yang terlihat dari jauh, aliran air menuju sungai melalui dua bukit, dan penembusannya ke dalam gua yang tidak terlalu besar.

Banyak pengunjung yang mengatakan kalau objek wisata alam ini mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Bagi yang pernah mengunjungi kedua tempat ini, wajar jika dikatakan ada kemiripan di antara keduanya.

Selain itu, dua tempat wisata Green Canyon dan Leeuwi Liek terletak di provinsi Jawa Barat yang terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah dan menawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kurug Leuvi Lieuk Sentul
Foto Hardanta Putra di Google Maps

Jika wisatawan ingin berkunjung ke tempat wisata Kurug Leuwi Lieuk, tempat ini terletak di Jalan Gunungwangun, Desa Sibeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jika Anda lebih familiar dengan Bukit Sentul, maka tempat ini terletak di atas bukit. Jarak dari Sentul Nirvana Carousel Park menuju lokasi sekitar 16 km dan waktu yang dibutuhkan hanya 1 jam.

Jika wisatawan berangkat dari terminal, maka harus mengambil jalur barat laut melalui Jalan Raya Bogor. Kemudian ambil tol Yagoravi dan ambil jalur menuju kota Sentul.

Di pintu keluar, ikuti jalan menuju Jalan MH. Tamryn, lalu arahkan kendaraan menuju bundaran. Selanjutnya ambil exit 2 atau tetap di Jalan MH. Tamryn, lalu masuk ke Jalan Bali hingga mencapai bundaran berikutnya.

Lanjutkan ke Jungleland Avenue, terus menuju Jalan Wangon dan Cibadak lalu parkir mobil Anda di sana.

Biaya masuk ke air terjun Leuvi-Liek

Biaya masuk kawasan Kurug Leuwi Lieuk cukup terjangkau yaitu Rp 25.000 per orang, baik itu anak kecil, remaja maupun dewasa. Harga di atas sudah termasuk dua titik masuk yang akan dilalui wisatawan.

Namun untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 10.000 dan untuk sepeda motor sebesar Rp. 5000. Harga ini dapat berubah tergantung kebijakan manajemen.

Kawasan air terjun di Bogor ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB dan buka setiap hari, tujuh hari dalam seminggu. Disarankan berkunjung pada musim kemarau karena medan dan tempat wisata lebih bersahabat.

Pada musim hujan, medan di sekitar air terjun menjadi cukup licin karena jalan yang masih alami dari permukaan tanah akan menjadi tidak bersahabat pada musim hujan.

Baca Juga  Curug Cikaso, Air Terjun di Sukabumi yang Pesonanya Memiliki Tiga Air Terjun Eksotis

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Air Terjun Danau Leuwi
Foto oleh Astrida Marini di Google Maps

Apa saja yang menarik untuk dilakukan bagi wisatawan yang tertarik dengan Kurug-Leuvi-Liek? Berikut berbagai hal menarik yang bisa dilakukan di tempat ini!

1. Berburu foto-foto indah

Di era teknologi dan komunikasi digital seperti saat ini, sayang sekali jika kita melewatkan berbagai tempat indah, asri, dan menarik tanpa mendokumentasikannya. Berbagi dan menyimpannya di jejaring sosial yang ada adalah suatu keharusan.

Oleh karena itu bagi para pemburu dan kolektor foto, Wisata Air Terjun Bogor ini sangat cocok untuk berburu foto-foto indah dan eksotik.

Karena keindahan alamnya, perbukitan yang dipenuhi pepohonan dan bebatuan, serta aliran air yang bersih dan jernih dengan suara yang membelai telinga, membuat tempat ini sangat layak untuk difoto dan diabadikan.

Dipadukan dengan sejuk dan segarnya udara, goyangan pepohonan, serta air yang jatuh dari ketinggian, tubuh langsung mengambil pose terbaik untuk abadi.

2. Berenang dan bermain air.

Aktivitas menarik yang digandrungi wisatawan adalah berenang dan bermain air di Kurug Leuvi Lieuk. Rasa penat selama perjalanan, penat yang menetap, rasa bosan dan rasa bosan seketika hilang begitu saja ketika melihat air yang bersih dan jernih.

Bahkan banyak wisatawan yang langsung ingin berenang, berenang, dan bermain air. Bagi yang tidak bisa berenang atau ingin bersantai di atas air, tersedia juga persewaan snorkeling.

Jangan khawatir atau meragukan kualitas air di air terjun ini, karena sangat bersih, jernih dan segar, tanpa adanya kotoran bahan kimia apapun.

Airnya sangat aman untuk semua orang, apalagi ketinggian air di sana cukup rendah, arusnya tidak cepat atau lambat dan aman untuk segala usia.

Kesegaran ini akan semakin terasa saat anda berada di bawah air terjun, dengan pose terbaik dan terdokumentasi, inilah salah satu tempat terbaik untuk mengambil foto.

3. Lompat tebing di Leeuwi-Luke

Khusus bagi wisatawan yang ingin memacu adrenalin, menyukai sesuatu yang ekstrim dan penuh tantangan, di Kurug Leuvi Lieuk ada tempat yang bisa Anda lakukan. Melompat dari tebing.

Tempat ini memiliki ketinggian 3 meter, 5 meter hingga 7 meter diantara tembok batu yang ada, sangat cocok untuk melakukan atraksi disana.

Banyak pengunjung yang melakukannya Melompat dari tebing dan dibantu oleh anggota keluarga atau teman dalam mengabadikan landmark tersebut. Karena dengan menyelesaikan tugas ini maka semangat mereka akan bertambah, rasa takut akan ketinggian akan hilang dan rasa segar kembali saat mendarat di bawah.

4. Bersantai dan menikmati pemandangan alam.

Setiap orang mempunyai karakter, selera, dan hobi yang berbeda-beda. Bagi wisatawan yang bersifat santai, romantis dan menyukai keindahan alam, Kurug Leuvi Lieuk juga sangat cocok sebagai tempat bersantai menikmati pemandangan alam yang indah dan eksotis.

Baca Juga  Pantai Glagah, Pantai yang Menawan di Kulon Progo Jogja

Pepohonan yang hijau dan asri, udara bersih dari polusi, udara sejuk dan segar, sangat cocok untuk menikmati kopi. Komunikasi dengan kekasih membuat hubungan Anda semakin harmonis dan romantis.

Jadi, jangan pernah pergi ke sana sendirian karena tempat tersebut akan lebih menarik jika Anda berkunjung bersama teman, keluarga, atau orang tercinta.

5. Berkemah

Bagi wisatawan yang mendirikan tenda, Kurug Leuvi Lieuk juga memiliki spot camping bagi pengunjung yang ingin lebih dekat dengan alam. Mereka bisa bermalam dengan mendirikan tenda, menyalakan api di malam hari, mendengarkan suara binatang malam yang merdu dan syahdu.

Apalagi jika semua itu dilakukan bersama keluarga, secara tidak langsung bisa mengajarkan mereka untuk hidup mandiri dan lebih sederhana. Semua itu bisa dilakukan hanya dengan membayar Rp. 40.000 saja untuk sewa dan pemeliharaan tanah.

6. Kunjungi Leuwi Hedjo.

Jika pengalaman di Air Terjun Leuvi Liek kurang memuaskan, wisatawan dapat melanjutkan ke Air Terjun Leuvi Hedjo terdekat yang hanya berjarak 20 menit berjalan kaki.

Perjalanan menuju Leeuwi-Hejo memerlukan menaiki tangga sehingga memerlukan kebugaran jasmani yang baik mengingat medan yang cenderung menanjak.

Leeuwi-Hejo sendiri merupakan air terjun yang lebih kecil, tidak terlalu tinggi, dikelilingi bebatuan dan tumbuhan liar. Kolam alami yang dangkal menjadikannya tempat yang ideal untuk aktivitas seperti berenang, menyelam ringan, dan bermain air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Kurug

Air Terjun Danau Leuwi
Foto oleh Marfudin Dauer di Google Maps

Fasilitas penunjang di Curug-Leuvi-Lieuk masih sangat terbatas, namun secara umum terdapat tempat wisata. Beberapa fasilitas yang dapat ditemukan adalah toilet umum, wisatawan yang ingin buang air tanpa terlambat dapat menggunakan toilet tersebut.

Selain itu terdapat musala bagi pengunjung yang ingin beribadah dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta Yang Maha Esa. Terdapat juga ruang bilas bagi pengunjung yang telah selesai berenang dan bermain air, tempat ini dapat digunakan untuk menyegarkan badan selama perjalanan.

Fasilitas penunjang selanjutnya adalah lahan parkir yang luasnya mampu menampung puluhan mobil dan sepeda motor wisatawan yang berkunjung.

Setelah mengetahui apa saja yang menarik dari Curug Leuvi Lieuk, maka tak ada alasan lain bagi Anda selain mengunjungi tempat wisata alam indah dan eksotik di Bogor ini. Mengundang teman, keluarga atau orang tercinta akan membuat liburan Anda semakin seru dan menyenangkan.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *