20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Kekinian, Murah dan Tahan Lama

Ide Wisata32 Dilihat


Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur yang terkenal dengan tata kotanya yang sangat baik. Berkunjung ke Surabaya tentu saja ilegal kecuali Anda membawa oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal enak.

Surabaya dikenal sebagai kota yang menawarkan banyak destinasi wisata menarik. Selain itu, selama berkunjung, Anda juga bisa menikmati berbagai jenis wisata kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Setelah puas berkeliling kota Surabaya, Anda bisa mengunjungi beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh dan membawanya pulang. Oleh karena itu, di bawah ini kami telah merangkum berbagai jenis oleh-oleh khas Surabaya yang kini wajib dibawa pulang.

Oleh-oleh khas Surabaya yang murah dan kekinian

1. Kacang almond yang renyah

Oleh-oleh khas Surabaya kacang almond renyah
Foto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Meski baru muncul di pasaran, kacang almond renyah sudah menjadi salah satu jajanan populer di Surabaya. Almond crunchies sendiri terdiri dari beberapa bahan dasar seperti tepung terigu, gula pasir, telur, keju, susu bubuk dan kacang almond sebagai isiannya.

Meski bahannya cukup sederhana, rasa kacang almond yang renyah cukup nikmat. Almond Cruspy menawarkan beberapa pilihan rasa mulai dari teh hijau, coklat dan keju.

2. Spayko sesuai resep lama

Spayko sesuai resep lama
foto Produk racun di Twitter

Salah satu kue lapis yang sangat terkenal di Surabaya adalah spikoe, resep lama. Berkat penggunaan resep kuno yang masih dirahasiakan, kue ini memiliki cita rasa yang tidak pernah berubah sejak dulu.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kue ini mempunyai rasa yang cukup manis dan terdiri dari 3 lapisan yaitu berwarna kuning kecokelatan. Apalagi kue ini memiliki tekstur yang cukup lembut karena adanya penambahan telur saat proses memasaknya.

3. Kue Lapis Surabaya

Kue Lapis Surabaya
Foto oleh Ikadapurhangus di Envato Elements

Jajanan ini merupakan kue kekinian yang banyak digemari sebagai oleh-oleh di Surabaya. Terbuat dari singkong, kue ini hadir dalam 4 rasa: Brownies, Cocopandan, Full Cheese dan Original.

Semua rasa ini disajikan dengan topping krim dan keju parut. Camilan menarik ini bisa Anda beli dan dijadikan oleh-oleh.

4. Kerupuk ikan kenjeran

Kerupuk ikan kenjeran
foto Moh Dwi Hardkhianto di Twitter

Kawasan Kenjeran sudah lama terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Penduduk setempat kemudian mengolah hasil laut tersebut menjadi kerupuk yang renyah dan lezat.

Di kawasan Kenjeran ini Anda bisa membeli kerupuk Kenjeran, baik mentah maupun siap santap. Kerupuk kenjeran tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari kerupuk rumput laut, kerupuk kerrang, kerupuk ikan biasa, dan kerupuk cumi.

5. Sambal Bu Rudy

Saus Cabai Bu Rudy
foto Sedih di Twitter

Di Surabaya Anda bisa menemukan sambal Bu Rudi yang memiliki rasa dan aroma udang yang khas. Di tempat ini Anda juga bisa menemukan pilihan lain seperti sambal bawang putih dan sambal bajak.

Baca Juga  8 Spot Diving Terbaik di Pulau Mandeh, Pesisir Selatan yang Kaya Pesona Bawah Laut

Wisatawan yang berkunjung ke Surabaya biasanya langsung menuju sambal Bu Rudy untuk dijadikan oleh-oleh. Biasanya mereka membeli dalam jumlah banyak sekaligus, karena harganya yang cukup terjangkau.

6. Kue mete

kue mete
foto Saskia di Twitter

Dengan rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, kue ini menjadi favorit para wisatawan yang berkunjung ke Surabaya. Apalagi harganya yang relatif murah membuat kue ini bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh dari Surabaya.

Kue mete sendiri terbuat dari kacang mete yang dipadukan dengan beberapa bahan dasar roti. Pai yang dibuat secara tradisional ini cenderung gosong di bagian bawah sehingga lebih renyah.

7. Kue Bikan Penele

Kue Bikan Penele
Foto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Kue bikang penele merupakan jajanan khas Surabaya yang terbuat dari gula pasir, santan dan tepung beras. Perpaduan bahan-bahan tersebut membuat pie ini sangat lezat.

Selain itu kue penele juga mempunyai tampilan yang cukup menarik. Bagian atas kue ini sengaja diwarnai agar terlihat lebih cantik. Harganya sendiri cukup murah karena sepotong kue ini hanya dibanderol dengan harga Rp 7.000 saja.

8. Sirup Telasih

Sirup Telasih
foto Kabarsurabaya di Twitter

Berbeda dengan sejumlah sirup modern pada umumnya, Sirup Telasih tidak menggunakan bahan pengawet buatan dalam proses produksinya. Sirup ini juga tersedia dalam berbagai rasa: frambosen, orange, cocopandan, vanilla, mint, caramel, dan lychee.

Sirup ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas saat berkunjung. Selain enak, sirup ini juga dibanderol murah sekitar Rp 25.000.

9. Bunarendang

Bunarendang
foto Di di Twitter

Bunarendang merupakan salah satu jajanan khas Surabaya. Namanya sendiri masuk akal yaitu Rendang Rice Burger.

Meski bentuknya seperti hamburger, namun di dalamnya Anda akan menemukan rendang sebagai pengganti daging dan nasi sebagai pengganti roti. Harga Bunarendang juga cukup murah, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000.

10. Sirup bakau

Sirup bakau
foto ErmaVanti di Twitter

Kawasan Rungkut Surabaya mempunyai hutan mangrove yang cukup luas. Petani lokal menggunakan produk alami ini untuk membuat sirup bakau.

Sirup ini memiliki campuran rasa: segar, asam dan manis. Untuk membelinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 35.000 per botolnya.

11. Bebek Jangkep

bebek jangkep
foto Katerina. DENGAN di Twitter

Bebek Jangkep merupakan salah satu kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Surabaya. Bebek jangkep sendiri memiliki keunikan karena menggunakan bumbu berwarna kuning dan dibalut seperti pepe.

Baca Juga  Dolan Deso Boro, Menikmati Beragam Wahana Outbound yang Menantang Adrenalin di Kulon Progo

Seporsi bebek junkep tanpa isi perut dan kaki dijual seharga Rp 110.000. Untuk menyiapkannya, cukup goreng bebek hingga berwarna kecoklatan.

12. Tumis tuna asap

Tuna asap panggang
foto Fivi Julia di Twitter

Tumis tuna asap merupakan salah satu produk olahan tuna yang sangat populer di Surabaya. Selain rasanya yang memuaskan, ikan tuna juga dikenal sebagai ikan yang cukup tinggi nutrisi.

Jajanan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Surabaya. Anda juga bisa memilih beberapa pilihan rasa, seperti pedas dan original.

13. Benang Sapi Padmosusastro

Benang Sapi Padmosusastro
Foto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Dinamakan demikian karena tokonya terletak di Jalan Padmusastro. Utas ini adalah karya enam pengusaha penghancur rumahan yang sangat berpengalaman.

Benang ini dijual dalam beberapa kemasan, dari yang kecil hingga yang besar. Daging giling ini juga hadir dalam berbagai rasa seperti manis dan pedas.

14. Camilan sehat

Camilan sehat
foto AI Sky mengaum. di Twitter

Jajanan obat ini terbuat dari singkong dan kentang yang diolah secara tradisional. Hidangan pembuka ini menawarkan beberapa pilihan rasa seperti balado, pedas dan manis.

Selain keripik kentang dan singkong, ada pilihan lain seperti bakso goreng, keripik buah naga, dan samosa. Anda juga bisa membeli makanan panggang lainnya dari penjual jajanan ajaib ini.

15. Keripik Buah Tebu

Keripik buah Kane-Kane
Foto oleh Liem Hau Liang di Facebook

Berbeda dengan jajanan pada umumnya, kue ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan. Buah-buahan diolah dengan metode penggorengan vakum agar tidak menjadi lunak.

Kue ini sangat cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh karena hadir dalam kemasan yang modern. Apalagi harga yang tertera juga relatif murah.

16. Udang Belinjo

Udang Belinjo
foto Sukchien di Twitter

Belinjo atau biasa disebut melinjo merupakan bahan utama emping pada umumnya. Namun di Surabaya Anda bisa menemukan belinjo rasa udang.

Chip ini sendiri sudah ada sejak tahun 1970an, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, Anda juga dapat memilih beberapa pilihan seperti pedas dan manis.

17. Kerupuk lobster dan udang

Kerupuk lobster dan udang
Foto oleh Tyasindayanti di Envato Elements

Biasanya kerupuk dibuat dengan udang rebon sebagai bahan utamanya. Namun di Surabaya Anda bisa menemukan jajanan kerupuk udang lobster.

Berbeda dengan kerupuk pada umumnya, kerupuk lobster ini mempunyai rasa yang khas. Apalagi lobster juga dikenal sebagai hewan laut yang mengandung nutrisi cukup banyak.

18. Trieng Tata

Trieng Tata
Foto oleh Triga Tata di Instagram

Trig tata merupakan jajanan khas Surabaya yang terbuat dari sinkong. Singkong tersebut kemudian diolah dan dicampur dengan keju sehingga menjadikannya sangat lezat.

Jajanan ini bisa Anda jadikan oleh-oleh karena dikemas rapi dengan kemasan modern. Apalagi pohon kelapa juga bisa mengenyangkan perut karena terbuat dari singkong asli.

Baca Juga  Curug Walet, Destinasi Wisata Alam dengan Beragam Spot Camping Memukau di Bogor

19. Bandeng asap

Bandeng asap
foto Melodi Nurramdhani Laksani di Twitter

Seperti kota tepi laut pada umumnya, Surabaya juga menawarkan kuliner khas berbahan dasar ikan. Salah satunya bandeng asap yang sudah dikenal sejak lama.

Berbeda dengan ikan bandeng pada umumnya, di sini Anda bisa mencoba ikan bandeng yang memiliki cita rasa yang benar-benar unik. Saat disajikan, bandeng asap terasa lebih nikmat jika ditemani sambal terasi.

20. Kopi Bandrek

Kopi Bandrek
foto Juliankok di Twitter

Para pecinta kopi pastinya tidak akan menyesal berkunjung ke Surabaya. Pasalnya di kota ini Anda bisa menemukan kopi yang cukup unik yaitu kopi Bandrek.

Kopi ini bisa Anda beli sebagai oleh-oleh, karena bisa disimpan hingga 6 bulan. Namun kopi Bandrek sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet buatan.

Rekomendasi toko oleh-oleh khas di surabaya

Pasar ubin

Pasar ini sangat terkenal di Surabaya karena sudah berdiri cukup lama. Di sini Anda bisa membeli berbagai jenis oleh-oleh khas Surabaya mulai dari makanan, perhiasan, dan oleh-oleh lainnya. Berkunjung ke Surabaya akan menjadi ilegal jika Anda belum mengunjungi pasar legendaris ini.

Toko Sambal Bu Rudy

Hampir seluruh warga dan pendatang Surabaya mengetahui tempat ini. Di sini Anda bisa membeli berbagai jenis olahan sambal dalam berbagai rasa. Bagi Anda penyuka makanan pedas, tentu tempat ini bisa menjadi tempat oleh-oleh khas Surabaya.

Pasar Turi

Letaknya yang strategis menjadikan pasar ini sangat terkenal di kalangan wisatawan. Pasar 2 tingkat ini juga menawarkan berbagai macam oleh-oleh. Anda bisa menemukan makanan, jajanan dan produk khas Surabaya lainnya.

Toko Panen

Pecinta bandeng asap mungkin sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Pasalnya Harvest Raya merupakan salah satu toko yang menjual masakan bandeng ini. Di sini Anda juga bisa membeli berbagai makanan khas Surabaya lainnya.

Grosir dupak

Selain masakan tradisional Surabaya, pasar grosir Dupak juga menawarkan pakaian dan suvenir unik. Memiliki produk yang terlengkap membuat pasar ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Pasar grosir Dupak juga menawarkan berbagai produk dengan harga terjangkau.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman. Selain itu, ada rekomendasi tempat yang menjual berbagai oleh-oleh: mulai dari makanan, pakaian, hingga oleh-oleh.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *