Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

Ide Wisata22 Dilihat


Temukan keindahan alam di Kurug Sidoharjo Kulon Progo, dimana pemandangan hijaunya memanjakan mata dan berpadu sempurna dengan Kawang Embung yang menawan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sumoroto, Shidoharjo, Kecamatan. Samigaluh, Kab. Liontin Progo, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Kurug Sidoharjo merupakan air terjun di Yogyakarta yang sangat terkenal dengan keindahan alamnya. Air terjun megah yang merupakan air terjun wisata tertinggi di Kulon Progo Yogyakarta ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang tertarik dengan keindahannya. Ketinggiannya mencapai sekitar 70 meter.

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, air terjun ikonik ini juga menawarkan banyak spot foto menarik dan modern. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu ragu dan segera datang. Sebelum Anda datang berkunjung, ada beberapa hal penting dan menarik yang perlu Anda ketahui.

Promo hotel di Kulon Progo

Pemandangan Air Terjun Sidoharjo

Pemandangan Air Terjun Sidoharjo
Foto oleh fotografer pemandu lokal di Google Maps

1. Kemegahan air terjun yang tinggi

Daya tarik utama Kurug Sidoharjo adalah pemandangan air terjun tertinggi di Yogyakarta. Kelebihan dan kekurangan air terjun indah ini bergantung pada waktu dalam setahun. Hal ini dikarenakan pada musim kemarau air terjunnya surut sedangkan pada musim hujan air terjun mengalir deras.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkunjung pada pertengahan musim hujan ketika air terjun indah mengalir deras ke kolam utama. Perlu diketahui bahwa kolam utama berukuran dangkal sehingga pengunjung dapat bermain air dan berenang sepuasnya. Namun masalah keselamatan dan keamanan tetap perlu diperhatikan.

Meski belum sepenuhnya dikembangkan sebagai objek wisata, namun objek wisata alam eksotik ini menawarkan panorama alam yang sungguh menakjubkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 75 m dengan sudut kemiringan 90 derajat. Sebab, sensasi yang dihasilkan sangat berbeda dengan wisata alam air terjun lainnya.

Perpaduan warna biru jernihnya air serta suasana alam membuat siapapun bisa betah berlama-lama berada di sini. Apalagi dipadukan dengan panorama alam hijau pepohonan dan tanaman yang tumbuh subur di sekitarnya. Bisa dibayangkan betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Baca Juga  Panggung Krapyak, Bangunan Bersejarah dengan Desain Arsitektur Unik di Jogja

Tour Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Swargabhumi, Sungai Mudal dan Phule Payung

2. Pelangi di air terjun

Hal lain yang tak kalah menarik adalah pelangi yang kerap muncul di bawah air terjun Sidoharjo di Kulon Progo. Fenomena mempesona ini terjadi akibat pembiasan air terjun yang mengalir di bawah terik sinar matahari. Letak pelangi tersebut menarik banyak pengunjung untuk melihat keindahannya.

3. Pemandangan alam yang hijau dan asri.

Untuk merasakan langsung keindahan air terjun tertinggi di Yogyakarta ini, pengunjung perlu menempuh jalur pendakian hutan. Jangan khawatir, karena rutenya mudah untuk dilalui dan cukup nyaman. Apalagi pemandangan di sekitar air terjun sangat indah sehingga rasa lelah Anda akan terbayar.

4. Kawang Embung yang Menawan

Air terjun fenomenal ini terletak di dekat persawahan hijau yang luas. Sawah tentunya membutuhkan pengairan yang cukup, sehingga diperlukan danau atau waduk buatan yang disebut Embung Kanggal untuk mengairinya. Banyak juga pengunjung air terjun yang datang ke waduk untuk menikmati keindahan alam dari sisi lain.

5. Banyak sekali hewan unik

Objek wisata alam yang populer ini tidak hanya menjadi rumah bagi tumbuhan, tetapi juga banyak hewan. Beberapa diantaranya yang sering terlihat adalah monyet panjang dan anjing. Oleh karena itu, pengunjung tetap diharapkan untuk tetap waspada saat datang untuk memastikan tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Tour 1 Hari Jokja (Tumpeng Menorah, Kebun Teh Nglinggo dan lain-lain)

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat air terjun sidoharjo
Foto oleh Lita Naresvari di Google Maps

Air Terjun Sidohardjo terletak di Desa Madigondo, Desa Sidohardjo, Kecamatan. Samigalukh, Kab. Liontin Progo, Yogyakarta. Di sekitar Perbukitan Menorah banyak tanjakan yang harus dilalui untuk mencapai air terjun ini. Namun pemandangan disekitarnya begitu indah sehingga turut menghibur wisatawan dan menghilangkan kepenatan.

Baca Juga  Hutan Pinus Pengger, Panorama Hutan Pinus & Spot Foto Keren di Bantul Jogja

Untuk mencapai air terjun cantik ini, pengunjung dapat menggunakan jalur dari Yogyakarta Point 0 sebagai titik awal pemberangkatan. Dari sana Anda bisa menuju ke barat dan melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan. Sesampainya di Jalan Watts, berkendaralah ke barat hingga memasuki Jalan Godin.

Setelah sampai di pertigaan tersebut, belok utara menuju Jalan Gedongan Tempel dan lanjutkan hingga mencapai pertigaan Nanggulan. Belok utara hingga mencapai pertigaan Dexo dan ambil jalan menuju kawasan Samigaluh. Sesampainya di MtsN 4 Samigaluh lokasi air terjun pun tidak jauh.

Dekat MTSN 4 Samigaluh akan menjumpai jalan menanjak di sebelah kiri. Sepanjang jalan ini Anda dapat melanjutkan perjalanan sekitar 500m hingga ke rumah kepala desa setempat, yang biasanya lahan tersebut digunakan sebagai tempat parkir mobil wisata.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan air terjun tertinggi di Yogyakarta ini. Karena harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 5000 saja. Namun untuk tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Jam buka: 24 jam setiap hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di air terjun sidoharjo
Foto Apris Kiswandi di Google Maps

Saksikan keindahan air terjunnya

Aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat tiba di tempat wisata tak lain adalah menyaksikan keindahan Air Terjun Sidoharjo di Kulon Progo. Sesampainya di sana, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang air terjunnya deras dengan aliran yang menenangkan. Tentunya siapapun akan merasa tenang dan sejuk, serta pikiran akan lebih segar saat melihatnya.

Bermain air di kolam air terjun sidoharjo

Liburan ke air terjun tidak akan lengkap tanpa bermain air atau berbasah-basahan. Apalagi air terjun Sidoharjo memiliki air yang sangat bersih, jernih dan segar. Kebanyakan pengunjung langsung ingin terjun ke kolam begitu melihat air segar. Anda bisa bermain bersama teman-teman Anda di air terjun atau kolam agar liburan Anda semakin seru.

Baca Juga  Kedung Tolok, Air Terjun Alami dengan Keindahan Alam yang Menakjubkan di Bantul

Menikmati keindahan pemandangan alam sekitar

Selain air terjun, Kurug Sidohardjo Kulon Progo juga menawarkan keindahan alam sekitarnya yang asri, hijau dan tak kalah menawan. Hal inilah yang menambah eksotisme lanskap wisata sehingga dapat merusak pemandangan. Anda bisa meluangkan waktu sejenak dan duduk di tempat yang telah disediakan untuk menikmati keindahan panorama alam yang luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Air Terjun Sidoharjo
Foto oleh Yeghi Erzagyan di Google Maps

Kurug Sidoharjo merupakan salah satu wisata air terjun di Jogya yang menawarkan paket cukup lengkap. Berkat ini, pengunjung selalu merasa nyaman dan betah berlama-lama di sini. Salah satunya adalah tempat parkir yang cukup luas. Siapapun yang berkunjung ke tempat wisata alam tersebut tidak akan kebingungan jika meninggalkan mobilnya, karena kawasannya terbagi khusus untuk kendaraan roda dua dan empat.

Fasilitas berupa toilet juga mudah ditemukan di sini karena merupakan fasilitas wajib di setiap objek wisata. Kondisi toilet dan kamar mandi bersih sehingga pengunjung merasa nyaman saat menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Pengunjung Muslim dapat menggunakan masjid yang terletak di properti ketika waktu salat tiba. Pasalnya, air terjun Sidoharjo dilengkapi dengan tempat ibadah yang bersih dan tempat wudhu. Karena diketahui berwisata ke suatu tempat wisata tentu dapat menguras tenaga, maka gazebo yang ada di area tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bersantai.

Demikian penjelasan mengenai Air Terjun Sidoharjo yang penting untuk diketahui sebelum mengunjunginya. Dapat disimpulkan bahwa objek wisata alam unik ini patut masuk dalam daftar destinasi wisata idaman karena pemandangan alamnya yang menakjubkan mulai dari air terjun, pepohonan dan tumbuhan hingga pelangi yang bersinar sepanjang hari.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *