Tebing Keraton, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Bandung

Ide Wisata94 Dilihat


Saksikan indahnya matahari terbenam sambil menikmati persinggahan migrasi burung di Tebing Keraton yang merupakan tempat terbaik untuk menikmati panorama matahari terbenam yang menakjubkan dan pengalaman alam unik di Bandung.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 08.00-15.00 WIB, Alamat: Tsiburial, distrik. Chimenyan, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Selain dijuluki “Kota Kembang”, Bandung juga memiliki banyak perbukitan dengan pemandangan alam eksotik yang cocok dijadikan tempat wisata. Sebut saja yang sedang hits di berbagai platform media sosial belakangan ini, yaitu Tebing Keraton. Tak heran jika batu ini dengan cepat menjadi populer di kalangan pelancong, khususnya para pendaki. Salah satu alasannya adalah hamparan alam luas yang menyuguhkan pemandangan kota Bandung secara utuh.

1200 mdpl dengan formasi hutan pinus yang berdiri berjajar dan berdiri gagah. Keberadaan hutan ini tidak lain karena letaknya di wilayah Taman Hutan Raya Irlandia. H. Juanda. Jangan remehkan keindahan alam yang menakjubkan. Bahkan, batu ini mampu menggeser popularitas batu lain seperti Bukit Moko, Puncak Bintang, dan Kawah Putih.

Tiket ke Dago Dreampark Bandung

Objek Wisata Tebing Keraton

Shutterstock Daya Tarik Tebing Keraton
Foto oleh Catatan NDL di Shutterstock

Setiap tempat wisata pasti mempunyai daya tarik tersendiri, baik itu pepohonan, sejarah, pemandangan alam dan masih banyak lagi. Biar penasaran, yuk simak beberapa tempat wisata Tebing Keraton. Karena itulah banyak wisatawan dan pecinta alam yang memasukkannya ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi.

1. Matahari terbit yang menakjubkan

Jika Anda mengira tebing yang juga dikenal dengan nama Tebing Mainstream ini hanya menawarkan keindahan alam berupa pegunungan dan pepohonan, maaf Anda salah besar. Matahari terbit memang bisa disaksikan dari puncak bukit mana pun, namun tidak akan dimeriahkan dengan latar belakang Gunung Guntur.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Keindahan semakin tercipta jika ada kabut yang tak diundang. Sinar matahari berusaha menembus asap putih yang kemudian menghangatkan suasana. Untuk menikmati panorama alam, Anda perlu datang lebih awal, minimal jam 5 sore, agar bisa berada di lokasi dan merasakan bukit di atas awan.

2. Keindahan matahari terbenam

Berada di atas batu karang, Anda tidak hanya bisa menikmati matahari terbit, tapi juga matahari terbenam. Posisi batu yang lebih tinggi dari pepohonan menawarkan pemandangan tanpa batas. Artinya tidak ada yang menghalangi pandangan Anda saat melihat matahari terbenam.

Saat cahaya hampir meredup seluruhnya, lampu hias penduduk setempat seolah meneruskan sensasi sinar matahari. Dengan demikian, keindahan alam yang dihadirkan bisa dikatakan tidak ada habisnya.

3. Panorama hutan alam

Setiap tebing atau bukit tentunya memiliki daya tarik berupa panorama alam yang menyelimuti lokasi. Dalam hal ini, Tebing Keraton memiliki panorama hutan pinus yang tinggi dan berjajar rapi. Bisa jadi dari kejauhan hutan pinus ini tampak seperti gundukan rerumputan hijau.

Baca Juga  Kali Code, Spot Terbaik untuk Pecinta Fotografi di Jogja

4. Berhenti di tempat migrasi burung

Beberapa pengunjung yang datang ke lokasi mungkin tidak percaya dengan fakta tersebut. Hal ini wajar karena disebut berhenti sebentar. Apalagi saat melakukan migrasi, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan setiap hari atau setiap bulannya.

Anda bisa bertanya langsung mengenai hal ini kepada beberapa pengamat burung atau pecinta alam yang sering mengunjungi lokasi tersebut. Kestrel, elang, dan burung Siberia biasanya singgah di sini. Tempat pemberhentiannya berada di dalam hutan, jauh dari lokasi Tebing Keraton. Oleh karena itu, Anda memerlukan alat bantu penglihatan berupa teropong.

Mungkin suatu saat Anda bisa membuktikan kebenarannya jika Anda beruntung. Cobalah berkunjung antara bulan Agustus dan September karena cuaca berubah selama bulan-bulan ini seiring dengan migrasi burung.

Cek tiket Taman Lembah Dewata Bandung

5. Daya Tarik Ketinggian Tebing Keraton

Daya tarik lainnya adalah ketinggiannya yang seperti kami sebutkan di atas mencapai 1200 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan tebing atau bukit lain yang harus didaki dengan berjalan kaki. Disini anda bisa langsung menuju lokasi jika menggunakan kendaraan roda dua. Sebaiknya berhati-hati karena jalannya tidak rata dan banyak tanjakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Tebing Keraton
Foto oleh Kantas Kesvoro di Shutterstock

Saatnya membahas alamat lengkapnya yaitu Lembang, Chiburial, Chimenyang, Bandung Barat, Jawa Barat. Jika Anda menggunakan mobil pribadi, mencari alamatnya mudah. Anda bisa parkir di Dago Pacar lalu langsung naik sekitar 10 menit.

Bagi yang menggunakan angkutan umum atau bus, pastikan berada di terminal Levipanjang. Lanjutkan perjalanan dengan bus menuju Leuvipanjang – Dago. Di perempatan Dago, turun dan naik angkutan umum yang akan membawa Anda ke desa Ciburial.

Menariknya, di sini terdapat tempat ojek yang siap mengantarkan Anda ke batu karang tersebut. Sangat berguna bagi anda yang datang dengan kendaraan roda empat maupun angkutan umum. Biayanya lumayan, sekitar 30.000 rupee untuk pengiriman. Biaya tiket pulang pergi adalah 50.000 rupee.

Cek hotel murah di bandung

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan atau wisatawan yang berkunjung ke lokasi perlu membeli tiket masuk seharga Rs 15.000. Bukan berarti mahal, justru kesan dan sensasi yang didapat akan lebih mahal.

Jam buka setiap hari dengan batasan pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Peserta perkemahan mungkin ingin meminta izin terlebih dahulu karena mereka dijamin akan menginap semalam dan tidak kembali pada waktu tutup.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Acara Tebing Keraton
Foto oleh Ahmad Dodi Firmansiyah di Shutterstock

Aktivitas dan aktivitas yang dapat dilakukan di Tebing Keraton bisa dikatakan sama seperti di bebatuan lainnya. Namun ada sedikit perbedaan dari kendaraan atau arena adu ketangkasan. Kami telah mengumpulkan informasi lebih detail di bawah ini!

Baca Juga  Pantai Citepus, Pantai Indah di Sukabumi yang Menyajikan Fenomena Sunset Memukau

1. Berkemah

Anda bisa memanfaatkan lahan atau pekarangan Camping Gronud sebagai tempat perkemahan. Usahakan membawa peralatan dari rumah, karena biaya sewa peralatan disana cukup mahal, sekitar Rp 140.000. Pastikan juga Anda sudah mendapat izin dari pihak pengelola dengan membayar tiket 40.000 untuk satu malam.

Keberadaan bumi perkemahan ini tentu membawa kabar gembira. Pasalnya, sebelum fasilitas tersebut ada, wisatawan harus rela bermalam menunggu matahari terbit sambil menginap di rumah warga.

2. Eksplorasi alam

Kemudian Anda bisa menjelajahi alam sambil menikmati udara segar. Tracking dari parkir ke lokasi cukup bagus. Sebelumnya dikatakan sekitar 10 menit. Dekat, tapi jalannya menanjak dan kurang ramah.

Yang utama bukan ini, tapi pemandangan hijau tersebar luas di sekitar bebatuan. Terkadang Anda bisa berhenti sejenak untuk mengambil foto. Terdapat formasi batuan di sepanjang jalan yang menjadikan kawasan hutan belantara unik dan menarik.

3. Tantangan Sepeda

Bersepeda di jalan raya tentu saja merupakan hal yang sederhana dan biasa saja. Bagaimana dengan bersepeda melintasi hutan belantara berbatu yang kontur tanahnya jelas tidak rata? Kegiatan ini sangat menarik dan dapat memacu pelepasan adrenalin. Hal ini membutuhkan keberanian dan pengemudi yang handal.

Anda dapat menyewa sepeda dari kantor persewaan yang terletak di tempat parkir. Artinya bersepeda menuju tebing. Rutenya pun tidak mudah, terkadang harus membawa sepeda jika jalanan tidak memungkinkan untuk dilalui. Hal inilah yang menjadikan kegiatan ini semakin seru dan menantang.

4. Renungkan

Jangan bermeditasi seperti di film-film, tapi duduklah dengan tenang dan tenang untuk menyegarkan pikiran. Hal ini dapat dilakukan pada bangunan khusus yang terbuat dari pondasi kayu. Tidak perlu takut terjatuh, karena di dekatnya terdapat pembatas berupa pagar besi.

5. Menikmati pemandangan hutan

Tidak bisa dipungkiri, salah satu hal menyenangkan yang bisa dilakukan adalah menikmati pemandangan alam di sekitar Anda. Mungkin inilah sebabnya wisatawan datang ke Tebing Keraton.

Hamparan hutan hijau subur menghiasi hampir setiap sudut pandang. Pepohonannya sebagian besar berupa pohon pinus, namun ada beberapa jenis pohon lain yang juga menghiasinya. Sebanyak apapun kamu menonton, pasti tidak akan bosan, bahkan mungkin terlalu malas untuk mengedipkan mata.

6. Menikmati suasana alam yang diselimuti kabut.

Aktivitas menarik selanjutnya adalah menikmati keindahan alam yang diselimuti kabut. Biasanya datang dari pagi hingga sore hari. Mungkin juga Anda bisa melihatnya pada siang hari jika cuaca memungkinkan.

Baca Juga  Candi Ratu Boko, Wisata Keraton Purbakala di Jogja Bukti Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

Kabutnya bisa tebal atau tipis, tergantung tekanan udara dan kecepatan angin saat itu. Fenomena ini digandrungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang foto yang dapat Anda bagikan di jejaring sosial.

7. Menyaksikan matahari terbit dan terbenam di Tebing Keraton.

Apa yang menjadi daya tarik Tebing Keraton bisa Anda lakukan, yaitu menyaksikan matahari terbit dan terbenam. Kita sudah membahasnya di atas, jadi kita tidak akan membahasnya lagi di bab ini.

Sedikit tambahan dan tips saja: Bagi Anda yang ingin mengambil foto dengan panorama alam, sebaiknya datang pada hari yang aktif. Alasannya tak lain untuk meredam kebisingan akibat banyaknya pengunjung. Tentu Anda tidak ingin foto Anda menjadi kurang menarik hanya karena background yang tidak diinginkan bukan?

8. Fotografi

Alasan mengapa Tebing Keraton juga dijuluki Instagram Cliff oleh para penggiat media sosial adalah karena banyaknya tempat-tempat indah yang bisa dijadikan Instagram story atau postingan. Misalnya tak perlu jauh-jauh, menyaksikan matahari terbit dan terbenam di atas juga bisa dijadikan spot Instagram.

Tempat lainnya adalah bebatuan di sepanjang jalur. Anda bisa berdiri atau duduk di atasnya sambil mengambil foto. Pastikan backgroundnya sesuai yaitu pemandangan alam di bawah ini.

Terdapat pembatas besi di kanan dan kiri batu, yang juga bisa digunakan untuk fotografi. Jalur yang Anda lalui memiliki pemandangan gunung yang berdiri kokoh di depannya. Anda dapat menggunakan sudut ini untuk mengambil foto lokasi yang menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Apakah fasilitas di Tebing Bandung bisa dikatakan lengkap? Untuk kelas tempat wisata indah berupa perbukitan di atas bebatuan, ada kemungkinan yang bisa disebut cukup sempurna. Selain lahan parkir yang cukup luas, Anda juga berhak menggunakan toilet dan musala.

Terdapat pula gazebo-gazebo di beberapa titik yang bisa dijadikan tempat peristirahatan sementara. Lebih tepatnya di tempat perkemahan atau campsite. Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena fasilitas camping sudah termasuk dalam harga.

Selain semua hal di atas, di sini juga terdapat warung makan dan penginapan. Kios dan lokasi tersebut biasanya merupakan rumah warga. Jadi bisa dijadikan alternatif jika tidak ingin berinteraksi dengan alam di malam hari.

Kami akan menyimpulkan dengan beberapa tips mudah yang bisa Anda ikuti. Sebaiknya menggunakan kendaraan sendiri berupa sepeda motor karena Anda bisa langsung menuju lokasi wisata Tebing Keraton. Siapkan kamera terbaikmu, baik itu ponsel maupun kamera DSLR. Terakhir, ingatlah untuk selalu menjaga keselamatan diri sendiri dan kelompok.


databaru.my.id