Coban Jahe, Air Terjun Eksotis yang Sarat Nilai Sejarah di Malang

Ide Wisata67 Dilihat


Koban Jahe, air terjun eksotis bernilai sejarah di Malang menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan kafe dan spot foto menarik yang mewakili keharmonisan alam dan budaya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Begawan, Dusun Krayan, Taji, Kecamatan. Jabung, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Begawan yang sering disebut Koban Jahe merupakan sebuah situs alam yang terletak di Desa Begawan yang masih masuk dalam kawasan hutan RPH Divisi II Sukopuro Jabung. Air terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras terutama saat musim hujan dengan ketinggian sekitar 45 meter.

Kawasan wisata alam di Malang ini menawarkan kesegaran yang bisa dirasakan dari rimbunnya pepohonan dan gemericik air yang jatuh dari ketinggian. Suasana yang ditawarkan tempat ini juga akan membantu Anda merasa rileks dan nyaman.

Koban Jahe merupakan tempat menginap yang sangat cocok untuk melepas penat dari penatnya kehidupan sehari-hari. Apalagi tempat ini juga cocok bagi Anda yang gemar fotografi karena kawasan alamnya yang begitu menarik bisa menjadi tempat yang fotogenik untuk berfoto.

➥ Cek tiket masuk Air Terjun Coban Rondo

Atraksi Coban Jahe

Atraksi Coban Jahe
Foto oleh Fredrick Edison HS di Shutterstock

1. Kamp India

Tempat ini juga menawarkan pengalaman seru berada dalam suasana alami. Tenda unik bergaya pedesaan India bisa Anda temukan di area air terjun. Menginap di tenda India dan mendengarkan suara air terjun akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Cerita unik

Dibalik keindahan alamnya yang mampu menyejukkan hati, air terjun ini menyimpan sejarah kelam di masa lalu. Tak jauh dari air terjun ini terdapat tugu pemakaman. Monumen ini menjadi saksi terbunuhnya 38 tentara Indonesia oleh Belanda sekitar tahun 1948.

Karena cerita inilah maka air terjun ini dinamakan Koban Jahe, yang berasal dari kata “Pejahe” yang berarti kematian (pejuang). Monumen sejarah dan pemakaman menjadi daya tarik utama air terjun ini.

➥ Hotel murah di Malang

3. Pepohonan yang rindang

Seperti tempat lain yang memiliki air terjun, Cobana memiliki suasana alami yang menyejukkan hati dan pikiran. Rimbunnya pepohonan di sekitar kawasan wisata air terjun ini menambah kesejukan udara sehingga membuat nyaman siapa pun yang berlama-lama berada di tempat ini.

4. Taman bunga yang indah

Selain pepohonan yang rindang, air terjun ini juga memiliki taman bunga yang tak kalah indahnya. Taman bunga ini berisi berbagai jenis bunga dengan warna berbeda-beda. Kehadiran taman bunga ini membuat kawasan air terjun semakin berwarna.

Baca Juga  Lembang Park & Zoo, Kebun Binatang Mini yang Dilengkapi Beragam Wahana Seru

5. Kafe terapung

Terdapat spot terapung tepat di bawah Air Terjun Koban Jahe yang menarik banyak pengunjung untuk mendakinya. Di sini Anda bisa mengambil foto sepuasnya dengan latar belakang indahnya air terjun, menikmati pesona air terjun dari jarak dekat.

6. Jembatan Bambu

Daya tarik lain dari Koban adalah jembatan bambu yang curam. Sebenarnya jembatan ini merupakan penghubung antara taman bunga dengan wilayah kamp Indian. Namun karena tempatnya yang sangat menarik, banyak pengunjung yang ingin berfoto di jembatan ini.

7. Kafe dan tempat menarik untuk foto

Kobana juga memiliki kafe yang menyajikan berbagai makanan dan minuman siap saji. Tak jauh dari kafe ini terdapat beberapa bangku kayu tempat Anda bisa bersantai sambil mengagumi pemandangan alam.

Manajemen Koban Jahe pun memberikan sejumlah video foto menarik. Anda bisa memotret pemandangan alam serta berbagai lokasi untuk dijadikan foto Instagrammable.

8. Kolam renang dengan air alami

Suasana alam yang sejuk ditumbuhi bebatuan dan pepohonan yang rimbun mendominasi kawasan wisata air terjun ini. Kobana memiliki aliran air yang cukup deras sehingga membentuk sebuah kolam alami. Keindahan kolam alami ini sungguh memanjakan mata setiap orang yang melihatnya.

➥ Tur satu hari ke air terjun Koban Sriti dan Tumpak Sevu dari Malang

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Koban Jahe
Foto oleh Xingo Art di Shutterstock

Kawasan Wisata Koban Jahe terletak di Kabupaten Malang yaitu Jalan Begawan, Desa Krayan, Taji, Kecamatan Jabung. Anda juga dapat menemukan area ini di peta gppgle. Jadi, jika bingung, Anda bisa langsung menggunakan navigasi Google Maps.

Untuk mencapai tempat wisata air terjun ini anda harus menempuh perjalanan singkat melalui jalan yang bagus. Rute perjalanan bisa ditempuh dari pusat kota di Malang. Pertama Anda harus pergi ke Tumpang sampai Anda mencapai gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Tumpang”.

Dari pintu gerbang terdapat banyak rambu jalan yang menunjukkan arah menuju objek wisata air terjun. Jarak dari pusat kota Malang menuju air terjun ini diperkirakan sekitar 23 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Koban Jahe, Anda tidak akan dipungut biaya masuk yang mahal. Hanya dengan membayar Rp 10.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun ini.

Baca Juga  Menara Pandang Tele, Menikmati Sisi Lain Keindahan Danau Toba di Samosir

Di kawasan ini juga terdapat tarif parkir untuk setiap kendaraannya, namun Anda tidak perlu khawatir karena tarif parkir di sini juga cukup murah. Yakni Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Tempat wisata ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00, sehingga anda bisa mengunjungi tempat ini baik pada pagi maupun sore hari.

Dengan biaya yang relatif murah, Anda sudah bisa menikmati kawasan wisata alam yang masih terjaga keindahannya. Dan pastinya akan memberikan pengalaman menarik bagi anda yang mengunjungi tempat wisata ini.

Kegiatan yang menarik

Acara Koban Jahe
Foto oleh Xingo Art di Shutterstock

Berkemah atau bermalam di kawasan Koban Jahe

Selain perpaduan keindahan alam dan air terjun yang menarik, masih ada beberapa aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di Koban Jah. Berkemah mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda, pihak pengelola akan menyediakan tempat untuk mendirikan tenda. Kalaupun ingin membuat api, ada tempat khusus untuk itu.

Anda bisa menikmati suasana malam dengan gemericik air terjun yang menenangkan. Kemudian di pagi hari Anda akan disuguhi segarnya udara pepohonan di sekitar Cobán. Anda juga bisa jogging ke Cobán yang hanya berjarak 300 meter dari lokasi perkemahan.

Mainkan tubing sungai

Bahkan, pengunjung kawasan wisata ini dilarang berenang di air terjun karena dianggap terlalu berbahaya. Tak perlu bersedih akan hal ini, untuk menyembuhkannya Anda tetap bisa mencoba tubing menyusuri sungai air terjun ini. Kami jamin kegiatan ini akan menyenangkan dan tak terlupakan bagi Anda.

Nikmati pemandangan taman bunga

Selain bisa menikmati keindahan air terjun dan rimbunnya pepohonan, Anda juga bisa menikmati panorama taman bunga yang mempesona di kawasan wisata air terjun ini. Pihak pengelola membuat taman bunga tidak hanya di bagian atas, tetapi juga di bagian bawah tepi sungai jembatan. Taman bunga ini membuat Koban Jahe semakin cantik.

Bersantai di kafe yang unik

Di sini Anda juga bisa menikmati suasana alam sambil nongkrong santai di café. Ada sebuah kafe unik di sini yaitu Indian Cafe yang terletak di ujung kawasan air terjun. Dengan atap jerami dan material bangunan kayu, kafe ini terlihat sangat unik.

Menu yang disediakan di kafe India ini cukup ramah di kantong. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan harga makanan dan minuman. Anda juga bisa bersantai di kafe ini bersama keluarga atau teman sambil bersenang-senang.

Baca Juga  Blue Lagoon Nusa Ceningan, Pantai Indah di Klunkung yang Dikelilingi Tebing Eksotis

Berburu Foto dengan Spot Instagram

Bagi pecinta fotografi, Indian Park di Koban Jah bisa menjadi pilihan yang cocok untuk berburu foto. Pasalnya taman ini memiliki berbagai spot foto yang bisa Anda jelajahi. Di tengah kolam juga terdapat kafe terapung yang juga asyik dijadikan backdrop foto. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat foto romantis bersama pasangan.

Apalagi seluruh sudut kawasan wisata air terjun ini mempunyai keindahan alam yang sangat indah. Jadi Anda juga bisa mengambil foto di setiap sudut kawasan wisata ini. Foto yang dihasilkan pasti terlihat menawan dan natural.

Perjalanan ke Koban

Bagi Anda yang menyukai petualangan, mungkin trekking ini bisa masuk dalam daftar aktivitas yang bisa Anda lakukan di kawasan Koban Jahe. Anda bisa trekking ke air terjun lain yang terletak di dekat kawasan wisata ini. Beberapa diantaranya adalah Koban Sari, Koban Kodok dan Koban Ani.

latihan

Anda juga bisa bersantai sejenak dengan berolahraga di kawasan air terjun ini. Berolahraga diiringi suara air terjun yang indah ini mampu menenangkan pikiran dan hati Anda. Di sini Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau yoga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Coban Jahe
Foto oleh Nunpiyu di Shutterstock

Untuk kawasan wisata air terjun, fasilitas yang disediakan di tempat ini sudah cukup memadai. Selain beberapa warung dengan menu makanan dan minuman yang bervariasi, juga terdapat kamar mandi dan toilet bersih yang sangat terawat oleh pengelola kawasan wisata Koban Jahe.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di lokasi ini antara lain tempat ibadah atau musala, tempat parkir yang cukup luas, area camping, cafe india, persewaan perlengkapan tubing, gazebo, taman bunga, jembatan, berbagai spot foto instagrammable, dan masih banyak fasilitas lainnya. di kawasan wisata ini.

Anda tidak perlu lagi khawatir dengan fasilitas yang disediakan di tempat wisata air terjun ini. Pasalnya, fasilitas yang disediakan lengkap dan banyak akan membuat Anda merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di tempatnya. Selain merasa nyaman, pengunjung juga bisa memanfaatkan segala fasilitas yang tersedia.

Berikut beberapa fakta menarik mengenai kawasan wisata alam air terjun populer di Malang. Koban Jahe pasti bisa masuk dalam daftar tempat wisata di Malang yang bisa kamu kunjungi.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *