Curup Embun, Surga Alam Tersembunyi di lereng Gunung Dempo Pagar Alam

Ide Wisata17 Dilihat


Kurup Embun merupakan surga tersembunyi di lereng Gunung Dempo Pagar Alam yang menawarkan keindahan alam yang mempesona dengan air terjun yang memukau.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dempio Makmur, Kecamatan. Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasi

Kurup, air terjun atau gerojokan merujuk pada satu istilah yaitu air terjun. Indonesia mempunyai banyak sekali wisata alam yang tersebar merata di seluruh wilayah.

Termasuk Kurup Embun, salah satu air terjun di Pagar Alam dengan segala daya tarik dan pesonanya.

Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, bahkan ada yang kembali karena rindu pesonanya.

Tidak ada yang menakutkan, tingginya mencapai 100 meter dan langsung jatuh ke dalam kolam. Tebing bebatuan yang tinggi terlihat eksotik dan menyegarkan karena ditumbuhi vegetasi hijau.

Secara umum tidak jauh berbeda dengan air terjun: air yang jatuh ditampung dalam sebuah kolam. Kedalaman kolam di sini tidak terlalu dalam, tepiannya hanya sebatas lutut orang dewasa.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai sarana berenang atau bermain air. Benar-benar aman, hanya sedikit hati-hati karena banyak bebatuan yang licin.

Daya tarik Kurupa Rosa

Daya tarik tetesan embun
Foto Eka OppoA3s di Google Maps

Air terjun eksotik ini terletak di lereng Gunung Dempo pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Perjalanan menuju lokasi dari tempat parkir tidak memakan banyak waktu, hanya sekitar 10 menit.

Ada beberapa alasan wisatawan datang kesini, yaitu karena daya tariknya.

Air terjun tertinggi di Pagar Alam.

Dengan ketinggian sekitar 100 meter, air terjun ini merupakan yang tertinggi di Pagar Alam. Memang banyak sekali yang bisa ditemukan di lokasi lain, namun rata-rata tingginya tidak melebihi 50 meter.

Bahkan ada yang tingginya hanya 2-3 meter. Namun nyatanya masing-masing memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Nama Kurup Embun tak lepas dari ketinggian tersebut. Air terjun ini tergolong tidak terlalu deras karena aliran airnya.

Baca Juga  Danau Tamblingan, Wisata Alam di Buleleng yang Pesonanya Memiliki Tiga Danau Kembar

Laju alirannya kecil dan mengalir perlahan tapi pasti melewati bebatuan. Karena debit air di ketinggian 100 meter tidak terlalu besar, sebagian air berubah menjadi cipratan atau tetesan menyerupai embun.

Keunikan lain dari air terjun cantik di Pagar Alam ini adalah tebing batunya yang tinggi. Secara umum, dinding tebing batu tempat aliran air masih terlihat.

Bekas air alami biasanya mudah terlihat. Namun tidak demikian di sini karena semua dinding batu ditutupi dengan vegetasi hijau yang menyegarkan.

Kolam alami yang bersih

Curup Embun di Pagar Alam memiliki kolam alami yang berfungsi sebagai penampungan sementara air terjun. Hal ini tentu tidak terlalu mengherankan, karena banyak air terjun yang memiliki kolam seperti itu.

Setiap orang hanya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya saja mengenai kedalaman, bentuk kolam, batu-batu penghiasnya, dan lain sebagainya.

Kolam di sini bentuknya tidak beraturan, namun menambah eksotisme. Ada bebatuan dengan ukuran berbeda di sekitar kolam.

Ada satu batu yang tampak menakjubkan, ukurannya sangat besar. Kedalaman kolam bisa dibilang dangkal, sehingga banyak wisatawan yang berenang atau bermain air terasa segar.

Suasana indah dan sejuk

Daya tarik Kurup Embun Pagar Alama selanjutnya adalah suasananya yang asri, sejuk dan menyegarkan. Bagaimana tidak, lokasinya sangat bagus, jadi nyaman sekali. Apalagi berbagai pepohonan tumbuh subur di sekitar lokasi.

Untuk mencapai air mancur utama, Anda harus berjalan melewati perkebunan kopi dan hutan lebat yang lebat. Sesampainya di lokasi air terjun, semua orang terpana dengan dinding batu yang tidak terlihat berwarna coklat atau hitam.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, permukaan bebatuan tampak hijau menyegarkan karena ditumbuhi tanaman merambat dan lumut. Selain karena udara di sini nyaman dan sejuk, yang pasti sangat bersih dan bebas dari polutan berbahaya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kurup Embun
Foto Kadri Putra di Google Maps

Lokasinya yang berada di lereng gunung bukan berarti sulit ditemukan. Sebaliknya kawasan wisata Kurup Embun sangat mudah dijangkau karena dinilai strategis.

Baca Juga  Pantai Watunene: Surga Tersembunyi di Gunung Kidul dan Tempat Camping Seru

Jarak dari pusat kota atau Alun-Alun Selatan hanya 7 kilometer. Pada kecepatan mobil normal, Anda dapat berkendara dalam waktu 10–15 menit.

Rute sebenarnya tergantung dari mana Anda berasal. Anggap saja Anda berada di alun-alun sekarang, atau Anda dapat menggunakannya sebagai landmark utama jika Anda datang dari timur.

Lanjutkan ke Jalan R Suprapto, lalu Jalan Air Perikan, Jalan Dempo Raya hingga mencapai Jalan Sukarno Hatta.

Dari titik terakhir ini jalur menuju air terjun indah ini berjarak sekitar 1,5 kilometer. Silakan menuju ke arah Jalan Mungga Raja hingga menemukan pertigaan.

Selanjutnya arahkan kendaraan ke kiri jalan, Anda akan menemukan tempat parkir di dekatnya. Alamat air terjun ini adalah Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Biaya masuk dan jam buka

Pesona indah objek wisata alam ini memang tidak gratis, Anda perlu mempersiapkan biayanya terlebih dahulu. Namun jangan khawatir karena harganya tidak terlalu mahal bahkan tergolong murah. Anda harus membayar 5.000 rupee per orang.

Tidak ada perbedaan antara weekend dan weekdays, namun ada hal tambahan yang perlu dipersiapkan. Selain biaya masuk Curup Embun Pagar Alam yang disebutkan di atas, Anda juga harus membayar biaya parkir.

Jika membawa sepeda motor harap menyiapkan uang sebesar 2000 rupee dan untuk mobil dikenakan biaya tambahan sebesar 5000 rupee. Objek wisata ini buka setiap hari, dengan jam berkunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Acara Kurup Rosa
Foto Indra Maulana di Google Maps

Pasti sudah banyak yang mengetahui bahwa dengan berkunjung ke air terjun ini anda bisa melakukan banyak hiburan.

Hampir semuanya sama, meski secara umum masing-masing mempunyai ciri yang berbeda. Contoh beberapa kegiatan ada di bawah ini!

1. Perjalanan seru menuju air terjun

Untuk mencapai kawasan wisata Kurup Embun, wisatawan perlu berjalan kaki dari tempat parkir. Tidak terlalu lama, mungkin hanya 10 menit saja. Namun, pelacakan yang perlu Anda ikuti cukup keren. Hal ini membuat perjalanan menjadi lebih menantang dan mengasyikkan.

Baca Juga  Embung Tambakboyo, Menikmati Panorama Alam Sembari Kulineran di Sleman

Apalagi Anda selalu ditemani pemandangan alam hutan lebat dan vegetasi hijau liar.

2. Menikmati indahnya pemandangan Kurup Due.

Sesampainya di Kurup Embun, Anda bisa menikmati segala indahnya pemandangan yang terhampar. Air yang jatuh dari ketinggian 100 meter sungguh menakjubkan.

Tetesan air, seperti embun, selalu melembabkan dan menyegarkan. Belum lagi tebing-tebing tinggi yang eksotis dan ditumbuhi vegetasi hijau membuatnya semakin indah.

3. Berenang dan bermain air.

Kurup Embun Pagar Alam memiliki kolam renang yang cukup luas dan kondisinya bersih. Kolam ini tidak terlalu dalam, cocok untuk berenang. Sekadar alasan keamanan, tidak disarankan masuk ke tengah.

Jika Anda tidak bisa berenang, Anda bisa bermain air di tepi kolam yang berisi bebatuan dengan berbagai ukuran.

4. Berburu foto dengan latar belakang panorama alam

Berburu atau mencari spot foto menjadi aktivitas yang wajib Anda lakukan saat berada di air terjun cantik ini. Bahkan, Anda bisa mencari latar belakang saat bepergian.

Tak kalah indahnya dengan perkebunan kopi dan area persawahan yang hijau. Namun, daya tarik utama yang banyak dicari wisatawan adalah pesona air terjun itu sendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Titik embun
Foto oleh Sinting Godak di Google Maps

Infrastruktur kawasan wisata Kurup Embun belum terlalu berkembang, sehingga disarankan untuk membawa perbekalan secukupnya. Yang ada hanya tempat parkir, toilet dan tempat sampah.

Letaknya juga bukan di sekitar objek wisata, melainkan di kawasan pemukiman. Belum ada warung makan karena masih dalam tahap pengembangan.

Potensi wisata yang ditawarkan keindahan Pagar Alam sangat menjanjikan. Sebab, diapit oleh dua dataran tinggi yakni Bukit Barisan dan Gunung Dempo.

Di atas kita sudah membahas salah satunya secara detail yaitu Curup Embun. Harga tiket masuk yang murah dan atraksi yang beragam menjadikannya layak dijadikan destinasi utama.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *