Pantai Piwang, Pantai Indah di Natuna yang Kental dengan Budaya Melayu

Ide Wisata13 Dilihat


Pantai Piwang merupakan resor pantai indah di Natuna yang menawarkan keindahan alam mempesona dengan nuansa budaya Melayu yang kental.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Sukarno, kota Ranai, kabupaten. Bunguran Timur, Kab. Natuna, Kepulauan Riau; Map: Periksa lokasi

Sebagian wisatawan terutama yang tinggal jauh dari pantai ini mungkin masih asing dengan nama Pantai Piwang. Pasalnya, nama tersebut baru diberikan Wakil Bupati Natuna pada tahun 2019 lalu.

Nama tersebut telah disetujui oleh pemerintah daerah dan pemangku kepentingan, meskipun masih banyak yang bertanya-tanya mengapa.

Terlepas dari perubahan namanya, terlihat jelas pantai ini memiliki banyak pesona yang bisa dinikmati. Garis pantainya sangat panjang, bahkan bisa dibilang terpanjang di Natuna.

Airnya cukup jernih meski tidak berwarna hijau kebiruan atau biru kehijauan. Di sebelah Pantai Piwang terdapat taman dengan fasilitas dan taman bermain anak.

Wisatawan bisa menyaksikan hamparan lautan luas sejauh mata memandang. Pantai ini termasuk dalam kategori pantai dengan ombak yang tenang, jarang terjadi ombak yang tinggi.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun tidak banyak pengunjung yang berenang di pantai ini. Kebanyakan lebih memilih bersantai menikmati pesona alam yang indah, ada juga yang bermain di taman.

Atraksi Pantai Piwang

Atraksi Pantai Piwang
Foto oleh Nurfiana Noviana di Google Maps

Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya, saat hari libur jumlahnya semakin meningkat. Tak heran jika wisata bahari banyak diminati.

Tentu saja berbagai daya tarik yang ada di sini, baik keindahan alam maupun suasana pantai dan taman di sebelahnya.

Pesona Indah Pantai Piwang

Objek wisata yang diusulkan tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini memiliki pasir putih dengan tekstur yang unik, terkadang lembut dan terkadang berbutir.

Pengunjung biasanya memanfaatkan pasir ini untuk berjalan-jalan santai di pinggir pantai atau sekedar bermain.

Meski Pantai Phiwang Natuna tidak terlalu transparan, namun dihiasi dengan air laut yang jernih. Tak heran jika biota laut mudah ditemukan, baik itu terumbu karang maupun ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya.

Bagi Anda yang ingin menyelam bersama biota laut, terdapat tempat menyelam atau snorkeling. Pemandangan menjadi semakin indah ketika lautan terbentang sejauh mata memandang.

Baca Juga  Museum Ullen Sentalu Sleman, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Sejarah & Budaya Jawa

Tidak ada yang mengganggu keindahan dan pesonanya kecuali batas antara laut dan langit. Hal ini dikenal dengan garis horizon yang juga merupakan batas terbenamnya matahari.

Ombak yang datang relatif tenang, angin bertiup pelan, seolah memberkati seluruh wisatawan yang berkunjung.

Taman yang luas dengan segala fasilitasnya

Seperti yang telah disebutkan secara singkat pada pendahuluan di atas, terdapat sebuah taman besar di dekat Pantai Piwang di Natuna. Desainnya menarik dan terlihat sangat bersih.

Taman ini biasanya digunakan wisatawan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ada juga yang sekadar bersantai menikmati suasana.

Taman ini cukup mudah dikenali karena memiliki lingkaran ikonik dengan tulisan “Natuna”. Pengunjung sering menggunakannya sebagai objek fotografi.

Anda bisa menyaksikan keindahan pantai yang cukup bersih meski tidak terlalu dekat. Jadi, Anda punya dua pilihan untuk berkunjung: bermain di pantai atau di taman.

Nuansa budaya melayu yang kental

Daya tarik Pantai Piwang selanjutnya adalah budaya Melayu yang masih kuat hingga saat ini. Hal tersebut sangat terasa ketika berkunjung, baik dari kebiasaan masyarakat setempat maupun dari beberapa bangunan yang ada di sekitar objek wisata.

Kebudayaan Melayu erat kaitannya dengan nilai-nilai dan aturan-aturan yang diwariskan secara turun-temurun. Misalnya saja dari segi busana, sebagian perempuan masih mengenakan kebaya. Atraksi ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi.

Anda bisa melihat sendiri budaya apa saja yang masih dilestarikan di sana. Tak heran jika tak hanya tamu lokal, wisatawan mancanegara pun berbondong-bondong datang ke pantai eksotik ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Piwang
Foto oleh Yosef Arif Putra di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Piwang sangat strategis dan letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Wisatawan perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer jika berangkat dari Park City.

Anda bisa sampai ke sana dengan berjalan kaki atau dengan mobil pribadi. Transportasi umum tersedia banyak, sehingga bisa dikatakan untuk mencapai pantai indah ini sangatlah mudah.

Alamatnya sendiri terletak di Jalan Sukarno, Kota Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Jika Anda bukan orang lokal, pastikan untuk menggunakan taman kota sebagai titik referensi utama Anda.

Baca Juga  Pulau Panjang, Pulau Eksotis di Jepara yang Menawarkan Sejuta Pesona

Era digital saat ini semakin memudahkan dalam mencari lokasi yaitu dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Sesampainya di kawasan wisata ini, Anda bisa menuju tempat parkir jika menggunakan kendaraan sendiri. Tidak ada portal atau gerbang masuk, jadi bisa dipastikan tidak akan ada penjualan tiket.

Wisata bahari ini bisa dikunjungi kapan saja tanpa memungut biaya masuk. Namun waktu terbaik adalah pagi dan sore hari saat cuaca cerah.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk ke Pantai Phiwang Natuna sungguh luar biasa, bisa dibilang tiada habisnya bahkan gratis, tidak dipungut biaya sepeser pun per orangnya. Memang benar, tidak ada biaya masuk. Namun, tetap disarankan untuk membawa dompet Anda untuk berjaga-jaga.

Biaya masuk yang bisa dibilang gratis ini pasti akan menarik minat banyak pengunjung dan tentunya tidak akan menguras kantong. Keindahan yang dihadirkan begitu memukau menjadikan tempat ini pilihan tepat untuk berwisata tanpa merasa tersesat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai di Piwang
Foto oleh Nurfiana Noviana di Google Maps

Mengunjungi pantai biasanya tidak membosankan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Hal tersebut tidak ada salahnya, apalagi pantai yang kita bahas kali ini dilengkapi dengan taman kota. Dengan begitu, tentu saja acara-acara yang lebih menarik bisa terselenggara.

1. Menikmati keindahan alam laut.

Pantai Piwang cukup indah sehingga banyak wisatawan datang kesini dari berbagai daerah.

Termasuk wisatawan mancanegara yang ingin menikmati indahnya pesona lautan dengan ombak berpasir putih dan air jernih. Suasana semakin tenteram seiring semilir angin lembut membelai permukaan kulit.

2. Bermain air di Pantai Piwang.

Airnya jernih sehingga semua pengunjung ingin berenang atau sekedar bermain air. Di pantai yang ombaknya tenang sekalipun, aktivitas ini cukup aman.

Namun, sebaiknya jangan melangkah terlalu jauh di tengah karena bisa menjadi cukup dalam. Demi keamanan, sebaiknya bermain air di pinggir Pantai Piwang, karena tak kalah serunya.

3. Berjalan-jalan di pantai

Aktivitas menarik berikutnya di Pantai Phiwang Natuna adalah berjalan-jalan menyusuri garis pantai. Sebelumnya dikatakan bahwa pantai indah ini cukup panjang meski tidak terlalu lebar. Butuh banyak waktu untuk menjelajahi setiap sudut.

Baca Juga  Pantai Grigak, Pantai Asri di Gunungkidul Yogyakarta

Berjalan-jalan santai memungkinkan Anda menikmati suasana dan lembutnya pasir putih yang meninggalkan kesan membekas saat Anda menginjaknya.

4. Menyelam atau snorkeling

Pantai Pivang di Natuna tidak hanya cocok untuk berenang atau bermain air, tapi juga salah satu tempat terbaik untuk menyelam. Pasalnya, airnya jernih dan ombaknya relatif tenang.

Siapkan saja perlengkapan menyelam atau snorkeling anda. Anda bisa menyelam di dasar laut yang dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

5. Bermain di taman

Tidak hanya sekedar pantai, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di Pantai Piwang. Karena di sekitar lokasi terdapat taman kota, Anda bisa bermain dan bersosialisasi di sana.

Datanglah bersama keluarga dan anak-anak anda, karena disini terdapat taman bermain yang cukup menarik. Misalnya perosotan, ayunan, jungkat-jungkit dan masih banyak lagi.

6. Berburu foto

Bahkan di area taman kota, tempat ini bisa Anda manfaatkan untuk mencari spot foto. Salah satu tempat yang paling populer adalah lingkaran ikonik dengan tulisan “Natuna”.

Dapat dikatakan bahwa semua pengunjung menjadikan tempat ini sebagai kenangan. Spot foto di pinggir pantai pastinya pesona alam dan hamparan laut lepasnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Piwang
Foto Moursandri di Google Maps

Kawasan wisata Pantai Piwang selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya, dan jumlahnya semakin bertambah di akhir pekan. Selain menarik, pelayanan yang diberikan juga sangat lengkap.

Ini memiliki semua yang dibutuhkan pengunjung, mulai dari parkir, toilet, dan restoran. Beberapa titik dilengkapi dengan tempat sampah, dan juga terdapat bangku-bangku di taman kota.

Tempat wisata berupa pantai masih banyak diminati sebagai destinasi liburan. Dan untuk alasan yang bagus, karena ada banyak atraksi dan hal menarik yang dapat dilakukan di sini.

Apalagi yang kita bahas kali ini adalah mengunjungi Pantai Piwang di Natuna tidak dipungut biaya apapun karena gratis. Selain itu, terdapat taman kota dengan berbagai fasilitas.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *