Tugu Rimau, Landmark Ikonik Kota Pagar Alam di Kaki Gunung Dempo

Ide Wisata14 Dilihat


Jelajahi Monumen Rimau, landmark ikonik Pagar Alam, berdiri megah di kaki Gunung Dempo, simbol kebanggaan dan kekayaan sejarah.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan; Map: Periksa lokasi

Tugu Rimau merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi jika berada di Sumatera Selatan. Lokasi tepatnya terletak di kota Pagar Alam dan menjadi titik awal pendakian Gunung Dempo.

Ketinggiannya mencapai 1800 meter di atas permukaan laut, dan suasana indah serta udara segar pasti bisa Anda rasakan di sini. Dari ketinggian tersebut pemandangan alam tampak menakjubkan.

Pengunjung bisa menyaksikan hamparan perkebunan teh yang terlihat hijau dan asri. Kota Pagar Alam juga terlihat indah dari atas.

Tempat ini juga digunakan untuk beberapa olah raga petualangan seperti paralayang dan bersepeda hingga Gunung Demo. Tempat ini mudah dikenali karena seperti namanya, di dalamnya terdapat patung harimau yang ikonik.

Patung ini berdiri dengan mengenakan pakaian adat Sumatera Selatan dan memegang senjata tradisional. Keberadaan patung ini menjadi bukti diadakannya PON pada tahun 2004.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Atraksi Tugu Rimau

Atraksi Tugu Rimau
Foto oleh Adril Hamnur di Google Maps

Keindahan alam dari atas menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata sejarah ini. Namun itu jelas bukan satu-satunya hal yang Anda dapatkan saat berada di sini. Masih banyak lagi yang perlu Anda ketahui, berikut ikhtisar lengkap yang bisa kami berikan!

Landmark terkenal dikelilingi panorama alam yang eksotis

Patung Harimau menjadi simbol utama objek wisata di Pagar Alam ini. Patung ini juga menjadi sumber namanya. Namun lebih dari itu, pemandangan di sekitar tempat ini sungguh menakjubkan.

Perkebunan teh terlihat jelas sejauh mata memandang. Dalam perjalanan menuju puncak Anda akan melewati perkebunan ini.

Sesampainya di kawasan wisata Tugu Rimau, ruang hijau masih terlihat asri berkat sistem bertingkat.

Berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut, pesona di bawahnya pun tak kalah menakjubkan. Anda bisa melihat kota Pagar Alam yang cukup indah berbentuk seperti kolam renang. Saat malam hari, kerlap-kerlip lampu jalanan dan rumah-rumah membuat suasana semakin romantis.

Baca Juga  Observatorium Bosscha, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Bandung

Udaranya pun menyegarkan, seperti pada umumnya di pegunungan. Hal ini disebabkan karena di sekitar lokasi banyak terdapat vegetasi hijau dengan berbagai jenis. Semak, rumput, dan semak melengkapi dekorasi alami.

Suasana seperti inilah yang banyak dirindukan wisatawan, terutama mereka yang ingin melepas penat dan melupakan kejenuhan hidup sehari-hari.

Tempat terbaik untuk paralayang

Tak hanya pemandangan alamnya yang indah, daya tarik Monumen Rimau Pagar Alam berikutnya adalah tempat paralayang yang dinilai terbaik. Tak heran jika tingginya ideal.

Ketinggiannya yang hampir 2000 meter di atas permukaan laut membuat olahraga ekstrim ini semakin menarik. Wisatawan akan terbang dengan parasut yang dibawa oleh angin, namun sekaligus dapat dikendalikan.

Pemula mungkin sedikit takut, namun panorama alam yang dihadirkan seketika menghilangkan rasa takut. Anda juga akan merasa seperti atlet profesional saat mencobanya.

Tak heran jika di sinilah digelarnya ajang paralayang PON. Tidak perlu khawatir tentang keamanan karena memenuhi standar internasional.

Perjalanan yang seru dan menarik

Objek wisata selanjutnya adalah Tugu Rimau, ada beberapa objek wisata seru disini. Meski tidak seberapa, namun mobil ini melengkapi suasana liburan dan semakin berkesan.

Misalnya saja sepeda gantung yang mempunyai ketinggian 5–7 meter dari permukaan tanah. Pengunjung bisa menyaksikan indahnya pesona alam di bawah ini.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sabuk pengaman dan helm. Selain sepeda gantung, pengunjung juga bisa merasakan sensasi mendaki Gunung Dempo.

Namun kali ini bukan dengan berjalan kaki, melainkan bersepeda. Jalan yang terjal dan menanjak menjadi tantangan tersendiri sehingga semakin seru dan menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Rimau
Foto Kadri Putra di Google Maps

Tempat wisata alam ini terletak di sisi gunung, namun tidak sulit untuk ditemukan. Kawasan Wisata Tugu Rimau terletak di Gunung Dempo, Kecamatan Pagar Alam Selatan, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan.

Jarak dari pusat kota pun tidak jauh, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 50 menit untuk menempuh jarak 20 kilometer. Akses baik dan memadai, sebagian besar jalan sudah beraspal.

Baca Juga  Wisata Alam Pakalolo, Sungai Eksotis di Luwu yang Dikelilingi Berbagai Vegetasi Hijau

Jalur termudah adalah menuju Jalan Air Perikan, lalu ke Jalan Dempo Raya hingga tiba di Jalan Laskar Wanita Mentarjo. Lanjutkan perjalanan ke Jalan Amat Ramui, Jalan Sukarno Hatta, lalu ke Jalan Rimau. Dari sini jaraknya masih sekitar 8 kilometer.

Tidak banyak rambu jalan menuju monumen bersejarah ini. Jadi pastikan untuk menggunakan aplikasi Google Maps atau bertanya secara aktif kepada penduduk setempat.

Selalu ada perjalanan berliku, menanjak, dan terjal yang mengikutinya. Meski demikian, keindahan alam yang ditawarkan begitu mempesona sehingga tidak membuat Anda lelah.

Biaya masuk dan jam buka

Tidak ada biaya masuk ketika mengunjungi objek wisata di Pagar Alam ini. Biaya wajib hanya berlaku bagi mereka yang membawa kendaraan bermotor.

Masing-masing berbeda, sepeda motor dikenakan biaya Rs 5.000 dan mobil dikenakan biaya Rs 10.000. Biaya tambahan jika ingin menikmati atraksi yang disediakan.

Salah satu atraksi di Tugu Rimau Pagar Alam yang wajib Anda coba adalah sepeda gantung. Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan, cukup 15.000 rupee saja.

Jika Anda ingin menyewa sepeda untuk naik turun Gunung Dempo, siapkan biaya sebesar Rp 30.000. Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Tugu Rimau
Foto oleh Denny Andrianto di Google Maps

Hamparan pemandangan alam yang indah tak henti-hentinya memanjakan setiap wisatawan yang berkunjung. Anda pasti tidak akan bosan di sini, apalagi banyak hiburan yang bisa Anda lakukan di sini. Beberapa kegiatan yang telah kami rangkum pada ulasan berikut ini!

1. Nikmati pemandangan dari atas

Monumen Rimau Pagar Alam mempunyai keindahan alam yang luar biasa, mungkin tidak ditemukan di tempat lain. semua keindahan ini bisa dinikmati untuk mendapatkan ketenangan pikiran.

Apalagi bagi yang ingin melepas kepenatan, tempat ini cocok sebagai tempat penyembuhan. Hamparan perkebunan teh, gugusan perbukitan yang eksotis dan kota Pagar Alam tampak megah.

2. Piknik santai bersama keluarga di kawasan Tugu Rimau.

Meski berada di ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, namun aksesnya tidak terlalu sulit dan bisa ditempuh dengan mobil hingga tiba di Tugu Rimau. Artinya Anda bisa berlibur bersama seluruh keluarga untuk piknik santai.

Baca Juga  Pulau Abang, Pulau Indah di Batam yang Menjadi Habitat Terumbu Karang Blue Coral

Membawa permadani dan perlengkapannya dari rumah, menikmati indahnya suasana dan keindahan alam di sini, dijamin betah.

3. Rasakan asyiknya sepeda gantung

Sepeda gantung banyak ditemukan di tempat-tempat wisata, terutama di dataran tinggi. Di tugu Rimau juga anda bisa merasakan keseruan perjalanan ini.

Pemandangannya sangat indah dan menawan. Di sini Anda bisa melihat seluruh panorama alam dengan lebih jelas, termasuk indahnya terasering kebun teh.

4. Mendaki Gunung Dempo.

Pernahkah Anda mendaki gunung? Bagi mereka yang kurang berpengalaman, kegiatan ini dianggap membosankan dan penuh tantangan. Memang benar, namun saat berada di Tugu Rimau, Anda tidak perlu berjalan kaki untuk mendaki.

Terdapat persewaan sepeda khusus yang dapat digunakan untuk mendaki Gunung Dempo dan juga turun darinya.

5. Berburu foto yang instagenic

Kegiatan menarik berikutnya di Tugu Rimau Pagar Alam adalah berburu foto. Ini sebenarnya merupakan kegiatan yang dilakukan saat liburan. Apalagi konten digital, baik berupa foto maupun video, kini dianggap sangat penting.

Anda bisa menjadikan pemandangan indah sebagai latar belakang foto Anda. Misalnya kebun teh, gugusan perbukitan dan tak lupa patung harimau yang terkenal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Tugu Rimau
Foto oleh Sadli Ario P di Google Maps

Selain atraksi dan segala hiburan yang ada, objek wisata alam ini juga menyediakan pelayanan yang lengkap. Bagi yang datang dengan kendaraan pribadi, tersedia tempat parkir yang luas.

Pengunjung yang membutuhkan air dapat menggunakan toilet dan bathtub. Fasilitas lainnya antara lain musala, warung makan, dan akomodasi di kawasan wisata.

Kota Pagar Alam mempunyai banyak tempat wisata yang menawarkan pesona alam yang indah. Wisata Monumen Rimau salah satunya yang memikat dengan pemandangan alam dan patung-patung ikoniknya.

Udaranya bersih, suasananya asri dan menyegarkan. Apalagi Anda bisa mengunjunginya kapan saja tanpa mengeluarkan biaya banyak karena harga tiketnya gratis.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *