Danau Tao, Wisata Alam di Padang Lawas Utara yang Pesonanya Mirip Danau Riffelsee

Ide Wisata119 Dilihat


Danau Tao di Padang Lawas Utara merupakan tempat wisata alam yang pesonanya mirip dengan Danau Riffelsee di Swiss, menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 09.00-17.30 WIB, Alamat: Batang Onang Baru, Kech. Batang Onang, Kab. Padang Lawas Utara, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasi

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan danau yang mempesona seperti di luar negeri, Danau Tao adalah pilihan ideal. Tempat wisata ini semakin populer karena pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Tempat wisata alam yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan bagian dari Danau Toba sehingga letaknya berdekatan. Meski tak sepopuler Danau Toba, kawasan wisata ini tetap menjadi destinasi wisata yang menarik.

Keindahan dan ketenangan yang ditawarkan menjadikannya pilihan wisatawan yang mencari tempat indah dan tidak terlalu ramai. Pengalaman menarik menginap di danau eksotis ini akan membuat siapapun tak ingin meninggalkan tempat ini.

Daya tarik Danau Tao

Atraksi Danau Tao
Foto oleh Rasid Kharahap di Google Maps

Selain pemandangannya yang menarik, danau ini juga mempunyai banyak atraksi menarik.

Bahkan, objek wisata alam ini mendapat julukan “Swiss-nya Sumatera Utara” karena pemandangannya yang hampir mirip dengan Danau Riffelsee.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Airnya sangat jernih

Daya tarik wisata Danau Tao yang pertama adalah air di sini sangat jernih dan jernih. Saat berkunjung ke tempat wisata ini wisatawan tidak akan menemukan adanya kotoran sehingga wisatawan akan dimanjakan dengan kebersihannya.

Secara umum, air di danau akan berwarna keruh dan dipenuhi lumut berwarna hijau tua. Namun air di telaga ini justru terlihat berwarna hijau toska dan jernih layaknya air suci.

2. Dikelilingi oleh vegetasi hijau

Keunggulan lain dari Danau Tao adalah mempunyai suasana yang sangat sejuk dan tenang. Pasalnya, telaga ini dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan sehingga membuat siapapun yang melihatnya akan merasa tenang.

Baca Juga  Curug Sidoharjo, Perpaduan Panorama Hijau dengan Cawang Embung yang Mempesona di Kulon Progo

Tak hanya itu, di sekitar danau juga terdapat gubuk-gubuk kecil yang bisa dijadikan tempat berlindung dari terik matahari. Sembari bersantai di gubuk ini, wisatawan bisa menyaksikan keindahan alam dengan nyaman.

3. Hewan di peternakan berkeliaran dimana-mana.

Salah satu hal menarik dari berkunjung ke Danau Tao adalah terdapat berbagai jenis hewan ternak yang berkeliaran dengan bebas di sini. Kawasan wisata ini terletak dekat dengan pemukiman penduduk setempat.

Oleh karena itu tidak heran jika banyak hewan ternak seperti domba atau biri-biri yang mencari makan di tepian danau ini.

Pemilik ternak ini adalah warga sekitar yang meninggalkan hewannya untuk diberi makan dengan bebas.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Danau Tao
Foto oleh Afif Ramdhasuma di Unsplash

Jika wisatawan ingin berkunjung ke kawasan wisata Danau Tao di Sumatera Utara, bisa memulainya dari pusat kota. Namun jalur tercepat menuju Danau Tou bisa ditempuh dari Medan.

Dari Medan, wisatawan bisa naik angkutan pribadi atau angkutan umum lalu melanjutkan perjalanan menuju Padang Sidempuan. Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa sepeda motor untuk mencapai danau eksotis ini.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Danau Tao di Padang Lawas Utara dan berbagai aktivitas yang ditawarkan, wisatawan hanya perlu membayar Rp. 10 ribu untuk tiket masuk.

Biaya tersebut sangat terjangkau mengingat pemandangan alam luar biasa dan pengalaman unik yang bisa didapat. Selain biaya masuk, wisatawan juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk transportasi pribadi baik sepeda motor maupun mobil yang akan diangkut menuju lokasi.

Harganya yang terjangkau membuat telaga ini menjadi destinasi wisata ideal bagi keluarga dan pecinta alam yang ingin menikmati keindahan alam tanpa mengeluarkan banyak uang.

Baca Juga  Jungwok Blue Ocean, Destinasi Wisata ala Santorini di Gunung Kidul

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Danau Tao
Foto Rama Andriawan di Google Maps

Bagi wisatawan yang menghabiskan waktu di objek wisata alam ini, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di danau ini. Berikut beberapa contoh aktivitas di danau indah ini yang mungkin bisa menjadi inspirasi:

Berkemah dengan nyaman

Danau ini memiliki tepian yang cukup lebar dan tidak terlalu dipenuhi bebatuan sehingga Anda bisa berkemah dengan nyaman.

Wisatawan yang mendirikan kemah juga bisa menikmati pemandangan danau yang terlihat indah di malam hari.

Namun wisatawan harus menyiapkan peralatan berkemah sendiri jika ingin melakukannya di Danau Tao. Pada malam hari, wisatawan juga mendapat izin untuk mendirikan tenda di tempat yang diizinkan oleh pihak pengelola.

Memancing di Danau Tao

Jika wisatawan ingin berolahraga di danau, tetapi tidak ingin berenang, maka bisa memancing. Pasalnya, danau ini dipenuhi biota air khususnya ikan.

Paling sering wisatawan menangkap ikan nila dan ikan poro yang selalu berenang di perairan danau ini. Setelah berhasil menangkap ikannya, wisatawan bisa langsung mengolahnya di sekitar danau dan menyantapnya bersama keluarga.

Pendakian Bukit Barisan

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Danau Tao Padang Lawas Utara adalah mendaki Bukit Barisan yang terletak di tepi danau. Dari puncak bukit ini wisatawan bisa menikmati pemandangan danau yang indah sungguh menakjubkan.

Ketinggian bukit memberikan sudut pandang berbeda sehingga pengunjung dapat melihat hamparan air jernih berwarna biru kehijauan yang dikelilingi pepohonan hijau dan perbukitan menambah indahnya panorama alam di sekitar objek wisata alam ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Danau Tao
Foto oleh Azvar Lazuardi Nasution di Google Maps

Meski Danau Tao tidak terlalu populer, namun tetap menawarkan beberapa fasilitas yang memuaskan pengunjung.

Misalnya saja parkir keluar, toilet umum, musala dan masih banyak lainnya. Berbagai fasilitas tersebut akan membantu wisatawan merasa lebih nyaman selama menghabiskan seluruh liburannya di danau ini.

Baca Juga  Bendungan Kayangan, Tempat Pertemuan Dua Sungai Eksotis yang Sarat Sejarah di Kulon Progo

Ada beberapa restoran di sekitar danau ini yang bisa dikunjungi wisatawan untuk mengisi perut.

Danau Tao Padang Lawas Utara masih menyimpan banyak keindahan dan keunikan yang perlu disaksikan di tempat ini sendiri. Melihat manfaat yang ditawarkannya, tak heran jika danau ini mendapat reputasi positif di kalangan wisatawan.


databaru.my.id