11 Destinasi Wisata Alam di Jogja untuk Berburu Kabut yang Menyejukkan

Ide Wisata11 Dilihat


Rekomendasi destinasi wisata alam di Yogya menawarkan pengalaman berburu kabut yang menyegarkan, memadukan keindahan alam dengan suasana kabut pagi.

Yogyakarta selalu menjadi tempat yang istimewa dan banyak orang mencarinya untuk berlibur. Menjelajahi tempat wisata alam dikelilingi kabut di Jogja bisa menjadi pilihan liburan yang menarik.

Yogyakarta tidak pernah kekurangan pengunjung, baik domestik maupun internasional, berkat pemandangan alamnya yang menakjubkan sehingga memberikan pengalaman unik bagi pengunjungnya.

Yogya memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa Anda nikmati. Bagi yang mencari suasana sejuk dan tenang, Yogyakarta memiliki beberapa tempat wisata berkabut yang menawarkan suasana sejuk dan menyegarkan.

Wisata alam di Jogja untuk berburu di tengah kabut

Wisata alam di Jogja untuk berburu di tengah kabut
Foto Megavan Hundra di Google Maps

1. Bukit Bintang Jogja

Menurut Panduan Wisata, Bukit Bintang yang juga dikenal dengan nama Bukit Hargodumila ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Bukit yang terletak di sepanjang jalan utama Jogja-Wonosari ini merupakan tempat ideal untuk menikmati panorama kota Jogja dari atas sambil menghirup udara segar.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pengunjung bisa menikmati kopi atau teh panas sambil menikmati jagung bakar. Bukit Bintang terbuka untuk umum 24 jam sehari.

Untuk menuju kesana, pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan sepeda motor atau mobil dari pusat kota, dengan jarak sekitar 22 km menyusuri Jalan Lingkar Timur.

2. Hutan Pinus Mangunan

Menurut Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan buka 24 jam sehari. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hutan pinus yang lebat dan asri.

Hutan Pinus Mangunan memiliki dua gardu pandang yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan hutan pinus dan sekitarnya.

Biaya parkir pengunjung sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Mangunan cukup lengkap.

Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, perjalanan menuju Hutan Pinus Mangunan memakan waktu sekitar 45 menit dengan jarak sekitar 25 km melalui Jalan Imogiri dan dilanjutkan menyusuri Jalan Mangunan.

Baca Juga  Lobang Jepang, Destinasi Wisata yang Sarat Nilai Sejarah di Bukittinggi

3. Kebun Mangunan

Menurut situs resmi pemerintah Kabupaten Bantul, Kebun Mangunan merupakan tempat yang ideal untuk kegiatan rekreasi dan pendidikan, dikelilingi oleh berbagai pohon buah-buahan dan terletak di daerah dataran tinggi.

Untuk masuk, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir bus, mobil, atau sepeda motor. Kebun Mangunan buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 18.00 WIB.

Lokasinya yang berada di Jalan Imogiri Dlingo, Sukoram, Mangunan, Kabupaten Bantul memudahkan untuk dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun rombongan.

Dari pusat kota Yogyakarta, Kebun Mangunan berjarak kurang lebih 26 km dan waktu perjalanan sekitar 50 menit.

4. Bukit Panguk Kedivung

Dinas Pariwisata DI Yogyakarta menyebutkan Bukit Panguk Kedivung yang dibuka pada tahun 2016 dan berlokasi di Kedivung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta ini menawarkan pemandangan alam yang indah.

Untuk mencapai tempat ini pengunjung dapat mengikuti rambu jalan yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta, menuju ke selatan melalui Jalan Imogiri Timur, melewati Pasar Imogiri, kemudian belok kiri menuju Dlingo, dari situ akan muncul arah menuju Bukit Panguk Kedivung. .

Jalan menuju bukit ini sudah beraspal baik, walaupun kontur jalan sedikit naik turun namun tetap aman. Biaya masuknya Rp 3.000 dan biaya parkirnya Rp 2.000. Bukit Panguk Kedivung buka 24 jam sehari.

5. Bukit Roseau Wulan

Menurut Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Bukit Roseo Wulan telah berkembang menjadi destinasi liburan yang cocok untuk keluarga. Berkat kreativitas warga setempat, bukit ini menawarkan banyak spot foto unik dan menarik.

Terletak di Desa Turunan, Desa Girikarto, Kecamatan Pangang, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, tempat ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit dari pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga  8 Tips Liburan Saat Musim Hujan, Traveling Tetap Aman dan Nyaman

Roseau Vulant Hill buka setiap hari 24 jam kecuali hari Senin dan menawarkan panorama yang mempesona pengunjung.

6. Vatu Mabur

Menurut sumber Dinas Pariwisata DIY, Batu Watu Mabur terkenal dengan pemandangan alamnya yang memukau dan spot foto yang menarik.

Bukit Roso Wulan terletak di Mangunan RT 28, Lemahbang, Dlingo Mangunan, Bantul. Lokasinya dapat ditempuh kurang lebih 50 menit atau 28 km dari pusat kota dengan melewati Jalan Bantul, Jalan Imogiri Dlingo dan Jalan Mangunan.

Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 per orang dan Rp 3.000 untuk setiap spot foto. Biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tebing Vatu Mabur buka 24 jam sehari, setiap hari.

Destinasi berkabut lainnya di Jogja

Foto oleh Febrian Chandra Gunawan di Unsplash
Foto oleh Febrian Chandra Gunawan di Unsplash

7. Kebun Teh Nglinggo

Bagi warga Yogyakarta dan sekitarnya yang ingin menikmati perkebunan teh tanpa harus jauh-jauh ke Jawa Barat, Perkebunan Teh Nglinggo di Kabupaten Kulon Progo adalah pilihan yang tepat.

Sangat disarankan untuk mengunjungi Bukit Roseau Wulan pada pagi hari untuk melihat keindahan kabut yang mempesona. Jika ingin bermalam, terdapat homestay di samping perkebunan teh dimana Anda akan langsung terbangun dengan sejuknya udara khas pegunungan.

Kebun Teh Nglinggo yang terletak di Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, berjarak kurang lebih 39 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan ke sana memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Menikmati keindahan kebun teh dataran tinggi di tempat ini sangat terjangkau: tiket masuknya hanya Rp 3.000.

8. Waduk Sermo

Waduk Sermo di Kulon Progo merupakan spot populer yang sering berkabut terutama setelah hujan pagi.

Pemandangan waduk yang tertutup kabut sambil menikmati udara sejuk sangat mengesankan dan cocok bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam atau menyaksikan matahari terbit.

Bagi yang berencana berkemah di tepian perairan, penting untuk mendapatkan izin dan memperhatikan kondisi cuaca, terutama risiko peningkatan volume air saat hujan.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Lokasinya berada di Desa Sermo, Desa Hargovilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, kurang lebih 35 kilometer dari Kota Yogyakarta dan kurang lebih 6 kilometer dari Waites Center.

9.Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem yang terletak di kaki Gunung Merapi menawarkan pemandangan gunung berapi yang menakjubkan di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Kabut di perkebunan teh Nglinggo biasanya muncul sekitar pukul 17.00 WIB dengan suhu udara rata-rata sekitar 22 derajat Celcius. Anda bisa menuju tempat ini dengan mobil pribadi atau menyewa mobil jeep dengan harga 350 ribu rupiah.

Meski buka 24 jam, namun ingat belum ada listrik sehingga sore hari gelap.

10. Gunung Ireng

Gunung Ireng di Kabupaten Gunungkidul tidak hanya menjadi destinasi wisata pantai namun juga menjadi spot ideal untuk berburu kabut dan menyaksikan matahari terbit yang menakjubkan.

Letaknya di Desa Pengkok, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dan dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan dari Kota Yogyakarta yang jaraknya sekitar 25 kilometer.

Biaya masuk setiap pengunjung sebesar Rp 3.000, biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000. Meski disebut “gunung”, jalur menuju puncaknya tidak terlalu sulit dan aksesnya pun mudah.

11. Ngarai Tembelan

Terletak di Desa Kanigoro, Mangunan, Juran Tembelan dikenal sebagai “negeri di atas awan” dan merupakan tempat yang ideal untuk dikunjungi setelah pagi yang hujan. Dari sini pengunjung bisa menikmati kabut yang membentuk lapisan-lapisan awan.

Spot indah untuk berfoto dan menyaksikan matahari terbit ini dibangun dengan kokoh di tepi tebing. Biaya masuk ke Jurang Tembelan sangat terjangkau, hanya Rp 2.500 saja.

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Jogja yang cocok bagi Anda yang ingin menikmati indahnya kabut. Nikmati liburan Anda!


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *