Indahnya Pantai Tiku, Surga Bahari Nan Menawan di Agam

Ide Wisata13 Dilihat


Pantai Thiku mempesona dengan keindahan surga lautnya yang menakjubkan, menawarkan hamparan pasir yang menakjubkan di Agama.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 06.00–18.00 WIB, Alamat: Distrik Chiku Selatan. Tanjung Mutiara, Kab. Agam, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasi

Pantai Tiku bisa menjadi tempat liburan akhir pekan di Karesidenan Agam, Sumatera Barat. Setiap tempat yang menakjubkan mampu memukau para wisatawan yang datang ke sana. Bahkan, pantai ini sering menjadi tempat bersantai karena terdapat kursi berjemur di sepanjang garis pantai.

Saat berlibur, para tamu tentunya bisa bermain air. Apalagi laut lepas terlihat sangat bersih dan jauh dari polusi. Biasanya juga terdapat beberapa perahu milik warga yang menambah keindahan pantai dan tempat untuk berfoto.

Saat Anda berada di sana untuk jangka panjang, Anda dapat melakukan hal lain. Bahkan, Anda bisa mengabadikan setiap sudut indahnya untuk mendapatkan foto liburan terbaik. Hamparan pasir putih berpadu dengan air jernih dijamin akan memukau wisatawan.

Atraksi Pantai Tiku

Atraksi Pantai Tiku
Foto oleh Firman Alghazali di Google Maps

Hamparan pasir yang indah

Pantai Thiku Agam terkenal dengan pasir putihnya yang terhampar di setiap sudutnya. Selama berada di kawasan berpasir, pengunjung bisa bersantai dan mengabadikan momen.

Bahkan banyak orang yang berjemur di sana karena sinar matahari menyinari pasir. Anda dapat memilih tempat mana saja untuk sekedar bersantai atau melakukan rekreasi aktif.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kawasan berpasirnya sangat bersih dan jauh dari puing-puing. Para tamu dapat merasakan kelembutan pasir yang tidak ditemukan di pantai lain. Biasanya tempat ini juga digunakan untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam bersama orang-orang terdekat.

Masih merupakan pantai yang indah

Pepohonan yang tumbuh di kawasan Pantai Tiku mampu membuat suasana semakin alami. Banyak juga jenis pohon yang tersebar di sekitar, antara lain bakau, pinus, dan kelapa.

Tanamannya terlihat subur dan hijau sehingga cocok untuk fotografi. Bahkan, buah kelapa yang dihasilkan kerap dijual warga sekitar sebagai minuman segar pantai yang wajib dicoba.

Menikmati sejuknya angin juga menjadi daya tarik pengunjung. Tempat-tempat indah selalu menarik perhatian, sehingga destinasi yang dituju selalu ramai.

Wisatawan bisa mencari tempat untuk merasakan udara sambil bersantai. Selain itu, jangan takut kepanasan karena di pantai ini banyak terdapat pepohonan yang mampu meredakan cuaca panas.

Baca Juga  Pantai Nunggalan, Pesona Pantai Pasir Putih Eksotis di Badung Bali

Air laut

Pantai Tiku memiliki air laut yang menakjubkan. Gradasi warna biru tua dan biru muda yang dihasilkan membuktikan kalau pantai ini begitu bersih.

Selain itu, ikan-ikan kecil, alga, dan kerang seringkali terlihat jelas saat air surut. Air laut dengan ombak yang tenang selalu memberikan kesan tersendiri sehingga memikat hati wisatawan.

Banyak tamu yang berenang atau snorkeling selama kunjungan mereka. Menarik sekali melihat keindahan laut dari dekat, bahkan keindahan terumbu karang pun bisa diabadikan.

Ombak yang tidak terlalu besar sering dimanfaatkan para nelayan untuk menangkap ikan. Jadi, liburan Anda di pantai ini tidak akan membosankan berkat beragam permainan air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Tiku
Foto oleh Murfida Yanti di Google Maps

Pantai Tiku terletak di Nagari Tiku Selatan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Akses jalan dari Bukittinggi diperkirakan memakan waktu kurang lebih 2 jam melalui aspal, tidak terlalu sulit untuk dilalui.

Biasanya ada beberapa kendaraan umum yang melintas di sepanjang jalan pantai. Saat berlibur, para tamu bahkan bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena jalan di sini cukup lebar.

Kawasan Bukittinggi menjadi salah satu jalur pertama yang bisa Anda tempuh. Pengunjung akan menemukan Jalan Maninjau Lubuk Basung dengan panorama yang menakjubkan.

Lurus saja ke Jalan Rasuna Said, lalu beberapa menit lewat Jalan Raya Tiku. Suara deburan ombak terdengar di pinggir pantai karena tempat ini dekat dengan jalan raya.

Untuk menuju objek wisata alam ini cukup mudah, apalagi sudah terdapat penunjuk arah. Penduduk setempat juga memberikan sambutan ramah kepada tamu yang ingin pergi ke pantai.

Tentunya Anda bisa mengetahui lokasi Pantai Tiku agar lebih cepat sampai ke sana. Selain itu, jika perlu, gunakan Google Maps untuk mengakses perjalanan Anda dengan mudah dan melihat jarak yang ditempuh.

Biaya masuk dan jam buka

Pantai Chiku memiliki tarif masuk yang sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk semua tempat yang bisa dikunjungi traveler selama berada di sana.

Apalagi setiap hari libur nasional, tarif tetap sama dan tidak mengalami kenaikan. Sebaiknya anda datang bersama keluarga karena budget yang akan anda bawa tidak sedikit walaupun anda lama tinggal di sana.

Baca Juga  Pantai Legon Pari, Pantai Pasir Putih di Lebak yang Kaya Pesona

Biaya parkir juga rendah. Tamu hanya perlu menyiapkan Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Ruang yang disediakan dirancang khusus untuk transportasi pribadi para tamu. Biayanya juga tidak akan merogoh kocek Anda karena kendaraan Anda akan dijaga oleh petugas setempat sejak Anda tiba hingga saat Anda berangkat.

Di sepanjang pantai Anda bisa melihat warung-warung dengan tempat duduk yang nyaman. Harga kuliner yang ditawarkan mulai dari Rp 10.000.

Wisatawan yang ingin memanjakan perut dapat meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi kios-kios yang tersebar. Selain itu, peralatan bermain khusus juga bisa disewa dengan harga murah sehingga para tamu bisa merasa senang sambil menikmati air.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Pantai Tiku
Foto oleh Ruka Revino di Google Maps

1. Bermain pasir

Pantai Tiku dikenal memiliki garis-garis berpasir di setiap sudutnya. Pasir ini tidak hanya bersih, tapi juga sangat lembut.

Beberapa orang bahkan memilih untuk tidak memakai sepatu saat berjalan di atas pasir. Wisatawan perlu mempersiapkan permainan seru agar bisa menikmati pasir lebih lama karena tempat ini sayang untuk dilewatkan.

2. Fotografi

Wisatawan kerap mengambil foto dari seluruh penjuru pantai. Tempat ini benar-benar mempunyai keindahan yang menakjubkan. Anda bisa berdiri di atas pasir sambil menikmati birunya air laut sebagai latar belakang.

Selain itu, pada waktu-waktu tertentu terdapat perahu nelayan di tepian pantai yang kerap digunakan untuk melengkapi keindahan latar belakang saat syuting.

3. Cobalah memasak

Kios kuliner yang menyediakan akomodasi nyaman di pinggir pantai selalu ramai pengunjung. Menu utama yang dijual adalah ikan bakar dan kepiting.

Wisatawan bahkan bisa mencoba es krim kelapa yang bisa diminum sepanjang hari. Anda akan dimanjakan dengan kuliner ini karena rasanya yang nikmat di lidah dan kursi makannya menghadap langsung ke pantai yang indah.

4. Berkemah

Berkemah di Pantai Thiku Agam adalah pengalaman paling seru. Anda bisa berlama-lama menikmati suara deburan ombak dan panorama saat berkemah.

Apalagi tersedia tempat khusus untuk mendirikan tenda agar para tamu betah. Tentunya Anda harus menyiapkan minuman hangat dan alas tidur karena udara di pantai pada malam hari dingin.

5. Memancing

Berbagai jenis ikan menjadi salah satu kekayaan Pantai Tiku. Faktanya, sebagian besar penduduk setempat memutuskan menjadi nelayan dengan memanfaatkan hasil laut.

Baca Juga  Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Pengunjung diperbolehkan memancing di kawasan wisata asalkan tidak menangkap ikan dalam jumlah banyak. Hasil tangkapan bisa disiapkan langsung di lokasi, berkumpul bersama kerabat di gazebo.

6. Berenang

Siapapun yang bisa berenang bisa mencoba aktivitas ini saat berkunjung. Apalagi kejernihan airnya sudah tidak diragukan lagi karena warnanya yang biru.

Bahkan biota seperti kerang seringkali terlihat jelas di tepi pantai saat air surut. Anda bisa membawa jaket pelampung sendiri saat berenang dan tidak perlu takut karena ombaknya cukup bersahabat.

7. Snorkeling di Pantai Tiku.

Wisatawan kerap mencoba menyelam di bawah laut. Keindahan terumbu karang Pantai Tiku sungguh menarik perhatian untuk melakukan kegiatan ini.

Saat menyelam, Anda harus berhati-hati dan selalu membawa peralatan khusus. Jika berhasil menyelam, wisatawan akan dapat melihat beberapa biota laut yang sangat menakjubkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Tiku
Foto Risdianto di Google Maps

Terdapat lokasi wisata yang terletak di sudut Pantai Tiku. Konter makanan dilapisi dengan meja dan kursi yang nyaman. Kios tersebut bahkan menyajikan makanan khas seafood untuk dicoba wisatawan. Di kawasan wisata ini terdapat toilet untuk membilas diri dan tempat berganti pakaian jika ingin bermain air.

Sebelum pulang, Anda bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang menjual oleh-oleh. Toko ini terletak di dekat pusat kuliner di sekitar pantai.

Lalu terdapat musala sebagai tempat ibadah yang dilengkapi dengan saluran air untuk berwudhu. Ada juga kursi berjemur yang tersebar di atas pasir dengan payung untuk menahan panas di cuaca panas.

Area bermain anak seperti ayunan sengaja disediakan agar para tamu betah. Selain itu, terdapat area parkir khusus di Pantai Tiku.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam, tersedia juga tempat tenda dan persewaan perlengkapan. Jadi pengalaman menginap Anda di tempat ini dijamin nyaman, karena banyak fasilitas tambahan yang bisa digunakan semua orang.

Berikut penjelasan Pantai Thiku Agam sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Wisatawan patut mencoba mampir sejenak ke sini karena keindahan pantainya bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan berfoto.

Bahkan Anda juga bisa mencoba kuliner yang dijual langsung oleh warga. Jadi, persiapkan waktu untuk berlibur bersama keluarga atau teman dan bawalah kamera Anda.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *