Situ Janawi, Pesona Danau Indah dengan Panorama Memukau di Majalengka

Ide Wisata49 Dilihat


Terpesonalah dengan keindahan Situ Janavi di Mahalengka yang tidak hanya menyuguhkan panorama danau yang menakjubkan, namun juga memperkenalkan filosofi unik terkait mata airnya, sehingga menciptakan pengalaman wisata alam yang seru dan berkesan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 06.00–19.00 WIB, Alamat: Payung, Teja, Kecamatan. Rajagalukh, Kab. Mahalengka, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Situ Janavi merupakan perairan mirip danau yang terletak di kawasan perbukitan Mahalengka, Jawa Barat. Situs ini memiliki luas sekitar 1 hektar dengan air jernih yang menawan. Di permukaan air terlihat bunga teratai dan eceng gondok yang terlihat seperti pulau kecil di tengahnya.

Area sekitar dihiasi dengan pepohonan hijau yang rindang, sehingga suasana tetap sejuk dan segar. Selain itu, masih bernuansa pedesaan karena Situ dekat dengan pemukiman penduduk setempat.

Wisatawan yang mencari refreshing dari rutinitas sehari-hari yang melelahkan bisa mengunjungi Situ Janavi. Tempat ini sangat direkomendasikan. Mulai dari pintu masuk yang letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, suasana alam yang asri, udara segar dan berbagai hiburan.

Daya tarik Situ Janavi

Atraksi Situ Janavi
Foto oleh Khoir Roni di Google Maps

Memiliki spesies eksotik

Situ Janavi terletak di daerah perbukitan. Hal ini membuat pemandangan di sekitar kawasan wisata sangat memanjakan mata. Pemandangan hutan yang hijau ditambah dengan air yang tenang dan jernih menjadikannya magnet bagi wisatawan.

Bahkan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan eksotis saat menempuh perjalanan dari pusat kota Mahalengka. Misalnya saja saat sampai di Bundaran Munjul, Anda akan disambut dengan papan nama Mahalengka berbentuk bola dengan taman indah di bawahnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam hijau yang indah. Jalan berkelok-kelok menanjak dan menurun membuat jantung berdebar kencang. Saat mendekati kawasan Situ, Anda bisa melihat aktivitas warga sekitar yang lalu lalang dengan rutinitas sehari-harinya.

Harga tiket masuk terjangkau

Salah satu daya tarik situs indah ini adalah harga tiketnya yang murah. Wisatawan dari berbagai kalangan bisa menikmati keindahannya.

Meski harga tiketnya murah, keindahan Situ Janavi yang mempesona bakal bikin mata terbelalak. Pengunjung mana pun pasti akan puas.

Tidak hanya danaunya yang luas dan airnya yang jernih, namun pemandangan alam sekitar serta fasilitas pendukung lainnya sangat memadai. Bahkan, wisatawan yang sudah menikmati keindahan tempat ini seringkali kembali lagi karena masih merasa belum puas bermain airnya yang segar dan alami.

Baca Juga  Pantai Matahari Terbit, Pantai Pasir Putih di Denpasar yang Kaya Pesona

Ada filosofi musim semi yang unik

Sumber mata air di sana sangat alami, bersih dan segar serta belum tercemar oleh aktivitas manusia. Menurut sejarah, air di Situ Janavi merupakan air peninggalan kerajaan Rajagalukh yang mengandung senyawa ampuh.

Penduduk setempat percaya bahwa air setempat dapat digunakan sebagai obat alami untuk sejumlah penyakit. Seperti nyeri, asam urat, rematik dan jenis penyakit kulit lainnya.

Banyak tempat untuk foto

Inilah atraksi yang selalu menjadi prioritas wisatawan, khususnya pecinta fotografi. Ya, ada spot foto yang unik dan keren.

Situ Janavi yang cantik ini punya banyak spot foto Instagrammable. Diantaranya jembatan panjang, gazebo, permainan air, kolam renang dan masih banyak lagi yang lainnya.

Anda bisa memanfaatkan tempat modern ini untuk mengabadikannya. Yang utama adalah menyiapkan kamera terbaik.

Lokasi strategis

Situ Janavi terletak di dekat pusat kota Mahalengka. Anda bisa sampai di sana dengan transportasi pribadi atau angkutan umum. Akses untuk berwisata juga relatif mudah. Meski harus mendaki dan menurun, namun jalannya sudah beraspal sehingga pendakian menjadi lebih mudah.

Namun, Anda harus selalu tetap waspada dan fokus saat mengoperasikan kendaraan. Terutama mobil. Jalannya tidak terlalu lebar, jadi bila harus berpapasan dengan mobil lain, sebaiknya pelan-pelan dan gerakkan ke samping sedikit lagi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Situ Janavi
Foto Bekok Dtc di Google Maps

Situ Janavi terletak di Mahalengka, Jawa Barat. Lebih tepatnya di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh. Dari pusat kota Mahalengka jaraknya kurang lebih 21 kilometer.

Jalur menuju lokasi ini adalah dari pusat Bundaran Majalengka ke arah barat hingga Bundaran Sigasong. Kemudian terus lurus ke barat menuju Jalan Sukahaji. Berjalan lurus menuju kawasan Rajagalukh.

Sesampainya di kawasan Rajagalukh, ikutilah tanda disana. Jalannya cukup berkelok-kelok dan terkadang naik turun. Jika Anda masih belum memahami petunjuk yang ditampilkan, Anda bisa membuka Google Maps dan mencari lokasi yang cocok.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan yang ingin menikmati suasana Situ Janavi harus membayar biaya masuk terlebih dahulu. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000.

Baca Juga  Air Panas Pincara, Kolam Pemandian Air Panas Alami di Luwu Utara yang Lagi Hits

Harga tersebut tidak berlaku untuk wahana atraksi permainan. Jika ingin menaiki pedalo atau tempat berbayar lainnya, wisatawan harus membayar kembali biaya yang telah ditetapkan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Situ Janavi
Foto Osa 77 di Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Pemandangan lokasi Situ Janavi sangat menarik. Hamparan danau yang luas dengan air yang jernih, pepohonan yang hijau, serta suara kicau burung yang merdu menciptakan nuansa keindahan dan kealamian.

Wisatawan juga bisa melihat wisatawan lalu lalang dan bermain-main di wahana tersebut seolah menjadi aktivitas baru yang mampu menyegarkan otak dari kepenatan sehari-hari.

2. Naik pedalo.

Salah satu aktivitas unik di lokasi Situ adalah mengayuh perahu. Di hamparan air yang tenang, Anda bisa mengayuh pedalo sambil mengagumi pemandangan lokasi Situ Janavi. Kegiatan ini menjadi semakin menyenangkan jika Anda mengajak keluarga, terutama anak-anak.

Bahkan momen bermain pedalo akan meningkatkan rasa kedekatan Anda dengan keluarga. Jika selama ini Anda disibukkan dengan pekerjaan, kini saatnya bersosialisasi untuk meningkatkan rasa keintiman.

3. Foto di Spot Kontemporer di Situ Janavi

Salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah mengambil foto Instagrammable di setiap sudut tempat. Selain mendapatkan gambar yang keren, momen tersebut juga bisa Anda jadikan kenangan di masa depan.

Lokasi alam yang indah untuk fotografi wisata ini menjadi salah satu favorit para wisatawan, termasuk berfoto di atas jembatan panjang dengan latar belakang pemandangan air yang luas. Akan lebih terasa jika Anda melihat tanaman teratai menutupi permukaan air dengan ringan.

4. Sewa perahu untuk menjelajahi danau.

Bagi wisatawan yang malas basah-basahan namun ingin menikmati sensasi tenangnya air, Anda bisa menyewa perahu dayung dan menjelajahi sudut-sudut danau. Harga sewa yang terjangkau akan membuat Anda bisa menikmati suasana air yang menawan.

Anda tidak perlu khawatir jika tidak tahu cara mendayung sampan, karena pemilik perahu siap menemani Anda. Jadi, yang perlu Anda lakukan hanyalah bersantai dan menikmati udara segar. Anda juga bisa mengabadikan sudut-sudut Situ Janavi yang mempunyai nilai seni.

5. Berenang di kolam renang.

Wisatawan yang tertarik dengan kesegaran airnya bisa berenang atau berbaring di kolam renang yang tersedia.

Baca Juga  Intip Pesona Pantai Biaung, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Denpasar

Saat akhir pekan atau hari libur tiba, kolam renang ini banyak dipenuhi wisatawan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Mereka suka menikmati segarnya air alami. Bahkan, banyak wisatawan dari luar kota yang disebut-sebut menjalani terapi untuk mengobati penyakit seperti penyakit kulit, rematik, atau asam urat.

6. Memasak

Setelah berolahraga di air Situ Janavi pastinya Anda akan merasa lapar atau haus. Jadi Anda bisa langsung mencari kuliner di warung-warung yang berjejer rapi di dekatnya.

Vendor menjual berbagai macam minuman dan makanan dengan harga terjangkau. Anda bisa memesan minuman hangat, fast food atau membeli kuliner dalam kemasan.

Restoran Situ bahkan memiliki beberapa kue goreng yang siap menemani acara kumpul Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli aneka jajanan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Situ Janavi
Foto Budi Hartono di Google Maps

1. Parkir

Tempat parkir tersedia dengan nyaman dan aman. Anda dapat memarkir mobil Anda dengan hati-hati.

Setiap pengunjung yang ingin memarkir mobilnya akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah. Jika Anda diberi tiket atau tiket parkir, jangan langsung dibuang. Artinya, Anda perlu menunjukkan bukti pembayaran parkir saat meninggalkan lokasi.

2. Kamar mandi

Kamar mandi yang ada bisa digunakan untuk toilet atau berganti pakaian setelah atau sebelum berenang. Sekalipun Anda membayar untuk pembersihan, ingatlah untuk menjaga kebersihan kamar mandi.

3. TPA

Di kawasan wisata terdapat beberapa warung dengan berbagai kuliner yang dijualnya. Mulai dari apa yang dikemas hingga apa yang perlu diolah. Penjual siap melayani pelanggan dengan ramah.

4. Ruang sholat

Wisatawan muslim tentu sangat senang dengan kehadiran musala. Ketika waktu salat tiba, mereka tidak perlu mencari musala di luar tempat. Anda bisa memanfaatkan peluang yang ada. Jadi boleh dibilang kita sedang berlibur, namun jangan sampai kita melupakan kewajiban ibadah.

Demikian gambaran Situ Janavi sebagai objek wisata alam terbuka dengan pemandangan menakjubkan. Jika Anda tertarik, segera kunjungi objek wisata di kota Mahalengka ini. Semoga bisa menjadi referensi liburan.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *