Bukit Lambosir, Objek Wisata Alam dengan Panorama Memukau di Kuningan

Ide Wisata42 Dilihat


Terpesona dengan panorama menakjubkan Bukit Lambosir di Kuningan yang dibalut dengan hutan lebat, menciptakan pengalaman wisata alam yang menenangkan dan menakjubkan.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Setianegara, Kilimus, Randobawagirang, Ketch. Mandirankan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Bukit Lambosir merupakan tempat wisata di Kuningan yang keindahan alamnya bak surga dunia. Tak heran jika bukit ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Bukit ini terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Sehingga pemandangan alam yang dilihat dari atas bukit akan terlihat sangat mempesona.

Lambosir adalah nama yang diberikan oleh masyarakat setempat, awalnya nama tersebut diibaratkan dengan nama daging dalam negeri yang mempunyai rasa paling enak. Oleh karena itu, warga berharap kehidupan di bukit ini tenang, nyaman dan menyenangkan. Suasana di atas bukit sangat sejuk dan menyegarkan.

Banyak pepohonan yang tidak terlalu menutupi bukit dan terdapat hamparan rumput hijau luas yang biasa dimanfaatkan pengunjung dan penduduk setempat untuk kenyamanan. Bukit Lambosir bercirikan batu-batu besar dan mempunyai sejarah tersendiri mengenai batu-batu tersebut. Batuan ini biasa dijadikan spot foto para wisatawan.

Objek Wisata Bukit Lambosir

Objek Wisata Bukit Lambosir
Foto oleh Dadan S. Prayoga di Google Maps

Bukit Lambosir menyimpan banyak cerita sejarah, baik dari bukitnya maupun tempat-tempat yang ada di atas bukit tersebut. Tempat ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan terutama yang menyukai tantangan. Kawasan ini juga menjadi tujuan bersepeda gunung, bersepeda trail, dan berkendara off-road. Berikut beberapa hal yang membuatnya menarik:

1. Pemandangan alam Gunung Chiremay.

Salah satu keindahan alam yang bisa disaksikan dari bukit ini adalah panorama alam Gunung Ciremay. Salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat ini dikelilingi lembah hijau yang memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat pesona tempat secara keseluruhan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Sebagai tempat berkemah

Bukit Lambosir merupakan salah satu kawasan camping terpopuler di Jawa Barat. Pepohonan rindang tumbuh di sini, dan suara gemericik air dari mata air di sekitarnya menciptakan suasana syahdu. Bukit ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin dekat dengan alam.

3. Suasana hutan yang indah

Medan perbukitan di lembah Gunung Ciremay menciptakan suasana tenteram. Selain itu, berada pada ketinggian hingga 850 meter di atas permukaan laut, kawasan ini sangat sejuk dan dingin. Jadi pengunjung tidak boleh lupa membawa jaket ke tempat ini.

Baca Juga  Taman Rekreasi Selecta, Taman Hiburan Hits Bernuansa Alam di Kota Batu

4. Ada off-road.

Jalan menuju puncak Lambosir sangat sulit, banyak bebatuan, dan jalan terjal naik turun membuat banyak pengunjung ingin menikmati sensasi tersebut. Apalagi kalau kehujanan pasti akan menyusahkan. Tak heran jika jalur ini sering digunakan untuk trekking atau off-road yang sangat sulit.

5. Ada tempat yang natural untuk foto.

Ada banyak spot foto cantik di Bukit Lambosir. Salah satunya adalah batu besar dengan nama unik seperti Tiger Rock. Batuan ini konon berhantu oleh spesies. Elephant Rock, batu terbesar yang bisa didaki banyak orang.

Terakhir, batu bunga. Konon batu ini digunakan untuk bermeditasi pada seorang gadis agar tetap awet muda dan cantik. Selain itu panorama alamnya yang indah sering dijadikan sebagai lokasi berfoto, dan pemandangan lembah hijau di kaki Gunung Chiremay berpadu dengan pemandangan Kota Kuningan menambah keindahannya sebagai lokasi berfoto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit Lambosir
Foto oleh Noobmaster _69 di Google Maps

Kawasan ini terletak di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, atau lebih tepatnya di Desa Setianegara. Pengunjung yang ingin datang ke lokasi dapat melalui beberapa jalur. Jalur pertama adalah dari Linggarjati yang dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan jarak 20 km. Jalur ini paling sering dilalui oleh pengunjung yang baru pertama kali kesini.

Dari Jalur Linggarjati, pengunjung Bukit Lambosir dapat mengikuti jalan lurus ke arah selatan hingga menemukan gerbang desa Setianegara. Pengunjung dapat bertanya kepada penduduk setempat karena jalur ini paling dekat dibandingkan jalur lainnya.

Selain itu, tamu yang datang dari Kota Cirebon akan melewati kawasan pedesaan melalui jalan beraspal. Jadi, pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapai bukit ini. Dari Kota Cirebon, pengunjung harus mengikuti jalur menuju Sampora lalu melanjutkan perjalanan ke Caracas. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti tanda menuju bukit ini.

Dalam kedua kasus tersebut, sesampainya di kaki Bukit Lambosir, Anda dapat meninggalkan mobil pribadi Anda di tempat parkir dan menggantinya dengan mobil yang lebih cocok untuk berkendara melalui medan perbukitan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan trekking. Dibutuhkan waktu 1 hingga 2 jam untuk mencapai puncak bukit.

Baca Juga  Pantai Jerman, Pantai Indah dengan Hamparan Pasir Putih Kecokelatan di Bali

Hal ini tergantung pada kendaraan yang digunakan dan lama waktu istirahat pengunjung. Pengunjung dapat mencapai tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Tersedia juga bus dan angkutan umum yang siap mengantarkan Anda ke tempat tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Kawasan ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin trekking, camping dan memacu adrenalin. Pengunjung bisa datang ke Bukit Lambosir pada jam buka dan tutup mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB. Jika ingin trekking, Anda bisa menginformasikan kepada petugas dan penjaga kawasan hutan lindung ini.

Pengunjung yang ingin menikmati serunya bukit ini hanya membayar Rp 15.000 per orang termasuk biaya parkir, tergantung kendaraan yang dibawanya. Pengunjung yang ingin menyewa peralatan selanjutnya dapat membayarnya kepada petugas. Pengunjung harus mematuhi peraturan yang berlaku selama berada di kawasan ini.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Bukit Lambosir
Foto oleh Maftuh Anshori di Facebook

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan di Bukit Lambosir, apalagi kawasan ini terkenal dengan zona petualangannya yang sangat seru. Inilah aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung dan warga di tempat ini.

Nikmati pemandangannya

Saat memasuki bukit, pengunjung disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan. Beberapa tanaman hijau dan pepohonan menambah pesona pengunjung.

Sesampainya di puncak, pengunjung akan disuguhi panorama Gunung Chiremay yang menakjubkan, lembah hijau, hutan, dan persawahan yang menambah keindahan alam.

Selain itu, pengunjung yang beruntung akan melihat elang jawa terbang di atas puncak. Pepohonan di bukit ini biasanya menjadi rumah bagi burung.

Trekking

Pengunjung yang menyukai petualangan dapat menikmati pendakian di kawasan perbukitan ini. Dimulai dari jalan yang penuh bebatuan, lalu jalan licin hingga tanjakan dan turunan terjal menambah keseruan perjalanan.

Berkemah di Bukit Lambosir

Pengunjung yang menyukai berkemah juga dapat menikmati aktivitas outdoor di bukit ini. Objek wisata alam eksotik ini menyuguhkan panorama yang sangat indah, pancaran cahaya lampu dari kawasan perumahan Cirebon dan kerlap-kerlip bintang di langit menambah pengalaman indah. Rasanya seperti berada di bukit bintang.

Baca Juga  BSD Xtreme Park, Destinasi Wisata Hits dengan Wahana Ekstrem Penuh Adrenalin di Tangerang

Petualangan off-road

Pengunjung yang menyukai petualangan off-road dapat menjelajahi jalan berbatu dengan sepeda gunung. Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan kendaraan off-road roda empat. Selama tubuh Anda tetap bugar dan kuat, Anda bisa memulai perjalanan yang penuh rintangan.

Pengunjung yang baru mulai menjajal kondisi off-road akan didampingi oleh staf berpengalaman. Cara terbaik adalah menggunakan alat pelindung diri seperti helm, bantalan lutut dan siku, serta pakaian pelindung. Untuk menghindari cedera jika terjatuh.

Memotret Riya

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto di kawasan Bukit Lambosir. Pemandangan surgawi patut diabadikan dalam kamera Anda. Pengunjung bisa berfoto di tiga formasi batuan unik, menghadap Gunung Ciremay, lembah hijau, dan pepohonan hutan lindung. Pastinya foto Anda akan sangat indah di postingan di jejaring sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Bukit Lambosir
Foto Mang Duye di Google Maps

Wisata ini juga menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Terdapat tempat parkir di sekitar kawasan pemukiman. Hal ini dilakukan karena kendaraan yang tidak memadai tidak dapat melaju ke atas bukit. Toilet pengunjung juga tersedia.

Mushola merupakan tempat beribadah ketika tiba waktu salat. Selain itu, di puncak gunung terdapat fasilitas berupa camping ground dan villa bagi pengunjung yang ingin bermalam dan menikmati sensasi keindahan alam di Bukit Lambosir. Layanan tambahannya meliputi penyewaan kendaraan off-road, sepeda gunung, dan peralatan hiking.

Pengunjung tidak menyadarinya, namun tempat ini juga terkenal dengan gubuk-gubuknya. Letaknya di dekat puncak gunung. Pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas ini akan dikenakan biaya tambahan kurang lebih Rp 35.000 per orang. Hal ini menambah keseruan dan kenyamanan para pengunjung yang mungkin datang ke bukit ini.

Menarik sekali bukan? Keindahan alam Bukit Lambosir merupakan salah satu wujud ciptaan Tuhan yang patut dilestarikan. Pengunjung akan terkesima dengan banyaknya atraksi yang ditawarkan dan akan merasa nyaman dengan banyaknya fasilitas yang disediakan dengan harga yang cukup murah.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *