Gardu Pandang Merapi, Menikmati Keindahan Gunung Merapi dengan View Alam Memukau di Sleman

Ide Wisata32 Dilihat


Gardu Pandang Merapi di Sleman merupakan tempat terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Merapi, dimana Anda bisa menyaksikan pemandangan pegunungan yang menakjubkan dengan latar belakang alam yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Kecamatan Hargobinangun. Pakeham, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Gardu Pandang Merapi atau yang juga sering disebut Gardu Pandang Kaliurang merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Gardu Induk ini terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kaliurang sendiri merupakan salah satu kawasan pegunungan tinggi Yogyakarta. Gardu Induk ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Dari sini Anda sudah bisa menikmati keindahan alam Gunung Merapi dan sekitarnya.

Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi tempat wisata ini, masuknya wajib dilakukan. daftar hal-hal yang harus dilakukan dalam hidup Anda. Pemandangan hijau dan suasana sejuk nan asri dijamin akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu anda ketahui tentang objek wisata Titik Pengamatan yang terletak di Kaliuranga.

Jika Anda ke Yogyakarta, cobalah sekali mengunjungi gardu induk ini. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 26,3 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Tempat ini cocok bagi Anda yang berwisata bersama seluruh keluarga.

Lava Merapi, Candi Plaosan dan Wisata Sehari Batu Brexi

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Toko 12 12

Toko 12 12

Atraksi dek observasi Merapi

Atraksi gardu pandang Merapi
Foto Haruyuki di Google Maps

Gardu Pandang Merapi memiliki tiga gardu induk yang terletak di lokasi prima untuk menyuguhkan panorama indah Gunung Merapi dan sekitarnya. Tentu saja situs ini menjadi daya tarik tersendiri, karena di sini Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar tanpa hambatan apa pun. Selain sekedar menikmati pemandangan, Anda juga bisa mengabadikan momen indah dengan berswafoto dengan latar belakang yang eksotis.

Baca Juga  Sunrise Point Cukul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Matahari Terbit di Bandung

Karena letaknya yang tinggi, Anda bisa merasakan kesejukan pegunungan meski cuaca sedang panas di siang hari. Anda juga bisa menikmati suasana pedesaan yang menenangkan. Rasanya seperti Anda kembali ke kampung halaman, di mana Anda merasa seperti di rumah sendiri.

Selain itu, diketahui bahwa pada abad ke-19 kawasan ini pernah dijadikan sebagai tempat liburan seorang ahli geologi Belanda dan keluarganya. Jadi Anda bisa menemukan banyak pilihan akomodasi seperti hotel, villa bahkan penginapan di kabupaten Kaliurang.

Paket Tour Yogya 3 hari 2 malam (Castle of the Lost World, Brexi Rock dan tempat lainnya)

Tur dan atraksi

Jika ingin melihat keindahan Gunung Merapi, kini tidak perlu jauh-jauh bahkan mendaki ke puncak gunung. Karena kini kawasan di sana sudah dikembangkan sehingga Anda bisa melihat panorama tersebut. Hal inilah yang dimaksudkan dengan dibuatnya gardu pandang agar Anda bisa menikmati Gunung Merapi tanpa harus mendakinya.

Untuk lebih menikmati keindahannya, Anda bisa menyewa teropong dengan harga sekitar Rp 5.000 selama 30 menit. Hanya dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam sekitar, mulai dari lereng gunung hingga puncak gunung. Anda juga akan disajikan matahari terbit disertai kabut tipis di sekitar lembah pegunungan.

Jika Anda datang bersama seluruh keluarga, atraksi anak juga bisa Anda temukan di sini. Terdapat taman bermain khusus anak di sekitar dek observasi Merapi Sleman. Beberapa diantaranya adalah bianglala, perosotan, ayunan dan masih banyak lagi.

Dan yang lebih menarik lagi dari wahana ini adalah penggunaannya gratis dan tanpa pembayaran apapun. Berbeda dengan sewa teropong yang masih dikenakan tarif sewa. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengajak keluarga berlibur di wisata ini?

Hotel promosi di Sleman

Baca Juga  Curug Walet, Destinasi Wisata Alam dengan Beragam Spot Camping Memukau di Bogor

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gardu Pandang Merapi
Foto Paradikta Prameshvara di Google Maps

Jika Anda berada di pusat kota Yogyakarta, menuju Gardu Pandang Merapi cukup mudah. Anda hanya perlu menempuh jarak kurang lebih 26,3 kilometer menuju Kaliurang Barat. Dibutuhkan waktu sekitar 46 menit hingga 1 jam untuk mencapai dek observasi dari pusat kota Yogyakarta.

Tempat ini terletak di bawah Bukit Turgo, lebih tepatnya di Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Apalagi gardu pandang ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Gua Jepang, Telogo Kaliurang dan lain sebagainya.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk memasuki kawasan wisata Gardu Pandang Merapi, Anda akan dikenakan biaya masuk. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena biaya masuknya masih sangat terjangkau dan ramah kantong. Anda bisa masuk hanya dengan Rp 5.000.

Biaya masuk untuk dewasa dan remaja sekitar Rp5.000 per orang, sedangkan untuk anak-anak hanya Rp3.000. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa menikmati wisata pegunungan, panorama alam dan atraksi yang ditawarkan.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa menarik Dek observasi Merapi
Foto oleh Alvin Tanjung di Google Maps

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda dan keluarga lakukan di Gardu Pandang Merapi Sleman. Ada pula yang menyaksikan keindahan Gunung Merapi, mengabadikan momen, berkunjung Festival Lampu (FOL) atau bahkan melakukan aktivitas lain yang bisa Anda dapatkan dari jasa perjalanan.

Selain itu, Anda juga harus berhati-hati dan membawa makanan ringan tambahan. Jika beruntung, Anda mungkin akan menjumpai sekelompok monyet yang sedang mencari makanan.

Tamasya di dekat pos observasi

Tamasya di dekat pos observasi
Foto: Rumah Pembuatan Kantong Kertas di Google Maps

Jika Anda sudah selesai berwisata di gardu pandang Merapi, Anda juga bisa singgah di objek wisata yang letaknya terdekat. Di bawah ini adalah beberapa destinasi wisata yang terletak di dekat dek observasi.

1. Taman Lentera

Di kawasan Kaliurang juga, Anda bisa mengunjungi Taman Lampion untuk melihat keindahan ribuan lampion yang dihias. Taman ini sudah ada sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu tempat wisata populer di Kaliurang. Suasana malam hari bisa Anda rasakan dengan pengalaman romantis.

Baca Juga  Tebet Eco Park, Taman Kota dengan Suasana Sejuk Nan Asri di Jakarta Selatan

Taman Lampion terletak di dekat gardu pandang Merapi Malang, waktu tempuh sekitar 28 menit dan jarak tempuh sekitar 14,6 kilometer. Oleh karena itu, setelah mengunjungi Dek Observasi, Anda dapat dengan mudah melanjutkan perjalanan ke Taman Lampion.

2. Tlogo Putri di sekitar gardu pandang Merapi.

Tujuan selanjutnya masih di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, di kawasan yang sama dengan gardu pandang. Tlogo Putri merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama seluruh keluarga. Selain pemandangannya yang indah, Anda juga bisa menikmati atraksi menarik lainnya.

Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti kano, flying fox, naik perahu bebek dan lain-lain. Kawasan Tlogo Putri juga dilengkapi dengan musala dan area pelacakan, toilet, taman bermain, dll. Dari dek observasi Anda hanya perlu berkendara sejauh 1,5 kilometer, waktu tempuh sekitar 5 menit dengan mobil atau sepeda motor dan sekitar 22 menit jalan kaki.

3. Gua Jepang

Ada pula objek wisata masa penjajahan Jepang yaitu Gua Jepang yang lokasinya berada di area yang sama dengan dek observasi. Dari dek observasi, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 7 menit dengan jarak sekitar 450 meter untuk sampai ke kawasan hutan dimana Anda bisa melihat pasukan kera di habitat aslinya.

Itulah beberapa tempat wisata terdekat dari Gardu Pandang Merapi yang bisa Anda jadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Yogyakarta. Anda bisa mengutamakan dia daftar hal-hal yang harus dilakukan dalam hidup liburan bersama keluarga. Namun perlu diketahui bahwa harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola tur.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *