Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menawan dengan Budaya & Tradisi Subak di Tabanan

Ide Wisata32 Dilihat


Air Terjun Ye Hu di Tabanan adalah air terjun mempesona yang terkenal dengan keindahan alamnya, kekayaan budaya dan tradisi Subak, sistem irigasi tradisional Bali.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Kecamatan Senganan. Penebel, Cab. Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasi

Air Terjun Ye Hu di Tabanan adalah tempat yang cocok dikunjungi bagi pecinta petualangan. Karena dikelilingi oleh keajaiban alam yang mempesona, seakan membuat setiap pengunjung terpesona dengan pesonanya yang tiada tara. Jadi tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, meski ada kalanya tidak terlalu ramai. Wisatawan datang dari berbagai latar belakang: dari orang dewasa hingga anak-anak.

Tempat wisata populer di Tabanan ini cocok dikunjungi semua kalangan karena aksesnya yang cukup mudah. Berbeda dengan air terjun lainnya yang biasanya memiliki medan yang rumit. Hampir semua jalan di sini sudah beraspal atau beraspal. Selain itu, jarak dari tempat parkir ke objek wisata juga tidak terlalu jauh. Tidak membutuhkan banyak waktu dan tentunya tenaga.

Suasana asri dan alami menjadi salah satu daya tariknya. Di antara sekian banyak wisata alam yang melibatkan campur tangan manusia, yang terjadi justru sebaliknya. Letaknya di tengah hutan, nyaris tak terjamah manusia. Namun sebenarnya air terjun ini sudah cukup lama dimanfaatkan oleh penduduk setempat.

Hotel Murah di Tabanan Bali

Atraksi Air Terjun Ye Hu

Atraksi Air Terjun Ye Hu
Foto A “A” di Google Maps

Wisata alam masih populer di kalangan wisatawan yang mencari liburan. Air Terjun Ye Hu salah satunya yang cukup populer, meski Bali lebih terkenal dengan pantainya. Bukan tanpa alasan nyambung dengan beberapa objek wisata, berikut gambaran lengkapnya!

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Keindahan Air Terjun Ye Hu

Tidak terlalu tinggi seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini tingginya hanya sekitar 8 meter. Namun keindahan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain. Airnya mengalir sangat deras dan berakhir di sebuah kolam yang luas dan menawan, cocok untuk berenang dan bermain air.

Air Terjun Ye Hu Tabanan dihiasi bebatuan dengan ukuran berbeda-beda sehingga membuat tampilannya semakin eksotis. Batu ini seperti bendungan alami yang memisahkan kolam dari aliran air. Pengunjung dapat menggunakannya sebagai platform rekreasi. Mereka sering menggunakan batu-batu tersebut untuk berpose dan mengambil foto.

Baca Juga  Pantai Ngrumput, Pantai dengan Hamparan Pasir Putih Eksotis di Gunung Kidul

Airnya sangat jernih sehingga siapapun ingin bermain dan merasakan kesegarannya. Transparansi airnya membuat pengunjung terpesona dan mengajak mereka untuk berenang atau berenang. Tebing batu pembatas aliran air ini memiliki garis-garis alami yang membuatnya semakin eksotis. Beberapa di antaranya ditutupi semak lebat.

Cek tiket konser Blooms Garden di Tabanan

2. Suasana asri dan alami

Daya tarik Air Terjun Ye Hu selanjutnya adalah suasananya yang asri dan alami. Objek wisata alam yang tersembunyi di tengah hutan hijau nan asri ini menjanjikan kedamaian dan kesegaran alam yang luar biasa. Meski tidak terlalu ramai, namun bagi sebagian wisatawan ternyata menjadi sesuatu yang menarik. Ini disukai oleh mereka yang ingin merasakan kedamaian.

Bukan hanya di area utamanya saja keindahan alam bisa dirasakan saat pertama kali melangkah ke area parkir. Di sekitar kawasan wisata banyak terdapat semak-semak yang tumbuh subur. Jalan masuk yang Anda lalui tidak teduh karena dinaungi pepohonan. Udaranya sejuk sekali, sangat menyehatkan bagi setiap orang yang datang.

3. Budaya dan tradisi Subak

Tradisi Subak menjadi daya tarik Air Terjun Ye Hu di Tabanan selanjutnya yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Subak adalah sistem irigasi tradisional yang sangat penting di Bali. Subak bukan sekedar sistem pertanian, namun juga memiliki nilai budaya dan tradisional yang mendalam bagi masyarakat setempat. Ini bukan hanya tentang mengelola air untuk keperluan pertanian.

Selain itu, ada juga filosofi, keyakinan, dan persatuan yang ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Filosofi tersebut didasarkan pada konsep Tri Hita Karana yang menggambarkan keseimbangan dan keselarasan antara ketiga unsur tersebut. Tiga unsur yang dimaksud adalah manusia, alam, dan Tuhan.

Cek tiket Taman Satwa Tabanan (TASTA Zoo)

Baca Juga  Fakta Unik Candi Abang Jogja, Tempat Tinggalnya Para Dewa yang Mirip Bukit Teletubbies

Bahkan saking uniknya, UNESCO mengakui tradisi ini sebagai warisan budaya Bali. Sebagai wisatawan, Anda tidak bisa melihat langsung tradisinya. Pasalnya, tradisi ini hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Namun jika beruntung, Anda akan bisa melihat keunikan dan cara kerja sistem perairan unik ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Ye Hu
Foto oleh Andrey Kozlovsky di Google Maps

Air Terjun Ye-Hu terletak di lereng Gunung Batukaru pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Meskipun tampaknya sulit untuk dicapai, sebenarnya tidak. Akses jalan sangat bagus, beraspal dan beton. Bahkan saat menuruni jalanan terjal, terdapat tangga yang dilengkapi dengan pegangan tangan agar lebih aman.

Jika Anda terbang dari pusat kota, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam. Sebab, jarak yang harus ditempuh adalah 40 kilometer. Tempat wisata alam Bali yang hanya dapat diakses dengan kendaraan pribadi atau mobil menambah sentuhan eksklusivitas dalam petualangan Anda. Beberapa titik tidak dapat diakses oleh angkutan umum, hanya ojek yang beroperasi di kawasan wisata.

Air Terjun Ye Hu yang merupakan permata tersembunyi terletak di Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari pusat kota, menuju Jalan Manikyang, lalu Jalan Meliling dan Jalan Raya Chegu Penebel. Lanjutkan perjalanan Anda menuju Jalan Raya Buruan, Jalan Raya Babahan dan Jalan Raya Senganan hingga mencapai area parkir.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati segala keindahan, keunikan dan daya tarik air terjun indah di Bali ini, Anda perlu menyiapkan biaya. Tapi jangan khawatir, harganya tidak terlalu mahal untuk apa yang Anda dapatkan. Untuk masuk ke Desa Wisata Jatiluvi hanya dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 per wisatawan, setelah itu akan ditambah biaya lainnya.

Biaya tambahan masuk Air Terjun Ye Hu di Tabanan adalah Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 4.000 untuk anak-anak. Objek wisata alam ini bisa dikunjungi oleh semua orang, termasuk wisatawan mancanegara. Mereka perlu membayar harga tiket sebesar 10.000 rupee untuk orang dewasa. Dan untuk anak-anak lebih murah yaitu 5000 rupee.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

Kegiatan yang menarik

Hiburan menarik Air Terjun Ye-Hu
Foto oleh Gus Adek di Google Maps

Wisata alam masih dimungkinkan, termasuk air terjun. Alasannya sederhana: banyak atraksi yang ditawarkan. Selain itu, masih ada beberapa aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan. Selagi berada di objek wisata alam ini, berikut daftar aktivitas seru yang bisa dilakukan!

Saksikan pesona air terjunnya

Keindahan Air Terjun Ye Hu di Tabanan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain, meski memiliki konsep wisata yang sama. Situasi ini tidak bisa diabaikan begitu saja, artinya sangat layak untuk dinikmati. Anda bisa bersantai di tepi kolam renang atau di area outdoor sambil menikmati segala keindahannya. Suasananya begitu tenang dan sangat indah.

Berenanglah di kolam renang di Air Terjun Ye Hu.

Jika menikmati keindahan alam kurang seru, tak ada salahnya mencoba berenang atau bermain air. Airnya yang jernih mengundang siapa pun untuk mencicipi kesegarannya. Tapi ingat: perhatikan etika selama kelas. Pasalnya, air terjun cantik ini dianggap salah satu air terjun suci oleh warga setempat.

Berburu foto

Aktivitas selanjutnya di Air Terjun Ye Hu Tabanan adalah mencari spot foto. Bahkan bukan hanya disini saja, ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke tempat wisata. Apalagi saat ini karena banyak sekali tempat yang bisa dijadikan subjek foto. Misalnya keindahan dan eksotisme air terjun itu sendiri yang dihiasi tumbuhan dan bebatuan alami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Ye Hu
Foto Made Ardiana di Google Maps

Memang saat berada di air terjun, fasilitasnya belum ada. Fasilitas hanya tersedia di kawasan pemukiman, termasuk tempat parkir. Disini juga terdapat toilet dan ruang ganti, kondisinya cukup baik. Jika lapar, pergilah ke warung yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Keindahan alam yang mempesona, segarnya udara hutan dan banyaknya aktivitas menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi favorit Bali. Air Terjun Ye Hu merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *