Hutan Bambu Bekasi, Destinasi Sempurna untuk Bersantai Bersama Keluarga

Ide Wisata114 Dilihat


Hutan Bambu Bekasi merupakan tempat yang ideal untuk bersantai bersama keluarga, menawarkan suasana alam yang menenangkan dan beragam aktivitas seru.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Margahayu, Kecamatan. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Mencari wisata alam di Bekasi memang tidak mudah. Namun ada satu tempat yang bisa dijadikan alternatif jika ingin menikmati suasana alam yang indah dan asri. Misalnya saja Hutan Bambu Bekasi yang cocok dikunjungi seluruh keluarga.

Berbagai atraksi tersedia membuat wisatawan betah setiap saat. Selain karena tempatnya yang ramah keluarga, tak sedikit anak muda yang ikut meramaikan tempat tersebut. Bukan tanpa alasan salah satunya adalah tersedianya tempat-tempat menarik untuk berfoto.

Di sini mereka juga bisa menikmati pemandangan alam dan suasana hijau layaknya di pegunungan. Padahal objek wisata alam ini terletak di pusat kota yang padat penduduknya.

Keberadaannya ibarat oase di tengah gurun tandus. Menciptakan rasa segar di tengah panasnya kota industri Bekasi.

Selain pepohonan yang rindang dan rimbun, objek wisata ini memiliki danau alam yang indah. Cukup luas, bahkan dilengkapi dengan wahana perahu bagi yang ingin nongkrong dan menikmati suasana.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek Wisata Hutan Bambu Bekasi

Objek wisata hutan bambu bekasi.
Foto oleh Abu Sufyan Attsauri di Facebook

Sesuai dengan namanya, tempat wisata alam ini dikelilingi semak-semak di tengah kota. Sebagian besar merupakan pohon bambu yang tumbuh subur di beberapa tempat.

Banyaknya pengunjung yang datang bukan tanpa alasan, karena tempat ini menawarkan beragam atraksi berikut ini!

1. Pemandangan hutan di tengah kota

Di tengah panasnya hiruk pikuk kota, kehadiran ruang terbuka hijau seperti objek wisata ini tentu menjadi daya tarik tersendiri. Ibarat sebuah oase di tengah gurun pasir yang hanya dengan melihatnya saja sudah memberikan perasaan.

Apalagi jika berada di dalam, pengalaman indah dan sejuk benar-benar bisa kamu rasakan. Tak heran jika banyak orang berbondong-bondong mendatanginya. Sesuai dengan namanya, Hutan Bambu Bekasi didominasi oleh pepohonan bambu.

Baca Juga  5 Pesona Pantai Midodaren di Yogyakarta, Menarik Banget untuk Dikunjungi!

Pohon ini tidak seangker yang ditemukan di tempat lain. Ukurannya tinggi dan terpisah dari satu titik ke titik lainnya. Suasana menjadi semakin berkesan ketika angin bertiup sehingga menimbulkan suara yang merdu namun menenangkan.

2. Danau alami yang indah

Daya tarik selanjutnya adalah telaga yang cukup luas dan memanjang. Permukaan airnya tenang, namun arusnya cukup deras, seperti di danau atau sungai pada umumnya.

Tepian danau dipagari dengan tumbuh-tumbuhan hijau subur dari berbagai jenis. Menambah nuansa asri dan alami, tidak terasa tempatnya di tengah kota.

Pengunjung berkesempatan menyeberangi danau saat berkunjung ke Hutan Bambu di Bekasi. Terdapat jembatan gantung yang menghubungkan satu titik dengan titik lainnya.

Danau ini juga mempunyai daya tarik yang menarik dan populer. Kita berbicara tentang naik perahu yang membawa wisatawan.

3. Penangkaran burung

Keberadaan suaka burung semakin menambah daya tarik objek wisata alternatif di Bekasi ini. Memang tidak selengkap penangkaran di kebun binatang.

Namun keberadaannya tidak bisa dianggap remeh karena satwa di sana termasuk yang paling dilindungi. Jumlah mereka kecil dan terancam punah.

Satwa yang dilindungi di Hutan Bambu Bekasi tak lain adalah burung Jalak Nias. Sesuai dengan namanya, burung ini sebenarnya hanya terdapat di Nias. Dia di sini hanya untuk melindungi populasinya agar tidak punah.

Jumlah burung yang ada di Tanah Air hanya berjumlah ratusan, sehingga menjadi kesempatan bagi wisatawan untuk melihat jenis burung tersebut.

4. Rumah pohon untuk relaksasi

Jika Anda memasuki objek wisata Hutan Bambu Bekasi, tidak heran jika Anda menjumpai bangunan yang menyerupai rumah pohon. Inilah yang disebut dengan rumah pohon yang biasa dijadikan tempat liburan bagi sebagian wisatawan.

Kawasan di ketinggian ini sangat ideal untuk mengamati alam dengan lebih jelas, bahkan di sebagian kota Bekasi.

5. Tersedia spot foto.

Daya tarik Hutan Bambu Bekasi selanjutnya yang juga menjadi alasan banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah adalah adanya spot foto.

Baca Juga  Pantai Ngobaran, Wisata Pantai Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Salah satu yang paling populer adalah Dermaga Hathi yang terletak di sebelah danau. Dermaga ini semakin unik karena dicat dengan berbagai warna sehingga tampak semarak.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Hutan Bambu Bekasi
Foto oleh Brandal Kali Chikarang di

Telah disebutkan sebelumnya bahwa tempat wisata alam ini letaknya sangat strategis dan dekat dengan pusat kota. Menemukannya pun tidak akan sulit, sebab jarak dari Alun-Alun M Hasibuan hanya sekitar 2 kilometer.

Anda bisa sampai di sana dengan angkutan umum atau angkutan pribadi. Bahkan jika Anda sekarang berada di pusat kota, Anda bisa berjalan kaki ke sana.

Bagi yang datang dari luar kota, Kawasan Wisata Hutan Bambu Bekasi terletak di Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Gunakan aplikasi Google Maps untuk mendapatkan saran rute terbaik berdasarkan tujuan Anda. Saat Anda mendekati tempat tersebut, Anda dapat melihat banyak rambu jalan, atau Anda juga dapat bertanya kepada penduduk setempat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Anda bisa menjadikan Masjid Jami Maul Jannah atau kantor PDAM sebagai landmark utama Anda. Jarak menuju objek wisata hanya 200 meter di sepanjang jalur utama.

Selama berada di sini, Anda tidak perlu membeli tiket masuk. Pasalnya, objek wisata ramah keluarga ini bisa dikunjungi siapa saja secara gratis mulai pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang menarik

Hiburan Hutan Bambu Bekasi
Foto Txt oleh Bekasy di X

Agar liburanmu semakin berkesan, pastikan untuk melakukan berbagai aktivitas seru saat mengunjungi objek wisata alam ini. Kegiatan berikut ini bisa kamu jadikan penambah waktu luang, apalagi jika kamu datang bersama rombongan keluarga atau pasangan!

Menikmati pemandangan alam di pusat kota

Dibandingkan gunung, air terjun atau tempat wisata alam lainnya, pemandangan hutan bambu bekasi mungkin kurang memukau.

Namun jika melihat lokasinya yang berada di pusat kota, setidaknya Anda bisa menikmati hijaunya vegetasi yang tumbuh subur di sekitarnya. Sungai Kalimalang semakin menambah pesonanya.

Bersantai di rumah pohon yang terbuat dari hutan bambu bekasi.

Salah satu daya tarik Hutan Bambu Bekasi adalah adanya rumah pohon yang tersebar di beberapa titik. Beberapa pengunjung memanfaatkannya untuk bersantai sambil menikmati suasana.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

Ada tangga yang bisa Anda naiki ke atas. Anda juga bisa melakukan aktivitas serupa, pemandangan dari atas juga lebih indah.

Piknik bersama keluarga

Kegiatan menarik selanjutnya di objek wisata Hutan Bambu Bekasi adalah piknik. Oleh karena itu telah dikatakan sebelumnya bahwa mengunjungi tempat ini disarankan secara rombongan.

Tentu ada alasannya, karena piknik dijamin akan lebih menarik jika dilakukan bersama-sama. Tidak perlu membawa matras atau matras, sudah banyak tempat yang dikhususkan untuk kegiatan ini.

Naik perahu mengelilingi sungai

Jika semua aktivitas yang disebutkan di atas dirasa kurang menantang dan terkesan tidak menarik, cobalah berperahu. Saat ini perahu di Hutan Bambu tidak banyak, sehingga Anda harus mengantri.

Bertamasya dengan perahu sangat menyenangkan dan memberikan perasaan istimewa. Sedangkan untuk menjamin keselamatan, setiap pengunjung disediakan jaket pelampung.

Mencari tempat untuk foto

Jangan lupa untuk mencari spot foto saat berkunjung ke Hutan Bambu di Bekasi. Bukan berarti tidak ada tempat khusus untuk kegiatan ini, melainkan belum ditemukan sama sekali.

Namun karena keindahan alamnya cukup bagus, Anda bisa menggunakannya sebagai background. Untuk mendapatkan background danau, Anda bisa menggunakan dermaga atau jembatan gantung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Hutan Bambu Bekasi
Foto oleh Abu Sufyan Attsauri di Facebook

Gratis biaya masuk tidak menghalangi tempat wisata ramah keluarga ini untuk menyediakan fasilitas. Di sisi lain, terdapat berbagai fasilitas penting yang dapat memenuhi segala kebutuhan wisatawan.

Misalnya saja lahan parkir yang luas, toilet, dan tempat ibadah. Terdapat juga bangku taman, gazebo serta beberapa stand makanan dan minuman.

Bagi sebagian orang, mengunjungi tempat wisata memerlukan perencanaan yang matang. Daya tarik, biaya, dan fasilitas hanyalah beberapa di antaranya.

Berdasarkan seluruh ulasan di atas, nampaknya Hutan Bambu Bekasi masih layak menjadi destinasi utama. Tiket masuknya gratis, fasilitas lengkap dan banyak atraksi yang ditawarkan.


databaru.my.id