Hutan Mangrove PIK, Menyaksikan Keindahan Hutan Mangrove di Tengah Kota Jakarta

Ide Wisata25 Dilihat


Jelajahi keindahan Hutan Mangrove PIK Jakarta, destinasi alam yang menawarkan pengalaman unik dengan ekosistem mangrove di jantung kota.

Harga tiket: Rp35.000, Jam kerja: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Jl. Catamaran Indah 1 RT.7, Kapuk Muara, Kech. Penjaringan, Kab. Jakarta Utara, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasi

Di tengah hiruk pikuk kota Jakarta yang penuh dengan bangunan, keberadaan hutan bakau menjadi suatu hal yang menarik. Hutan ini sering dijadikan tempat wisata keluarga atau pendaki akhir pekan.

Menyimpan bakau Luasnya sangat luas dan dipenuhi pepohonan. bakau. Objek wisata alam ini memiliki ekosistem yang tak kalah mirip dengan hutan bakau pada umumnya, apalagi di kawasan tersebut terdapat habitat unggas air yang unik.

Hutan Mangrove PIK menjadi pilihan yang tepat jika ingin mencari tempat wisata sejuk penuh bunga hijau yang indah. Dengan mengunjungi hutan ini, wisatawan bisa rehat sejenak dari pemandangan kota yang membosankan.

Atraksi hutan mangrove PIK

Objek Wisata Hutan Mangrove PIK
Foto oleh Olivia Jessica Sihotang di Google Maps

Hutan ini mempunyai segudang daya tarik sehingga tak heran jika jumlah pengunjung yang datang ke sini terus meningkat. Bahkan, tempat wisata ini akan sangat ramai ketika musim liburan sekolah dimulai.

Pemandangan hutan yang luar biasa

Daya tarik wisata Hutan Mangrove PIK yang pertama adalah pemandangan hutannya yang sangat menarik. Pepohonan yang mengelilingi kawasan ini serta keberadaan air membuat pengunjung merasa seperti berada di tepi pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Suasana di tempat wisata ini sangat asri dan damai, apalagi udara yang bisa dihirup sangat bersih. Dengan demikian, pengunjung yang ingin bersantai di tempat ini akan terpuaskan.

Panorama cerah yang indah

Tak hanya pemandangan hutannya saja yang memukau, pemandangan matahari terbenam pun juga memukau di hutan bakau ini. Pengunjung akan berkesempatan melihat pemandangan matahari terbenam dengan lebih jelas.

Baca Juga  Merapi Park, Destinasi Wisata Hits Jogja & Replika Landmark Terkenal Dunia

Oleh karena itu, waktu terbaik untuk mengunjungi hutan mangrove Jakata PIC adalah pada sore hari.

Saat ini, matahari yang hampir terbenam memantulkan cahaya jingga menambah keindahan pemandangan di sekitar hutan bakau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Hutan Mangrove PIK
Foto oleh Nuri Nha di Google Maps

Banyak wisatawan yang masih merasa kebingungan saat hendak berkunjung ke Hutan Mangrove PIK. Tempat wisata alam ini terletak di PIK (Pantai Indah Kapuk), Jakarta Utara, DKI Jakarta, serta Garden House Jalan No.4.

Rute yang perlu Anda lalui untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit karena lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Pengunjung dapat menaiki kendaraan Transyakarta menyusuri Koridor 9A kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum berwarna merah menuju Grogol – Angke.

Kemudian turun di pintu masuk objek wisata hutan mangrove di PIK. Tak hanya Transjakarta, pengunjung juga bisa naik kendaraan pribadi melalui jalan tol dalam kota lalu menuju Jalan Muara Karang hingga mencapai objek wisata.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melihat pemandangan dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan objek wisata ini cukup terjangkau. Biaya masuk untuk pengunjung anak dikenakan biaya Rs. 15 ribu di hari biasa, lalu Rp. 20 ribu pada hari Sabtu-Minggu.

Namun, tiket masuk untuk dewasa berharga Rs. 35 ribu pada akhir pekan dan Rs. 30 ribu di hari kerja. Untuk wisatawan mancanegara biayanya lebih mahal yakni Rp. 150 ribu pada hari kerja dan Rs. 170 ribu di akhir pekan.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan PIK di hutan mangrove
Foto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Di hutan mangrove PIK Jakarta, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan hutan saja, namun juga melakukan aktivitas lainnya.

Beragamnya atraksi dan fasilitas membuat pengunjung semakin leluasa menghabiskan waktunya.

Baca Juga  Embung Batara Sriten, Pesona Alam Eksotis yang Memukau di Gunung Kidul

1. Penanaman dan pelestarian

Tindakan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memantau proses penanaman. bakau. Acara ini diselenggarakan oleh pengelola Lokasi Wisata Puncak Hutan Mangrove dan terbuka untuk seluruh pengunjung.

Siapapun dapat mengikutsertakan dirinya dalam jumlah peserta proses perbaikan dan tidak dibatasi oleh usia. Untuk itu, pengunjung yang membawa anak kecil bisa mengajak mereka untuk menanam pohon bakau sekaligus belajar ilmu tentang tanaman tersebut.

2. Naik perahu melewati hutan bakau PIK.

Untuk membantu wisatawan lebih leluasa menjelajahi hutan bakau yang lebat ini, pihak pengelola juga menyediakan layanan perahu. Sebuah perahu bisa disewa seharga Rs. 250 ribu untuk perahu yang mampu menampung 6 orang.

Dengan perahu ini, wisatawan dapat dengan mudah menjelajahi seluruh kawasan hutan tanpa harus berjalan kaki. Biaya sewa perahu akan setara dengan indahnya pemandangan yang tersaji saat menjelajahi hutan ini.

3. Ambil foto

Aktivitas terakhir yang wajib dilakukan adalah memotret semua pemandangan indah yang ada di hutan ini. Foto-foto ini akan menjadi kenangan yang tidak akan mudah terlupakan setelah Anda meninggalkan hutan indah ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

PUNCAK Hutan Mangrove
Foto oleh Hendro Cristanto di Google Maps

Meski merupakan objek wisata yang terletak di dalam hutan, namun fasilitas yang dimilikinya sangat lengkap. Fasilitas tersebut antara lain toilet yang selalu terjaga kebersihannya, tempat ibadah, tempat makan, dan lain sebagainya.

Apalagi pengunjung yang ingin bersantai atau bermalam bisa memanfaatkan layanan akomodasi dan villa. Bahkan terdapat juga area camping yang cukup luas dan bisa dijadikan tempat camping bersama banyak orang lainnya.

Tidak diragukan lagi, Hutan Mangrove PIK Jakarta merupakan salah satu tempat wisata unik yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Baca Juga  Goa Pinus, Goa Jepang dengan View Alam Eksotis Nan Memukau di Kota Batu

Seluruh pengunjung bisa menikmati petualangan di hutan sambil merasakan sensasi tidur di alam terbuka yang sejuk.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *