Situ Wulukut, Objek Wisata Alam dengan Panorama Danau & Hutan di Kuningan

Ide Wisata30 Dilihat


Terletak di Kuningan, Situ Wulukut menawarkan pemandangan alam yang mempesona mulai dari danau hingga hutan, serta atraksi outdoor menarik yang akan membuat pengalaman menginap Anda tak terlupakan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Kertayuga, Kecamatan. Nusaherang, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Wisata alam dengan suasana asri dan tenang ditawarkan Situ Wulukut di Kuningan, Jawa Barat. Kamar menghadap ke hutan yang sangat hijau dan danau yang indah. Udara segar dan suasana jauh dari kebisingan cocok bagi wisatawan yang mencari kesegaran dan ketenangan.

Tak hanya wisata alam, tempat tersebut juga menawarkan berbagai spot foto menarik bagi wisatawan. Ada perahu selfie di ujung danau, dermaga mini berbentuk bunga di tengah, dan masih banyak lagi. Bagi Anda pecinta selfie, tempat ini patut masuk dalam daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi.

Wisatawan dapat dengan mudah mencapai tempat Situ Vulukut yang berada di tengah hutan hutan. Fasilitas yang ada di dalamnya cukup memadai untuk kenyamanan pengunjung. Tempatnya bersih dan tidak terlalu dekat dengan pemukiman penduduk. Wisatawan bisa dengan senang hati menghabiskan liburannya di sini.

Objek Wisata Situ Vulukut

Objek Wisata Situ Vulukut
Foto oleh Kuninganizer di Facebook

Panorama alam danau dan hutan

Wisatawan akan langsung disambut dengan pemandangan hijaunya Hutan Kuningan. Area tersebut ditumbuhi pepohonan rindang sehingga menciptakan nuansa sejuk. Hutan di sekitar tempat ini cukup lebat karena dikelola oleh Perhutani sehingga masih terawat dengan baik.

Sebuah danau kecil di tengah hutan membuat pemandangan semakin indah. Air di danau ini cukup bersih dan berwarna kehijauan. Danau ini dikelilingi oleh lapangan yang ditumbuhi rumput.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Video foto

Pemandangan alam yang indah menjadikan Situ-Vulukut sebagai tempat yang cocok untuk berburu foto. Namun tak hanya panorama hutan dan danau yang tersedia, namun juga beberapa spot foto yang disediakan pihak pengelola.

Ada perahu selfie, dermaga mini, dan spot foto menarik lainnya. Cocok bagi Anda yang ingin mengambil foto prewedding bersama pasangan tercinta. Latar belakang yang indah, hampir seluruhnya berwarna hijau, menambah warna indah pada latar belakang foto Anda.

Permainan keluar

Infrastruktur yang cukup lengkap menjadi daya tarik lain dari tempat wisata populer ini. Salah satunya adalah Flying Fox yang menjadi permainan favorit para wisatawan. Kehadiran objek wisata tersebut tentu menjadikan tempat wisata ini istimewa, tidak hanya menawarkan pemandangan alam saja.

Baca Juga  Telogo Sewu Pandaan, Kolam Air Pengunungan Alami di Pasuruan yang Dikelilingi Danau Eksotis

Suasana indah dan romantis

Tahukah anda wisata Ranu Kumbolo mengelilingi Gunung Semeru? Ya, salah satu sudut Situ Vulukut Kuningan ini menawarkan pemandangan indah dan suasana romantis ala Ranu Kumbolo. Pemandangan danau yang dikelilingi perbukitan hijau dan lokasinya yang dekat dengan pemukiman penduduk membuat tempat ini semakin indah dan romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Situ Vulukut
Foto Wisata Wisata di Google Maps

Anda yang sedang berada di Kuningan, Jawa Barat, bisa meluangkan waktu sejenak untuk mampir ke Situ Wulukut yang terletak di Desa Kertayuga. Lokasinya berjarak kurang lebih 23 km dari pusat kota Kuningan dan dapat ditempuh kurang lebih 45 menit dengan mobil.

Wisatawan yang berminat mengunjungi tempat indah ini bisa langsung mengambil jalur menuju kawasan Nusaherang. Bagi Anda yang datang dari Kuningan City bisa melalui Jalan Veteran menuju Terminal Kadugede.

Dari terminal menuju desa Kertayuga. Jika anda sampai di kantor Camat Kertayuga, tinggal 2 km lagi anda sudah sampai di tempat wisata ini. Jalan di kawasan itu masih becek dan berbatu. Namun dapat ditempuh dengan sarana transportasi baik sepeda motor maupun mobil.

Ketika sampai di pertigaan, belok kiri dan terus menyusuri jalan desa. Ikuti rambu petunjuk arah yang dipasang di beberapa titik. Lokasinya cukup jauh dari pemukiman warga karena berada di tengah kawasan hutan.

Biaya masuk dan jam buka

Tempat wisata alam ini dikelola oleh Perhutani dan pemerintah desa. Pengunjung atau wisatawan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Terdapat biaya parkir sebesar Rp 2.000 bagi pemilik kendaraan roda dua. Namun akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat atau mobil penumpang.

Situ Vulukut dibuka untuk wisatawan setiap hari. Mulai pukul 8 hingga pukul 5 sore, pengunjung dapat menikmati bersantai di tempat menawan ini.

Kegiatan yang menarik

Peristiwa Situ Vulukut
Foto oleh Mohamad Adivibowo di Google Maps

1. Bersantai dan nikmati pemandangan

Di tepian danau, wisatawan bisa bersantai dan melepas penat sambil menikmati udara segar dan indahnya pemandangan Hutan Kuningan. Tempat ini juga tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga wisatawan bisa bersantai semaksimal mungkin tanpa terganggu oleh wisatawan lain.

Baca Juga  Curug Payung, Menikmati Panorama Air Terjun dengan Bebatuan yang Mempesona di Kuningan

Pengunjung kawasan wisata ini berasal dari Kuningan dan sekitarnya. Hanya saja pada hari libur wisatawan yang datang lebih banyak dari biasanya. Wisatawan juga bisa duduk-duduk bersantai di gazebo dekat danau agar lebih nyaman.

2. Berkemah

Pengelola Situ Wulukut menyediakan area berkemah bagi wisatawan. Anda yang menyukai alam atau bosan dengan suasana kota bisa mencoba berkemah di dekat danau ini. Tempat perkemahan di kawasan wisata ini cukup luas dan aman untuk bermalam.

Wisatawan bisa menikmati suasana malam di tengah hutan dengan lebih seru bersama teman atau rombongan. Untuk menemani dinginnya malam, Anda bisa menikmati kopi hangat dan membuat api bersama.

3. Piknik

Menikmati kuliner di tengah asrinya suasana hutan bisa menjadi pengalaman seru bagi Anda yang berlibur di Situ Vulukut. Gunakan saja alas sederhana untuk menutupi rumput yang mungkin terasa gatal jika diduduki. Bawalah makanan dan minuman untuk menikmati pemandangan hutan dan danau.

Namun bagi pengunjung yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir. Silakan pesan makanan dan minuman panas dari kios terdekat. Berbagai makanan ringan dan minuman tersedia dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk membersihkan sampah setelah makan agar tempat tetap bersih dan nyaman.

4. Berburu foto di Situ Vulukut.

Wisata alam di Kuningan ini cocok banget buat fotografi. Ada banyak spot foto di Situ Wulukut yang bisa menjadi backdrop bagus untuk foto kamu. Pengunjung yang ingin mengambil foto prewedding bisa berfoto selfie di atas kapal yang cukup romantis.

Wisatawan yang ingin berfoto selfie seperti travel blogger atau travel vlogger bisa berfoto di dek observasi atau dermaga kecil. Anda bisa berpose menghadap hutan dan membelakangi seperti travel blogger profesional.

5. Naik Flying Fox

Flying Fox menjadi salah satu atraksi yang pasti patut untuk dicoba. Kalian yang merupakan pencari petualangan sejati pastinya akan berani untuk sekedar meluncur di atas Flying Fox ini. Sambil merencanakan, wisatawan bisa melihat pemandangan sekitar yang lebih indah jika dinikmati dari atas.

Baca Juga  Makam Raja-Raja Imogiri, Wisata Ziarah yang Sarat Sejarah di Bantul Jogja

6. Naik kapal pesiar di danau.

Perahu pedal merupakan salah satu objek wisata di Situ Vulukut yang bisa Anda coba. Jika Anda membawa anak-anak Anda, mungkin kegiatan ini akan membuat si kecil bahagia dan lebih dekat dengan alam. Perahu kecil ini bisa digunakan oleh dua orang untuk berlayar di danau.

Ukuran telaga ini tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak waktu untuk mengelilinginya dari awal hingga akhir. Pengunjung hanya perlu membayar tiket perahu di loket atau di petugas yang memandu perahu. Wisatawan yang ragu untuk melakukannya sendiri juga bisa meminta bantuan kepada petugas yang akan mengemudikan perahu.

7. Rendam kaki Anda

Air di Situ Vulukut cukup bersih sehingga wisatawan bisa berenang di dalamnya. Anda bisa duduk di tepi danau atau di dermaga kecil. Celupkan kaki Anda ke dalam air danau yang sejuk dan nikmati terapi gratis. Kesegaran air danau akan mengendurkan otot-otot kaki yang sebelumnya tegang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pelayanan Situ Vulukut
Foto oleh Farid Rokhman Sholet di Google Maps

Penyewaan perahu tersedia bagi pengunjung yang ingin berlayar di danau yang indah ini. Wisatawan bisa menaiki perahu kayuh tradisional dengan membayar tiket seharga Rp 10.000 per orang. Perahu yang mampu menampung 2 orang penumpang ini akan membawa wisatawan berkeliling danau dalam waktu beberapa menit.

Situ Vulukut lebih nyaman dengan adanya toilet dan musala. Wisatawan bisa menemukan toilet di beberapa titik, bagian dalamnya cukup bersih dan nyaman. Terdapat juga beberapa gazebo untuk pengunjung bersantai. Spot foto dan atraksi permainan juga melengkapi fasilitas yang diberikan kepada wisatawan.

Ada warung makan di dekat pintu masuk. Warung sederhana dengan beragam makanan ringan dan minuman. Wisatawan juga tidak perlu khawatir soal parkir, karena tempat parkir disediakan di lahan yang cukup luas.

Itulah sekilas keindahan wisata alam di Desa Kertayuga yang menghadap ke danau dan hutan. Fasilitas di lokasi ini terus ditambah demi kenyamanan pengunjung. Nah, bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi tempat wisata alam di kawasan Kuningan, Situ Wulukut mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *