Jurang Tembelan Kanigoro, Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian di Bantul

Ide Wisata40 Dilihat


Menikmati indahnya panorama dari ketinggian Ngarai Tembelan Kanigoro Bantul yang terkesan sejuk dan asri menyegarkan pengunjung.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 05.00–18.30 WIB, Alamat: Kecamatan Mangunan. Longo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Tempat wisata alam Jogja memang selalu mempunyai daya tarik yang tak kalah dengan daerah lainnya, khususnya kawasan Mangunan. Letaknya yang berada di perbukitan membuat cuaca sejuk dan asri. Pastikan untuk mengunjungi Ngarai Tembelan Kanigoro untuk melihat pemandangan alam yang menakjubkan.

Tempat wisata di Bantul ini masih terbilang sepi sejak baru dibuka. Tak menutup kemungkinan suatu saat ia akan semakin populer karena pesonanya yang banyak dibagikan di beberapa platform media sosial. Apalagi sebagian besar pengunjung yang berkunjung selalu berusaha mengabadikan momen dengan panorama alam yang ada.

Sebagian orang menganggap destinasi wisata ini ibarat negeri di atas awan. Ini bukan masalah besar karena Anda dapat melihat petak-petak awan indah yang samar-samar menutupi sebagian besar tempat wisata. Pemandangan ini terlihat eksotik dan membuat ingin kembali kesini lagi.

Objek Wisata Ngarai Kanigoro Tembelan

Objek Wisata Ngarai Kanigoro Tembelan
Foto oleh Rimma Toga di Facebook

Sesuai dengan namanya, Ngarai Thembelan Kanigoro merupakan sebuah objek wisata yang dibangun di atas jurang yang tinggi. Bukan berarti berbahaya, itulah sebabnya ada banyak atraksi di wisata ini.

Pemandangan alam yang indah

Di atas ketinggian perbukitan tidak ada yang lebih indah dari panorama alam. Dari puncak bukit tersaji pemandangan indah yang sebagian besar dipenuhi pepohonan rindang yang banyak tumbuh subur di bukit-bukit kecil. Pemandangan hijau terkadang tertutup kabut putih yang semakin mendekat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Datangnya kabut nampaknya tak menghilangkan pesona mempesona tersebut, namun justru menimbulkan kesan eksotis yang semakin indah. Inilah yang dianggap sebagian besar pengunjung sebagai negeri di atas awan.

Ngarai Thembelan Kanigoro merupakan tempat yang tepat bagi anda yang sedang berlibur untuk melepas penat atau ingin merasakan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Pemandangan indah lainnya adalah Sungai Oyo yang memisahkan bukit satu dengan bukit lainnya. Sungai ini memang tidak terlalu lebar, namun lebih dari cukup untuk melengkapi pemandangan alam dengan lebih baik.

Bentuknya yang berkelok-kelok mungkin mengingatkan Anda pada sungai terbesar kedua di dunia yaitu Sungai Amazon.

Baca Juga  Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan

Suasana sejuk dan asri

Selain pemandangan alamnya yang indah dan nyaris sempurna, daya tarik lain dari Ngarai Thembelan Kanigoro adalah suasananya yang sejuk dan asri. Semua itu tercapai berkat pepohonan rindang di lokasi, serta perbukitan sejauh mata memandang yang banyak tumbuh pepohonan di atasnya.

Jika datang pada pagi hari, suasananya lebih sejuk bahkan terlalu dingin jika menggunakan pakaian biasa.

Udaranya bersih dan bebas polusi sehingga sangat cocok untuk merawat paru-paru, setidaknya untuk waktu yang singkat. Tempat wisata seperti itu dikatakan ideal bagi pengunjung dari perkotaan.

Memiliki tempat unik untuk foto

Dari dua objek wisata Ngarai Tembelan-Kanigoro yang disebutkan, spot foto uniklah yang paling menarik perhatian.

Pihak pengelola secara khusus membangun sebuah spot foto bagi para wisatawan yang berkunjung agar dapat memiliki kenangan sepulang dari tempat wisata indah tersebut. Tempat utama yang selalu menarik perhatian adalah pos pengamatan yang berbentuk unik.

Dikatakan unik karena terbuat dari bambu padat dan berbentuk seperti kapal. Ada pengunjung yang mengatakan bahwa kapal tersebut mirip dengan Titanic, padahal tidak demikian.

Anggapan ini tak lain karena lokasinya yang berada di pinggir tebing. Pengunjung yang ingin berswafoto bisa berjalan hingga ke haluan kapal sehingga terlihat seperti adegan di film Titanic.

Selain spot foto berupa dek observasi unik, pihak pemandu menyediakan tempat lain yang tak kalah menarik. Terdapat dek observasi yang dilengkapi ayunan.

Tempat unik ini menghadap ke Sungai Oyo dan perbukitan di sebelahnya. Ada juga spot foto kupu-kupu yang tak kalah seru untuk dicoba.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ngarai Tembelan
Foto Visata Mura Transport di Google Maps

Alamat lengkap Ngarai Tembelan Kanigoro adalah Desa Kanigoro, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta kurang lebih 25 kilometer dan dapat ditempuh dengan mobil dalam waktu sekitar satu jam. Landmark utama jika menuju lokasi adalah kebun buah Mangunan.

Jalur terdekat menuju kawasan Imogiri dan melewati terminal Giwangan. Sesampainya di Pasar Imogiri Bantul, ambil jalan menuju makam Raja Bantul. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan, di titik ini banyak terdapat penunjuk arah menuju Kebun Mangunan.

Setelah melewati perkebunan dan hutan pinus, lanjutkan perjalanan dengan memperhatikan rambu-rambu yang ada. Pintu masuk rumah bagus, beraspal.

Baca Juga  Pantai Biru Langkat, Pesona Pemandian Alami yang Dikelilingi Pepohonan Hijau & Perbukitan Menawan

Namun harap selalu waspada karena banyak tanjakan, turunan dan tikungan tajam. Silakan gunakan Google Maps atau tanyakan kepada penduduk setempat jika Anda tidak yakin.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk ke Ngarai Tembelan Kanigoro saat ini masih gratis, jadi Anda bisa masuk ke tempat ini secara gratis. Tidak menutup kemungkinan suatu saat akan dikenakan biaya masuk seperti tempat wisata lainnya.

Bagi yang membawa kendaraan bermotor tentunya wajib membayar parkir dengan harga yang sesuai dengan kendaraan yang dibawanya.

Tidak terlalu mahal tentunya hanya 3000 rupee untuk sepeda motor dan 5000 untuk parkir. Mereka yang membawa elf atau bus akan dikenakan biaya masing-masing Rs 10.000 dan Rs 20.000.

Tempat wisata di Jogja ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun berkunjung pada malam hari tidak disarankan karena kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan pemandangan yang diharapkan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Ngarai Tembelan-Kanigoro
Foto oleh Jurang Thembelan Kanigoro di Facebook

Ngarai Tembelan Kanigoro bukanlah objek wisata yang besar bahkan bisa disebut sangat sempit. Namun, ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa Anda lakukan saat berkunjung, berikut beberapa di antaranya!

1. Menikmati pemandangan alam yang indah.

Tentu tak ada salahnya bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan alam yang mempesona. Apalagi jika objek wisata yang Anda kunjungi kali ini memiliki pesona yang sungguh memukau. Daya tarik tersendiri ketika berkunjung adalah perbukitan hijau yang berbatasan langsung dengan sungai.

Belum lagi kabut yang muncul di pagi hari membuat objek wisata alam ini semakin indah. Keindahan alam semakin dipercantik dengan suasana sejuk asri tanpa polusi. Menikmati makanan yang dibawa dari rumah atau dibeli dari tempat wisata tentu memberikan nuansa aktivitas yang lebih santai.

2. Carilah spot foto di Ngarai Tembelan Kanigoro.

Ngarai Tembelan Kanigoro mempunyai banyak spot foto unik yang mengarah langsung ke pemandangan alam. Tentu saja aktivitas menarik selanjutnya adalah berburu spot foto cantik.

Selain perahu, kupu-kupu, dan anjungan pengamatan dengan ayunan, terdapat juga taman mini yang dilengkapi dengan bangunan buatan berbentuk jamur.

3. Menunggu matahari terbenam

Berada di ketinggian, hal terbaik berikutnya yang bisa dilakukan tentu saja adalah menyaksikan matahari terbenam. Meski menunggu adalah salah satu kegiatan yang membosankan, namun waktu yang ditunggu memang pantas untuk ditunggu karena pesonanya yang indah. Matahari terbenam terlihat jelas dari ketinggian Ngarai Tembelan-Kanigoro.

Baca Juga  Pantai Bagedur, Pantai Mempesona dengan Festival Budaya yang Menarik di Lebak

Sinar cahaya yang perlahan menghilang ke dalam kegelapan terlihat begitu eksotis. Apalagi sinar tersebut biasa memantulkan cahaya indah saat menyentuh pepohonan hijau di perbukitan. Terlihat warna oranye samar perlahan merayap naik, memperlihatkan gradasi warna yang indah.

4. Melihat panorama matahari terbit

Sama eksotiknya dengan sunset atau matahari terbenam, pemandangan matahari terbit di Ngarai Tembelan Kanigoro juga tak kalah eksotiknya.

Bagaimana tidak, di tempat wisata cantik ini hampir setiap hari Anda bisa melihat gumpalan awan di pagi hari. Awan di titik ini tersebar, namun tidak mampu menutupi seluruh ketinggian perbukitan di sekitar lokasi.

Perlahan tapi pasti, sinar matahari mulai menembus dan menyentuh awan serta pepohonan hijau jauh di atas.

Cahaya terangnya tak hanya menampilkan keindahan berpadu putihnya awan dan hijaunya pepohonan, tapi juga menghangatkan wisatawan yang datang saat cuaca dingin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Ngarai Tembelan
Foto Bodro Vidi di Google Maps

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Pengelola Ngarai Tembelan Kanigoro menyediakan berbagai fasilitas pendukung. Tidak terlalu banyak, namun secara keseluruhan layak dijadikan objek wisata. Parkir menjadi fasilitas pertama yang bisa Anda manfaatkan begitu tiba di objek wisata indah ini.

Ada juga toilet yang bersih dan air mengalir yang sama bersihnya, digunakan untuk buang air kecil. Keunggulan lainnya adalah hadirnya warung makan di sekitar tempat. Meski hanya menjual makanan seadanya, keberadaan mereka cukup penting untuk mengisi perut kosong atau sekedar minum.

Objek utama sekaligus alasan wisatawan berkunjung adalah berbagai zona foto dengan desain yang unik. Pengunjung bisa mengambil sesi foto di masing-masing lokasi tersebut secara gratis. Namun jika sedang sibuk, ada baiknya Anda bergantian menemui pelanggan lain yang mungkin sedang mengantri.

Banyak hal menarik yang bisa didapat dengan mengunjungi Ngarai Tembelan-Kanigoro. Informasi yang diberikan di atas hanyalah awal untuk memberikan gambaran kepada Anda tentang objek wisata Bantul yang indah ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi dan lihat sendiri panorama indahnya.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *