Wisata Sungai Oyo, Destinasi Wisata Alam Susur Sungai Seru di Gunung Kidul

Ide Wisata90 Dilihat


Rasakan serunya menyusuri sungai yang memacu adrenalin di Oyo River Tour, Gunung Kidul yang menawarkan pengalaman wisata alam yang mendebarkan dan imersif kepada pengunjungnya.

Harga tiket: Rp 45.000, Jam kerja: 07.00–16.30 WIB, Alamat: Seropan, Bejihardjo, Kecamatan. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Sungai Oyo Sungai Oya merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul, Jogja yang tidak pernah sepi. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini merupakan sebuah sungai, namun tentunya bukan sembarang sungai biasa.

Pengunjung yang datang ke tempat ini terutama ingin menikmati olahraga menantang dan memacu adrenalin bernama arung jeram.

Karena merupakan sungai terpanjang di Jogja, wajar jika banyak hal menarik yang bisa Anda temukan saat menyusuri sungai tersebut. Panjangnya melebihi 106 kilometer dan memanjang dari timur ke barat daya.

Konsumsi air tergantung musim, rata-rata konsumsi 9,31 m3/detik. Pada musim hujan, debit air meningkat hingga nilai maksimum 83,2 m3/detik. Sedangkan pada musim kemarau tentu saja menurun namun tetap di atas 1,89 m3/detik.

Di sepanjang jalur panjang ini, sungai yang terbentuk akibat erosi karst dan perubahan suhu membelah perbukitan kapur dan membaginya menjadi sisi utara dan selatan. Penduduk setempat menyebutnya Kali Oyo dan dapat dilihat di beberapa tempat wisata lainnya seperti Ngarai Thembelan Kanigoro.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

➥ Wisata Sehari di Jogja : Wisata Lava Sunrise Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Daya tarik Sungai Oyo

Atraksi di Sungai Oyo
Foto oleh Syafrizal Adi Shaktia di Instagram

Beberapa orang yang pernah berkunjung menganggap Sungai Oyo tidak terlalu menarik. Hal ini wajar karena sudut pandang setiap orang berbeda-beda. Di sisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa objek wisata di Gunung Kidul ini sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri.

Perjalanan merangsang adrenalin

Daya tarik pertama dan juga alasan mengapa tempat wisata ini selalu ramai pengunjung adalah kegiatan olah raganya. Apalagi jika kita tidak berbicara tentang rafting atau tubing. Dengan panjang lintasan lebih dari 106 kilometer, olahraga ini tentu semakin intens dan memacu adrenalin.

Terdapat bebatuan di beberapa bagian sungai, membuat olahraga ini semakin menantang. Apalagi saat musim hujan, saat debit air semakin tinggi sehingga kecepatannya semakin tinggi. Pada musim hujan ini, panjang sungai juga bertambah 2 hingga 4 kali lipat dari panjang sebelumnya.

Pemandangan indah Sungai Oyo

Tentu saja salah satu daya tarik utama dari tempat wisata alam ini adalah keindahannya. Sungai Oyo yang panjang membelah perbukitan memiliki beberapa pemandangan yang cukup indah. Di setiap tepian sungai terdapat pepohonan rindang yang tak hanya membuat lingkungan sekitar menjadi rindang namun juga menyejukkan mata.

Baca Juga  Goa Selarong, Goa Bersejarah dengan Panorama Air Terjun Memukau di Bantul

Bukan hanya pepohonan saja yang Anda lihat, beberapa sungai ini juga mengandung bebatuan eksotik. Jalan setapak yang berkelok-kelok seperti Sungai Amazon menjadi daya tarik lain yang bisa Anda lihat. Saat musim kemarau, air sungai ini sangat jernih sehingga terlihat bebatuan di dasarnya.

➥ Tur satu hari ke Yogya: arung jeram di Sungai Oya, Sri Getuk dan Lintang Sewu

Air Terjun di Sungai Oyo

Daya tarik Sungai Oyo selanjutnya adalah air terjun dengan panorama yang indah. Apalagi keindahan seutuhnya akan Anda saksikan saat berlibur ke tempat wisata di Jogja ini. Airnya sangat jernih, seperti sungai saat musim kemarau. Ketinggiannya sekitar 4 meter dengan aliran air yang cukup deras.

Saat Anda berarung jeram dan menemukan air terjun ini, disarankan agar Anda tidak sekedar melihat tapi berhenti untuk menikmati keindahannya. Anda bisa berada di bawah air terjun, menikmati langsung air yang jatuh. Anda juga bisa mandi di bawahnya untuk mendapatkan kesegaran sempurna dari air mengalir alami.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Sungai Oyo
Foto oleh Hans Kemarau di Google Maps

Jika ingin mengunjungi Sungai Oyo, langsung saja menuju Jalan Grogol V, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmodjo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempatnya dekat dengan objek wisata Goa Pindul, jadi anda bisa mengikuti jalur yang sama. Jaraknya sekitar 7 kilometer jika saat ini Anda berada di kawasan Vonosari.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Jogya, pilihlah arah menuju Bukit Bintang. Silakan ikuti jalan utama hingga menemukan Hutan Tesleh dan sampai di pertigaan Gading.

Sampai di sini Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Vonosari. Saat Anda sampai di bundaran Sinoia, carilah tanda yang mengarahkan Anda ke lokasi atau tanyakan pada penduduk setempat.

➥ Cek promosi hotel di Gunung Kidul

Biaya masuk ke tempat wisata

Untuk memasuki kawasan Sungai Oyo sebenarnya tidak dipungut biaya masuk. Namun jika ingin melakukan rafting atau river tubing, maka harga yang berlaku tetap termasuk dalam paket wisata Gua Pindul.

Sangat murah hanya 45.000 ribu per orang dengan jumlah minimal 10 orang dalam satu tim atau satu perahu. Harga tersebut sudah termasuk perlengkapan lengkap seperti sepatu karet, ban karet, dan jaket pelampung.

Baca Juga  Pantai Parangendog, Spot Favorit Menikmati Panorama Sunset di Gunung Kidul

Setiap perahu memiliki satu pemandu profesional, yang biayanya sudah termasuk dalam harga tiket yang tercantum di atas. Panduan tersedia untuk menjawab pertanyaan guna memperluas pengetahuan Anda tentang destinasi wisata ini.

Anda juga bisa memintanya berhenti sejenak jika ingin mengabadikan momen penting saat berjalan menyusuri sungai. Jam buka buka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 16.30 waktu setempat.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Sungai Oyo
Foto oleh Syafrizal Adi Shaktia di Instagram

Ada beragam aktivitas menarik yang bisa dinikmati di sepanjang Sungai Oyo. Objek wisata ini dibangun untuk berbagai kegiatan, salah satunya adalah arung jeram yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Untuk lebih jelasnya, berikut beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan!

1. Pacu adrenalin saat arung jeram.

Arung jeram merupakan kegiatan yang populer di tempat wisata ini. Sungai sepanjang 106 kilometer ini layak untuk dijelajahi. Apalagi jika saat musim hujan rutenya menjadi 2-4 kali lebih panjang. Aliran air yang tinggi dengan kecepatan rata-rata lebih dari 9 m3/detik menambah keseruan arung jeram.

Meski konon arung jeram di Sungai Oyo bisa memacu adrenalin, namun tidak terlalu ekstrim. Masih sedikitnya bebatuan di tengah sungai yang biasanya menimbulkan riak yang kuat.

Jadi bagi anda yang baru atau baru mengenal olahraga seru ini tidak perlu khawatir. Selain itu, keselamatan terjamin dengan jaket pelampung dan helm.

2. Tubing santai di Sungai Oyo.

Selain rafting, river tubing juga tak kalah asyiknya dilakukan saat berada di objek wisata di Jogja ini. Bersantai di atas ban karet menyusuri sungai menjadi pilihan kedua bagi wisatawan. Secara umum pengelola merekomendasikan penggunaan river tube di Sungai Oyo jika debit air sedikit.

3. Berenang seru sambil lompat tebing

Bagi penggila mandi, sungai yang disebut juga Kali Oyo ini menjadi pilihan utama. Airnya yang jernih terutama saat musim kemarau membuat pengalaman bermain semakin menyenangkan.

Wisatawan yang melakukan aktivitas seperti ini sering memanfaatkan air terjun tersebut. Oleh karena itu, saat rafting atau tubing, mereka singgah di air terjun cantik ini.

Kehadiran tebing batu setinggi 4 hingga 9 meter menjadi pilihan tepat untuk lompat tebing. Benar-benar aman karena kondisinya tidak licin seperti bebatuan di air terjun lainnya.

Namun kedalamannya perlu diperhatikan, karena terdapat area yang kedalamannya mencapai 12 meter. Oleh karena itu, pemandu tidak menyarankan melepas jaket pelampung saat berenang.

Baca Juga  Gua Maria Sendangsono, Destinaso Wisata Religi di Kulon yang Kaya Pesona

4. Berburu spot foto

Berburu spot foto di Sungai Oyo menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Wisata alam yang indah tidak mungkin dilewatkan. Apalagi jika Anda berada di tebing yang tinggi dan menjulang tinggi.

Dari kejauhan tampak seperti sebuah gua, berdiri kokoh di atas air. Tempat yang tak kalah menarik untuk berfoto tentunya adalah air terjunnya yang indah dan terlihat eksotis.

Meski tidak ada noda tertentu, namun hampir semuanya menimbulkan kesan indah alam. Tanaman yang tidak terlalu rindang menghiasi setiap tepian sungai. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat anda sedang rafting atau tubing. Kedua aktivitas ini wajib dilakukan jika Anda mengunjungi Sungai Oya.

5. Mengunjungi Gua Pindul.

Jika Anda puas dengan semua aktivitas di atas, tidak ada salahnya mengunjungi Gua Pindul. Tempat-tempat wisata ini letaknya berdekatan dan masih berada dalam satu tempat.

Sayang jika melewatkan eksotisme goa yang masih satu jalur dengan rafting dan tubing ini. Ada kalanya sinar matahari masuk ke celah-celah gua dan terpantul setelah menyentuh permukaan air sungai, menambah pesona alamnya yang luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek di Sungai Oyo
Foto oleh Rockland Sitorus di Instagram

Sungai Oyo memiliki beragam aktivitas yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan selama berkunjung. Ketersediaan tempat parkir merupakan item pertama yang dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Silakan gunakan toilet untuk buang air kecil atau berganti pakaian. Warung makan ini terletak di satu tempat dan menawarkan menu khas Jawa.

Fasilitas masyarakat lainnya yang akan Anda temukan adalah akomodasi dengan harga bervariasi mulai dari Rp 100.000 per malam.

Perlengkapan keselamatan adalah salah satu barang yang wajib Anda dapatkan saat memilih tur tubing. Meski jumlahnya tidak banyak, namun tetap tersedia tempat duduk jika ingin bersantai menikmati suasana.

Ingin berkunjung ke Sungai Oyo di Jogja dan merasa resah setelah membaca ulasan di atas? Sedikit saran, usahakan datang saat cuaca cerah.

Pilihan yang paling cocok adalah pada musim kemarau karena debit airnya tidak terlalu besar dan arusnya tidak terlalu deras. Saat musim hujan, sungai yang menjadi objek wisata utama ini terkadang banjir.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *