Kebun Raya Liwa, Pesona Alam Eksotis dari Ketinggian di Lampung

Ide Wisata10 Dilihat


Kebun Raya Liwa, pesona alam eksotis dari atas di Lampung, menawarkan beragam koleksi tanaman dan panorama pegunungan yang menakjubkan.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Way Mengaku, Kek. Balik Bukit, Kab. Lampung Barat, Lampung; Map: Periksa lokasi

Kebun Raya Liwa merupakan objek wisata alam berupa taman yang dihiasi berbagai jenis tumbuhan. Mulai dari tanaman hias, tanaman obat, tanaman buah-buahan dan beberapa jenis tanaman lainnya yang ada di kebun raya ini. Lokasinya di Kabupaten Lampung Barat. Setiap wisatawan yang mengunjunginya bisa menikmati keindahannya.

Ini adalah tujuan wisata yang bagus untuk ditambahkan ke daftar liburan Anda. Selain memberikan nuansa alam yang menenangkan, pengembangan wisata kawasan lindung ini dapat dijadikan sebagai edukasi untuk mendekatkan diri dengan alam. Ideal sebagai cara mengenalkan anak pada berbagai tanaman.

Kondisi alam di Kebun Raya Liwa masih sangat alami. Tanaman hias banyak menghiasi wilayah lokasi, udaranya sejuk, dan suasananya tenang. Cocok sekali dijadikan tempat berlibur.

Hilangkan kepenatan rutinitas dan segarkan pikiran. Agar Anda tidak bertanya-tanya tentang keindahannya, berikut ikhtisar singkatnya untuk dijadikan referensi.

Atraksi Kebun Raya Liwa

Pemandangan Kebun Raya Liwa.
Foto oleh Ahmad Subchan di Google Maps

1. Pesona alam dari atas

Kebun Raya Liwa terletak di kawasan pegunungan tinggi dengan pemandangan alam yang memanjakan mata. Wisatawan bisa menikmati keindahan bukit dengan pepohonan tinggi yang hijau subur. Selain itu, terdapat sepetak rumput hijau sebagai alasnya, mirip dengan hamparan karpet.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kebersihan ekologi di kawasan wisata sejuk ini sangat terjaga. Selain menghimbau pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, pihak pengelola juga memberikan layanan kebersihan yang sangat baik. Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke sini merasa nyaman dan betah.

2. Tempat unik untuk foto

Kebun Raya Liwa memiliki beberapa spot foto unik dan menarik dengan latar pemandangan alam yang memanjakan mata. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa berfoto sambil menata rambutnya.

Untuk memastikan hasil yang memuaskan, ada baiknya Anda membawa kamera terbaik dan fotografer berpengalaman di bidangnya. Sehingga Anda bisa menambahkan foto-foto keren ke koleksi Anda di album di jejaring sosial.

3. Berbagai koleksi tumbuhan.

Jika Anda berjalan-jalan di taman, Anda akan menjumpai berbagai koleksi tanaman. Bukan hanya tanaman hias saja yang dipenuhi bunga-bunga indah dan semarak. Namun ada juga tanaman obat dan buah-buahan.

Baca Juga  Citra Raya Water World, Taman Rekreasi Air dengan Kolam Renang dan Wahana Menarik di Tangerang

Jika berkunjung saat musim buah-buahan, Anda bisa mencicipi buah-buahan segar dari kebun ini. Hal ini akan membuat suasana liburan semakin seru dan menyenangkan.

4. Jalur untuk menjelajahi taman.

Jalur pejalan kaki dibangun oleh pemerintah untuk memudahkan wisatawan menavigasi taman. Karena jalannya yang bersih dan tidak kotor, pengunjung pun beramai-ramai melihat berbagai tanaman koleksi Kebun Raya Liwa.

Oleh karena itu, setiap pengunjung juga diharapkan turut serta menjaga keutuhan dan kebersihan fasilitas. Boleh mengambil gambar, tapi jangan merusaknya. Dilarang memetik terutama tanaman berbunga.

5. Suasana wisata yang sejuk

Beragamnya tanaman yang ada di kebun raya serta pemandangan perbukitan yang hijau membuat pemandangan semakin indah. Apalagi jika pengunjung menikmatinya dari atas bukit. Anda akan langsung dimanjakan dengan sensasi alam yang langsung membuat Anda sejuk.

Udara di Kebun Raya Liwa masih terasa sangat sejuk dan segar karena tidak ada asap baik dari kendaraan maupun gas industri. Selain itu, terdapat juga berbagai tumbuhan yang mampu menghirup karbon dioksida dan menghasilkan oksigen untuk pernapasan manusia.

Bahkan di pagi hari, tempat wisata ini kerap dihiasi kabut putih. Oleh karena itu, udara menjadi semakin dingin. Agar Anda bisa menikmati momen langka ini, sebaiknya datang di pagi hari. Apabila lokasinya cukup jauh, disarankan untuk mencari penginapan yang lebih dekat dan menghadap langsung ke kebun raya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Raya Liwa
Foto oleh Sellin Gacha Editz_ di Google Maps

Kebun Raya Liwa terletak di dalam Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Terletak di dataran tinggi pada ketinggian sekitar 949 meter di atas permukaan laut. Lebih tepatnya alamatnya terletak di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Barat, Kecamatan Balik Bukit, Desa Kubu Perahu.

Objek wisata alam ini masih berada di pusat kota Liwa sehingga mudah ditemukan oleh wisatawan. Jika wisatawan memulai perjalanan dari Sumberjaya, menuju ke arah Kota Liwa.

Saat mendekati tugu kota, belok kanan melewati Lapangan Merdeka. Kemudian sebelum menemukan Taman Khamtebiu, belok kiri dan masuk ke Jalan Kruwi Liwa. Sekitar 400 meter terdapat kebun raya yang menjadi andalan pariwisata wisatawan di Lampung Barat.

Baca Juga  Wisata Alam Pakalolo, Sungai Eksotis di Luwu yang Dikelilingi Berbagai Vegetasi Hijau

Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat tentang lokasi kebun raya ini. Karena masyarakat sangat memahami keberadaan wisata kebun raya. Atau untuk mempermudah itinerary perjalanan Anda, Anda juga bisa menggunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Awalnya, wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Liwa bisa menikmati keindahannya tanpa membayar biaya masuk. Namun sesuai ketentuan peraturan setempat, mulai Januari 2021 akan diberlakukan tarif masuk bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya.

Orang dewasa dapat membayar Rp 5.000, sedangkan anak-anak dan pelajar dikenakan biaya masuk sebesar Rp 3.000 per orang. Tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000 dan roda empat sebesar Rp 5.000.

Jam berkunjung wisata kebun raya adalah pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Buka setiap hari baik weekday maupun weekend.

Kegiatan yang menarik

Acara di Kebun Raya Liwa
foto Praktekkan ketulusan di Twitter

Menikmati suasana alami Kebun Raya Liwa.

Suasana alam di Kebun Raya Liwa sangat menyegarkan, setiap wisatawan yang mengunjunginya bisa merasakan kesegarannya.

Banyaknya tanaman hijau segar tentu membuat pemandangan tempat ini sangat menawan. Apalagi jika menikmatinya dari atas bukit sambil duduk-duduk di gazebo-gazebo yang ada.

Ambil foto di tempat modern

Para pecinta dunia fotografi tak akan melewatkan momen-momen berharga berfoto di tempat-tempat Instagrammable. Wisatawan akan berpose di sudut-sudut taman dengan pemandangan yang unik dan menarik.

Bahkan ada juga yang khusus membawa kamera terbaiknya untuk mengunjungi kawasan taman ini. Tujuannya tak lain untuk mengabadikan momen bersantai bersama keluarga/kerabat yang dihias dengan pemandangan alam yang mempesona.

Eksplorasi taman

Banyaknya koleksi berbagai tanaman di Kebun Raya Liwa membuat pengunjung semakin penasaran untuk melihatnya secara langsung. Nah, aktivitas seru yang bisa Anda lakukan untuk mengenali satu per satu jenis tumbuhan tersebut adalah dengan berjalan-jalan di taman.

Kondisi jalan yang mulus berupa jalur pejalan kaki memudahkan untuk mengenal taman tersebut. Jika merasa lelah, terdapat juga gazebo yang bisa dijadikan tempat bersantai. Atau bahkan duduk langsung di sepetak rumput hijau yang bisa dijadikan alas.

Jelajahi berbagai koleksi tanaman

Selain berwisata, pengunjung juga bisa belajar mengenal berbagai tumbuhan koleksi kebun raya.

Baca Juga  Intip Pesona Candi Ijo, Candi Hindu Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di Sleman

Melihat beberapa tumbuhan berbunga, membedakan jenis tumbuhan obat, serta berbagai jenis tumbuhan berbuah. Hal ini dapat menjadi cara untuk mempelajari alam dan mengetahui ciri-ciri jenis tumbuhan.

Melakukan penelitian

Banyaknya koleksi tumbuhan di Kebun Raya Liwa seringkali membuat mahasiswa ingin melakukan penelitian. Mulai dari meneliti keanekaragaman tanaman, ciri-ciri masing-masing tanaman, hingga media tanam yang digunakan untuk pemupukan.

Oleh karena itu tidak heran jika wisata alam ini sering juga disebut dengan wisata edukasi yang memadukan antara wisata dengan lembaga pendidikan. Bertujuan untuk mengenali keanekaragaman alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Objek Kebun Raya Liwa
Foto Siska Lania di Google Maps

1. Parkir

Pihak pengelola telah menyiapkan sebidang tanah untuk parkir bagi wisatawan yang berkunjung. Lokasinya cukup memadai. Selain nyaman, lahannya juga luas sehingga wisatawan bisa memarkir mobilnya dengan mudah.

2. Ruang sholat

Umat ‚Äč‚ÄčIslam yang ingin menunaikan salat tidak perlu mencari musala jauh dari lokasinya. Kawasan wisata Liwa Botanical Garden memiliki musala dan tempat wudhu.

3. Kolam renang

Kehadiran kolam berisi ikan hias lucu membuat suasana wisata semakin memanjakan mata. Pikiran yang lelah pun seolah akan disegarkan kembali dengan keindahan alam tempat wisata tersebut.

4. Toilet

Ketersediaan toilet di kawasan wisata dapat dimanfaatkan wisatawan untuk keperluan MCK. Ketersediaan dan kemurnian air juga cukup mencukupi.

5. Gazebo

Gazebo yang berada di taman dapat digunakan untuk bersantai dan melepas penat sambil menikmati kuliner dan mengagumi keindahan alam yang tiada habisnya. Selain itu, bangunan ini juga dapat berfungsi sebagai tempat berteduh ketika cuaca menjadi panas atau sebaliknya (hujan).

6. Ruang makan

Wisatawan yang merasa lapar/haus setelah berjalan-jalan di taman dapat langsung membeli berbagai kuliner baik makanan ringan maupun minuman menyegarkan di kantin wisata.

7. Jalur pejalan kaki

Pihak manajemen telah menyiapkan jalur pejalan kaki yang nyaman untuk memudahkan wisatawan menjelajahi taman. Lihatlah berbagai koleksi tanaman berwarna-warni.

Demikian sekilas tentang Kebun Raya Liwa di Lampung Barat dengan beragam koleksi tanaman dan spesies eksotiknya. Ayo tunggu apa lagi? Rencanakan segera kunjungan ke objek wisata menawan ini. Dijamin Anda tidak akan menyesalinya. Selamat berlibur.




databaru.my.id