Pantai Baron, Wisata Bahari Eksotis dengan Sejuta Pesona di Gunung Kidul

Ide Wisata19 Dilihat


Pantai Baron yang terletak di Gunung Kidul menawarkan wisata bahari yang eksotis dan menawarkan pengalaman tak terlupakan dengan gardu pandang yang menampilkan pesona alamnya yang memikat.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Regjosari, Kemadang, Kecamatan. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Baron merupakan salah satu tempat wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta yang menawarkan pemandangan yang sangat menawan. Air di pantai ini sangat jernih dan berwarna kebiruan. Ada juga dua jenis air: air tawar dan air asin. Inilah salah satu bukti keunikannya.

Sesampainya di pantai, pengunjung akan disambut oleh sejumlah perahu nelayan yang berjejer di bibir pantai. Perahu akan lebih terlihat pada pagi hari. Dimana para nelayan kembali dari melaut dan memarkir perahunya di tepi pantai. Pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai spot foto.

Mungkin nama pantai ini terlihat sedikit tidak lazim. Ya, kata “baron” diambil dari nama bangsawan Belanda yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai indah ini. Nama bangsawan itu adalah Baron Skeber. Karena itulah pantai ini dinamakan Pantai Baron.

➥ Hotel murah di Gunung Kidul

Atraksi Pantai Baron

Shutterstock Daya Tarik Pantai Baron
Foto oleh Azhar Rosid Hidayat di Shutterstock

Keunikan aliran air

Pantai menawan ini memiliki dua aliran air: segar dan asin. Setiap 5 tahun sekali, aliran air di pantai ini bisa berubah arah dengan sendirinya. Yang semula mengalir dari barat ke laut berubah menjadi timur. Pertemuan kedua aliran ini menarik untuk disimak.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Air yang berasal dari sungai yang mengalir di bawah laut ini berwarna kehijauan. Sedangkan air laut asli dari pantai ini berwarna kebiruan. Gradasi warna ini membuat pantai semakin indah.

Pemandangan menawan

Pantai Baron merupakan hamparan pasir berwarna putih kecoklatan. Teksturnya lembut dan halus. Sehingga kaki Anda terasa nyaman saat diinjak. Dari sisi pantai juga terlihat kawasan perbukitan yang tinggi. ditumbuhi beberapa tanaman hijau subur.

➥ Cek tiket teras kaca Pantai Nguluran Jogja.

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmatinya dengan nyaman. Hirup udara segar dengan aroma khas pantai. Ditemani angin sepoi-sepoi. Pantai cantik ini juga menampilkan bebatuan karang yang terjal.

Saat musim liburan tiba, baik itu liburan sekolah, hari raya maupun perayaan nasional lainnya, suasana di pantai cantik ini sangat meriah. Apalagi jika hari sudah menjelang malam. Pengunjung semakin banyak berkumpul menikmati suasana senja.

Ombak pantai yang tenang

Meski merupakan bagian dari garis pantai selatan, ombak di Pantai Baron yang saat ini populer tidak terlalu besar. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang ingin merasakan segarnya air sambil berenang.

Baca Juga  Wisata Alam Pakalolo, Sungai Eksotis di Luwu yang Dikelilingi Berbagai Vegetasi Hijau

Namun, Anda harus selalu berhati-hati. Jika Anda ragu dengan kondisi air di pantai, Anda bisa menyewa pelampung di lokasi. Anda dapat menyesuaikan ukuran pelampung sesuai dengan ukuran tubuh Anda. Tak hanya untuk orang dewasa, di tempat penyewaan juga terdapat perahu khusus anak-anak.

Ada gardu pandang

Jika ingin melihat keindahan Pantai Baron yang memiliki dua aliran air dari titik tinggi, Anda bisa naik ke dek observasi. Anda dapat memanjat batu dengan hati-hati.

Selain dek observasi yang menyuguhkan pemandangan menawan, juga terdapat mercusuar. Titik ini bisa Anda manfaatkan sebagai tempat memotret dengan sudut yang fantastis. Tentu saja dihiasi dengan hamparan lautan yang indah.

Sebagai penghasil ikan dalam jumlah besar

Banyaknya perahu nelayan di sepanjang bibir pantai menjadi bukti bahwa kawasan Pantai Baron kaya akan sumber daya alam. Nelayan menghabiskan waktunya untuk memancing. Mereka akan melaut pada siang hari dan kembali ke darat pada pagi hari.

Jadi, bagi Anda yang menginginkan ikan segar bisa membelinya di pagi hari. Selain berwisata, Anda juga bisa membeli ikan di tempat pelelangan. Harganya pun cenderung lebih murah karena langsung dari tangan nelayan.

Sering digunakan sebagai upacara adat.

Setiap 1 suro, warga setempat kerap mengadakan upacara sedekah laut. Upacara adat ini dilakukan sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat setempat atas hasil tangkapan ikan yang melimpah.

Biasanya warga mengenakan pakaian adat Jogja, membawa hasil pertanian, dan membuangnya ke laut. Upacara dipimpin oleh seorang pamengku adat di desa setempat. Dengan harapan kedepannya para nelayan tetap bisa memperoleh hasil tangkapan ikan yang melimpah dan aman di laut.

➥ One Day Tour ke Yogya : Pantai Timang, Pantai Indrayanti dan Pantai Drini

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Baron
Foto oleh Reezky Pradata di Shutterstock

Pantai Baron terletak di salah satu daerah Daerah Istimewa Yogyakarta. Khususnya di Kecamatan Gunung Kidul, Kecamatan Tanjungsari, di Desa Kemadang. Jarak waktu dari pusat kota Jogja cukup jauh. Pengunjung harus menempuh perjalanan kurang lebih 1,5 hingga 2 jam dengan mobil.

Adapun rute yang bisa Anda tempuh jika memutuskan berangkat dari pusat kota Jogya, yaitu melalui Jalan Lingkar Ketandan lalu menuju Playen. Selanjutnya berjalan menuju Puslatpur TNI. Kemudian terus menuju pasar Trunovo dan terus sampai Giering. Anda akan menemukan tanda arah. Ikuti petunjuk berikut yang terletak di dekat lokasi.

Baca Juga  Pantai Mutiara PIK, Pantai Unik di Jakarta yang Dikelilingi Gedung Pencakar Langit

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin berlibur ke Pantai Baron akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Biaya masuknya relatif murah, sehingga semua kalangan wisatawan bisa sampai ke sini.

Termasuk dalam menentukan tarif parkir. Dinas Pariwisata setempat menetapkan standar harga parkir. Parkir kendaraan roda empat hanya dikenakan biaya Rp 5.000 per unit. Sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000.

Namun, harga tiket dapat berubah seiring waktu. Sesuai dengan keputusan manajemen dan peraturan daerah setempat. Jadi jangan gunakan harga ini sebagai panduan 100%.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Hiburan Pantai Baron
Foto: Reezky Pradata di Shutterstock

1. Menikmati pemandangan pantai

Pemandangan di Pantai Baron sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski tiket masuknya tergolong murah, namun pesona keindahan yang dihadirkan berbanding terbalik. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai tanpa batas waktu. Lagipula, jam berkunjung ke pantai indah ini tidak dibatasi oleh waktu.

Karena keindahannya, tak heran jika banyak wisatawan dari berbagai daerah, bahkan ada pula wisatawan yang tertarik untuk melihatnya secara langsung. Apalagi di hari libur, pantai ini akan dipenuhi wisatawan bak lautan manusia.

2. Jelajahi pantai dengan perahu.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling Pantai Baron. Anda hanya perlu membayar harga sewa yang terjangkau dan pemilik perahu akan membawa Anda menjelajahi pantai eksotis ini.

3. Berenang

Jernihnya air laut dan warnanya yang eksotis membuat pengunjung langsung merasakan sensasinya. Kegiatan yang biasa dilakukan adalah berenang.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak, mereka memadati pantai untuk berenang, bermain pasir, atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya. Jika ingin merasakan kesegaran airnya, datanglah pada pagi hari atau bahkan sebelum senja. Cuacanya tidak begitu panas dan kesegaran air pantai bisa Anda rasakan.

4. Foto dengan pemandangan menakjubkan

Rasanya ada yang kurang jika berkunjung ke Pantai Baron namun tidak berswafoto. Banyaknya suasana modern dan pemandangan hamparan lautan luas menjadi daya tarik yang patut diabadikan.

Jika ingin pemandangan lebih eksotik dengan pemandangan lebih jelas lautan luas, pasir putih dan deretan perahu nelayan, Anda bisa menggunakan pos pengamatan. Anda bisa mengambil foto di pos pengamatan untuk mendapatkan background yang luar biasa indah.

5. Wisata kuliner

Usai berolahraga di pinggir pantai dan perut keroncongan, Anda bisa langsung menuju deretan tenda yang ada di pinggir pantai. Anda bisa memesan beragam kuliner, termasuk kuliner khas pantai.

Baca Juga  Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Bagi pecinta seafood bisa memesan olahan kepiting, udang, kerang, ikan dan lain-lain. Tentunya dengan harga yang terjangkau. Namun rasanya tetap menjadi juara karena kecanggihannya.

Anda bisa menikmatinya di lantai warung sambil menikmati indahnya suasana pantai. Berkumpul bersama keluarga membuat suasana liburan semakin berkesan dan romantis.

6. Membeli oleh-oleh

Kegiatan ini biasanya sangat digemari pengunjung, khususnya kaum hawa. Ya, selain kios, di sepanjang pinggir Pantai Baron juga terdapat deretan toko oleh-oleh. Anda bisa membeli baju, pakaian pantai, tas, sandal, kalung, gantungan kunci dan berbagai aksesoris lainnya.

Harga yang dipatok penjual juga sangat terjangkau. Oleh karena itu, dapat dibeli dalam jumlah banyak. Nah, saran bagi Anda yang membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak: tawar-menawar harga atau diskon. Merchant biasanya memberikan harga khusus.

7. Piknik bersama keluarga

Suasana santai di Pantai Baron bisa dijadikan tempat piknik keluarga. Pengunjung dipersilakan membawa makanan dan minuman dari rumah. Misalnya membawa aneka masakan, minuman, makanan ringan, buah-buahan, dan lain sebagainya. Jangan lupakan permadani.

Saat mengunjungi suatu lokasi pantai, pengunjung bisa menahannya. Menikmati makanan yang dibawanya sambil mengagumi keindahan pantai. Ini benar-benar salah satu kegiatan liburan termahal dan sangat mengesankan.

Apalagi Anda juga bisa melihat si kecil asyik bermain di pasir lembut khas pantai. Rasa capek, capek, bosan dan lain sebagainya akan hilang begitu saja.

8. Bersantai di gazebo.

Kehadiran gazebo berupa payung warna-warni juga menjadi daya tariknya. Anda bisa menggunakannya sebagai tempat beristirahat atau bersembunyi.

Apalagi jika dibarengi dengan meminum es kelapa segar. Hmm, aku tidak ingin segera meninggalkan pantai ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Shutterstock Pantai Baron
Foto oleh Lcyudistira di Shutterstock

1. Parkir

Tempat parkir di Pantai Baron cukup luas. Sehingga bisa digunakan untuk menampung berbagai kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor.

2. Toilet

Terdapat juga fasilitas umum berupa toilet. Tidak hanya satu pintu, namun juga beberapa pintu yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

3. Toko suvenir

Wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh khas pantai bisa langsung menuju toko oleh-oleh di lokasi ini. Harganya juga terjangkau.

4. Warung makan

Warung makan di sepanjang pantai menawarkan berbagai makanan lezat dan minuman menyegarkan.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Baron dan keindahannya. Yuk segera jadwalkan waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan pantai dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya bersama keluarga.


databaru.my.id