Tugu Payan Mas, Spot Terbaik untuk Bersantai Bersama Keluarga di Kotabumi

Ide Wisata12 Dilihat


Tugu Payan Mas, destinasi liburan keluarga terbaik di Kotabumi, menyajikan beragam kuliner lezat.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Jl. Gen. Sudirman No. 139, Kota Gapura, Kec. Kotabumi, Kab. Lampung Utara, Lampung; Map: Periksa lokasi

Saat sedang berlibur, biasanya Anda ingin merasakan suasana terkini dari suatu tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi. Salah satunya menuju Tugu Payan Mas, objek wisata yang menjadi simbol atau ikon khas Kotabumi, di Kabupaten Lampung Utara. Payan Mas artinya Tombak Emas dalam bahasa Lampung.

Keberadaan tugu ini terletak di tengah perempatan kota sehingga menarik perhatian wisatawan. Apalagi bagi setiap pengendara yang melewatinya.

Sebuah bangunan megah dan unik mempunyai filosofi tersendiri. Wisatawan yang berkunjung bisa menikmati keindahannya dengan berfoto atau bersantai di area monumen.

Banyak wisatawan yang datang ke sini hanya sekedar untuk berfoto atau jalan-jalan. Selain pemandangannya yang unik, juga menawarkan beragam kuliner dengan harga terjangkau. Biasanya pada siang hari atau Sabtu malam banyak pengunjung terutama anak muda yang datang untuk menikmati gemerlap lampu monumen ini.

Atraksi Tugu Payan Mas

Atraksi Tugu Payan Mas
Foto oleh Erwin Ramadan di Google Maps

Lampu berkilauan di monumen

Tugu Payan Mas akan semakin indah di malam hari. Wisatawan bisa menikmati gemerlap lampu monumen ini.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Desain ikon khas Kotabumi ini mempunyai filosofi tersendiri. Pada bagian samping tombak terlihat 9 buah perisai yang melambangkan marga-marga komunal Kabupaten Lampung Utara. Diantaranya adalah marga Buay Nuban, Buay Nynyay, Buay Beluk, Buay Unyi, Buay Selagay, Buay Subing, Buay Anek Tuhoe, Buay Nyerup dan Buay Kunan.

Menambah pemandangan kota yang indah

Keberadaan Tugu Payan Mas tak hanya menarik perhatian setiap pengendara yang melintas di perempatan Jalan Sudirman, namun juga menambah keindahan penampilan kota tersebut.

Meski berbagai tanaman ditanam di sekitar jalan, namun dengan tugu tinggi ini pesonanya akan semakin indah. Pengalaman cuaca kota yang panas pun tak terlupakan karena keindahan objek wisata kebanggaan masyarakat Lampung Utara ini.

Tempat unik untuk berfoto

Monumen Payan Mas memang menjadi destinasi wisata favorit. Jika ke Lampung Utara namun tidak mengunjungi tugu yang dibangun di atas bangunan khas ini, rasanya ada yang kurang.

Baca Juga  Pusuk Buhit, Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Danau Toba di Samosir

Maka tak heran jika banyak pengunjung yang menggunakan ikon ini untuk mengambil foto dan mengunggahnya ke beranda media sosial. Namun dalam hal ini pun, tempat-tempat di sekitar tugu tidak kalah menariknya. Misalnya saja papan bertuliskan “KOTABUMI BETTA” yang kerap dicari wisatawan untuk berfoto.

Banyak kuliner yang bisa Anda temukan

Selain pemandangan kota yang indah, wisatawan juga bisa berburu kuliner yang dijual pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Sudirman. Banyak juga pedagang yang menyediakan tikar atau kursi untuk duduk sambil menikmati kuliner.

Jadi, buat kamu yang sedang merasa lapar atau haus, tak perlu khawatir lagi ya? Anda bisa menemukan beragam jajanan dengan cita rasa unik yang lezat dan harga terjangkau. Anda bisa membelinya sesuai selera Anda.

Sebagai tempat bersantai

Wisatawan yang berkunjung ke Tugu Payan Mas biasanya ramai pada akhir pekan atau hari libur. Kebanyakan dari mereka ingin menikmati suasana kota sekaligus menikmati kuliner.

Bosan dengan hiburan sehari-hari, penduduk setempat berbondong-bondong mengunjungi objek wisata ini. Keindahan bangunan tugu dan kendaraan yang berlalu lalang mampu menghilangkan penat dan penat.

Tak hanya remaja, semua kalangan bisa ditemukan di sini. Termasuk anak-anak dan orang tua. Rasanya berfoto sambil menikmati udara di pusat kota sudah cukup untuk menyegarkan kembali pikiran. Meski bukan pemandangan hijau, namun suasana di sekitar Tugu Payan sangat menawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Tugu Payan Mas
Foto oleh Sobbiyansyah Z di Google Maps

Monumen Payan Mas Kotabumi terletak di perempatan Jalan Sudirman, Lampung Utara, Provinsi Lampung. Dari Bandar Lampung dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mencapainya.

Rute menuju lokasi tugu sangat mudah ditemukan. Jika anda datang dari luar kota, ikuti saja arah lampung utara hingga menemukan ucapan selamat datang. Jalan kemudian berlanjut menuju Kotabumi. Melalui desa Candimus.

Begitu Anda menemukan gapura bertuliskan “Selamat Datang di Kotabumi”, jalan lurus terus hingga Anda menemukan tempat di mana tugu tersebut berada, tepatnya sesuai protokol Jalan Sudirman. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk memandu Anda ke tujuan.

Biaya masuk dan jam buka

Wisatawan lokal biasanya memanfaatkan Tugu Payan Mas Kotabumi sebagai tempat menghabiskan akhir pekan. Tidak perlu biaya mahal untuk menikmati keindahannya karena tidak ada biaya masuk ke tempat wisata ini.

Baca Juga  Sunrise Point Cukul, Spot Terbaik Menikmati Panorama Matahari Terbit di Bandung

Wisatawan bisa mengunjunginya secara gratis. Biasanya di malam Minggu banyak anak muda yang bersantai dan menikmati pemandangan kota. Namun, jika Anda ingin menikmati suasana di hari biasa juga bisa.

Tidak ada jam buka khusus untuk tur ini. Namun untuk pemandangan yang lebih menarik, disarankan datang pada siang atau malam hari. Dengan begitu, Anda bisa menikmati gemerlap lampu Tugu Payan Mas dan jalanan sekitarnya.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan di Monumen Payan Mas
Foto Yandigs di Google Maps

1. Bersantai dan menikmati pemandangan kota.

Objek wisata menarik ini sering dijadikan sebagai tempat melepas penat setelah menjalani rutinitas yang sangat menguras tenaga dan pikiran. Biasanya setelah jam kerja yaitu pada sore hari, Tugu Payan Mas semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Mereka ingin duduk santai dan menikmati jajanan kuliner yang memanjakan lidah. Pengunjung yang berkunjung sebagian besar adalah wisatawan daerah, khususnya remaja.

2. Bersepeda

Aktivitas lain yang memungkinkan Anda menikmati pesona keindahan tugu adalah bersepeda. Untuk menciptakan suasana nyaman, sebaiknya bersepeda di pagi hari, terutama saat hari libur.

Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk berkeliling kompleks di sekitar monumen. Selain menikmati keindahannya, Anda juga bisa meningkatkan kebugaran dengan bersepeda.

3. Cari foto di tugu Payan Mas.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke Tugu Payan Mas hanya ingin memotret lanskap ikonik Kotabumi ini.

Meski harus mengantri panjang, pengunjung rela menunggu untuk berfoto keren di spot favorit Kotabumi ini. Jadi pastikan untuk menyiapkan kamera terbaik Anda sebelum mengunjungi objek wisata unik ini.

4. Menikmati aneka jajanan kuliner

Pedagang kaki lima berjejer di jalanan menjual berbagai makanan ringan. Harga setiap kulinernya cukup terjangkau. Namun soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi. Bahkan ada beberapa pengunjung yang merasa ketagihan dengan kuliner tempat wisata ini.

Oleh karena itu, tujuan mereka datang ke Tugu Payan Mas bukan untuk berfoto, melainkan untuk mencari kuliner yang mereka idolakan. Itu bukti serunya mengunjungi ikon Kotabumi yang cantik dan klasik ini.

Baca Juga  Dolan Deso Boro, Menikmati Beragam Wahana Outbound yang Menantang Adrenalin di Kulon Progo

5. Menghabiskan waktu bersama keluarga

Berpesta tidak selalu identik dengan aktivitas negatif. Anda dapat melakukan ini dengan seluruh keluarga. Misalnya saja duduk-duduk di taman yang terletak dekat monumen wisata dan bercanda gurau bersama keluarga. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa keharmonisan antar anggota keluarga.

Terutama lebih dekat dengan bayi Anda. Setelah beberapa hari bekerja, saatnya mengejar ketinggalan. Anda bisa bersantai dan melepas penat bersama, menikmati kuliner, mengagumi pemandangan kota dan melakukan aktivitas seru lainnya. Benar-benar momen yang tak terlupakan.

6. Kunjungi taman kota.

Objek wisata Tugu Payan Mas terletak di dekat taman kota. Anda bisa mencoba mengunjunginya. Taman ini memiliki kursi-kursi dan sepetak rumput hijau yang bisa dijadikan area duduk.

Selain bersantai menikmati suasana taman, Anda juga bisa menikmati beberapa kuliner yang dibeli di pinggir jalan dekat monumen. Namun, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan taman.

Tidak disarankan membuang sampah sembarangan. Jika Anda tidak dapat menemukan tempat sampah, bungkuslah terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Monumen Payan
Foto Lampung Helau di Facebook

1. Parkir

Wisatawan yang berkunjung ke Monumen Payan Mas tidak diperbolehkan memarkir kendaraannya di lokasi ini. Pasalnya, tugu menawan ini terletak di tengah jalan. Jika ingin menikmati keindahannya dan berfoto, sebaiknya mencari tempat parkir terdekat. Sehingga tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

2. Toilet

Sama seperti objek lainnya. Monumen ini berdiri di tengah jalan. Tidak mungkin menemukan toilet di lokasi. Tapi Anda tidak perlu khawatir. Terdapat banyak restoran dan taman di sekitar monumen. Jika Anda ingin menggunakan toilet, Anda bisa menemukannya di tempat ini.

3. Restoran

Bagi Anda yang merasa lapar saat berkunjung ke Tugu Payan, Anda bisa langsung menuju restoran yang terletak di sekitar Jalan Sudirman. Kuliner jajanan juga bisa dibeli dari pedagang kaki lima di sepanjang pinggir jalan.

Berikut informasi singkat mengenai Monumen Payan Mas Kotabumi. Jika Anda ingin mengisi waktu luang, Anda bisa datang langsung ke objek wisata cantik ini. Jangan lupa untuk memperingati ketinggian tugu yang memiliki filosofi menarik ini dan melengkapi koleksi foto liburan Anda.


databaru.my.id