Pulau Pari, Pulau di Kepulauan Seribu yang Menjadi Habitat Berbagai Biota Laut Eksotis

Ide Wisata32 Dilihat


Pulau Pari di Kepulauan Seribu merupakan pulau indah yang menjadi rumah bagi beragam biota laut eksotis, menawarkan keindahan alam dan petualangan bawah laut yang menakjubkan.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Distrik Sel. Kepulauan Seribu, Kab. Pemerintahan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Map: Periksa lokasi

Pulau Pari merupakan salah satu pulau kecil di kepulauan Seribu yang letaknya berdekatan dengan pulau-pulau lainnya. Tempat ini sangat indah dan menawarkan banyak atraksi sehingga banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Apalagi saat ini teknologi digital sudah semakin maju, dengan tersebarnya video dan foto di berbagai media online. Termasuk pulau-pulau berpenghuni, meski jumlahnya tidak sebanyak gugusan pulau di sekitarnya.

Mata pencaharian mereka sebagian besar adalah sebagai nelayan, dan sebagian lagi bertani rumput laut. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini menjadi tempat wisata yang populer, banyak orang yang beralih profesi.

Pemandangan alam yang disuguhkan sangatlah indah, terutama pantainya yang masih terlihat sangat alami. Di sini Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik. Air lautnya sangat jernih, cocok untuk snorkeling atau diving.

Kehadiran hutan bakau membuat suasana menjadi asri, sangat berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang terkesan kering.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Objek wisata Pulau Pari

Pemandangan Pulau Pari
Foto oleh Jolim Johnson (Paradiso) di Google Maps

Daya tarik pulau eksotik ini terletak pada pesona alamnya yang masih terkesan asri dan alami. Bagaimana bisa, karena penduduk yang tinggal di pulau ini hanya sedikit, sehingga campur tangan manusia tidak terlalu besar. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal menarik yang bisa kamu temukan!

1. Pesona pantai yang menakjubkan

Tidak dapat disangkal bahwa daya tarik utama di sini adalah pantainya. Pulau ini memang tidak terlalu besar, namun tujuan utama wisatawan adalah menikmati pemandangan pantai yang menakjubkan.

Air putihnya lebar, jernih, dan teksturnya sangat lembut. Anak-anak biasanya menggunakannya sebagai lingkungan bermain. Daya tarik wisata Pulau Pari semakin diperkuat dengan lautnya yang biru jernih.

Beberapa bagiannya terbagi, yakni terdapat gundukan pasir tak jauh dari lokasi utama. Untuk menuju kesana tidak perlu menggunakan perahu karena bisa berjalan kaki ke sana. Ombaknya relatif tenang, cocok untuk berenang atau bermain air.

Baca Juga  Cantiknya Pantai Sobo, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Banyuwangi

2. Tempat yang ideal untuk snorkeling

Karena air di pantai ini berwarna biru jernih, banyak orang yang memanfaatkannya untuk snorkeling. Bahkan bisa dibilang selain menikmati keindahan pantainya, wisatawan juga tertarik untuk menyelam.

Selain itu, beragam biota laut juga bisa Anda lihat di sini, mulai dari terumbu karang, ikan-ikan kecil, bintang laut, ubur-ubur dan beberapa lainnya. Pantai di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, tidak terlalu dalam, dasarnya terlihat jelas.

Menyelam dijamin lebih menyenangkan karena sebagian besar hewan di sini ramah. Ikan-ikan kecil berwarna cerah berenang dengan cepat, seolah menyambut kedatangan Anda. Jika berminat, tak perlu membawa perlengkapan sendiri, bisa menyewanya di sini.

3. Pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Secara umum, pantai hanya menawarkan satu pemandangan kejadian sehari-hari. Fenomena yang dimaksud adalah matahari terbit atau terbenam; jarang ada orang yang menawarkan keduanya.

Hal ini dikarenakan letak pantainya biasanya memanjang ke utara dan selatan, sehingga tergantung dari arah pandangan, Anda mungkin hanya melihat salah satunya saja. Namun tidak demikian halnya dengan Pulau Pari karena pantainya memanjang ke arah timur dan barat.

Pesona matahari terbit terlihat jelas menghangatkan suasana yang awalnya terkesan dingin. Menjelang sore, Anda bisa menyaksikan indahnya matahari terbenam dengan ciri khas cahaya jingga yang perlahan maju hingga berubah menjadi kegelapan.

4. Hutan bakau yang indah

Pulau Pari di Kepulauan Seribu tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara yang sedang menyelesaikan perjalanan liburannya. Selain daya tarik di atas, daya tarik tersebut semakin diperkuat dengan hadirnya hutan bakau.

Tak hanya membuat suasana semakin asri, tapi juga menjadikannya wahana petualangan dan eksplorasi.

5. Permainan tersedia

Daya tarik Pulau Pari selanjutnya adalah terdapat atraksi untuk dewasa dan anak-anak. Orang dewasa bisa menikmati wahana banana boat yang terkenal seru dan menantang.

Sedangkan untuk anak-anak bisa bermain di pantai. Jenis permainannya tidak begitu banyak, salah satunya adalah ayunan.

Baca Juga  Selang Pangeran, Pesona Air Terjun & Pemandian Alami Eksotis di Langkat

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Paris
Foto oleh Ine Roslenie di Google Maps

Karena wisata bahari ini berbentuk pulau, maka akses menuju ke sana hanya melalui jalur laut. Anda bisa menggunakan perahu atau kapal yang tersedia di beberapa pelabuhan terdekat.

Jika berangkat dari Pelabuhan Muara Angke, jarak yang akan ditempuh sekitar 30 kilometer dan hanya bisa ditempuh dengan perahu.

Secara administratif kawasan wisata Pulau Pari merupakan bagian dari Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya dekat dengan Pulau Tidung yang juga menjadi objek wisata populer.

Selain Pelabuhan Muara Angke, Anda bisa menggunakan Dermaga Perahu Marina Ankol untuk mencapainya. Cukup cepat karena banyak pilihan transportasi. Dari pelabuhan ini Anda bisa naik speedboat yang dijamin jauh lebih cepat.

Dibandingkan dengan opsi pertama, jika Anda memiliki budget lebih besar, lebih baik memilih opsi kedua. Bukan hanya karena lebih cepat dari segi waktu tempuh, tapi juga karena bisa tiba kapan saja karena sewa speedboat tidak terikat waktu.

Biaya tour ke Pulau Pari

Biaya masuk ke Pulau Pari di Kepulauan Seribu sebenarnya gratis dan Anda bisa datang kapan pun Anda mau. Namun, tentu saja Anda tidak bisa menggunakan transportasi darat untuk melintasi perbatasan.

Satu-satunya pilihan yang perlu diambil adalah menggunakan transportasi laut. Kalau punya perahu tradisional, harganya sekitar 72.000 per orang. Anda bisa menggunakan jasa Agen Transportasi yang jauh lebih murah yaitu naik perahu seharga Rp 23.000.

Saat ini sudah banyak tersedia paket wisata dengan harga mulai dari 350.000 untuk 2 hari 1 malam. Pulau ini buka setiap hari selama 24 jam. Hanya saja beberapa moda transportasi menyesuaikan jadwal keberangkatannya, jadi silakan sesuaikan waktu berkunjung Anda.

Kegiatan yang menarik

Hiburan di Pulau Pari
Foto oleh 153yanti di Google Maps

Selain mengetahui daya tarik pulau cantik ini, penting juga untuk memperhatikan hal-hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Tentu saja, Anda tidak akan tinggal diam saja saat berkunjung, kan! Inilah beberapa hal menyenangkan yang dapat Anda lakukan!

Menikmati pesona pantainya

Keindahannya sungguh luar biasa dan jarang terlihat di tengah hiruk pikuk kota Jakarta. Anda bisa menikmati indahnya pantai dengan pasir putihnya yang lembut.

Baca Juga  Embung Kleco, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset & Sunrise yang Mempesona di Kulon Progo

Airnya jernih, permukaannya tenang, seolah tak ada ombak. Terdapat hutan bakau di sekitar pantai Pulau Pari yang menambah pengalaman indah dan sejuk.

Menyelam bersama biota laut di pantai Pulau Pari

Snorkeling di Pulau Pari menjadi aktivitas menyenangkan selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Faktanya, sebagian besar wisatawan tertarik dengan hewan apa saja yang hidup di kawasan ini.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya. Di sini terdapat biota laut seperti terumbu karang, kerang, ikan-ikan kecil, dan bintang laut.

Bersepeda keliling pulau

Bukan hanya hal menyenangkan yang bisa dilakukan dengan pantai atau air. Memang jenis kegiatan yang dimaksud bisa disebut sebagai kegiatan utama di Pulau Paris.

Namun, untuk mengalihkan pikiran dan tidak terlalu monoton, silakan berjalan-jalan di sekitar pulau. Tentu saja bukan dengan berjalan kaki, melainkan dengan sepeda yang bisa disewa dari pihak pengelola.

Wisata kuliner

Belum lengkap rasanya jika belum menikmati sajian kuliner saat berkunjung ke Pulau Pari, Kepulauan Seribu. Restoran ini juga menyajikan makanan lezat yang terdiri dari hidangan lokal dan internasional.

Sebagian besar didominasi oleh makanan laut, karena wilayahnya dekat dengan laut. Ikan pari, udang, kerang, dan lobster merupakan beberapa makanan yang dimaksud.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Infrastruktur Pulau Pari
Foto oleh Joni Hansen di Google Maps

Dari segi infrastruktur, kawasan wisata Pulau Paris sangat beragam dan memadai. Di sini terdapat dermaga untuk menambatkan perahu, sehingga Anda tidak akan basah saat tiba untuk bertamasya.

Fasilitas lainnya meliputi toilet, restoran, tempat ibadah, dan permainan menyenangkan. Jika Anda tidak puas dalam satu hari, carilah akomodasi terdekat.

Bagi warga Jakarta, Pulau Pari ibarat permata yang tersembunyi di balik bebatuan kokoh.

Bagaimana tidak, karena di tengah hiruk pikuk kota terdapat wisata bahari yang begitu mempesona. Apalagi selama berkunjung tidak perlu mengeluarkan biaya tiket, apalagi pelayanan yang diberikan sudah lengkap.


databaru.my.id