Laut Bekah, Spot Terbaik Menikmati Indahnya Lautan dengan Pesona Alam Memukau di Gunung Kidul

Ide Wisata11 Dilihat


Laut Beka di Gunung Kidul Ini adalah tempat terbaik untuk menikmati keindahan lautdan juga tempat yang ideal untuk memancing di antara pesonanya alam yang eksotik.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Temon, Giripurvo, distrik. Purvosari, Kab. Gunung Kidul, Inspektur Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Laut Beck mungkin masih asing bagi banyak wisatawan, namun tidak bagi para pecinta memancing. Tempat ini mempunyai tempat yang sangat menjanjikan, tempat berkumpulnya ikan-ikan besar maupun kecil. Setiap hari, para nelayan dari berbagai daerah menyempatkan diri untuk berkunjung. Meski harus menempuh perjalanan jauh, semuanya akan terbayar.

Ternyata bukan hanya spot pemancingannya saja yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung. Apalagi keindahan alam yang ditawarkan cukup mempesona. Beberapa wisatawan bahkan menganggapnya sebagai Uluwatu Jogja. Dari atas, Anda bisa menikmati segala pesona keindahan alam yang dipamerkan.

Meski menyandang nama “Laut”, namun objek wisata yang kita bahas kali ini bukanlah pantai. Namun hal ini tetap relevan dengan wisata bahari, karena tempat ini menyuguhkan pemandangan laut dari ketinggian. Selain itu, deburan ombaknya unik dan menimbulkan suara menderu mirip lagu alam yang indah. Angin kencang tak henti-hentinya membelai kulit. Jadi Anda tidak akan bosan jika berada di sini.

Cek hotel murah di Gunung Kidul

Daya Tarik Laut Beka

Pemandangan Laut Beka
Foto Santosoadies di Google Maps

Tak heran jika wisatawan memilih Laut Beka sebagai tujuan wisata utama. Walaupun Jogja mempunyai banyak tempat wisata yang menarik, namun Jogja menjadi destinasi favorit bagi sebagian kalangan. Alasannya sederhana: di sini terdapat berbagai atraksi yang seolah menjadi magnet alam.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Tempat yang ideal untuk memancing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, daya tarik utama tempat wisata di Jogja ini tak lain adalah tempat memancing yang ideal. Banyak batu berserakan di beberapa titik. Batuan ini nantinya menjadi tempat favorit mancing karena biasanya ikan bersembunyi dan mencari makan di balik batu tersebut.

Baca Juga  12 Destinasi Wisata Keluarga di Bandung yang Paling Seru dan Keren

Perairan Gunung Kidul Beka berada pada ketinggian sehingga penangkapan ikan memerlukan antrean panjang. Di atas batu itulah kamu akan mencari ikan. Meski terlihat sulit, namun sebenarnya tidak. Satu hal yang pasti adalah teknik memancing yang digunakan serta umpan yang tepat.

Spot yang terletak tinggi di atas tebing ini justru menghadirkan tantangan bagi sebagian pemancing. Nah, diperlukan teknik khusus untuk mengangkat ikan saat umpannya dimakan. Jika ada yang tidak beres, ikannya bisa dilepaskan. Pemancing biasanya datang pada malam hari atau saat permukaan air sedang tinggi.

Wisata Gunung Kidul Joja: Pantai Kukup/Krakal – Pemandangan Laut Heha

2. Pemandangan alam yang mempesona

Daya tarik Laut Beka di Gunung Kidul selanjutnya adalah pemandangan alamnya yang mempesona. Dari atas batu karang tersebut terlihat pemandangan hamparan laut yang sangat luas. Warnanya jelas terlihat biru, permukaannya begitu transparan. Tidak ada hambatan dari atas, yang terlihat hanyalah laut dengan segala kemegahannya.

Gelombang yang datang relatif besar, meski ada kalanya cukup kecil. Ombak yang bergulung-gulung ini bahkan bisa disaksikan dari jauh, membuat pemandangan semakin eksotis. Saat menghantam karang di sekitarnya, suara gemuruhnya cukup jelas. Suaranya menjadi lebih kuat, terutama jika membentur dinding batu.

Sementara itu, angin yang bertiup ke Laut Beka cenderung kencang. Suasana seperti ini biasanya menyebabkan ikan mendekat ke pantai. Pemandangan akan semakin indah jika beruntung bisa melihat gerombolan lumba-lumba yang kerap mendekat ke bibir pantai. Ada pula penyu atau penyu yang berukuran cukup besar meski tidak terlihat setiap hari.

3. Suasana asri dan alami

Secara umum suasana di sekitar laut sangat kering dan udara panas. Berbeda halnya jika Anda mengunjungi objek wisata kali ini karena yang terjadi justru sebaliknya. Suasananya sangat asri karena banyak pepohonan yang tumbuh subur di sekitar lokasi. Warna hijau pun keluar, cukup menyejukkan tampilan.

Laut Beqa di Jogja ini bisa dikatakan masih alami karena masih sangat sedikit pengunjung yang mengunjungi kawasan tersebut. Tidak sama sekali, meski ada yang datang setiap hari, tapi tidak banyak. Hal ini menjadi keuntungan bagi wisatawan karena kondisinya tampak alami dan jarang terjadi campur tangan manusia.

Baca Juga  Air Terjun Grenjengan Kembar, Pesona Air Terjun di Tengah Panorama Hutan Pinus Magelang

Yogya Day Tour : Wisata Lava Sunrise Merapi, Gua Pindul dan Sungai Oya

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Laut Beka
Foto oleh Rizka Ihsan di Google Maps

Sebenarnya mengunjungi objek wisata menawan ini tidaklah mudah karena jarak dari pusat kota yang cukup jauh. Bahkan akses jalan yang Anda lalui pun akan terjal dan menanjak. Pasalnya, letaknya berada di ketinggian, tepatnya di atas tebing. Namun jangan khawatir karena semua kesulitan yang kamu lalui akan terbayar dengan segala keindahannya nantinya.

Secara administratif Laut Beka terletak di Temon, Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Jarak dari Alun-Alun Vonosari sekitar 37 kilometer. Biasanya jarak ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan kendaraan bermotor. Disarankan menggunakan transportasi pribadi karena tidak ada akses transportasi umum.

Jika Anda berangkat dari pusat kota, ambil dulu jalur menuju Jalan Veteran. Kemudian menuju ke Jalan Ki Ageng Giering, Jalan Siraman Pulutan dan Jalan Pleyen Palian. Ikuti jalur utama hingga mencapai Jalan Raya Pangang hingga mencapai Jalan Legundi dan Jalan Pantai Selatan Jawa.

Dari sini Anda hanya perlu mengikuti jalan utama, Laut Beka masih berjarak sekitar 5 kilometer. Sesampainya di sana, carilah tempat parkir yang aman. Tiket masuknya tidak memerlukan pembayaran, gratis. Anda cukup membayar parkir tergantung jenis kendaraan yang Anda kendarai, tidak mahal juga.

Kegiatan yang menarik

Laut Beka Hiburan yang menarik
Foto oleh Fatan Firdaus di Google Maps

Saat berlibur, perjalanan selalu diharapkan, apapun tujuannya. Meski bukan objek wisata alam, namun banyak keindahan yang bisa disaksikan di sini. Ditambah lagi, masih banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, berikut beberapa di antaranya!

Tes memancing di batu

Aktivitas menarik pertama saat berada di lautan Gunung Kidul Beka tak lain adalah memancing. Bahkan bisa dibilang kali ini merupakan kegiatan wajib dan untuk itulah wisatawan datang. Banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan disini, jadi tidak hanya memancing saja. Karena lokasinya berada di atas batu, memancing sendiri menjadi sebuah tantangan.

Baca Juga  Tempat Wisata Terindah Dunia: 10 yang Indahnya Kebangetan

Memang usulan tempat tersebut sangat menjanjikan, karena di bawahnya banyak terdapat batuan karang. Namun, memelihara ikan hingga mencapai ketinggian tidaklah mudah. Hal ini nantinya akan menjadi masalah karena memerlukan teknik khusus. Tidak jarang para pemancing kehilangan ikan akibat lepas saat mengangkat.

Menikmati pemandangan alam Laut Beka.

Laut Gunung Kidul Beka mempunyai pemandangan alam yang menakjubkan. Di atas sudah kita bahas apa saja yang membuat objek wisata ini menawan. Mulai dari ombak tinggi, bebatuan karang eksotis, hingga vegetasi hijau menghiasinya. Akan sangat rugi jika Anda melewatkannya begitu saja tanpa menikmati seluruh panorama yang dipamerkan.

Berburu foto

Meski tidak wajib dan bukan kegiatan utama, namun spot berburu di sini terlihat sangat menarik. Bagaimana tidak, banyak sekali spot yang bisa dijadikan background foto. Ini bukanlah tempat yang istimewa, melainkan tempat liar yang menawarkan segudang pesona alam. Contohnya adalah hamparan laut luas dengan air berwarna biru yang dihiasi bebatuan karang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kelautan Beka
Foto Masfui Tri Wibowo di Google Maps

Harga tiket Laut Bekah ke Gunung Kidul memang gratis, namun bukan berarti minim fasilitas. Secara teknis, ada lokasi wisata wajib di sini. Misalnya saja tempat parkirnya yang cukup luas dan bisa menampung mobil dan sepeda motor. Terdapat juga toilet, warung makan, dan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai.

Tidak dapat dipungkiri bahwa mengunjungi tempat wisata memerlukan banyak perhatian. Tujuan merupakan hal yang paling penting, selain itu juga ada biaya yang harus dikeluarkan. Setelah menyimak seluruh penjelasan di atas, Laut Beka layak untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin sekaligus menikmati keindahan alam sekaligus memancing tanpa mengeluarkan biaya khusus.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *