Lava Tour Merapi, Menikmati Pesona Alam Eksotis & Batu Alien Unik di Jogja

Ide Wisata93 Dilihat


Lava Tour Merapi mengajak Anda merasakan pesona alam eksotis dan keunikan bebatuan asing di Jogja sembari menjelajahi My Remaining Treasures Museum.

Harga tiket: Rp 350.000, Jam kerja: 04.30-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Merapi Golf No.11, Balong, Umbulharjo, Kech. Changkringan, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Merapi Lava Tour bisa dijadikan salah satu alternatif liburan unik selama berada di Jogja. Pasalnya, bukan pemandangan alam yang menjadi sorotan, melainkan kerusakan akibat lahar panas Gunung Merapi. Seperti halnya tur, kali ini Anda menjelajahi setiap lokasi yang terkena dampak langsung aliran lahar yang menyebabkan kerusakan pada area sekitarnya.

Diketahui, kerusakan dahsyat akibat letusan Gunung Merapi setidaknya terjadi dua kali, yakni pada tahun 2006 dan 2010. Selain dampak kerusakan alam, dampak lain yang ditimbulkan adalah hilangnya mata pencaharian warga sekitar lokasi Merapi. Namun, kini keadaan berangsur membaik dengan dibukanya wisata-wisata yang mendatangkan keuntungan.

Tur Sleman ini menampilkan penduduk setempat sebagai pemandu utama. Tamasya juga dilakukan dengan menggunakan angkutan khusus berupa mobil jeep sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau sekalipun. Meski sebagian besar kawasannya berupa hamparan batuan vulkanik dan pasir tandus, namun ada beberapa spot yang masih asri dan menyejukkan mata.

➥ Cek tiket Merapi Lava Jeep Tour (Batu Alien, Bunker Kaliadem dan lain-lain)

Tempat Wisata Lava Merapi

Shutterstock Atraksi Wisata Lava Merapi
Foto oleh Aditya_frzhm di Shutterstock

Wisata Lava Merapi mempunyai daya tarik yang tidak akan pernah dilupakan oleh pengunjung. Sebenarnya hal ini berlaku pada setiap objek wisata, hanya saja kali ini memiliki keunikan dan tidak seperti tempat wisata pada umumnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pemandangan alam yang eksotis

Perpaduan antara alam kering dan hijaunya pepohonan di sekitar lokasi membuat pemandangan semakin eksotis. Bebatuan dengan ukuran berbeda, pasir hitam, dan tanaman hijau menciptakan panorama unik yang berbeda dari tempat wisata alam lainnya.

Di beberapa tempat bahkan terlihat sisa-sisa sepeda motor, peralatan dapur, televisi, dan barang-barang lainnya yang ditinggalkan warga untuk melarikan diri. Selain spesies eksotik, pengunjung dapat mengingat dan belajar dari bencana alam masa lalu.

➥ Promosi hotel di Sleman

Pemandangan Gunung Merapi dari dekat

Daya tarik wisata Lava Merapi selanjutnya adalah kesempatan melihat kemegahan Gunung Merapi dari dekat. Setidaknya jarak lokasi wisata dengan Merapi hanya sekitar 2 kilometer. Tentunya tergantung paket yang Anda pilih, karena saat ini tersedia paket wisata untuk menjelajahi berbagai lokasi.

Gunung Merapi sudah berkali-kali meletus, namun keindahannya tetap tak terbantahkan. Di puncaknya terlihat jelas kubah gunung yang tampak seperti kolam raksasa. Sementara tanaman masih tumbuh subur di bagian samping, tidak luput dari panasnya lahar saat terjadi letusan.

Baca Juga  Pantai Ancol, Destinasi Wisata Favorit Bagi Warga Jakarta

Batu Alien Unik

Salah satu tujuan Merapi Lava Tour adalah mengunjungi keunikan batu asing tersebut. Benarkah batu tersebut berasal dari luar angkasa? Tentu saja tidak, batu tersebut merupakan sisa material vulkanik yang dibawa dari Sungai Gendol. Aliran lahar membawanya ke Desa Kepuharjo di Changkringan dan menjadikannya titik pandang warga sekitar.

Ukurannya yang besar dan bentuknya yang aneh membuat penduduk setempat menyebutnya sebagai batu asing. Jika dilihat dari sudut kanan, terlihat telinga, mulut, dan mata yang menyerupai manusia. Batuan alien ini sering dijadikan spot foto para wisatawan yang berkunjung.

Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem menjadi destinasi Merapi Lava Tour selanjutnya yang juga menjadi destinasi wisata di Jogja. Fungsi bunker ini adalah sebagai tempat evakuasi, sekaligus perlindungan jika terjadi bahaya letusan mendadak. Namun pascaerupsi Merapi tahun 2010 yang menewaskan dua orang, bunker tersebut tidak lagi beroperasi.

Museum peninggalanku

Bahkan, dampak erupsi Merapi dirasakan warga sekitar. Ada sebuah bangunan di sini yang dikenal sebagai Museum Harta Karunku yang Tersisa. Lokasi tersebut dulunya merupakan sanggar seni, dan saat terjadi letusan, beberapa rumah warga rusak diterpa awan panas. Pengunjung bisa melihat berbagai hal terkait letusan dahsyat Merapi saat itu.

Terlihat jelas betapa rapuhnya dinding setelah awan panas turun, begitu pula ubin di atap. Beberapa tembok bahkan runtuh, dan bekas kayu yang terbakar masih ada di dekatnya. Selain itu, terdapat juga kerangka sapi yang tidak dapat diselamatkan saat terjadi bencana.

➥ Tur satu hari ke Lava Merapi, Candi Plaosan, dan Batu Brexi

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Shutterstock Alamat Wisata Lava Merapi
Foto oleh Raditya di Shutterstock

Alamat lengkap Merapi Lava Tour adalah Desa Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Divisi Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan pusat kota jogja, hanya berjarak sekitar 15 kilometer, perjalanan dengan kendaraan bermotor akan memakan waktu sekitar 30 menit. Anda hanya perlu mengendarai mobil ke arah utara melewati kecamatan Kaliurang.

Bagi Anda yang belum pernah ke Jogja, gunakan aplikasi Google Maps bila perlu. Saat memasuki Desa Kaliurang, Anda akan disambut oleh sejumlah operator jeep yang menawarkan tur ke destinasi wisata eksotik ini. Paket yang ditawarkan bervariasi, jadi pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

Paket Wisata Lava Merapi

Secara umum, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun saat memasuki kawasan Merapi Lava Tour. Biaya hanya akan dikenakan apabila menggunakan jasa perjalanan dari paket yang ditawarkan. Jenis paketnya adalah wahana Sunrise dengan maksimal 4 penumpang yang ditawarkan dengan harga Rp 450.000 dengan durasi 3 jam.

Baca Juga  Coban Jahe, Air Terjun Eksotis yang Sarat Nilai Sejarah di Malang

Jika dirasa terlalu mahal, pilihlah paket Short Trip yang dimulai dari Rp 350.000. Paket jenis ini hanya bertahan 1 hingga 1,5 jam, jauh lebih singkat dibandingkan paket pertama. Paket perjalanan lainnya adalah Medium Trip yang durasinya sedikit lebih lama dari sebelumnya yaitu 2 jam.

Pilihan lainnya adalah Long Trip dan Super Long Trip, masing-masing berdurasi 2-2,5 jam dan 3-3,5 jam. Dari segi harga tentu saja lebih mahal yakni sekitar Rp 550.000 untuk paket Long Trip dan 650.000 untuk paket Super Long Trip. Setiap pilihan paket memungkinkan Anda hanya mengangkut 4 penumpang.

Kegiatan yang menarik

Shutterstock Merapi: Wisata Lava
Foto oleh Raditya di Shutterstock

Pada hakekatnya Lava Tour Merapi merupakan liburan berupa kegiatan eksplorasi di kawasan sekitar Gunung Merapi, khususnya yang terkena dampak letusan. Jadi, tidak ada kekurangan hal menyenangkan untuk dilakukan, berikut beberapa di antaranya!

1. Pengamatan akibat letusan Gunung Merapi

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja melihat langsung akibat dari letusan Merapi. Jejak material vulkanik tersebar di mana-mana, mulai dari batuan kecil hingga besar, serta pasir kasar dan halus. Pepohonan pun tak luput dari pengaruh lahar yang mengalir perlahan tapi pasti.

Selama tur Anda akan melihat betapa eksotisnya kolam atau sungai yang dilalui aliran lahar. Beberapa batu besar juga terlihat di sana, tersebar tidak merata. Tidak hanya sekedar kegiatan yang menyenangkan, namun juga mencerminkan betapa alam bisa berbahaya jika kita tidak hati-hati.

2. Kunjungi bunker Kaliadem.

Beberapa rute Merapi Lava Tour akan memungkinkan Anda melihat bangunan bersejarah Bunker Kaliadem. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bangunan ini merupakan tempat perlindungan bagi petugas yang memantau secara dekat aktivitas di pegunungan. Dindingnya terbuat dari beton berukuran sekitar 25 cm, dan pintunya terbuat dari baja setebal 15 cm.

Sayangnya, bunker ini tidak mampu menahan panas sehingga mengakibatkan dua petugas tewas saat terjadi letusan pada tahun 2010. Oleh karena itu tidak lagi digunakan sebagai tempat perlindungan. Pengalihan fungsinya menjadi objek wisata nampaknya tepat karena menyimpan sejarah penting terkait jejak letusan Merapi.

3. Menjelajahi museum peninggalan saya

Aktivitas menarik berikutnya dalam perjalanan Anda bersama Lava Tour Merapi adalah kunjungan ke museum “My Remains”. Nama ini diambil karena warga sekitar meninggalkan banyak harta karun yang tidak bisa diselamatkan. Segala macam benda dapat ditemukan di tempat ini, seperti rumah yang masih memiliki perabotan, bahkan rangka sepeda motor yang menjadi korban awan panas.

4. Puaskan rasa penasaran Anda dengan melihat bebatuan alien.

Seperti apa bentuk Batu Alien yang dimaksud? Rasa penasaran Anda akan terpuaskan setelah kunjungan Anda. Sebagian besar rute Merapi Lava Tour melewati batu unik ini, Anda bisa meminta sopir jeep untuk berhenti sebentar jika ingin mengambil foto. Pastikan Anda memilih sudut yang tepat agar wajah pucat alien tersebut terlihat.

Baca Juga  Candi Ratu Boko, Wisata Keraton Purbakala di Jogja Bukti Kejayaan Kerajaan Mataram Kuno

5. Pacu adrenalin di medan yang berat

Medan kerikil dan pasir yang menantang membuat perjalanan semakin seru. Aktivitas ini dapat memacu adrenalin dan cukup menguras tenaga. Guncangan kecil maupun besar dijamin akan terasa saat melintasi medan tertentu. Yang terpenting, wisatawan menyukai kawasan saat melintasi Sungai Kuning yang percikan airnya cukup besar.

6. Cuplikan dari “Rumah Mbah Marijan”

Acara Merapi Lava Tour selanjutnya adalah kunjungan ke reruntuhan rumah Mbah Marijan. Jasa-jasa Mbah Marijan sebagai pemelihara atau pemelihara abadi Gunung Merapi patut diapresiasi. Salah satu caranya adalah dengan mengabadikan tempat tinggalnya. Wisatawan bisa mengunjungi rumah tempat tinggal putranya kini. Beberapa barang dilestarikan dan selalu dirawat sebagai kenang-kenangan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di warung yang juga dikelola oleh putra Mbah, Marijana. Beragam masakan dan minuman khas bisa dibeli di sini. Contohnya adalah minuman khas yang dikenal dengan nama Vedang Jahe. Minuman ini mampu menghangatkan tubuh karena terbuat dari isian jahe, cengkeh, dan pisang.

7. Saksikan keunikan Merapi Stonehenge.

Crossing Stonehenge merupakan event selanjutnya dari Merapi Lava Tour. Anda tentu sudah mengenal Stonehenge di Inggris yang dibangun dengan gaya yang unik. Hal inilah yang juga terdapat pada wisata Merapi yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan yang dimaksud adalah formasi batuan Gunung Merapi yang masih terpelihara.

8. Menunggu matahari terbenam

Belum lengkap rasanya jika tidak melihat indahnya matahari terbenam. Pesona mentari yang menyisakan cerahnya hari sangat indah jika berpadu dengan kemegahan Gunung Merapi. Jika ingin menyaksikan fenomena ini, pastikan memulai perjalanan pada sore hari agar tidak terlalu lama.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Merapi: Wisata Lava
Foto oleh Raditya di Shutterstock

Dari segi fasilitas, Lava Tour Merapi sudah sangat baik. Setiap pengunjung dapat menggunakan toilet sebelum dan sesudah tur. Terdapat juga musala di pangkalan jeep yang ukurannya lumayan dan kondisinya cukup baik.

Karena jalan yang Anda lalui akan berdebu, Anda akan diberikan masker khusus gratis. Keunggulan lainnya adalah asuransi yang sudah termasuk dalam harga paket.

Sebenarnya kali ini bukan tempat wisata, melainkan tamasya dengan berbagai aktivitas seru. Bagi anda yang berminat silahkan langsung menuju lokasi dan memilih paket Merapi Lava Tour yang sesuai. Pastikan untuk membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen, baik berupa foto maupun video.


databaru.my.id