Pulau Sanane, Pulau yang Menjadi Rumah dari Berbagai Terumbu Karang Eksotis di Pangkep

Ide Wisata10 Dilihat


Pulau Sanane merupakan surga laut tersembunyi di Pangkep yang menawarkan keindahan alam bawah laut dengan terumbu karang yang memukau bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Mattaro Adae, distrik. Lucan Tupubbiring, Cab. Pangkep, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasi

Pulau Sana’an mungkin masih banyak yang belum mengetahui keberadaannya. Kebanyakan orang juga belum mengetahui bahwa pulau ini bisa dijadikan tujuan wisata. Hal ini tidak mengherankan, karena masih belum populer.

Pengunjung yang datang setiap harinya hanya sedikit, kemudian pada akhir pekan dan hari libur jumlahnya sedikit meningkat.

Namun, pulau ini menyimpan banyak keindahan yang sungguh menakjubkan. Seperti pulau-pulau pada umumnya, daya tarik utama di sini adalah pesona pantainya.

Ombak yang tenang memungkinkan wisatawan melakukan berbagai aktivitas air. Lautnya berwarna biru jernih, ideal untuk snorkeling atau menyelam.

Pulau eksotik ini mempunyai luas 58.351 m2 dan masih menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Spermond di Selat Makassar. Untuk mencapai lokasi, Anda harus menyeberang menggunakan perahu.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Meski perjalanan masih cukup panjang, namun pesona alam yang indah dan kesan masih alami akan terbayar lunas.

Pemandangan Pulau Sana

Pemandangan Pulau Sana
foto FDC Unhas oleh X

Daya tarik utama Pulau Sana’e adalah keindahan alamnya yang mempesona. Adat istiadat dan adat istiadat masyarakat setempat pun menambah daya tariknya selama mereka berprofesi sebagai nelayan. Simak ulasannya di bawah ini untuk selengkapnya!

Keindahan Alam Pulau Sana’an

Tak bisa dipungkiri, yang paling menarik di sini adalah keindahan alamnya. Masih terasa sangat natural karena setiap harinya hanya ada sedikit pengunjung.

Panorama pantainya sungguh menakjubkan, dengan semilir angin laut. Pantai di sini memiliki pasir putih yang terlihat sangat bersih dan teksturnya sangat lembut.

Pulau Sanane dikelilingi pepohonan rindang di beberapa tempat sehingga menciptakan nuansa asri. Kehadiran vegetasi ini membuat pemandangan sedikit lebih hijau, berbeda dengan pantai pada umumnya.

Baca Juga  Pantai Sri Mersing, Pantai Indah di Serdang Bedagai dengan Berbagai Watersport Menarik

Terdapat perahu nelayan yang berlabuh di kawasan tersebut, dan sebagian besar penduduk pulau tersebut berprofesi sebagai nelayan, menggunakan jaring atau pancing untuk menangkap ikan.

Pemandangan menjadi semakin unik ketika terdapat beberapa rumah yang terletak di pinggir pantai. Rumah warga ini juga difungsikan sebagai toko yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Saat cuaca cerah, pesonanya semakin menakjubkan berkat perpaduan panorama alam dan langit biru. Semuanya tampak menyatu dalam harmoni alam yang sempurna.

Suasana damai dan tenang

Daya tarik Pulau Sanane selanjutnya adalah suasananya yang terkesan tenang dan damai. Puluhan pengunjung datang ke sini setiap harinya, sangat sedikit dibandingkan tempat wisata pada umumnya.

Jumlah wisatawan sedikit lebih banyak pada akhir pekan dan hari libur nasional. Meski terkesan sepi, namun nyatanya cukup bermanfaat bagi sebagian orang.

Mereka yang mendambakan suasana tenang tidak akan kecewa dengan properti ini. Begitu damai sehingga ombak yang datang tidak terlalu besar.

Suara gemuruhnya nyaris tak pernah terdengar, hanya hembusan angin sepoi-sepoi yang membelai permukaan kulit. Wisatawan bisa merasakan ketenangan suasana tersebut sambil bersantai di pinggir pantai.

Tempat terbaik untuk snorkeling dan memancing

Pulau Sanan memiliki pantai dengan air jernih berwarna kebiruan. Di sini sangat bersih sehingga Anda bisa melihat dasar air di pantai. Dalam kondisi seperti itu, banyak wisatawan yang berenang dan bermain air.

Selain itu, ombaknya tidak terlalu besar, anginnya tidak terlalu kencang, dan arus lautnya relatif aman. Selain berenang, sebagian wisatawan lebih memilih menjelajahi dasar pantai.

Snorkeling dan menyelam merupakan kegiatan menarik yang biasa dilakukan pengunjung. Airnya yang sangat jernih membuat pengunjung dapat melihat dasar laut dengan lebih baik.

Penduduk pulau ini sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan juga berprofesi sebagai petani terumbu karang.

Wisatawan selam bisa menemukan spot terbaik karena terumbu karang cenderung menjadi tempat berkumpulnya biota laut. Selain itu pantai ini juga cocok untuk memancing saat anda berlibur.

Baca Juga  21 Wisata Kuliner di Surabaya yang Enak & Wajib Anda Coba

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Sanane
Foto oleh Gusun Datu di Google Maps

Seperti yang kita ketahui, pulau merupakan daratan yang dikelilingi oleh perairan. Kali ini dia berada di tengah laut, jadi satu-satunya alat transportasi yang bisa menjangkaunya hanyalah kapal.

Anda bisa menuju lokasi dengan menggunakan perahu yang disediakan warga setempat. Silakan menuju ke Pelabuhan Paotere untuk akses lebih dekat.

Perjalanan menuju Pulau Sana’an dari pelabuhan ini memakan waktu 1 hingga 2 jam. Lamanya waktu tergantung pada kecepatan kendaraan dan konsumsi air. Alternatif penyeberangan lainnya adalah Terusan Barukang.

Namun, Anda harus bersiap untuk melakukan perjalanan jarak jauh. Sementara itu, Anda juga bisa menuju pelabuhan yang dimaksud melalui jalur darat.

Jarak dari pusat kota diperkirakan 25 kilometer, waktu tempuh 1 jam. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps atau peta digital lainnya untuk mempermudah.

Secara administratif, pulau eksotik di Makassar ini terletak di Desa Mattaro Ade, Kecamatan Lukan Tupabiring, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk Pulau Sanane cukup terjangkau, Anda hanya perlu membayar antara 10.000 hingga 15.000 rupee. Dengan harga segitu Anda sudah bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

Anda juga bisa melakukan aktivitas seru seperti mandi, berenang, berjalan-jalan di pantai dan masih banyak lagi.

Ada biaya tambahan untuk transfer perahu. Harganya juga tidak terlalu mahal, biasanya sekitar 20.000 rupee per orang.

Jika datang bersama rombongan, biasanya harganya lebih murah. Tempat wisata ini buka selama 24 jam sehari, namun waktu terbaiknya adalah pada pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Sanan
Foto Pulau Sanane di Instagram

Liburan di Pulau Sana’an menjadi salah satu liburan yang menyenangkan karena banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini.

Aktivitas yang dimaksud sebagian besar melibatkan pantai, seperti berenang, berenang, bermain pasir, snorkeling, bahkan memancing.

Baca Juga  Pantai Mekaki, Pantai yang Menjadi Rumah Beragam Biota Laut Unik di Lombok Barat

1. Menikmati keindahan alam

Alamnya yang indah memikat hati siapa pun, bahkan pengunjung biasa sekalipun. Bagaimana tidak, pulau ini begitu damai dan menenangkan. Ada vegetasi hijau di sekitarnya.

Pemandangan terpenting terbuka dari hamparan lautan luas yang tak ada habisnya, tidak ada penghalang yang menghalangi pandangan.

2. Kenikmatan berenang dan berenang di tepi pantai.

Sifat pantai di Pulau Sanan cukup tenang, ombak tinggi jarang datang. Kondisi ini ideal untuk berbagai aktivitas air.

Contoh: bermain air dan berenang. Apalagi dengan jernihnya air laut membuat kegiatan ini semakin seru dan membuat suasana liburan semakin berkesan.

3. Snorkeling untuk mengamati biota laut.

Pantai mana pun yang airnya jernih sangat cocok untuk menyelam. Scuba diving tidak hanya menyenangkan, tapi juga mengasyikkan.

Anda bisa mengamati berbagai biota laut yang bersembunyi di balik karang. Dalam hal ini, Anda harus membawa perlengkapan sendiri dan menjaga keamanan.

4. Memancing

Mereka yang suka memancing harus mencoba Pulau Sana’an. Dan tidak ada salahnya juga karena banyak terumbu karang yang merupakan hasil budidaya masyarakat setempat.

Kebanyakan ikan di sini berukuran tidak terlalu besar. Namun aktivitas ini akan membuat liburan Anda semakin seru, apalagi Anda bisa bersantai sambil menikmati alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau Sana'an
Foto Pulau Sanane di Instagram

Setelah Anda mengetahui objek wisata, lokasinya, harga tiket masuk, dan aktivitas serunya, saatnya mencari tahu fasilitas apa saja yang tersedia.

Cukup penuh untuk kelas wisata yang belum padat pengunjung. Di sini Anda memiliki akses ke penyeberangan perahu. Fasilitas lainnya meliputi toilet dan warung makan.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai salah satu tempat wisata di Sulawesi Selatan ini. Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif liburan karena daya tariknya.

Pulau Sanane menawarkan keindahan alam yang mempesona. Akses menuju lokasi cukup mudah, dan biaya yang relatif murah.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *