Museum Ullen Sentalu Sleman, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Sejarah & Budaya Jawa

Ide Wisata9 Dilihat


Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Sleman, Jogja dimana kita bisa mempelajari sejarah dan budaya Jawa. Museum ini menyimpan koleksi artefak artistik. peninggalan sejarah kerajaan Mataram.

Harga tiket: Rp 50.000, Jam kerja: 08.00 – 14.00, Alamat: Jl. Kaliurang, Kecamatan Hargobinangun. Pakeham, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Selain keanekaragaman alamnya yang indah, Indonesia juga kaya akan sejarah yang menarik untuk ditelusuri lebih jauh. Begitu pula dengan keberadaan tempat yang melestarikan peninggalan purbakala masa lalu yaitu Museum Ullen Sentalu. Museum merupakan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah yang biasanya juga dijadikan tempat wisata di Sleman.

Jadi, Anda tidak hanya berlibur saja, tetapi Anda juga bisa mengetahui asal muasal peristiwa tersebut melalui peninggalan-peninggalan yang ada di museum. Bahkan, Ullen Sentalu juga dinobatkan sebagai museum terbaik kedua versi traveler. Museum Ullen memberikan harapan baru kepada generasi muda untuk selalu mengikuti perkembangan peradaban di Selman.

Nama Ullen Sentalu sendiri ternyata merupakan ungkapan Jawa. Ulating Blenkong sebenarnya adalah tataraning lumaku.yang jika diartikan akan mengandung nasehat: “Cahaya dapat menjadi pedoman seseorang dalam menjalani kehidupan.”

➥ Jogja Day Tour : Candi Prambanan, Ullen Sentalu dan World Land

Pemandangan Museum Ullen Sentalu

Shutterstock Landmark Museum Ullen Sentalu
Foto: Stok Baru – Shutterstock

1. Museum penuh cerita, dengan 9 aula

Bangunan yang konon memiliki aura mistis ini sebenarnya memiliki sembilan ruangan berbeda. Dimana setiap ruangan mempunyai fungsinya masing-masing. Diawali dengan sebuah ruangan yang bernama Welcome Room, dimana ruangan ini digunakan untuk menerima wisatawan yang datang berkunjung ke museum.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di dekatnya terdapat ruang dansa yang menyimpan koleksi Kesultanan Yogyakarta. Koleksi ini merupakan kumpulan instrumen gamelan sumbangan. Ada pula Pendopo Guva Sela Giri yang menjadi tempat pameran foto para pejabat tinggi Dinasti Mataram. Jadi, Anda pasti diajak mengenal sistem pemerintahan pada zaman kerajaan.

Selain ketiga aula tersebut, ada juga Aula Puisi yang memamerkan puisi-puisi indah tentang cinta Tineke. Kamar Kerajaan Ratu Mas, kamar yang dibangun khusus untuk mendiang istri kesepuluh Sunan Paku Buanayan. Ruang Batik Vorstendladen, sesuai dengan namanya, merupakan ruang penyimpanan berbagai jenis batik Indonesia.

2. Tempat dimana Anda bisa merasakan peninggalan Kerajaan Mataram.

Daya tarik Museum Ullen Sentalu selanjutnya adalah tempatnya menyimpan banyak benda-benda peninggalan kerajaan Mataram. Seperti diketahui, Indonesia mempunyai sistem kerajaan sebelum menjadi republik. Museum Sentalu dibuka pada tahun 1997, banyak aula yang mewakili peninggalan kerajaan kuno Matarm.

Baca Juga  Jungwok Blue Ocean, Destinasi Wisata ala Santorini di Gunung Kidul

Apalagi pendapat tersebut diperkuat dengan foto raja Mataram di kamar Sasan Sekar. Bahkan terdapat lukisan dan potret para pejabat Dinasti Mataram. Tentu saja fotonya ada di ruangan lain, yakni di kamar Guva Sela Giri. Tidak hanya foto-foto tokoh zaman dahulu, pengunjung juga bisa melihat arsip surat-surat, alat musik tradisional dan lain sebagainya.

➥ Cek promosi hotel di Sleman

3. Mitos di Museum Ullen Sentalu

Selain dikenal sebagai tempat wisata sejarah, Ullen Sentalu mempunyai beberapa kepercayaan di kalangan pengunjung Ullen Sentalu, salah satunya adalah dilarangnya fotografi. Namun jangan khawatir, larangan ini tidak berlaku di semua spot. Namun ada tempat yang tidak boleh digunakan sebagai lapangan tembak.

Kepercayaan mistik mengatakan bahwa larangan fotografi hanya dilakukan di daerah tertentu. Pengunjung hanya diperbolehkan mengambil foto di kawasan Borobudur. Banyak yang mengatakan bahwa pelarangan fotografi karena adanya kepercayaan tentang makhluk gaib yang menjaga objek tersebut. Kepercayaan ini biasa disebut animisme.

Bahkan ada yang mengatakan sembilan aula Museum Ullen Sentalu dihantui oleh arwah para putri zaman dahulu. Sehingga ketakutan akan mengganggu keberadaan makhluk tersebut. Meski mengandung unsur mistis yang bikin merinding, museum ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Ada pendapat lain mengapa pengunjung dilarang mengambil foto di museum. Sebab, museum ini menerapkan sistem Living Museum. Artinya, sewaktu-waktu pihak pengelola museum akan mengubah lokasi pameran yang ada. Jadi mungkin kunjungan kedua Anda ke museum ini akan memberi Anda pengalaman berbeda.

Artinya setiap orang yang ingin mengunjunginya harus mengunjunginya sendiri. Karena pengalaman tersebut tentu saja tidak bisa digambarkan hanya dengan melihat sebuah foto.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Museum Shutterstock Ullen Sentalu
Foto: Stok Baru – Shutterstock

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Museum Sentalu, terdapat beberapa rute. Sebelumnya tempat ini terletak di Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta. Tempatnya dekat dengan objek wisata Telogo Putri dan gereja. Untuk mencapainya, Anda memiliki dua pilihan. Yakni dengan mobil pribadi atau menggunakan fasilitas umum.

Bagi yang menggunakan angkutan pribadi sebaiknya melalui jalur Jalan Kaliurang langsung. Ikuti saja jalan utama hingga menemukan gerbang kawasan Kaliurang. Jaraknya sekitar 18 km, sehingga waktu tempuhnya tentu kurang dari satu jam. Dari situ ikuti saja jalan lurus hingga pertigaan Patung Udang. Belok utara untuk mencapai pertigaan berikutnya. Belok kanan dan ikuti jalan tersebut dan Anda akan sampai di Museum Ullen Sentalu.

Baca Juga  Bunker Kaliadem Merapi, Destinasi Wisata Edukasi Favorit di Sleman Jogja

Sedangkan bagi yang memilih opsi kedua yaitu angkutan umum bisa memulainya dari halte bus yaitu Terminal Jombor. Naik TransJogja 2B dan turun di halte Ring Road Utara. Perjalanan dilanjutkan dengan angkutan umum menuju halte TK Kaliurang. Dari sini pengunjung harus berjalan kaki sejauh 300 meter untuk mencapai museum.

➥ Paket Tour Jogja selama 4 hari 3 malam ke destinasi wisata populer

Jarak tersebut dapat ditempuh hanya dalam waktu 8 menit. Namun ada tawaran bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum. Angkutan umum hanya beroperasi pada waktu-waktu tertentu yaitu sekitar pukul 08.00 – 14.00.

Pengunjung yang ingin memasuki kawasan tempat situs bersejarah tersebut berada dikenakan biaya masuk. Terdapat perbedaan tarif untuk pengunjung dalam dan luar negeri. Wisatawan domestik hanya dikenakan biaya Rp 50.000.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya bisa mencapai Rp 100.000. Museum Ullen Sentalu tutup pada hari Senin dan buka pada hari Selasa hingga Minggu. Jam buka mulai pukul 08.30 – 16.00.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Shutterstock Museum Ullen Sentalu
Foto: Bsharis – Shutterstock

Penelitian artefak dan peninggalan yang ada

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di Museum Ullen Sentalu adalah mengamati setiap artefak yang ada di sana. Sehingga pengunjung bisa mengetahui lebih jauh tentang sejarah Kerajaan Mataram. Dimana kerajaan ini pernah makmur pada masanya. Setiap peninggalan juga mempunyai cerita tersendiri yang bisa dijadikan pelajaran.

Berkat luas museum yang lebih dari 1 hektar, pengunjung tidak akan merasa sesak. Jadi Anda bisa leluasa bergerak menjelajahi museum. Suasananya begitu asri, apalagi mengingat istilah “Rumah Surga” digunakan untuk menggambarkan suasana tempat ini. Selain itu, pengunjung Ullen Sentalu dapat mengunjungi sembilan aula yang ada.

Ikut serta dalam kegiatan klub di Museum Ullen.

Perlu anda ketahui bahwa di Museum Ullen terdapat Klub Diskusi yang diadakan dalam jangka waktu tertentu. Jadi Anda bisa bertukar pikiran tentang benda-benda bersejarah di sana. Berbagai topik budaya akan dibahas bersama dengan maksimal 10 peserta. Jumlah ideal ini membuat peserta lebih fokus dan terkendali.

Topik pembahasan tentu saja ditentukan oleh ketua klub. Namun jangan khawatir, karena topiknya tidak akan jauh-jauh dari budaya Indonesia. Peserta akan diajak mengamati berbagai peristiwa budaya yang berlangsung. Dan bagaimana hubungannya dengan masa lalu?

Saksikan pemutaran film dokumenternya

Selain menjelajahi artefak dan mengikuti kegiatan klub, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di sini adalah menonton pemutaran film. Tentu tidak asik sekali jika bisa melihat pemandangan yang berkaitan dengan sejarah kota Jogja. Karena dimasukkan dalam film dokumenter, dijamin menambah pengetahuan Anda.

Baca Juga  Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menawan dengan Budaya & Tradisi Subak di Tabanan

Oleh karena itu, Museum Ullen Sentalu juga cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Tak hanya sebagai hari libur, namun juga sebagai sarana edukasi. Bahkan ada film dokumenter yang menceritakan tentang sejarah Keraton.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Museum Ullen Sentalu
Foto: Zakaria A.F. – Stok terbatas

1. Restoran

Tempat wisata sejarah yang tidak boleh dilewatkan adalah tempat makan yang bisa dinikmati pengunjung. Nah, di museum ini terdapat sebuah restoran yang biasa dikunjungi saat perut dalam keadaan kosong. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadikannya sebagai tempat liburan yang epic.

Nikmati santapan Anda sambil mengagumi pemandangan menakjubkan Museum Ullen. Restoran ini terletak di dekat area museum. Jadi, setelah berjalan sedikit, tempat makan yang menyajikan makanan lezat akan muncul di depan mata Anda.

2. Taman

Objek Museum Ullen selanjutnya adalah taman. Taman ini khusus dibangun untuk menggambarkan kemegahan pemerintahan raja-raja zaman dahulu. Setidaknya Anda bisa leluasa menikmati keindahan taman museum. Taman tersebut muncul di halaman museum setelah pengunjung berjalan menyusuri tangga dan tikungan yang ada.

3. Simpan

Selain restoran dan taman, di dalam lokasi museum juga terdapat toko tempat pengunjung dapat melakukan transaksi jual beli. Bahkan jika beruntung, Anda bisa menyaksikan pertunjukan budaya.

Berkat toko di lokasi, pengunjung dapat membeli oleh-oleh untuk orang yang mereka cintai di rumah. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung dengan fasilitas yang disediakan berupa toko di Museum Ullen Sentalu.

4. Panduan

Ullen Sentalu kini memiliki layanan yang bermanfaat yaitu tersedianya pemandu bagi pengunjung. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan pemahaman lebih dalam tentang setiap item dari zaman kuno. Selain itu, pengalaman liburan pun akan semakin berkesan, apalagi pemandu fasih dalam beberapa bahasa.

Seorang pemandu akan bertugas di depan gerbang pembukaan, menunggu kedatangan pengunjung. Oleh karena itu, ketika Anda memasuki museum, otomatis Anda akan memiliki pemandu pribadi. Pengeluaran pemandu sendiri sudah termasuk dalam biaya masuk. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan kapasitas yang ada.

Berbagai fakta Museum Ullen Sentalu Sleman yang dibahas di atas tentu bisa menambah minat Anda untuk segera mengunjunginya. Ajak juga teman dan keluarga untuk wisata sejarah.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *