Pantai Citepus, Pantai Indah di Sukabumi yang Menyajikan Fenomena Sunset Memukau

Ide Wisata88 Dilihat


Pantai Sitepus di Sukabumi merupakan pantai indah yang menawarkan pemandangan matahari terbenam dan pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sitepus, Kec. Pelabuhanratu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Sukabumi merupakan salah satu daerah di Sukabumi, Jawa Barat yang mempunyai potensi wisata alam dalam berbagai kategori. Ada air terjun, gunung, bukit, danau bahkan gua.

Dan Pantai Sitepus menjadi salah satu tempat wisata utama kota ini. Tempat ini selalu dipenuhi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Garis pantainya cukup panjang, setidaknya lebih dari 3 kilometer. Pantai ini memiliki pasir berwarna coklat yang terlihat seperti karpet jika dilihat dari atas.

Ombaknya yang tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Fasilitasnya lengkap dan terlihat sangat bersih tidak ada sampah berserakan.

Atraksi Pantai Sitepus

Atraksi Pantai Sitepus
Foto oleh Pertamini Chianjur di Facebook

Mungkin banyak orang yang mengenal Sukabumi sebagai Pelabuhan Ratu yang legendaris. Namun ternyata bukan hanya itu saja yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Pantai ini juga layak menemani liburan Anda dengan segala daya tariknya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Keindahan pantai Sitepus

Daya tarik pertama adalah keindahannya yang memukau: Anda akan selalu dimanjakan sejauh mata memandang. Airnya cukup jernih, berwarna hijau tua di bagian tepinya dan sedikit terang di bagian tengahnya.

Pasir berwarna coklat terhampar luas di sepanjang garis pantai. Perbukitan di sisi lain membuat pesonanya semakin eksotis.

2. Ombak yang relatif tenang

Telah disebutkan di awal di atas bahwa ombak di Pantai Sitepus Sukabumi tenang. Hal ini membuatnya relatif aman untuk berbagai aktivitas air.

Anda bisa berenang ke tengah dengan snorkeling atau floating. Jika Anda takut atau kurang yakin, bermain di pantai tentu juga tak kalah asyiknya, apalagi jika Anda melakukannya bersama keluarga.

Baca Juga  Kampung Purbayan Jogja, Desa Wisata yang Menyimpan Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

3. Parkir di tepi pantai

Ada satu hal unik yang tidak dimiliki pantai. Dimana biasanya hanya menawarkan pesona bahari berupa laut jernih dan pasir lembut.

Ada sebuah taman di sini yang terletak di dekat pantai. Pengunjung bisa bersantai dan mengajak si kecil bermain di taman ini sambil menikmati keteduhan dan suasana indah khas pantai.

4. Tempat menyaksikan matahari terbenam

Hampir seluruh pantai di Sukabumi bisa dijadikan spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam, termasuk objek wisata Pantai Sitepus. Fenomena ini sungguh indah meski bisa Anda amati setiap hari.

Cahaya jingga yang perlahan menghilang di balik perbukitan tampak sungguh menakjubkan, apalagi saat cuaca cerah dengan awan yang menggantung.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pantai Sitepus
Foto oleh Adel Adil di Google Maps

Meski jarak dari pusat kota cukup jauh, namun akses jalannya sangat baik dan memadai. Jika memulai dari Alun-Alun Sukabumi akan memakan waktu sekitar 2 jam. Sebab, jaraknya mencapai 65 kilometer.

Anda bisa menggunakan angkutan pribadi, angkutan umum atau bahkan jasa wisata yang sering dijumpai di kawasan sekitar.

Secara administratif kawasan wisata Pantai Sitepus terletak di Jalan Raya Cisolok – Pelabuhan Ratu No. 16, Sitepus, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Sebagai referensi, Anda bisa memanfaatkan Pantai Pelabuhan Ratu yang letaknya hanya 3 kilometer dari tempat wisata tersebut. Mereka yang datang dari luar kota dan belum familiar dengan kawasan tersebut sebaiknya menggunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Mengunjungi objek wisata pantai di Sukabumi ini tentunya tidak gratis, ada biaya yang harus dikeluarkan. Namun jangan khawatir, biaya yang dibutuhkan sangatlah murah dan terjangkau.

Berbeda dengan pantai pada umumnya yang biayanya per orang. Ini memperhitungkan jenis kendaraan dan tidak ada hubungannya dengan penumpang di dalamnya.

Baca Juga  Pantai Parangkusumo, Destinasi Wisata Bahari yang Sarat Legenda di Bantul

Biaya masuk ke Pantai Sitepus Sukabumi dengan sepeda motor adalah Rp 10.000.

Bagi yang datang naik mobil, siapkan uang sebesar Rp 20.000. Biaya di atas sudah termasuk biaya parkir, jadi anggap saja gratis. Meski buka setiap hari selama 24 jam, namun akan lebih baik jika Anda berkunjung pada sore hari sebelum malam hari.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Sitepus
Foto Dizt Abrian di Google Maps

Mengunjungi tempat wisata tentu kurang lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas outdoor. Juga kali ini, karena ini adalah pantai, banyak hal yang dapat dilakukan di sini. Di bawah ini adalah contoh kegiatan yang bisa dijadikan inspirasi!

Bermain air dan pasir di pantai

Meski Pantai Sitepus jarang memiliki ombak yang tinggi, namun ada baiknya jangan berenang di tengah-tengahnya. Bermain air di pinggirnya saja sudah cukup menarik, apalagi jika dilakukan bersama-sama.

Anda juga bisa mengajak buah hati Anda bermain pasir. Wisatawan biasanya mengadakan lomba membangun, menggali, dan melempar di sini.

Bersantai di Taman Pantai Sitepus

Jika karena alasan tertentu Anda tidak ingin bermain air atau pasir, bersantai di taman tidak ada salahnya. Banyaknya pepohonan yang mengelilinginya membuat tempat ini rindang dan menyegarkan.

Anak-anak dapat bermain di perosotan atau ayunan yang telah disediakan. Sementara orang tua menyaksikan apa yang terjadi sambil menikmati suasana khas laut.

Menyaksikan momen matahari terbenam

Pantai Sitepus merupakan salah satu tempat dimana anda bisa menikmati pesona matahari terbenam terbaik di Sukabumi. Jadi datanglah sepagi mungkin agar tidak perlu menunggu terlalu lama.

Pantai eksotik ini menghadap ke barat sehingga terbenamnya matahari berbatasan langsung dengan cakrawala atau cakrawala hingga kembali ke tanah air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Sitepus
Foto Dizt Abrian di Google Maps

Termasuk destinasi wisata favorit Sukabumi, sehingga segala kondisi telah diciptakan di sini untuk mendukung kunjungan wisatawan.

Baca Juga  Pesona Pantai Gatra, Pantai Indah Nan Cantik Bak Raja Ampat di Malang

Tempat parkirnya cukup dekat dengan pantai, dengan toilet dan tempat bilas terletak disekitarnya. Fasilitas lainnya antara lain musala, warung makan, toko oleh-oleh, dan area berkemah.

Bukan satu-satunya pantai di Sukabumi yang menjadi objek wisata, namun objek wisata yang ditawarkan Pantai Sitepus sepertinya layak untuk dimasukkan ke dalam tempat liburan utama Anda.

Selain itu, harga tiketnya murah karena tergantung kendaraannya. Kegiatan telah selesai dan syarat yang diberikan juga cukup memadai.


databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *