Pantai Parangtritis, Pantai Eksotis di Bantul Jogja yang Dibaluti Misteri

Ide Wisata126 Dilihat


Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai indah dan eksotik di Bantul, Jogja. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, tempat menikmati matahari terbenam dan penuh dengan cerita misterius.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Parangtritis, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasi

Pantai Parangtritis merupakan pantai yang paling familiar bagi wisatawan di Yogyakarta. Pantai ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Sebelum munculnya pantai-pantai lainnya, pantai ini merupakan pionir bahkan menjadi simbol pantai di Bantul Yogyakarta.

Siapa pun pasti mengenali pantai ini, meski hanya mendengar nama pantainya saja, karena popularitasnya sudah menanjak sejak lama. Pantai berpasir hitam ini terletak hanya 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Wisatawan berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk melihat indahnya pemandangan matahari terbenam.

Pantai ini sering dijadikan lokasi pemotretan prewedding karena pemandangannya yang menakjubkan. Lokasi yang biasa dijadikan lokasi pemotretan prewedding ini terletak di ujung timur Pantai Parangtritis karena memiliki gugusan karang yang indah. Upacara prewedding biasanya dilaksanakan pada senja hari karena perpaduan sempurna antara langit senja dan air laut keemasan.

Objek Wisata Pantai Parangtritis

Shutterstock Objek Wisata Pantai Parangtritis
Foto oleh Sumini Warso Utomo di Shutterstock

Banyak orang menyebut pantai ini sebagai pantai selatan. Sebutan “pantai selatan” diberikan pada pantai ini karena terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta dan berada di tepi Samudera Hindia. Pantai ini juga terkenal dengan legenda dan mitos yang beredar di kalangan masyarakat umum. Tak heran jika saat musim liburan kawasan pantai ini paling banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai legendaris

Pantai Parangtritis sangat populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara karena kisah-kisahnya yang melegenda. Konon ada kerajaan gaib di sekitar pantai ini yang dipimpin oleh penguasa laut selatan bernama Nyi Roro Kidul.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Orang yang mempercayai legenda ini mengatakan bahwa kereta kuda Nyi Roro Kidula sering muncul di tengah laut. Sebuah kereta kuda bergerak menyusuri permukaan laut dan dinaiki oleh Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. Tampak redup dan kecil jika dilihat dari bibir pantai.

Orang-orang yang mempercayai legenda ini juga mengatakan bahwa kereta kuda itu tiba-tiba menghilang, dan mereka percaya bahwa kerajaan penguasa laut selatan terletak di tengah lautan dalam.

Mitos yang tersebar luas tentang Pantai Parangtritis

Karena legenda yang ada di dekat pantai ini, terdapat juga mitos yang banyak dipercaya oleh wisatawan. Mitosnya wisatawan tidak boleh memakai pakaian berwarna hijau karena bisa tersapu ombak laut.

Baca Juga  Buffalo Hill, Panorama Alam Eksotis dengan Hamparan Rumput Hijau di Garut

Dikabarkan jika ada wisatawan berbaju hijau yang terseret ombak berarti wisatawan tersebut telah terseret ke laut oleh Nyi Roro Kidul.

Memiliki bukit pasir yang indah

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan ombak besar dan indahnya matahari terbenam, namun juga pemandangan unik yang berbeda dengan pantai lain di Yogyakarta. Di sekitar pantai ini banyak terdapat pegunungan pasir yang biasa disebut gumuk pasir.

Alamat dan rute menuju lokasi

Shutterstock Alamat Pantai Parangtritis
Foto oleh Eric Nuenigoff di Shutterstock

Pantai dengan suasana sunset romantis ini terletak di Desa Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, sehingga sangat mudah untuk mencapai tempat tersebut dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju pantai ini. Rute pertama berangkat dari kota Yogyakarta melalui Jl. Parangtritis menuju Kretek. Rute kedua berangkat dari kota Yogyakarta melalui Imogiri.

Jika berkendara melalui Kretek, sepanjang perjalanan Anda akan melewati jalan raya yang padat. Sedangkan jika melewati Imogiri, jalan yang dilalui menjadi lebih sepi dan tidak macet.

Biaya masuk dan jam buka

Bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai berpasir hitam ini, jangan khawatir karena harga tiket wisata pantai ini sangat terjangkau. Objek wisata tepi pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Namun pintu masuknya hanya dijaga petugas mulai pukul 07.00 hingga 20.00 WIB. Biaya masuk bagi wisatawan sebesar Rp 10.000 per orang.

Jika Anda datang dengan kendaraan roda dua, Anda hanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika Anda ingin menyewa quad bike untuk bersepeda di pinggir pantai, Anda akan dikenakan biaya Rp 100.000 selama 30 menit. Jika ingin merasakan serunya naik kereta di pinggir pantai, Anda akan dikenakan biaya Rp 20.000 sekali putaran.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Parangtritis
Foto: Gambar Naufal di Shutterstock

1. Bermain air di pinggir pantai

Wisatawan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk bermain air di pantai ketika mengunjungi objek wisata ini. Wisatawan dewasa dan anak-anak terlihat sangat gembira saat deburan ombak menerpa tubuh mereka. Ada wisatawan lain yang menghabiskan waktu di sini bermain-main di pantai berpasir.

Namun karena Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar, maka Anda perlu berhati-hati agar tidak terbawa arus ombaknya, terutama bagi anak-anak yang harus selalu diawasi dengan ketat. Anda juga perlu berhati-hati dengan ubur-ubur yang terkadang hinggap di tepi pantai agar tidak tersengat. Jika tersengat, Anda bisa menggunakan minyak untuk mengurangi panas akibat sengatan tersebut.

Baca Juga  Pantai Mbuluk, Pantai Indah dengan Batu Karang & Tebing Eksotis di Gunung Kidul

2. Bersantai di pantai dan menikmati pemandangan.

Anda yang tidak ingin bermain air tetap bisa menikmati pemandangan sambil duduk-duduk di bawah naungan pinggir pantai. Di pinggir pantai, wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan bisa menyewa tikar dengan payung besar berwarna cerah.

3. Naik delman sambil menikmati keindahan pantai.

Salah satu hal yang menarik dari objek wisata ini adalah adanya gerobak yang berjalan di sepanjang pantai yang bisa disewa oleh wisatawan. Anda bisa menikmati keindahan pantai selatan ini dari awal hingga akhir sambil duduk cantik di dalam kereta.

Tidak perlu takut kepanasan, karena stroller ini sudah dilengkapi dengan atap. Anda hanya perlu menggunakan kacamata jika tidak ingin terkena sinar matahari.

4. Latih adrenalin Anda dengan mengendarai sepeda.

Selain dengan kereta, Anda juga bisa mencoba memacu adrenalin dengan menunggang kuda. Tak perlu takut, karena ada pemandu kuda yang akan setia menemani Anda selama berkuda. Anda bisa menikmati semilir angin sepoi-sepoi sambil berjalan-jalan menyusuri pantai dengan menunggang kuda di tepi laut tanpa merasa lelah.

5. Bermain quad bike di kawasan pantai Parangtritis.

Aktivitas seru lainnya yang bisa Anda lakukan di sini adalah quad bike di kawasan Pantai Parangtritis. Anda bisa menyewa ATV ini di tempat persewaan yang tersebar di seluruh pantai. Perjalanan ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan. Hembusan angin pantai yang sejuk dan kencang akan menantang Anda saat bermain quad bike di sepanjang pantai. ATV ini hanya bisa dioperasikan oleh dua orang.

6. Mandi Parangwedang.

Karena ombak di pantai indah ini cukup besar, wisatawan tidak disarankan untuk berenang di dekat pantai. Dinas Pariwisata telah menyiapkan pemandian umum yang nyaman dan aman.

Pemandian Parangwedang terkenal di kalangan wisatawan karena airnya yang mengandung belerang. Air mandinya konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

7. Pacu adrenalin Anda saat bermain paralayang.

Anda yang ingin menantang diri dan memacu adrenalin bisa mencoba wahana ini. Objek wisata ini sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang berbadan tegap dan tidak takut ketinggian. Penerbangan paralayang ini akan membuat Anda melayang di udara dan Anda akan dapat melihat pemandangan laut biru dari atas serta angin sejuk.

8. Bermain layang-layang di pinggir pantai

Anda yang tertarik dengan terbang layang-layang juga bisa menekuni hobinya di sini. Angin di Pantai Parangtritis kencang sehingga bisa dimanfaatkan untuk menerbangkan layang-layang. Kegiatan menarik ini biasanya dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Di pesisir pantai banyak sekali pedagang yang menjual layang-layang berbagai macam bentuk.

Baca Juga  Pantai Pandansari, Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Mercusuar di Bantul Jogja

9. Menikmati indahnya matahari terbenam

Setelah Anda menyelesaikan aktivitas menarik dan menyenangkan, Anda bisa mengisi hari Anda dengan menunggu matahari terbenam. Pantai ini terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang romantis, jadi jangan sampai kamu melewatkannya. Abadikan momen tersebut dengan berfoto saat senja bersama keluarga atau pasangan.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Resor Ratu Selatan

Hotel mewah bintang 4 ini sangat populer di kalangan wisatawan. Letaknya tepat di pinggir Pantai Parangtritis dan memiliki kapel cantik multifungsi berbentuk segitiga putih. Kapel ini biasanya digunakan untuk pemberkatan pernikahan. Fasilitas hotel ini sangat lengkap. Terdapat kolam renang dan restoran yang menghadap ke laut biru.

2. Penginapan Wisata Parangtritis

Hotel bintang 1 ini sangat mendasar tetapi mudah untuk memilih tempat menginap. Dengan harga sewa kamar mulai dari Rp 89.000 per malam, Anda mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap. Karena letaknya yang sangat dekat dengan pantai, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar dari hotel ini jika ingin mengunjungi pantai.

3. Hotel dan Vila Pantai Adinda

Jika Anda ingin menginap di hotel dengan pemandangan laut lepas dari atas, hotel bintang 2 ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Dengan budget mulai dari Rp 388.275, kamu bisa menginap di hotel dengan pemandangan menakjubkan ini. Fasilitasnya lengkap. Saat Anda membuka jendela kamar, Anda langsung melihat birunya laut yang menenangkan.

4. Vila Alcheringa

Villa mewah ini bisa Anda pilih sebagai tempat menginap untuk diri sendiri dan keluarga atau pasangan. Suasana romantis akan kamu rasakan di villa ini karena suasananya yang tenang dan pemandangan langsung ke laut lepas. Fasilitas villa ini lengkap.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Properti Pantai Shutterstock Parangtritis
Foto oleh Ramadur di Shutterstock

Pihak pengelola pantai ini memberikan wisatawan berbagai layanan yang lengkap. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain persewaan ATV, persewaan kuda dan kereta, spot foto, paralayang, cabana pantai, tikar dan payung. Fasilitas umum seperti warung makan, pemandian belerang, toilet umum, musala dan akomodasi/hotel juga terdapat di sekitar tempat wisata.

Objek wisata Pantai Parangtritis selalu ramai pengunjung karena pemandangannya yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Anda yang ingin menikmati suasana senja dengan suara ombak yang menenangkan bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata bagi Anda, keluarga, atau pasangan. Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil foto di sini.


databaru.my.id