Pantai Sendiki, Pantai Tersembunyi yang Kaya Pesona di Malang

Ide Wisata30 Dilihat


Pantai Sendiki merupakan salah satu pantai pasir putih menawan di Malang, Jawa Timur. Pesona pemandangan laut yang indah ditambah dengan panorama matahari terbenam membuat pantai tersembunyi ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi selama liburan Anda.

Harga tiket: 5000 rupee Indonesia, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Tambacredgio, Distrik. Sumbermanjing, Cab. Malang, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Malang memang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata. Mengunjunginya seperti mengunjungi suatu tempat dengan panorama alam yang bervariasi. Pantai Sendiki berada di salah satu garis pantai panjang di sekitar Malang.

Keberadaannya merupakan rangkaian dari beberapa pantai yang ada di wilayah Provinsi Jawa Timur. Pantai ini benar-benar akan memukau pengunjung dengan keindahannya. Hal inilah yang menyebabkan pantai ini dikenal oleh berbagai wisatawan lokal di seluruh Indonesia.

Kemudahan akses menuju tempat ini menjadi salah satu faktor penting mengapa banyak orang yang tertarik mengunjungi Pantai Sandiki yang eksotis ini. Banyak orang yang mulai tertarik dengan tempat tersembunyi di Malang ini.

➥ Cek hotel murah di Malang

Atraksi Pantai Sendiki

Shutterstock Atraksi Pantai Sendiki
Foto oleh Shandya Fajar di Shutterstock

1. Pasir putih yang indah berpadu dengan birunya air laut.

Pantai Sendiki memiliki hamparan pasir putih yang berpadu sempurna dengan laut di sekitarnya. Pasir di sana bertekstur halus dan tidak banyak tercampur dengan benda lain seperti terumbu karang. Hampir tidak ada karang di permukaan laut, kecuali area tersendiri di sisi kanan pantai.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Hal ini juga berlaku pada pasir yang terhampar di pinggir pulau. Pengunjung bisa melakukan berbagai hal di atas pasir tersebut. Hal inilah yang menjadi daya tarik dari tempat menawan ini, karena pengunjung juga akan merasa aman berjalan di sekitarnya meski tanpa alas kaki.

Apalagi air laut di sini juga menjadi salah satu faktor yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Laut di sana terlihat sangat bersih, tanpa ada kotoran atau puing-puing yang mengapung di permukaan laut. Kemunculan air lautnya bisa disamakan dengan keindahan Pantai Pandawa di Bali.

➥ Tamasya ke pantai selatan Malang

Laut di sana sangat bersih sehingga warnanya tampak biru selaras dengan bentukan pantai dan pemandangan alam lainnya. Ombaknya juga cukup ganas karena pantai ini juga merupakan salah satu pantai di pesisir selatan Pulau Jawa.

2. Suasana pantai yang tenang.

Hal ini mungkin menjadi salah satu faktor yang paling mempengaruhi mengapa wisatawan rela mengeluarkan seluruh tenaganya hanya untuk menikmati liburan di sana. Pantai ini masih tergolong sepi karena masih sedikit orang yang menjelajahi kawasan Malang di sana. Selain itu, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh aksesibilitas lokasi.

Baca Juga  Negeri Suah, Melihat Lebih Dekat Destinasi Wisata Alam dengan Sejuta Pesona di Deli Serdang

Namun meski suasana pantai masih terkesan sepi, pengunjung akan merasakan pengalaman luar biasa saat bersantai di Pantai Sendiki. Perasaan tenang akan menyelimuti setiap detik waktumu. Akan semakin menyentuh hati ketika angin menggoyang dedaunan tanaman di sana.

Terlebih lagi, ketika kulit kita merasakan hembusan angin laut, maka akan timbul perasaan tenang dan tenteram di hati dan pikiran. Itu semua seolah merupakan cerminan khusus dari diri Anda sendiri. Tubuh akan terasa rileks dan pikiran menjadi lebih jernih dan terbuka.

3. Vegetasi alam hijau yang menawan

Di pinggir Pantai Sendiki, tepat di luar hamparan pantai berpasir, tempat ini juga tak lepas dari dekorasi alam berupa berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Tak hanya pohon kelapa, tanaman lain pun ditemukan lebat. Hal inilah yang membuat tempat wisata ini semakin indah.

Pengunjung kerap memanfaatkan keberadaan makhluk hidup tersebut untuk mengambil foto potret. Tempat ini dipenuhi dengan suasana dan panorama yang indah, jadi melakukan hal ini sendiri adalah sebuah tanggung jawab. Foto yang diambil dari lokasi ini akan terlihat lebih indah dan terlihat seperti destinasi internasional.

Faktanya, ada satu hal yang terkesan tidak terlalu elegan, namun ternyata memberikan background yang apik pada potret yang dihasilkan. Ini adalah dahan pohon yang tumbang di pasir halus pantai. Orang sering menggunakan dahan ini sebagai backdrop eksotis untuk foto yang ingin mereka ambil.

4. Luas wilayah pantai

Pantai ini cukup luas mengingat total luas pasirnya bisa melebihi 70 kilometer persegi. Meski banyak orang yang datang, namun tidak akan membuat pantai menjadi ramai sehingga pengunjung yang satu harus berdesakan dengan pengunjung lainnya. Dengan begitu, liburan Anda akan lebih lancar dan gangguannya minimal.

Dengan demikian, wisatawan yang berkunjung bisa mengundang lebih banyak orang dalam satu rombongan dibandingkan biasanya. Kerabat dekat, keluarga besar atau sahabat bisa membuat rombongan besar dalam satu paket liburan. Namun mengingat suasana Pantai Sendiki, berwisata sendirian bukanlah masalah besar.

5. Pesona terumbu karang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak terumbu karang yang tersebar di sisi kanan tempat wisata ini. Jika permukaan air tinggi, sebagian besar karang akan tenggelam. Namun saat air surut akan banyak terdapat terumbu karang di sini. Hampir seluruh terumbu karang terletak di pesisir pantai.

Baca Juga  Taman Sari Jogja, Pesona Keindahan Istana Air & Mitos yang Membaluti

➥ Tur Sehari Berjalan Kaki ke Pantai dan Pulau Malang

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Sandiki Shutterstock
Foto oleh Shandya Fajar di Shutterstock

Destinasi wisata bahari di Jawa Timur ini terletak di Kabupaten Malang bagian selatan. Lokasi tepatnya berada di salah satu kawasan setempat yaitu Sumbermanjing Wetan. Lebih detailnya, pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, cukup jauh dari hiruk pikuk sekitar Malang.

Tempat ini juga cukup dekat dengan pantai Malang lainnya yaitu Tamban. Jarak antara kedua destinasi wisata tersebut terbilang pendek. Jika diukur, jarak kedua tempat ini hanya berjarak dua kilometer.

Jika pengunjung datang dari Kota Malang, harus menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Jarak yang ditempuh pun tidak mencapai 70 kilometer. Jika lalu lintas jalan raya tidak terlalu padat, perjalanan ke sana akan lebih cepat. Wisatawan yang berkunjung diharapkan menggunakan kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, mengingat masih belum ada angkutan umum di sini.

Ada beberapa tempat yang perlu Anda kunjungi sebelum tiba di tempat wisata. Daerah pertama yang harus dilalui adalah daerah yang disebut Pakishaji. Sesampainya di sana, carilah tanda jalan yang menunjukkan arah ke Kepanjen dan ikuti saja. Setibanya di kawasan, pengunjung harus menuju kawasan Gondanglegi.

Jika sudah sampai di kawasan ini, maka perjalanan harus dilanjutkan ke kawasan Touraine. Di sanalah wisatawan akan mendapat akses menuju Tamban yang menjadi alternatif wisata selain pantai ini. Lurus saja hingga menemukan pertigaan lalu belok kiri atau ikuti petunjuk jalan hingga mencapai Pantai Sandiki.

Pengunjung harus mengeluarkan uang untuk menikmati keindahan pasir dan berbagai macamnya. Nominal yang perlu Anda keluarkan hanya Rp 5.000 saja. Tentu saja sangat murah mengingat pengunjung bisa menikmati berbagai atraksi tempat tersebut.

Selain biaya tiket, wisatawan juga perlu membayar biaya parkir mobil yang digunakan untuk menuju ke sana. Tidak terlalu mahal, biaya perjalanan dengan kendaraan pribadi setara dengan biaya tiket masuk. Dengan begitu, pengunjung akan merasa aman meninggalkan mobilnya untuk menghabiskan waktu di pantai.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Pantai Shutterstock di Sendiki
Foto oleh Shandya Fajar di Shutterstock

Berkemah di pantai Sendiki

Siapa yang tidak suka dengan suasana camping, apalagi di pinggir pantai? Hal ini bisa dilakukan di Pantai Sendiki. Wisatawan yang menghadiri acara tersebut tidak perlu membawa semua perlengkapan yang diperlukan karena terdapat tempat dimana Anda bisa menyewa segala kebutuhan untuk kegiatan ini.

Baca Juga  Jembatan Kaca Tangerang, Spot Foto Ikonik dengan Latar Sungai Cisadane yang Mempesona

Harganya pun relatif murah yakni hanya Rp 30.000 saja untuk setiap tenda yang terpasang. Meski ada akomodasi di dekatnya, namun itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Sepanjang pantai

Mengingat luasnya pantai ini, menyusurinya bukanlah aktivitas yang cepat membuat orang bosan. Wisatawan bisa mengeksplorasi berbagai hal di sana. Hamparan pasir yang terasa lembut menyambut telapak kaki tentu menjadi salah satu hal yang patut dijelajahi. Apalagi vegetasi di sini yang lebat membuat pengunjung penasaran dengan apa yang ada di dalamnya.

Ambil potret indah menghadap pantai

Hunting foto menjadi salah satu rekomendasi yang patut dilakukan di sana. Banyak sekali pemandangan alam di sini sehingga terdapat ratusan backdrop unik dan menawan untuk foto yang Anda ambil.

Akomodasi murah dekat pantai

1. Pondok Bambu

Pengunjung dapat memanfaatkan akomodasi ini hanya dengan Rp 200.000. Dengan membayar sebesar tersebut per malam, pengunjung akan dapat menikmati sejuknya AC di kamar, restoran, dan area parkir yang sesuai. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari tempat wisata indah ini.

2. Benteng YLO Kepanjen

Hotel ini sangat bersih, sehingga siapa pun yang menginap di sana akan merasa nyaman. Dengan tarif sewa kurang dari lima ratus ribu, pengunjung bisa menggunakan Wi-Fi dan AC. Selain itu, terdapat restoran dan tempat parkir mobil.

3. Penginapan wisata “Berkah Alam”

Homestay dapat digunakan hanya dengan Rp 300.000. Pengunjung akan mendapat tempat bermalam, layaknya rumah sendiri. Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk mobil pengunjung.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Shutterstock Sendiki
Foto oleh Livyah08 di Shutterstock

Pantai ini menawarkan berbagai fasilitas seperti penyewaan tenda jika ingin berkemah, tempat parkir yang luas, dan gazebo di pinggirnya. Selain itu, terdapat mushola sehingga wisatawan muslim dapat melaksanakan salat kapan saja.

Pantai ini juga memiliki beberapa pilihan kuliner bagi pengunjung yang ingin mengisi perut setelah mengunjungi kawasan pantai eksotis ini. Selain itu, terdapat toilet dan sejumlah fasilitas penunjang wisata lainnya.

Kunjungan ke Malang diharapkan dapat memberikan eksplorasi lebih dalam mengenai Pantai Sendiki yang kaya akan pesona. Ada beragam aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai. Pesonanya yang luar biasa menjadikan tempat ini sebagai salah satu simbol utama Kabupaten Malang.


databaru.my.id