Kawah Gunung Galunggung, Surga Alam Eksotis dengan Sejuta Pesona di Tasikmalaya

Ide Wisata25 Dilihat


Kawah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat menjadi bukti kekuatan alam yang meninggalkan kesan mendalam dengan kawahnya yang luas dan panorama alam yang memukau.

Harga tiket: Rp15.000, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Lingajati, Kecamatan. Sukaratu, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasi

Destinasi wisata Tasikmalaya dengan udaranya yang sejuk, udaranya bersih dari polusi, keindahan alam yang asri dan mempesona selalu menjadi tempat yang asyik dan menarik untuk dikunjungi. Seperti Kawah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat, tempat ini menjadi destinasi favorit wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara.

Beragamnya daya tarik tempat ini selalu membuat orang ingin mengunjunginya dan melihatnya dengan mata dan kepala sendiri.

Ditambah lagi, berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana akan membuat liburan Anda semakin berkesan dan bermakna. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau orang tercinta.

Objek Wisata Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung Tasikmalaya
Foto oleh Sardiyanto Demangsari di Google Maps

Sembari bersantai di pegunungan, wisatawan hanya bisa menikmati pesona alam yang indah, udara segar, dan cuaca sejuk nan sejuk. Meski demikian, Kawah Gunung Galunggung memiliki beragam daya tarik yang bisa dinikmati wisatawan. Selain di atas, tempat ini juga menawarkan kawah dan danau yang indah dan eksotis.

Keindahan Kawah dan Telaga Hijau

Setelah kegelapan muncul terang, setelah kesulitan muncul terang, setelah letusan muncul keindahan alam yang mempesona. Inilah yang terjadi pada Gunung Galunggung: pasca erupsi tahun 1982, keindahan kawah dan telaga hijau terhampar luas, membuat setiap mata memandang dimanjakan, dan segala sesuatu yang ada di sana membuat hati terpuaskan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kawah dan telaga tampak semakin memukau jika dilihat dari puncak gunung. Tempat ini menjadi tujuan utama dan tempat favorit para wisatawan.

Selain keindahan kawah dan danaunya, tempat ini juga bisa dijadikan tempat memancing oleh wisatawan. Agar Anda bisa melatih kesabaran dan bersenang-senang saat memancing, Anda bisa melakukannya bersama keluarga atau teman Anda.

Udara sejuk tanpa polusi

Selain objek wisata di atas, hal lain yang bisa Anda rasakan dan nikmati selama berada di Kawah Gunung Galunggung adalah menghirup udara sejuk dan bersih. Sangat cocok bagi wisatawan yang biasa tinggal di perkotaan atau yang selalu terpapar polusi udara dari kendaraan atau pabrik.

Kesejukan udara akan semakin terasa ketika wisatawan sudah sampai di puncak gunung. Berbagai pepohonan hijau yang tinggi diiringi hembusan angin, selain merasakan sejuknya udara, menghirup oksigen juga dapat menjamin kesehatan paru-paru. Anda bisa menikmati liburan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.

Baca Juga  Kampung Naga Tasikmalaya, Mengenal Budaya Hingga Adat Istiadatnya

Keindahan panorama alam

Daya tarik lain dari Kawah Gunung Galunggung adalah kesempatan menikmati indahnya panorama alam dalam perjalanan menuju lokasi. Karena tempat ini terletak di daerah pegunungan, maka untuk mencapai tempat wisata alam ini cukup sulit dan membutuhkan usaha serta akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Tempat wisata alam ini hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena seluruh jalan yang dilaluinya terbuat dari batu cor. Selain itu dilengkapi juga dengan dudukan besi di sisi kanan dan kiri.

Dalam perjalanan menuju kawah, wisatawan bisa menyaksikan panorama alam yang indah, eksotik dan mempesona. Angin, kesejukan dan udara segar menemani Anda sepanjang perjalanan, sehingga jarak yang jauh tidak begitu terasa.

Zona Flora dan Fauna

Objek wisata alam Kawah Gunung Galunggung masih sangat asri dan terawat, terlihat saat berwisata menuju lokasi kawah. Di telinga Anda sering terdengar kicauan burung berbagai jenis dan warna, bahkan suara kera.

Selain itu juga terdapat pepohonan tinggi yang hijau seperti Montaigne dan pepohonan indah seperti heather yang memanjakan setiap mata yang memandangnya.

Flora dan fauna tempat wisata ini sangat kaya dan sangat terawat. Oleh karena itu, menjaga dan melestarikan kawasan ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah dan pengelola saja.

Namun wisatawan juga mempunyai tanggung jawab yang sama yaitu menjaga, melestarikan dan tidak merusak benda atau alam yang ada disekitarnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kawah Gunung Galunggung
Foto oleh Iam_Totokusyanto di Instagram

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi kawah Gunung Galunggung sendirian, bersama teman atau keluarga, tempat ini terletak di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Jarak menuju tempat ini sekitar 22 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya dan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 50 menit.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Kota Tasikmalaya, arahkan kendaraannya ke Jalan Ke Kawah lalu ke Jalan Chipanas Galunggung. Perjalanan relatif aman dan terkendali, karena jalan sudah beraspal, tidak berlubang berarti. Rambu petunjuk arah juga tersedia di titik-titik strategis sepanjang jalan raya.

Jika Anda masih bingung saat bepergian, alternatif terbaik adalah bertanya kepada penduduk setempat atau menyalakan aplikasi Google Maps. Karena dengan aplikasi ini Anda dapat mengakses tempat-tempat wisata alam.

Biaya masuk dan jam buka

Liburan tidak selalu harus mahal, mencari tempat bersantai yang berkualitas dan murah adalah pilihan yang cerdas dan tepat. Misalnya saja saat Anda berlibur ke kawah Gunung Galunggung. Hanya dengan harga tiket masuk sebesar Rp. Dengan hanya 15.000 per orang anda sudah bisa mendapatkan liburan yang asyik dan menyenangkan.

Baca Juga  Pantai Bondo Jepara, Pantai Pasir Putih yang Dikelilingi Vegetasi Hijau

Sedangkan bagi wisatawan yang datang menggunakan sepeda motor, tarif parkirnya hanya sebesar Rp. 2000 dan untuk mobil Rs. 5000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak manajemen. Jika Anda ingin menggunakan fasilitas lain di lokasi ini, Anda harus membayar biaya terpisah.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di kawah Gunung Galunggung
Foto Durante Regis di Google Maps

Jika Anda pergi berlibur tanpa mengetahui apa yang dapat Anda lakukan saat berada di sana, itu tidak akan ideal dan persiapan Anda akan minim. Oleh karena itu, perlu diinformasikan bahwa wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas menarik saat berkunjung ke Kawah Gunung Galunggung.

1. Piknik bersama keluarga

Salah satu aktivitas menyenangkan yang disukai wisatawan adalah piknik bersama keluarga. Tempat wisata alam ini merupakan tempat piknik yang menyenangkan dan menarik.

Karena tempat ini sangat cocok dan memiliki tempat piknik yang sangat bagus. Ruang yang luas, pepohonan tinggi yang rindang, udara bersih, udara sejuk dan segar serta pemandangan alam indah yang mempesona menjadi alasan utamanya.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin berkomunikasi dengan keluarga dalam suasana berbeda sehingga menambah keharmonisan rumah, tempat ini sangat cocok sebagai alternatif relaksasi yang menyenangkan.

2. Berburu foto di Gunung Galunggung

Beragam panorama alam yang indah dan eksotik, serta spot wisata yang indah. Sayang sekali jika Anda tidak membawa kamera atau ponsel terbaik Anda.

Pasalnya, lokasi Kawah Gunung Galunggung merupakan tempat yang cocok untuk berburu foto. Pesona alamnya yang indah memanjakan mata, flora dan fauna di sini juga menarik untuk didokumentasikan dengan foto atau video.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan berbagai pose dengan latar belakang yang diinginkan. Di era digital dan media sosial saat ini, dokumentasi liburan ke suatu destinasi menjadi koleksi yang menyenangkan sekaligus membanggakan jika disimpan di akun media sosial Anda. Aktivitas menarik ini biasa dilakukan oleh wisatawan khususnya kaum milenial.

3. Memancing

Di kawah Gunung Galunggung terdapat sebuah telaga indah yang tercipta secara alami, namun di sana juga terdapat banyak ikan. Itulah sebabnya banyak wisatawan yang memancing di tempat ini secara berkelompok. Berbagai jenis ikan air tawar dengan berbagai ukuran dapat ditangkap di danau ini.

Mancing di tempat ini menjadi lebih tenang, sejuk dan menyegarkan, karena suasana disana mendukung dan seolah menghipnotis wisatawan. Kegiatan ini menjadi lebih menarik, seru dan menantang jika dilakukan bersama keluarga atau teman karena Anda bisa mengadakan lomba memancing bersama mereka.

4. Melihat matahari terbit dan terbenam.

Wisatawan yang ingin menyaksikan dua fenomena alam yakni matahari terbit dan terbenam dapat melakukannya di Kawah Gunung Galunggung.

Baca Juga  Wisata Sungai Oyo, Destinasi Wisata Alam Susur Sungai Seru di Gunung Kidul

Mempersiapkan kamera atau ponsel merupakan langkah yang tepat agar tidak melewatkan momen ini. Jika ingin melihat Sunrise sebaiknya sudah standby di lokasi pada pukul 05.00 WIB agar tidak melewatkan momen indah dan langka ini.

Selain matahari terbit, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam di sore hari. Agar tidak ketinggalan, sebaiknya standby mulai pukul 17.00 WIB. Wisatawan biasanya melakukan dua aktivitas menarik ini, yaitu duduk di ketinggian, memandangi panorama alam, menunggu terbit atau tenggelamnya matahari agar lebih menyenangkan.

5. Berendam di sumber air panas

Sumber air panas juga terdapat di kawah Gunung Galunggung. Saat rasa lelah mulai melanda dan panas semakin menyengat, aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa Anda lakukan adalah berendam di pemandian air panas.

Mandi air panas menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang mulai tegang.

Air panas di tempat wisata ini berasal dari Gunung Galunggung. Namun, Anda tidak akan mencium atau merasakan belerang di dalamnya.

Sebab hangatnya air ini secara alami berasal dari pegunungan. Setelah beraktivitas dalam waktu lama, otot menjadi kaku dan lelah, dan mandi air panas bebas belerang mengembalikan kesegaran dan kesehatan tubuh.

6. Berburu kuliner

Berbagai aktivitas menarik telah dilakukan, rasa penat juga telah hilang, hal selanjutnya yang harus Anda rasakan adalah perut Anda mulai terasa lapar. Saat rasa lapar mulai merasuk dan tak tertahankan, berburu kuliner menjadi solusi yang tepat dan tepat.

Beragam menu juga tersedia di Kawah Gunung Galunggung, mulai dari olahan ayam atau ikan hingga makanan berat dan jajanan.

Beragam menunya siap memanjakan dan menggoda lidah, serta mampu mengobati perut yang awalnya lapar. Oleh karena itu, jangan takut kelaparan selama berada di sana, karena berburu kuliner merupakan kegiatan yang menarik bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Struktur Kawah Gunung Galunggung
Foto Kahyo Vivoho di Google Maps

Fasilitas penunjang yang terdapat di Kawah Gunung Galunggung antara lain toilet umum, area parkir, musala, dan area camping yang juga tersedia untuk digunakan oleh pengunjung.

Struktur pendukung lainnya berupa ratusan anak tangga cor dengan railing besi di sisi kanan dan kiri, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses situs Kawah.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat disampaikan kepada anda yang ingin berkunjung ke Kawah Gunung Galunggung sebagai bahan latar persiapan agar anda dapat mempersiapkan lebih matang sebelum berkunjung.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *