Pantai Koka, Pesona Pantai Indah yang Diapit Dua Bukit Eksotis di Flores

Ide Wisata22 Dilihat


Pantai Coca di Flores memiliki pesona indah yang dikelilingi dua bukit eksotis dan juga memiliki bunker peninggalan Jepang yang menambah daya tariknya.

Harga tiket: 10.000 rupiah Indonesia, Jam kerja: 08.00-18.00 VITA, Alamat: Voloviro, distrik. Paga, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur; Map: Periksa lokasi

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki banyak pulau, rangkaian pulau ini membentuk gugusan yang indah. Sebagai negara tropis, wilayah pesisir Indonesia sangatlah eksotik. Salah satu provinsi di kawasan timur Indonesia yang mempunyai potensi bahari yang luar biasa adalah Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda sedang bermain di NTT, berkunjung ke Pantai Coca Flores atau Pantai Coca tidak ada salahnya. Banyak wisatawan yang belum menyentuh tante ini sehingga keasliannya masih sangat terjaga.

Bagi pengunjung yang ingin mencari foto untuk Instagram, pantai ini bisa merekomendasikan destinasi liburan menarik di Flores, NTT. Jika tertarik, yuk langsung saja simak tempat wisata di Pantai Coca berikut ini.

Atraksi Pantai Coca

Atraksi lain dari Pantai Coca Flores
foto Kenangan perjalanan di Twitter

Pantai Melengkung

Jika dilihat dari atas atau dengan drone, Pantai Coca memiliki bentuk melengkung menyerupai angka 3. Pemandangan dari ketinggian ini indah tidak hanya dari pantainya saja, tapi juga dari hamparan hijau di perbukitan.

Tersembunyi di antara dua bukit

Dijuluki “Pantai Tersembunyi” bukan hanya karena masih sepi pengunjung dan jarang diekspor, namun tentu saja pantai ini dikelilingi oleh dua bukit bernama Bukit Ndata Sare dan Bukit Rodya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Ombak pantai yang tinggi

Hobi Anda adalah selancar atau surfing. Pantai Coca bisa banget kamu datangi karena ombak di sini mencapai 1,5 meter. Ombak tinggi yang diperkuat oleh bebatuan di pinggir pantai dapat menginspirasi selancar.

Pasir pantainya putih

Pantai eksotis ini memiliki pemandangan yang luar biasa ditambah dengan indahnya hamparan pasir putih di sepanjang tepiannya. Warna biru air laut berpadu dengan eksotisme terumbu karang yang terlihat dari bawah merupakan kombinasi yang pantas mendapat julukan “WOW”.

Melihat keindahan terumbu karang

Keindahan alam bawah laut pantai mempesona di Flores ini memang patut diacungi jempol. Air lautnya yang jernih memberikan akses mudah menuju terumbu karang yang ada di dalamnya. Untuk lebih menikmati keindahan terumbu karang, Anda bisa melakukan scuba diving.

Baca Juga  Pantai Sejarah Batubara, Keindahan Tersembunyi dengan Cerita Masa Lalu di Sumatera Utara

Ada bunker peninggalan Jepang.

Bukti sejarah bangsa Indonesia juga bisa ditemukan di kawasan Pantai Koka, tepat di kaki Bukit Ndate Sare. Bunker peninggalan tentara Jepang pada Perang Dunia II ini memiliki kedalaman sekitar 50 meter. Ada tank dan senjata di dalamnya.

Ada Batu Caves di Bukit Rodya.

Di Bukit Rodya terdapat Gua Batu. Masyarakat setempat menamai gua batu ini Lia Vio dengan kedalaman mencapai 500 meter. Di dalam gua, langit dan dinding dengan pola alam yang menakjubkan masih dipertahankan. Untuk bisa mengunjungi gua tersebut, wisatawan harus menunggu hingga permukaan air laut turun.

Matahari terbenam yang menakjubkan

Pantai di Indonesia Timur ini menarik karena keindahan matahari terbenamnya. Setiap hari, matahari terbenam menjadi momen yang paling dinantikan pengunjung. Suasananya romantis: langit jingga berangsur-angsur berubah menjadi suasana gelap.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Coca, Flores
foto Gumilang RA di Twitter

Alamat Pantai Coca Flores terletak di Flores Nusa Tenggara Timur. Pantai indah dengan pesona bawah lautnya ini secara administratif terletak di Desa Wolowiro, berbatasan dengan Kecamatan Paga di Kabupaten Sikka.

Sekarang mari kita lihat bagaimana menuju ke tempat pantai yang indah ini. Pertama, jika wisatawan berada di luar pulau, segera pesan tiket ke bandara Maumere yaitu bandara France Seda. Setibanya di Maumere, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus menuju Pantai Coca.

Bus yang bisa Anda naiki adalah bus tujuan Ende. Setelah menaiki bus, wisatawan bisa turun di halte Paga. Tarif bus hanya Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Jika tidak, maka di NTT lebih praktis untuk bepergian mudik. Di Maumere, wisatawan bisa menyewa mobil, baik roda dua maupun roda empat. Pilih jenis kendaraan sesuai jumlah peserta pesta.

Pantai indah di Flores ini hanya berjarak 2 km dari jalan utama. Setelah turun dari bus, pengunjung bisa berjalan kaki atau naik ojek. Jarak menuju pantai dari Maumere adalah 48 km dengan waktu tempuh 1 jam dengan mobil. Jika Anda menggunakan transportasi umum, waktu tempuh mungkin bertambah.

Biaya masuk dan jam buka

Tiket masuk Pantai Koka dibanderol Rp 10.000 per orang. Selain itu, terdapat biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan bus dan kendaraan yang lebih besar dari mobil akan dikenakan tarif parkir lebih tinggi.

Baca Juga  Aek Sipitu Dai, Menyelami Legenda dan Keajaiban Mata Air Tujuh Rasa di Samosir

Tiket masuk dapat dibayar di box office. Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Setelah matahari terbenam, pengunjung akan meninggalkan pantai karena tempat ini berada di pinggir pantai yang tidak banyak penulisnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas pantai Coca Flores
Foto oleh George Effendi di Google Maps

1. Berselancar

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Coca adalah berselancar. Bermain di papan selancar di tengah deburan ombak laut pasti akan memacu adrenalin Anda. Keunggulan pantai cantik ini adalah tingginya ombak yang mencapai 1,5 meter.

Untuk berselancar, pengunjung harus membawa perlengkapan sendiri karena tidak ada persewaan di lokasi. Berselancar juga tidak boleh dilakukan sembarangan, sebaiknya dilakukan oleh profesional.

2. Snorkeling

Jika Anda lebih suka melihat keindahan bawah laut dari dekat, Anda bisa mencoba snorkeling. Sekali lagi, penyelaman harus diawasi oleh tenaga profesional. Peralatan snorkeling sebenarnya bisa dilakukan baik di kedalaman air maupun tepat di atas permukaan.

3. Berenang di Pantai Coca.

Meski ombaknya tergolong tinggi, pengunjung tetap bisa memanfaatkan bibir Pantai Coca untuk berenang. Airnya yang berwarna biru jernih dan dingin meninggalkan rasa segar pada tubuh. Ternyata air laut bermanfaat sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit kulit.

Anda juga bisa bermain air di tepi pantai sambil mengamati langsung terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Jika Anda membawa anak kecil, pastikan mereka selalu diawasi di pantai.

4. Berjemur di tepi pantai

Pantai indah di NTT ini tak kalah eksotisnya dengan pantai-pantai di Bali. Jika pengunjung ingin mendapatkan kulit luar biasa, mereka juga bisa berjemur di pantai. Ingatlah untuk terus memakai tabir surya untuk mencegah kulit Anda terbakar atau rusak akibat jutsu tersebut.

5. Bola voli pantai

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan jika datang bersama rombongan adalah voli pantai. Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana, cukup bola voli, jika tidak mempunyai jaring tidak masalah.

Kegiatan olah raga kelompok di dekat Pantai Coca penuh tantangan karena tidak hanya bersaing dengan kelompok lawan, tetapi juga melawan hembusan angin yang datang.

Baca Juga  Kalisuci Cave Tubing, Objek Wisata Susur Gua yang Menakjubkan di Gunung Kidul

6. Mendaki Bukit

Letak geografis pantai yang dikelilingi dua bukit ini menjadi istimewa karena pengunjung tidak hanya bermain-main di kawasan pantai saja, tapi juga bisa menjelajahi perbukitan yang ada. Perjalanan mendaki bukit ini bisa dilakukan dari dua arah. Bukit Rodya dengan keindahan alamnya atau Bukit Ndate Sare dengan kisah sejarahnya yang misterius.

7. Kumpulkan foto-foto keren

Pantainya yang indah dan indah mempunyai pesona menarik yang sayang untuk dilihat hanya dengan mata kepala sendiri. Kini semuanya serba digital, begitu pula menyimpan kenangan dalam file foto. Kumpulkan semua foto bidadari cantik dari pantai ini.

8. Menikmati keindahan matahari terbenam.

Datanglah pada sore hari untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Pantai Coca. Waktu tersibuk untuk mengunjungi pantai populer ini adalah tengah hari menjelang matahari terbenam, sekitar pukul 16.00 waktu setempat. Karena jam bukanya adalah jam 8 pagi, pengunjung tidak mempunyai kesempatan untuk melihat matahari terbit.

9. Bermalam di dekat pantai.

Jika tamu berasal dari luar kota dan sudah terlambat untuk kembali ke Maumere, Anda bisa memilih bermalam di dekat pantai indah ini. Akomodasi yang tersedia meliputi motel, hotel, dan homestay.

Fasilitas yang tersedia di pantai

Aktivitas lainnya Pantai Coca Flores
Foto oleh Christian Putra Ginting di Google Maps

Pantai ini memiliki fasilitas berupa warung makan sederhana. Warung ini menawarkan minuman berbahan kelapa muda segar yang dipetik langsung dari pohonnya, serta berbagai minuman panas dan ringan. Untuk makanannya ada gorengan, makanan pembuka dan makanan pembuka.

Jika sedang mencari toilet, Pantai Coca belum memiliki toilet sendiri; pengunjung dapat menggunakan toilet yang ada di kabin pantai. Dari jalan utama menuju pantai jalannya kurang bagus, namun bisa dilalui kendaraan.

Parkir sudah ada, namun kapasitasnya terbatas. Namun, jangan khawatir soal keamanan karena kendaraan pengunjung tetap dijaga oleh petugas parkir. Terdapat juga gazebo atau tempat duduk di dekat warung makan.

Sekian pembahasan mengenai salah satu surga tersembunyi kota Flores. Pantai Coca merupakan objek wisata yang perlu dikembangkan lebih lanjut. Pantai dengan ombak tinggi, air laut jernih, dan pasir putih bisa menjadi pilihan untuk relaksasi.




databaru.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *