Cantiknya Pantai Sobo, Pantai Pasir Hitam yang Menakjubkan di Banyuwangi

Ide Wisata50 Dilihat


Pantai Sobo di Banyuwangi merupakan pantai pasir hitam eksotis yang menawarkan pemandangan menakjubkan dan beragam aktivitas memancing tradisional yang menarik.

Harga tiket: Gratis, Jam kerja: 24 jam, Alamat: Sobo, Kec Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Periksa lokasi

Pantai Sobo terletak di kawasan desa Sobo Banyuwangi yang dikenal sebagai destinasi wisata bahari favorit. Yang membuat pantai ini unik adalah keindahan alam yang disuguhkannya kepada pengunjung.

Pantai ini terletak di dekat pemukiman nelayan dan udang, dimana penduduk setempat sering terlihat mengeringkan makanan laut seperti udang dan ikan.

Meski aktivitas ini terkadang menimbulkan aroma khas laut, namun tetap menjadi magnet utama bagi wisatawan. Dan menjadikannya ramai pengunjung terutama di akhir pekan, Idul Fitri, dan liburan sekolah.

Atraksi Pantai Sobo

Atraksi Pantai Sobo
Foto oleh Jeshen Ham di Google Maps

Banyuwangi terkenal dengan pemandangan lautnya yang menakjubkan. Namun jika Anda mencari pantai yang indah, terjangkau, dan mudah dijangkau, maka pantai di Desa Sobo adalah pilihan yang tepat.

Meski kalah terkenal dibandingkan pantai lainnya, namun pesona tempat wisata ini tetap menawan. Saat memasuki pantai ini, Anda akan terkesima dengan keunikan pasir hitam halusnya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di sisi lain, warna laut yang biru serta deburan ombak yang membawa buih putih ke tepian membuat pemandangan menjadi menakjubkan. Pengalaman ini akan tetap menjadi kenangan berharga bagi pengunjung.

Pantai ini juga dekat dengan perkampungan nelayan dan tambang udang, terutama tempat pengeringan produk makanan laut. Aroma seafood kering tercium oleh pengunjung, namun keindahan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Di pinggir Pantai Sobo terdapat deretan pohon bakau yang memisahkan pantai dengan tambak udang. Beberapa pohon santen, tanaman khas pesisir banyuwangi, juga bisa ditemui di sekitar kawasan wisata, meski kini sudah jarang terlihat.

Baca Juga  Pantai Kutang Lamongan: Harga Tiket Masuk, Alamat, Asal Usul dan Gambar Terbaru

Wisata bahari ini juga memiliki bangunan mirip rumah dermaga, kemungkinan bekas tambak udang yang sudah tidak beroperasi lagi. Pengunjung sering naik ke gedung ini untuk menikmati pemandangan pantai dari atas.

Pantai yang menghadap ke timur ini memungkinkan pengunjung menikmati indahnya matahari terbit dan melihat Pulau Bali dari kejauhan.

Alamat, lokasi, rute dan biaya masuk

Alamat Pantai Sobo
Foto oleh Jeshen Ham di Google Maps

Pantai cantik ini terletak di Desa Sobo, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya berada di sekitar perkampungan nelayan, serta tempat jemur dan tambak udang.

Oleh karena itu, menemukannya tidaklah sulit, karena wisatawan bisa bertanya kepada warga setempat apakah merasa tersesat.

Jika Anda keluar dari pusat kota banyuwangi, khususnya dari pertigaan Bank BNI 46, menuju ke timur Anda akan sampai pada pertigaan yang bisa Anda belok kanan.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti jalan lurus hingga mencapai pertigaan dengan menara transmisi. Kemudian belok kiri dan terus menyusuri jalan hingga mencapai kawasan pemukiman.

Selama ini pariwisata di Pantai Sobo belum dikelola secara maksimal sehingga tidak ada pungutan biaya atau biaya masuk yang harus dikeluarkan oleh wisatawan yang berkunjung. Pantai ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Hal ini tentu menguntungkan pengunjung karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk menikmati pesona pantai ini.

Kegiatan yang menarik

Asyiknya di Pantai Sobo
Foto Golobka Go di Google Maps

Dengan beragam daya tariknya, pengunjung mempunyai banyak pilihan aktivitas selama berkunjung ke pantai ini. Berikut beberapa rekomendasi hiburan yang bisa menambah warna liburan Anda:

1. Bermain air

Salah satu tujuan utama pergi ke pantai tentu saja untuk bermain air. Dengan ombaknya yang bergelombang dan air lautnya yang jernih, Pantai Sobo di Banyuwangi mengajak semua orang untuk merasakan kesegarannya.

Baca Juga  Pantai Viovio, Pantai Pasir Putih di Batam yang Dihiasi Gugusan Pulau Eksotis

Kondisi pantai yang bersih menjadikannya tempat yang ideal untuk berenang dan bersenang-senang di air bersama keluarga atau teman.

2. Bersepeda menyusuri Pantai Sobo.

Nikmati keindahan alam sambil meregangkan otot dengan bersepeda menyusuri garis pantai Pantai Sobo. Karena tempat ini dekat dengan pusat kota banyuwangi, pengunjung bisa menjelajahi pantai dengan bersepeda dan menikmati pemandangan yang indah.

3. Berkemah

Kehadiran wilayah datar di pesisir pantai memungkinkan wisatawan dengan mudah mendirikan tenda.

Bagi Anda yang menyukai liburan aktif dan ingin bermalam di pantai dengan suara deburan ombak dan pemandangan bintang, berkemah di pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Penting untuk diingat bahwa berkemah di sini juga gratis.

4. Berburu saat fajar

Jika tujuan anda berkunjung ke kawasan wisata Pantai Sobo adalah untuk menikmati keajaiban matahari terbit, maka wisata bahari ini adalah pilihan yang tepat.

Letaknya yang berada di sisi timur membuat momen matahari terbit di pantai pasir hitam ini sangat indah dan pastinya akan memukau mata setiap pengunjungnya.

5. Membeli oleh-oleh

Bagi wisatawan yang datang dari luar daerah, pantai ini juga bisa menjadi pilihan untuk membeli oleh-oleh. Terletak di sekitar desa nelayan, wisatawan dapat membeli makanan laut dan udang yang ditanam di kolam sebagai oleh-oleh.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Pantai Sobo
Foto oleh Jeshen Ham di Google Maps

Meski wisatawan tidak dipungut biaya masuk, namun pantai ini tetap memiliki fasilitas umum demi kenyamanan pengunjung. Segala kebutuhan pokok dapat dengan mudah dipenuhi di pantai ini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Kamar mandi dan toilet
  • Tanah perkemahan
  • Warung atau tempat makan
  • Parkir
  • Akomodasi

Dengan pesonanya yang menakjubkan, Pantai Sobo di Banyuwangi menjadi destinasi wisata yang menarik. Jadi jangan lewatkan liburan pantai eksotis yang buka 24 jam sehari dan tersedia kapan saja.

Baca Juga  Pantai Kutang, Destinasi Wisata Bahari dengan Panorama Hutan Bakau Eksotis di Lamongan


databaru.my.id